Lilpjourney Seorang travel blogger Indonesia yang suka jalan-jalan menyusuri keindahan alam berbalut adat dengan aroma secangkir kopi.

Kebiasaan Baru Setelah Pandemi Covid-19

3 min read

blogging vector

 

kebiasaan baru setelah pandemi covid-19

Lilpjourney.com | Kesehatan – Sudah hampir 30 hari pemberlakuan Work From Home karena covid-19. Sejak kasus pertama di Indonesia resmi diumumkan pemerintah pada awal Maret  2020, kasus-kasus baru bermunculan. Buntutnya pemerintah menerapkan social distancing dan menghimbau untuk tidak bepergian. Bagi orang yang doyan traveling, mungkin ini salah satu mimpi buruk. Dan munculah kebiasaan baru setelah pandemi covid-19 ini. Apa saja?

Kebiasaan Baru

Pandemi yang telah menyerang lebih dari 200 negara di dunia ini telah melumpuhkan perekonomian dunia. Mengutip dari data Kumparan (20/4), terkonfirmasi 2.406.745 kasus covid-19. Beberapa negara memilih untuk melakukan lock down. Contoh terdekat adalah Malaysia. Setelah 2 orang warga negaranya meninggal karena kasus ini, Malaysia melakukan lock down untuk mencegah penyebaran virus. Informasi ini gue peroleh langsung dari temen di Malaysia.

Seperti yang kita tahu, Virus novel coronavirus (covid-19) ini pertama kali ditemukan di Wuhan Cina pada awal 2020 dan menyebar ke negara-negara lain. Setelah adanya wabah covid-19 ini, kita jadi punya kebiasaan baru. Disadari atau tidak, kebiasaan baru setelah pandemi ini mengantar kita pada pola hidup bersih dan sehat.

#1 Rajin Cuci Tangan

Pemerintah melalui kementerian kesehatan telah memberi anjuran untuk rajin mencuci tangan. Cuci tangan dengan sabun dan air atau menggunakan cairan berbasis alkohol bisa membunuh virus yang mungkin ada di tangan. Cara cuci tangan yang benar bisa kalian cek disini.

#2 Rajin Pakai dan Ganti Masker

Secara umum, virus ini menyebar melalui percikan seperti batuk dan bersin. Jadi untuk kalian yang sedang flu wajib menggunakan masker. Tapi untuk kalian yang sehat tetap dianjurkan menggunakan masker untuk mencegahan. Cara menggunakan masker yang benar bisa kalian lihat disini.

#3 Rajin Memasak

Salah satu upaya pencegahan dari virus ini adalah pola hidup sehat. Salah satunya dengan menjaga makanan yang kita konsumsi. Memasak makanan sendiri sudah tentu baik untuk kesehatan. Hayo, mana nih yang rajin masak setelah WFH? Pasti rajin buka cookpad kan.

Akun cookpad gue pun sudah update beberapa menu baru. Coba deh intip.

#4 Quality Time Bareng Keluarga

Pasti para mommy yang kemarin sibuk ngantor, anak-anaknya di rumah jadi lengket. Beberapa teman kantor gue curhat kalau anak-anak seneng banget bisa sering punya waktu sama orangtuanya. Bahkan teman di Toraja ada yang kasih info kalau lagi berbedan dua. Waaaah rezeki nih.

Tapi apalah gue yang tinggal sendiri. Hahaha. Sebenarnya bisa aja pulang ke rumah mama, tapi kayanya egois. Dan kantor memang belum sepenuhnya libur.

#5 Takut Keluar Rumah

Ada yang parnoan? Beberapa pasti ada. Apalagi yang rumahnya dekat dengan pasien yang terkonfirmasi. Kemarin sewaktu baru saja pemerintah mengumumkan penetapan zona merah di daerah gue, temen-temen mengirimkan pesan singkat whatsapp. Nanyain kabar, nanyain gimana kondisi di sekitar gue dan ada yang modus.

#6 Marathon Film 

Semenjak si doi libur kerja, alhasil kami yang tinggal satu komplek jadi marathon film. Putri yang awalnya nggak terlalu suka nonton, akhirnya seru-seruan nonton. Stock film pun hampi setengah HDD.

#7 Baca Buku

Pandemi ini telah mengubah rak buku gue. 6 buku dipinjam. Oh anak-anakku, semoga kalian selalu sehat. Dan gue punya buku baru. Salah satu buku baru datang dari pengarang novel Surya, Mentari dan Rembulan, Sili Suli.

