Lilpjourney Seorang travel blogger Indonesia yang suka jalan-jalan menyusuri keindahan alam berbalut adat dengan aroma secangkir kopi.

Pelatihan Barista dan Usaha Warung Kopi, Jadi Barista Merdeka

19 min read

pelatihan barista dan usaha warung kopi

Contents

Pelatihan Barista dan Usaha Warung Kopi, Jadi Barista Merdeka

Dunia kopi seakan tidak berhenti mengalami kemajuan. Pelatihan barista dan usaha warung kopi menjadi salah satu pelatihan yang paling diminati. Selain untuk meningkatkan kemampuan, tapi juga bisa mendapatkan bukti kelayakan dalam dunia kopi.

Lilpjourney.com | Jurnal Kopi Lima tahun berada di circle dunia kopi. Membuat gue cukup akrab dengan dunia ini. Bahkan sampai ikut terdoktrin untuk membuat mini bar kopi di rumah. Satu mesin espresso skala rumahan duduk manis di bar. Lalu tidak ketinggalan, satu set alat manual brew juga ada. Biasanya kalau weekend, ada beberapa anak kopi datang ke rumah. Membawa beans dan fresh milk untuk diseduh dan membuat latte art. Kalau kami belajar dari rumah seperti ini, mungkin bisa mengasah kemampuan. Tapi ada yang kurang. Wadah belajar ini tidak bisa memberikan bukti konkrit kelayakan mereka dibidang kopi. Sebut saja sertifikat barista. Yang hanya bisa diperoleh jika mereka ikut kursus keterampilan. Ya mereka ingin belajar lewat pelatihan barista dan usaha warung kopi. Agar mereka mempunyai bukti kelayakan dalam industri kopi. Entah untuk menjadi barista atau untuk membuka usaha sendiri.

Jadi aku itu suka banget, melihat air mengalir dari teko leher angsa terus masuk ke kopi. Terus kopinya gelembung-gelembung di saringan v60. Lalu pelan-pelan menetes ke dalam gelas penampung. Rileks banget jadinya. Apalagi aroma kopi itu harum banget. Setiap kali aku down, aku bikin kopi. Seru ya kalau bisa belajar lebih dalam tentang kopi. Jadi pengen ikut pelatihan barista. Walaupun untuk skala rumahan seperti aku”, Putri Haneen, Blogger.

pelatihan barista

Mengenal Profesi Barista

Sebelum membahas lebih lanjut kenapa pelatihan barista itu penting, kita harus menyamakan pendapat tentang ‘barista’. Mengutip dari Wikipedia, barista merupakan sebutan untuk seseorang yang pekerjaannya membuat dan menyajikan kopi. Kata “barista” berasal dari bahasa Italia yang berarti “pelayan bar”. Tapi benarkah barista hanya seorang pembuat kopi?

Bagi mereka yang benar-benar terjun di dunia kopi. Barista tidak bisa diartikan hanya ‘sebagai pembuat kopi’. Apalagi waktu gue bertemu dengan beberapa barista senior dan q-grader diacara Festival Kopi. Mereka jelas menolak jika barista hanya diartikan sebagai pembuat kopi. Lebih dari itu, barista adalah seniman kopi. Karena untuk menjadi barista, diperlukan latihan dan ketekunan.

Secara teknis barista merupakan orang yang sudah terlatih secara profesional untuk meracik kopi. Entah itu espresso atau membuat kopi yang melibatkan campuran dan rasio seperti latte, cappucino atau manual brew.

Secara umum tugas barista di kedai kopi adalah mengoperasikan mesin espresso. Yaitu mengukur berapa tekanan dan suhu yang diperlukan untuk membuat espresso. Pernah memesan kopi yang diatasnya ada gambarnya? Atau biasa disebut latte art. Nah itu juga tugas barista.

Membuat latte art di atas minuman kopi bukan sekedar mencampurkan susu ke dalam espresso. Tapi juga diperlukan skill meramu susu seperti apakah susunya di-froth, steam atau foam untuk sentuhan akhirnya. Nah kan, nggak mudah loh jadi barista. Apalagi perkembangan teknologi juga merambah pada perkembangan alat seduh kopi. Seorang barista juga harus bisa meracik kopi dengan metode seduh pour over. Seperti V60, aeropress, chemex ataupun syphon. Jadi udah pahamkan kenapa pelatihan barista itu penting.

Tidak hanya meracik kopi. Seorang barista juga dituntut untuk memiliki pengetahuan tentang seluruh proses kopi. Karena seorang barista yang baik bukan hanya menyajikan kopi, tapi juga mengedukasi. Seorang pelanggan tentu akan senang jika ia memiliki informasi tentang apa yang ia nikmati.

Bahkan gue pernah mendengar aturan tidak baku bahwa barista harus berkomunikasi dengan pelanggan. Contohnya : Kak udah pernah coba kopi Gayo belum? Kopi ini dari Aceh. Kami seduh dengan metode V60. Lalu akan ada percakapan seru antara barista dan pelanggannya. Harapannya? Agar kopi buatannya memiliki kesan dan si pelanggan akan datang lagi.

Industri kopi terus mengalami perkembangan. Hal ini berdampak baik pada popularitas seniman kopi. Saat ini di Indonesia ada kompetisi kopi. Sebut saja Indonesia Coffee Event (ICE). Dikompetisi ini, barista dari berbagai pelosok negeri bertemu untuk saling unjuk keterampilan dan kreatifitas. Seru bukan? Tertarik ikut ICE tahun depan? Sepertinya sudah saatnya kalian daftar pelatihan barista. Hehehe.

Di dunia internasional, juga ada event kopi yang dikenal sebagai International Coffee Day.

Pernah mendengan International Coffee Day? International Coffee Day merupakan sebuah event kopi yang digunakan untuk mempromosikan dan merayakan kopi sebagai minuman. Acara ini diresmikan pertama kali pada tanggal 1 Oktober 2015 di Milan dan disetujui oleh Organisasi Kopi Internasional. Kabar gembiranya, International Coffee Day 01 Oktober 2020, menetapkan Bengkulu sebagai tuan rumah. Sebuah momentum besar bagi petani dan pelaku kopi Bengkulu.

Pada tahun 2018, Bengkulu sudah memperoleh sertifikat Indikasi Geografis (IG) dari Kementerian Hukum dan Hak Asasi Manusia Bengkulu (HAM) Republik Indonesia. IG ini diberikan sebagai langkah untuk melindungi potensi kopi Bengkulu yang cukup besar.

Satu biji saja biji kopi Bengkulu keluar, maka harus disebutkan nama Bengkulu. Untuk itu, kita perlu melindungi hak para petani kopi Bengkulu agar tidak di klaim daerah lain”, Rohidin Mersyah, Gubernur Bengkulu 

Dulu awal buka kedai khususnya di Banjarmasin. Pekerjaan ini sangat di pandang sebelah mata. Barista juga seperti pelayan biasa gak ada spesial spesialnya. Pernah ada yang sampai disuruh-suruh pelanggan beli rokok. Nggak ada yang bisa menjatuhkankan harga diri kita kalau memang kita sendiri yang mengijinkannya, ya kan? Kemudian saya membekali ilmu untuk saya sendiri lalu saya share ke barista saya di kedai. Belajar salam sapa, bagaimana cara menawarkan produk dan belajar mengucapkan terima kasih. Yang paling penting pakai APRON! Kemudian lambat laun pelanggan mulai mengerti bagaimana itu barista dan bla bla blanya. Nggak nyangka sekarang jadi profesi yang keren banget yakan!”, Tirta owner Worth It Coffee.

Kendala Saat Akan Mengikuti Pelatihan Barista

Untuk mengikuti sebuah pelatihan barista memang tidak bisa dikatakan murah. Biasanya pelatihan barista ini dilakukan secara tatap muka langsung. Dimana peserta akan mendapatkan fasilitas belajar dari tempat pelatihan barista yang diikutinya.

Tidak semua kota di Indonesia ada tempat pelatihan barista. Ketika gue ingin belajar tentang dunia kopi lewat pelatihan barista, gue harus terbang ke kota yang mempunyai tempat pelatihan barista seperti Surabaya dan Jakarta.

Kendala selanjutnya ketika ingin mengikuti pelatihan barista adalah waktu. Karena tidak setiap bulan tempat pelatihan barista membuka kelas. Tentu kita perlu penyesuaian dengan aktivitas kita.

[us_separator size=”small”]

[us_separator]

Tapi bagaimana jika ada pelatihan barista sekaligus usaha warung kopi yang dilakukan secara online? Dimana biaya pelatihan untuk pemula bisa menggunakan kartu pra kerja? Kalian juga tidak perlu pergi jauh-jauh, cukup dengan gadget atau komputer dengan jaringan internet yang baik. Tertarik untuk mengikuti pelatihan barista secara online? Berkenalan dan belajar tentang industri kopi? Mempunyai cita-cita punya usaha warung kopi sendiri? Kalian di artikel yang sangat tepat!

[us_separator]

prakerja dan pelatihan barista

KARTU PRAKERJA DI INDUSTRI KOPI

 

Lihat postingan ini di Instagram

 

Sebuah kiriman dibagikan oleh Kartu Prakerja (@prakerja.go.id) pada

7 Tahap Program Kartu Prakerja

3 Manfaat Kartu Prakerja

Bantuan pelatihan sebesar Rp 1.000.000

Insentif pasca pelatihan sebesar Rp 600.000 per bulan selama 4 bulan

Insentif survey kebekerjaan dengan total Rp 150.000

Prakerja

Sejak pertengahan tahun 2019, hembusan kabar tentang kartu prakerja sudah terdengar. Hingga akhirnya pada bulan April tahun 2020 kemarin, pemerintah secara resmi telah mengeluarkan kartu prakerja. Sebuah program pemerintah untuk mendukung tumbuh kembang perekonomian Indonesia. Lewat kartu prakerja pemerintah memberikan dukungan berupa biaya pengembangan kompetensi para pencari kerja, pekerja yang di-PHK, serta yang membutuhkan peningkatan kapasitas.

Dimasa pandemi yang sekarang sedang melanda seluruh daerah di Indonesia, kartu prakerja ini menjadi salah satu solusi. Bagi mereka yang kehilangan pekerjaan dan memiliki ketertarikan pada bidang kopi, bisa mendaftar pelatihan barista dan usaha warung kopi yang tersedia dipelatihan kartu prakerja.

Prakerja Mendukung Perkembangan Kopi Tanah Air

Lewat pelatihan ini, kita bisa mendapat ilmu tentang dunia kopi. Seperti yang kita sudah tau, untuk menjadi seorang barista tidak semudah membalik telapak tangan. Padahal barista adalah ujung tombak usaha warung kopi. Jika baristanya mampu meracik kopi dan membangun interaksi yang baik. Maka bisa dipastikan usaha warung kopinya juga akan sukses.