#8 Belajar dan Diskusi Online

Emak-emak kantor juga curhat tentang ini. Dimana serunya mereka mengawas anak yang ujian, nemenin belajar online, mantengin TVRI buat ngejar materi belajar. Bahkan temen-temen blogger juga seru-seruan diskusi di aplikasi Zoom.

#9 Rajin Mandi

Nah loh, ngaku deh yang biasanya males mandi tapi jadi rajin mandi setelah adanya pendemi ini. Temen gue yang dulunya : mandi cukup sekali pas mau berangkat kerja, sekarang jadi rajin mandi. Tau nggak alasannya apa :

Gue nggak boleh egois. Kan gue masih masuk kerja, masih keluar rumah. Kalau pulang nggak mandi, gue nggak tau bawa virus apa buat keluarga gue di rumah. Padahal di rumah selain ada orang tua, ada nenek juga yang lebih riskan kena virus – Ceceu

#10 Ekstra Suplemen dan Nutrisi

Ada salah satu teman di komunitas blogger yang menjadi special mom. Sebagai orangtua yang memiliki seorang anak berkebutuhan khusus, dia merasa khawatir dan belum siap untuk membawa anaknya berbaur dengan dunia luar. Nah untuk menghadapi pandemi ini, dia memberikan nutrisi dan suplement yang lebih berkualitas dan lebih baik daripada biasanya. Tujuannya untuk meningkatkan daya tahan tubuh anak.

Kalah atau Hadapi

Sepertinya dari pengamatan dan cerita dari beberapa temen gue ada 10 kebiasaan baru selama pandemi ini. Kalau kalian gimana? By the way, salah satu temen blogger ada punya tips menjaga keuangan tetap stabil di saat pendemi seperti sekarang ini. Penasaran? Langsung baca aja disini.

Banyaknya informasi yang tidak bertanggungjawab alias hoax membuat banyak orang jadi stress dan parnoan. Pastikan bahwa setiap info yang kalian dapat berasal dari situs resmi pemerintah.

Well, harapan kita sebenarnya sama : semoga pandemi ini segera berakhir dan kehidupan segera pulih. Tapi ada sisi positif dari pandemi ini. Selain kita punya waktu untuk ngumpul bareng keluarga, beberapa video yang beredar di Youtube memperlihatkan bahwa alam sedang memperbaiki dirinya. Turunnya tingkat aktivitas manusia yang berarti menurunkan polusi akibat penggunaan kendaraan, telah membuat langit Jakarta berwarna biru. Nah karena banyak jalan yang sepi, ingat selalu untuk berhati-hati saat keluar rumah ya. Kalau bisa hindari keluar saat malam hari.

Selalu berbaik sangkalah pada rencana Tuhan. Mungkin saat ini Ia sedang menyiapkan dunia yang lebih baik untuk anak cucu kita.

PS
Peluk dari jauh

Lilpjourney
Lilpjourney Seorang travel blogger Indonesia yang suka jalan-jalan menyusuri keindahan alam berbalut adat dengan aroma secangkir kopi.

6 Replies to “Kebiasaan Baru Setelah Pandemi Covid-19”

  1. Hmm kalau aku kayaknya yang bakal jadi kebiasaan banget itu pakai masker pas ke luar rumah. Kalau rajin masak sih mungkin lebih ke coba resep ya soalnya tiap hari juga kerjaannya masak. Hihi

  2. Rajin masker, rajin mandi itu jadi kebiasaan baru banget emang wkwkwk sebelum-sebelumnya yoo mager, sekarang harus wajib banget apalagi kalo keluar rumah.

  3. Halo Mbak Putri,
    saya juga sudah menerapkan new normal, beberapa poin juga sama seperti yang Mbak lakukan. Tapi memang yang paling sulit adalah saat berada di luar rumah. Beberapa kebiasaan baru sulit dilakukan, misalnya rajin mencuci tangan, tidak menyentuh wajah karena bisa saja kita menyentuh barang yang banyak disentuh orang lain, seperti tombol lift, pegangan tangga, gagang pintu dsb.
    Sehat selalu ya Mbak.

Tinggalkan Balasan

Hi! Terimakasih telah berkunjung. Silahkan isi nama dengan link blog (contoh lilpjourney.com) biar bisa blog walking. Jika ada pertanyaan dan diskusi silahkan tinggalkan komentar ya