Popularitas kedai kopi kekinian seperti es kopi susu juga terus meningkat. Tapi tentu masih banyak yang bertanya bagaimana caranya? Darimana kopinya? Atau yang suka pemasaran, mungkin akan tertarik bidang pemasaran kopi. Pertanyaan kalian akan terjawab disini. Jadi harus baca sampai habis.

[us_single_image image=”3107″ size=”full” align=”center”]

5 TIPS MENJADI BARISTA IDAMAN ALA THE BENCOOLEN COFFEE

Sebelum memulai semua proses di bar kopi. Seorang barista harus memperhatikan kebersihan diri sendiri dan lingkungan kerjanya. Walaupun kerja di belakang meja bar, tapi barista adalah pusat perhatian pelanggan. Jadi jangan heran kalau barista-barista selalu pakai kemeja rapi, rambut kelimis dan sepatu kece.

Barista itu harus terus belajar. Apalagi jika kalian berniat mempunyai usaha warung kopi sendiri. Atau bisa disebut barista merdeka. Ya akhir-akhir ini, banyak barista yang memilih menjadi barista merdeka dengan mempunyai usaha warung kopi sendiri. Bagaimana caranya? Idealnya kalian harus mengasah skill dan mengikuti pelatihan barista. Agar menjadi bukti kelayakan sebagai barista dan mendirikan warung kopi. Udah siap ikut pelatihan barista dan usaha warung kopi?

Selain sharing ilmu seputar kopi ke sesama barista, kalian juga bisa sharing ke pelanggan. Siapa tau pelanggan kalian adalah seorang coffee holic yang suka mengulik rasa kopi.

Barista yang keren itu bukan hanya yang pandai menyajikan kopi saja, tapi juga yang mau berbagi ilmu tentang kopi – The Bencoolen Coffee

“Hai kak, gimana kopinya? Kalau ada yang kurang silahkan langsung ke bar ya”

Untuk mendapatkan feedback yang riil dari pelanggan, jangan sengan mengajukan pertanyaan ke pelanggan.

Menjalin kemistri dengan pelanggan itu perlu. Supaya tahu bagaimana selera kopi para pelanggan yang sering datang ke kedai kopi. Bukan berarti SKDS loh. Nggak boleh baperin pelanggan. Hehehe. Nah melalui cara ini kalian bisa menghafal bagaimana selera kopi setiap pelanggan.

“Menjadi barista itu berbicara rasa. Jika ada prakerja yang menunjang pelatihan barista dan usaha warung kopi. Artinya pemerintah sudah manaruh perhatian pada industri kopi tanah air. Saat kopi berkualitas bukan hanya dikirim ke luar. Tapi juga hak untuk dinikmati oleh setiap warga Indonesia. Pandemi ini juga merupakan waktu yang tepat untuk survive. Jika kamu barista yang dirumahkan, mungkin ini waktu yang tepat untuk menjajal pelatihan dibidang kopi ini. Agar kamu bisa menjadi barista merdeka. Barista yang bisa mempunyai idealismenya sendiri di kedai kopi miliknya sendiri. Tertarik? Selamat memasuki dunia kopi di era industri 4.0,” Katalogue Space.

Barista Merdeka by The Bencoolen Coffee

Sejak aksi 1 Juta Cup Kopi Jujur. Nama The Bencoolen Coffee tidak asing lagi buat gue. Sebuah brand perusahaan kopi yang didirikan untuk membantu pemerintah dalam meningkatkan kesejahteraan petani. Usaha yang mereka lakukan adalah dengan pengelolaan kopi dari hulu ke hilir. Sehingga memudahkan pengontrolan kualitas kopi.

[us_single_image image=”3152″ size=”medium_large”]

Aktivitas The Bencoolen Coffee

Penjualan Kopi

The Bencoolen Coffee memberikan harga yang kompetitif dengan tetap menjaga kualitas kopi dan proses pengiriman yang cepat

Stock Kopi

Jaminan pasokan kopi berasal dari Bengkulu dan provinsi lain yang menghasilkan kopi berkualitas.

Kualitas Kopi

The Bencoolen Coffee memiliki pengalaman pengelolaan dan proses kopi, hal ini memberikan jaminan kualitas kopi.

Pelatihan Barista dan Usaha Kopi

Di tengah situasi pandemi Covid-19. The Bencoolen Coffee menyediakan paket pelatihan untuk barista dan usaha skala kecil. Tujuannya untuk mencetak peracik kopi terampil dan wirausaha kopi. Para wirausaha pemula bisa langsung mengaplikasikan ilmu yang diperolehnya saat pelatihan. Diharapkan peserta pelatihan bisa menjadi mitra perwakilan diseluruh Indonesia. Sehingga turut memajukan kopi Indonesia di negeri sendiri.

Pemasaran Kopi

Menyediakan paket usaha kemitraan dan supply roast beans kopi serta pendampingan usaha kopi.

Spesialisasi Fine Robusta 

Menghadirkan kopi Bengkulu berkualitas, yaitu fine robusta. The Bencoolen Coffee berkomitmen mengelola kopi jujur. Bagi yang belum tau, Bengkulu merupakan provinsi penghasil kopi terbesar di Indonesia, setelah Lampung dan Sumatera Selatan (disebut segi tiga emas kopi). 70 persen dari total produksi kopi Robusta di Indonesia dihasilkan dari Bengkulu. Nah bagaimana cara The Bencoolen Coffee menghadirkan kopi jujur?
Kopi blockchain jawabannya. The Bencoolen Coffee mengelola kopi dengan metode transparansi. Tujuannya untuk menarik konsumen yang akan membeli kopi petani sesuai dengan mekanisme yang dikelola.

Sumber : Liputan6

Cara Kerja Kopi Blockchain Mengontrol Kejujuran Kopi

[us_iconbox icon=”fas|leaf” style=”outlined” size=”30px” title=”Sumber Kopi”]Kopi berasal dari petani kopi Bengkulu sebagai penghasil biji kopi fine robusta terbaik di dunia[/us_iconbox][us_separator size=”small”]

[us_iconbox icon=”fas|edit” style=”outlined” size=”30px” title=”Pengolahan Kopi”]Pengolahan kopi merupakan salah satu fokus utama. Sehingga menghasilankan green beans berkualias dan bermutu[/us_iconbox][us_separator size=”small”]

[us_iconbox icon=”fas|box” style=”outlined” size=”30px” title=”Penyimpanan Kopi”]Kopi yang sudah diproses akan disimpan di resi gudang yang terkontrol dan terminitor agar kopi tidak rusak sebelum pengiriman[/us_iconbox]

[us_iconbox icon=”fas|edit” style=”outlined” size=”30px” title=”Pengolahan Kopi”]Pengolahan kopi merupakan perhatian utama untuk membuat green coffee berkualias dan berhasil mutunya.[/us_iconbox]

Terimakasih petani kopi. Karena kalian, hari-hari lemburku menyenangkan. Nongkrongku seru. Temen-temenku kerja karena kopi kalian. Dan sekarang prakerja membangun industri kopi – Lilpjourney.

[us_single_image image=”3131″ size=”medium” align=”center”]

Pelatihan Barista dan Usaha Warung Kopi di Era New Normal

Sejak Februari lalu kita sudah dipaksa untuk terbiasa social distancing dan work from home. Meeting kantor juga online. Platform meeting online pun bermunculan. Contoh yang paling banyak digunakan adalah Zoom. Bahkan sekarang kita sedang menuju Era New Normal.

Menyesuaikan dengan keadaan tanpa membunuh kreatifitas dan tetap menggerakan roda ekonomi. Saat ini ada pelatihan dibidang kopi dari kartu prakerja yang bekerjasama dengan platform digital. Sebuah pelatihan barista dan usaha warung kopi yang akan memberikan banyak manfaat walaupun bertemu secara virtual. Penyelenggaranya yaitu The Bencoolen Coffee.

Manfaat Pelatihan Barista dan Usaha Warung Kopi

[us_iconbox iconpos=”left” size=”45px” title=”Memberikan Pengetahuan Kopi” title_size=”20px” img=”3134″]Mengetahui karakteristik dan jenis kopi jujur. Belajar cara menerapkan teknik pembuatan minuman berbahan dasar kopi. Dan penjelasan tugas profesi barista.[/us_iconbox][us_separator size=”small”]

[us_iconbox iconpos=”left” size=”45px” title=”Memahami Kebutuhan Menjadi Barista” title_size=”20px” img=”3137″]Memahami karakteristik dari kopi. Bagaimana cara meracik kopi serta pemahaman dan penggunaan peralatan kopi yang digunakan barista[/us_iconbox][us_separator size=”small”]

[us_iconbox iconpos=”left” size=”45px” title=”Menjadi Barista Handal” title_size=”20px” img=”3133″]Tips dan trik dalam meracikan kopi standar barista. Memberikan wawasan yang lebih baik tentang rasa dan aroma kopi.[/us_iconbox]

[us_iconbox iconpos=”left” size=”45px” title=”Wirausaha Warung Kopi” title_size=”20px” img=”3107″]Membuka usaha kedai kopi susu kekinian dengan modal minim. Tapi tetap memberikan penyajian dan cita rasa kopi jujur terbaik.[/us_iconbox]

[us_separator][us_single_image image=”3086″ size=”medium” align=”center”]

Siapa yang Harus Mendaftar Pelatihan Barista

Poin Materi Belajar Pelatihan Barista

[us_single_image image=”3172″ size=”full” animate=”afl” animate_delay=”0.4″]

Bagaimana Cara Menjadi Barista Merdeka?

Jawabannya mudah. Kalian cukup mendaftar pelatihan dibidang kopi ini dari The Bencoolen Coffee. Sekarang mereka juga menjadi mitra pemerintah di kartu prakerja. Jadi jika kalian sudah memiliki atau akan mendaftar kartu prakerja, kalian bisa ikut pelatihan kopi dari The Bencoolen Coffee ini.

Ada tiga paket pelatihan keterampilan barista dan usaha warung kopi yang bisa kalian ambil.

[us_separator][us_iconbox style=”outlined” iconpos=”left” size=”32px” title=”MENJADI BARISTA PEMULA” title_size=”20px” img=”3127″]Memahami jenis kopi.
Memahami karakteristik kopi.
Teknik dasar pembuatan kopi.
Mengupas profesi barista.
Pemahaman tugas barista.[/us_iconbox]

[us_separator size=”small”][us_iconbox style=”outlined” iconpos=”left” size=”32px” title=”KEDAI KOPI SUSU KEKINIAN MODAL MINIM” title_size=”20px” img=”3107″]Pemahaman berwirausaha.
Implementasi kewirausahaan kopi.
Skema wirausaha kedai kopi susu kekinian.
Tips pemilihan lokasi berjualan.[/us_iconbox][us_separator]

[us_separator][us_iconbox style=”outlined” iconpos=”left” size=”32px” title=”OUTLET WARUNG KOPI” title_size=”20px” img=”3133″]Persiapan membuka outlet.
Peralatan yang dipersiapan.
Perhitungan modal kerja.
Racikan kopi rasa cafe dengan harga warkop.
Penerapan outlet warung kopi.[/us_iconbox]

Pelatihan yang ditawarkan tak hanya pelatihan barista, tapi juga pemasaran kopi secara ‘daring’, membuka usaha kopi kekinian, hingga menjadi agen kopi Indonesia. Gimana? Lengkap bangetkan paket pelatihan dari The Bencoolen Coffee. Apalagi ada 5 mentor yang memfasilitasi pelatihan ini. Pengalaman dibidang kopinya pun tak main-main. Yuk kenalana dengan 5 mentor pelatihan barista dan usaha warung kopi ini.

Yang Perlu Dipersiapkan untuk Pelatihan Barista dan Usaha Warung Kopi

MENTOR PELATIHAN BARISTA DAN USAHA WARUNG KOPI

DIREKTUR PRODUKSI DI PT. CYBERINDO PERSADA NUSANTARA

Pengalaman :

  • 16 Desember 2017, CERTIFICATE of ‘UPON KENT BREWING DAY AS’ from Politeknik Kent Bogor
  • 28-29 April 2018, Certificate of ‘BARISTA TRAINER’ from Forum Komunikasi Jejaring Pemagangan Provinsi DKI Jakarta
  • 27 Agustus 2019, CERTIFICATE of ‘BARISTA TRAINER’ from Bencoolen Coffee
  • 5-6 September 2019, CERTIFICATE of ‘ BARISTA TRAINER’ from Bencoolen Coffee
  • 18-19 September 2019, CERTIFICATE of ‘TRAININNG MANAGEMENT CAFÉ, BARISTA and COFFEE BREWING’ from PT Riset Perkebunan Nusantara
  • 12 Oktober 2019, CERTIFICATE of ‘BARISTA TRAINER’ from Bencoolen Coffee
  • 9-14 Desember 2019, CERRIFICATE  of ‘PENGEMBANGAN KOPI PANGANDARAN ORGANIK’ from UNPAD, Pangandaran – 19 Desember 2019, CERTIFICATE of ‘BARISTA TRAINER’ from Hangout Coffe & Resto, Mediterania Gajah Mada
  • 27-29 Januari 2020, CERTIFICATE of ‘BARISTA TRAINER’ from Bencoolen Coffee,  Labur Café, Malang
  • 6 Februari 2020, Certificate of ‘TRAINER BARISTA’ from Bencoolen Coffee
  • 5-19 Februari 2020, CERTIFICATE of ‘JURI LOMBA BARISTA tingkat SMK se-DKI Jakarta’ from Bencoolen Coffee
FOUNDER PERSAUDARAAN KOPI NUSANTARA

Pengalaman:

  • PT. Best Solution 2008 – 2010 : Manager Operasional CV. Rafah Abadi
  • 2011 – 2015 Kontraktor dan supplier infrastruktur & peralatan Air Bersih Owner
  • Meraje Andalas Prima 2015 – Sekarang : Supplier & Trading kopi, produk pertanian Owner
  • PT. Kopi Ori Indonesia 2019 – Sekarang : Trading, F & B Direktur Operasional
  • Koperasi Pengusaha Kopi Indonesia 2019 – Sekarang : Organisasi Sekjen Persaudaraan Kopi Indonesia 2019 – Sekar ang Organisasi Founder
OWNER BRAND KOPI TANAH AIR KITA

Saya adalah pribadi yang disiplin, loyal, dapat diandalkan, pekerja keras, kuat dalam beradaptasi, keinginan untuk selalu maju dan berkembang, target dan deadline oriented, sesuai dengan Perencanaan Manajemen. Semua Tanggung Jawab Pekerjaan Saya tuangkan dalam Manajemen Waktu seperti Perencanaan Action Plan, Target, Deadline, Eksekusi, dan Actual Pencapaian.

HEAD BARISTA THE BENCOOLEN COFFEE

Pengalaman :

  • TRAINER KELAS BARISTA DI THE BENCOOLEN COFFEE
  • JURI LOMBA BARISTA TINGKAT SMA & SMK se – DKI JAKARTA
DIREKTUR PEMASARAN KOPI JABODETABEK DI PT. CYBERINDO PERSADA NUSANTARA

Pengalaman :

  • 2017 APRIL TRAINER BARISTA DINAS SOSIAL KOTA TANGERANG
  • 2017 13 MEI TRAINER DINAS KOPRASI TANGERANG
  • 12-16 SEPTEMBER IKM PENGOLAHAN KOPI , NARASUMBER DAN TRAINER
  • 15 JANUARI 2018 TRAINER BARISTA KOTA CILEGON – 25 MEI  2018 TRAINER BARIATA PT. KRATAU STILE
  • 24 OKTOBER 2019 TRAINER PENGOLAHAN KOPI DI NTB
  • 2 NOPEMBER 2019 TRAINER UKM TANGERANG
  • 22 NOPEMBER TRAINER BARISTA BENCOOLEN COFFE DI SEKOLAH SMK JAKARTA TIMUR
  • 24 NOPEMBER 2019 TRAINER BARISTA DI LB LIA
  • 28 NOPEMBER 2019 DINKOP JAKARTA TIMUR TRAINER BARISTA
  • 12-17 DESEMBER 2019 TRAINER KAMPUS UNINDRA PRASTA
  • JANUARI – 5 MARET 2020 TRAINER BARISTA SEKOLAH SMK-SMA SE-DKI   DAN JURI LOMBA BARISTA TINGKAT PELAJAR
  • MARET 2020 TRAINER BARISTA DI RUMAH SIAP KERJA, OK OCE, NUR CONNER SANDIAGA UNO DAN KOMUNITAS KOPI

 

Lihat postingan ini di Instagram

 

Sebuah kiriman dibagikan oleh Bencoolen Coffee (@bencoolen.coffee) pada

 

Lihat postingan ini di Instagram

 

Sebuah kiriman dibagikan oleh Bencoolen Coffee (@bencoolen.coffee) pada

[us_grid post_type=”us_testimonial” us_testimonial_categories=”pelatihan-barista” type=”carousel” columns=”1″ items_layout=”testimonial_5″ el_class=”testimoni-lp” carousel_arrows=”1″ breakpoint_1_autoplay=”1″ breakpoint_2_autoplay=”1″ breakpoint_3_autoplay=”1″]

Apa Kata Mereka Tentang Pelatihan Barista dan Usaha Warung Kopi?

Memulai Usaha Warung Kopi

Sudah siap menjadi barista merdeka dan punya usaha warungkopi sendiri? Nah untuk melengkapi semangat, The Bencoolen Coffee mempunyai tips untuk memulai usaha warung kopi. Tentu saja tips ini akan dikupas tuntas saat kalian mengikuti pelatihan barista dan usaha warung kopi. Yuk simak tipsnya.

Untuk memulai usaha kedai kopi. Modal utamanya hanya 2 : kopi dan air (panas). Kalau modal minim, bisa menggunakan alat racik kopi manual. Harganya juga terjangkau.

Sebelum memulai usaha, kalian harus menentukan siapa target pasar kalian. Lalu dilanjutkan dengan analisa konsumen seperti kopi jenis apa yang mereka suka. Memahami konsumen merupakan salah satu strategi usaha.

Persaingan usaha adalah hal yang pasti akan dihadapi. Nah untuk itu kalian harus membuat konsep yang kuat. Apapun konsepnya, harus mementingkan pelanggan.

Lokasi strategis adalah salah satu hal yang dapat menentukan perkembangan usaha kalian.

Untuk memperkenalkan produk ke masyarakat luas, kalian harus melakukan promosi. Entah dengan strategi word of mouth, me-review kedai kopi (undang gue please) atau melalui social media.

Diskusi Pelatihan Barista dan Usaha Warung Kopi

Seperti diawal cerita. Kemajuan industri selain mendatangkan kabar baik bagi, tapi juga memunculkan kekhawatiran. Waktu itu gue sedang diskusi santai disebuah kedai kopi di Banjarmasin. Ada beberapa barista yang berkumpul. Saling bertukar kabar dan cerita perkopian di masa pandemi. Hingga ada salah satu dari mereka membuat gaduh.

Coba deh kita berpikir maju. Sekarang kita memasuki industri 4.0. Ada satu kekhawatiran gue dan beberapa teman. Kalau seperti yang kamu bilang ada digitalisasi kopi bernama blockchain. Berarti industri kopi sudah sangat maju. Dan seiring bertambah banyaknya peminat kopi. Menjamurnya kedai kopi. Bagaimana jika suatu saat kalau ingin mendirikan kedai kopi jadi ada aturan? Misal. Lisensi atau sertifikat keahlian kopi. Sebut aja sertifikat barista. Sekarang saja untuk membuat izin usaha catering diperlukan sertifikat koki. Tidak menutup kemungkinan jika nanti berlaku untuk usaha kopi. Dalam keadaan pendemi, kedai nggak tutup aja udah bersyukur. Teman barista nggak dirumahkan juga udah bersyukur. Puter otak gimana kalau bikin promo take away. Biar ditengah pandemi roda ekonomi tetap berputar. Seperti seleksi alam jadinya. Yang kreatif dan berinovasilah yang mampu bertahan. Tapi sertifikat barista itu cukup mahal. Lalu belum lagi temen yang kena PHK. Mereka banyak tertarik daftar prakerja. Tapi bingung ambil minat apa.

Dengan tetap mengedepankan protokol kesehatan, masker, cuci tangan dan jaga jarak. Kami berdiskusi. Saat itu gue belum tau ada prakerja pelatihan barista dan usaha warung kopi dari The Bencoolen Coffee ini. Alhasil, tulisan ini menjadi jawaban dari keresahan teman-teman gue waktu itu.

Berinovasi dan Mencari Solusi

Bahkan saat akan menulis tulisan ini, gue juga diskusi dengan mereka. Kalian tau, sebuah tulisan selain menggali dari sumber teks, juga harus dari wawancara. Hasilnya? Banyak dari mereka yang sangat tertarik. Ikut pelatihan dunia kopi ini lewat prakerja ataupun jalur mandiri. Apalagi untuk mereka yang baru saja kehilangan pekerjaan di dunia kopi. Mereka sangat antusias ingin daftar prakerja dan mengambil pelatihan dibidang kopi yang diberikan The Bencoolen Coffee ini.

Semoga lewat kartu prakerja yang menyediakan pelatihan barista dan usaha warung kopi dari The Bencoolen Coffee. Bisa memberikan semangat pada industri kopi yang saat ini juga terdapak pandemi. Mampu menghadirkan para barista yang berkualitas dengan bukti kelayakan. Memunculkan barista merdeka dengan usaha warung kopinya sendiri. Yang bingung mau mulai, mungkin bisa bergabung dengan kemitraan usaha dari The Bencoolen Coffee. Karena mereka akan memberikan pendampingan pada setiap mitranya. Gimana udah siap pakai apron barista dengan nama kedai kopi kalian sendiri?

Barista itu adalah seniman. Mereka mulukis diatas rasa bernama kopi. Dan kopi itu digiling, bukan disobek – Kak Tirta Worth It Coffee.

PS
Peluk dari jauh

Sumber :

prakerja. bencoolencoffee .com
https:// id. wikipedia .org/wiki/Kartu_prakerja
https:// majalah.ottencoffee .co.id/sekilas-tentang-barista/
bencoolencoffee.com
https://today. line .me /id/pc/article/Menyesap+Kopi+Tubruk+Sembari+Berburu+Buku+di+Pasar+Kenari-or72GP
https://www.freepik .com/free-vector/barista-character-collection_1111132.htm#page=1&query=barista&position=2
https://genpi.id/ bengkulu-tuan-rumah-international-coffee-day-2020
https://maubelajarapa.com /workshop/fnb-hospitality/beverage/coffee/belajar-wirausaha-kedai-kopi-susu-kekinian-dengan-modal-minim/

Lilpjourney Seorang travel blogger Indonesia yang suka jalan-jalan menyusuri keindahan alam berbalut adat dengan aroma secangkir kopi.

82 Replies to “Pelatihan Barista dan Usaha Warung Kopi, Jadi Barista Merdeka”

  1. Keren sekali info yang dibagi di tulisan ini. Tapi semoga dengan diadakannya sertifikasi barista, tidak membuat sertifikat itu menjadi satu-satunya patokan kualitas baristanya. Seperti yang Mbak bilang, barista itu pekerjaan tentang rasa, tidak bisa cuma dinilai di atas kertas karena setiap orang pasti punya selera rasa yang berbeda.

    Saya juga bersyukur industri kopi di Indonesia semakin maju, sebab walaupun bukan penggila kopi, tapi saya sangat menikmati rasa dan aroma kopi untuk mengurangi penat dan jenuh.

  2. Keren banget blognya. Emang sih barista ini menjadi tulang punggung industri kopi di dunia. Di tangannya, racikan kopi dalam secangkir gelas menjadi sebuah kenikmatan komoditas yang mendongkrak perekonomian,

  3. wah emang seru banget nih kayanya jadi barista, tapi akutuh kalo ke coffee shop cuma minum kopisusu haha. pakai es lagi, heu. untuk yang mau jadi barista cocok banget nih ikutan pelatihannya.

  4. Alhamdulillah dunia kopi di Indonesia berkembang dan makin banyak yang berminat mempelajari kopi lebih dalam. Bagus nih buat yang berminat belajar jadi barista

  5. Barokallah Pelatihan barista gratis, wahh ini yang punya mimpi senang banget didukung gini
    kebetulan omku buka warung kopi dan punya dua barista cewek. Menyenangkan, tapi saya lebih kepenikmat eheheh

  6. Pertama mau komenin dulu kalau blognya keren, bacanya jadi enaak bgt… Apalagi tulisannya soal barista juga lengkap banget dan enak dibaca, aku jd bayangin profesi barista ini kyk gimana… Seruu deh

    1. Sebagai pecinta kopi yg juga punya saudara barista, rasany kok sedih y kalau ada yg meremehkan profesi tsb
      Semoga ini makin menguatkan teman2 barista sebagai motivasi untuk bisa mensosialisasikan lagi ke masyarakat 😀
      Smoga makin sukses y, MB 🙂

  7. akhirnya seorang barista ada sertifikasinya. Tapi balik lagi soal “racikan tangan” kalau emang orangnya bisa ngeracik kopi dengan aroma dan rasa yang pas, akurasa bisa ngalahin seorang barista yang emang udah tersertifikasi kelas internasional. Soalnya, kopi itu bukan soal teori tapi soal rasa. selebihnya, kayak yang mba putri tulis, kinerja di lapangannya 🙂

    1. Sebenarnya sudah lama mba. Dan selama ini pelatihan baristanya biasanya di lakukan offline. Tapi karena pandemi ini, ada pelatihan barista dan usaha warung kopi yang alhamdulillah selain terjangkau harga tapi juga mudah di jangkau oleh siapapun dan dimanapun.
      Benar sekali mba. Semua penilaian bukan hanya pada sertifikatnya tapi rasanya.

  8. Wah baru berkunjung kesini nih dengan tampilan blognya yang baru.

    Keceee banget ka Putri, terkagum sama tampilannya.

    Keren ya menjadi seorang barista juga harus punya sertifikat, keknya seru banget pelatihan menjadi barista ini. Tapi, sayangnya aku tidak terlalu suka kopi haha

  9. senang sekali pemerintah memberikan dukungan untuk para pecinta kopi dalam hal mendapatkan pendidikan dan sertifikasi untuk menjadi seorang barista, melalui kartu prakerjanya. semoga para alumnus dari pelatihan barista yang diberikan pemerintah melalui kartu prakerja ini dapat membuat berbagai inovasi yang membuat dunia per kopi an indonesia semakin melejit dan semakin dikenal di dunia internasional

  10. sekarang memang usaha warung kopi ini menjamur dimana-mana ya. harganya juga semakin terjangkau. kalau teman kerja di kantor juga sekarang malah pada nggak mau lagi minum kopi instan dan milih menyeduh sendiri kopi di kantor pakai mesin kopi

  11. Wah.. Aku jd banyak tau ttg profesi barista dr baca ini. Keren euy lengkap sangat. Aku dah lama gak berkunjung kesini dan voila banget sm perubahan blognya. Nice banget put.. Good job!

  12. Jadi barista gak mudah sih ya, kalo ada yg gratis gini harus di manfaatkan dengan baik kesempatannya. Apalagi ala bencoolen yg uda pengalaman

  13. wah ada testimoninya heheheh
    tampilan blognya makin kereeen euyy

    btw, ternyata ini kerjasama dengan kartu prakerja ya.mantap bgt yang dpt kartu prakerja ya

  14. Ini informasinya super lengkap banget sih qaqa Putri. Aku baru tau ada Bencoolen Coffe ini dan kita sudah bisa pelatihan juga dari kartu Prakerja, ini mempermudah ya buat yg ingin jadi Barista.

  15. menarik banget ya tentang barista ini, apalagi pas baca-baca ini, dulu waktu di Jogja sempat tertarik banget pengen belajar barista karena selain aku kuliah di bidang pariwisata, Jogja juga berjamur cafe-cafe gitu jadi tertariklah setiap kali aku berkunjung ke cafe dna lihat mereka menyajikan kopi

  16. Bener bgt mbak. Sedih aku tuh punya temen barista yg dianggap sebelah mata. Dikira job desknya sama kaya pelayan2. Bukan lg merendahkan pelayan ya. Huhu
    Meski aku nggak bisa minum kopi karena lambungku, tp aku sukaaaa buangeet nyium aroma kopi. Bener2 yg kaya mbak bilang bikin fresh. Seger. Moodnya oke. Pdhl cm nyium aroma kopinya doang. Hhh

    1. tapi untunglah stigma itu sudah perlahan bergeser. sekarang profesi barista sudah menjadi profesi keren kak
      kopi memang punya daya magisnya sendiri kak

  17. waah seru banget inii, aku cukup tertarik belajar menjadi barista karena beberapa tahun kebelakang lagi seneng banget ngopi hehehhe

  18. Topik barista ini menarik banget nih buat disimak, secara edukasi ini bisa dijadiin modal life skills untuk mereka yg terpaksa putus sekolah. Btw, ini tampilan blognya menarik banget mba, hehe

  19. Kalau bicara madalah kopi nggak da habisnya, apalagi dia penikmat kopi.

    Kopi sebagai sahabat karip yg setia menemani di detiap aktifitas hehe

    Kepingin lo punya kedai kopi dg penyajian kopi yg profesional pasti rame, karena semua orang butuh kopi.

  20. Meski nggak rutin minun kopi tiap hari, tapi sy suka sama kopi. Barista ini pekerjaan istimewa dan keren menurut sy. Dan apron yang dipake barista itu bikin penampilan mereka benar-benar beda. Semakin keren dan pastinya nggak lagi dipandang sebelah mata. Belajarnya juga nggak sekadarnya. Apalagi ada pelatihan khusus buat mereka. Aneh sih kalau ada yang merendahkan pekerjaan barista.

  21. Hai kak. Salam kenal. Saya suka banget sama tampilan dan artikel nya nih kerennn.
    Ngobrolin tentang barista, ternyata jadi barista itu harus punya banyak ilmu ya. Harus ikut pelatihannya biar jadi barista proffesional

  22. Keren banget pemaparannya, jadinya saya bisa dapatkan informasi lebih lengkap tentang dunia barista. Keren banget memang melihat barista mengolah kopi menjadi satu sajian yang enak dilihat dan nikmat diseruput.

  23. Usaha perkopian sedang meroket. Dan aku senang dengan program bencoolen cofee, selain pelatihan untuk para barista agar lebih professional, bisa menaikkan kopi Indonesia. Di mana kopi Indonesia sangat nikmat untuk dukonsumsi, tidak hanya kopi luar saja yang punya daya tarik.

  24. Mantap mbak tulisannya detail banget. Aku juga suka kopi. Tapi kalau diminta menguraiakn seperti ini kayaknya belum jago karena ilmuku ttg kopi masih cetek. Karena selama ini hanya sebagai penikmat saja. Mantap juga ya, ada wadah untuk belajar seni perkopian. Semoga dunia kopi Indonesia makin jaya…

  25. Dalam bayangan daku untuk pelatihan barista ini biayanya cukup mahal ya, makanya untuk yang dpaat kartu prakerja bisa memanfaatkan momen ini nih biar bisa mendapatkan keilmuan dan wawasan soal barista

  26. mbak, aku kok malah terpesona dengan tampilan blognya ya…keren banget. Tapi kalo soal kopi, aku suka namun gak hobi banget. tapi suka ama baunya yang harum dan langsung bikin mata melek. Pelatihan barista ternyata mahal juga ya mbak, tapi sebanding lah pastinya ama ilmu dan bekal wawasan yang didapat. keren mbak, suka ama tulisannya

  27. Membuat suatu menjadi bernilaia tinggi itu salah satunya dari proses. Dari penjelasan diatas yang kutangkap adalah menjadi barista tidak sekedar ala kadarnya tapi memang ada cara yang harus dipelajari. Tentu nanti hasil yang didapat bisa berkelas dan elegan

  28. Wah benar sekali kak..
    Saat ini banyak kedai kopi kekinian bermunculan, makanya profesi barista semakin dikenal luas ya

  29. Profesi Barista memang tambah keren kak makin hari. Apalagi untuk jadi Barista itu butuh keseriusan ternyata. keren

  30. Wah asyik bgt sharingnya. Dari dulu saya anggap barista sebagai profesi kece loh kak. Hihi. Btw, baru tahu ada Internasional Coffee Day

Tinggalkan Balasan

Hi! Terimakasih telah berkunjung. Silahkan isi nama dengan link blog (contoh lilpjourney.com) biar bisa blog walking. Jika ada pertanyaan dan diskusi silahkan tinggalkan komentar ya

© Copyright 2021 - lilpjourney.com