Lilpjourney Seorang travel blogger Indonesia yang suka jalan-jalan menyusuri keindahan alam berbalut adat dengan aroma secangkir kopi.

10 Buah Tinggi Serat yang Pas untuk Diet

2 min read

Buah Tinggi Serat
10 Buah Tinggi Serat yang Pas untuk Diet

Lilpjourney.com | Health Story Put udah deket hari nya loh. Tegur temen gue yang nggak terima gue masih suka ngemil snack. Yang jadi masalah adalah tidak semua orang senang makan buah-buahan dan cenderung suka ngemil. Padahal buah sangat banyak manfaatnya. Diantaranya, buah tinggi serat yang paling dibutuhkan untuk kesehatan tubuh. Oke sudah saatnya memilih buah untuk diet yang tepat. 

Serat Makanan

serat makanan
Peran serat makanan untuk kesehatan

Menurut para ahli kesehatan, serat yang disebut zat dari makanan sumber nabati berperan diantaranya menurunkan kandungan kolesterol, menurunkan kandungan gula darah, menangani sembelit, mengatur berat badan, dan melindungi kesehatan pencernaan.

Untuk wanita di bawah 50 tahun, dianjurkan konsumsi 25 gr serat makanan setiap hari. Sedangkan untuk pria dianjurkan konsumsi 38 gr serat makanan setiap hari. Tetapi, banyak orang hanya makan sekitar separuhnya saja, atau 15-17 gr serat setiap hari.

Buah Tinggi Serat yang Sering Dikonsumsi saat Diet

jenis buah untuk diet
Jenis buah untuk diet

Buah yang memiliki serat yang tinggi sangat membantu sistem pencernaan agar lebih baik dan maksimal dalam bekerja. Berikut ini ada beberapa contoh buah tinggi serat yang bisa dikonsumsi saat kalian menjalani program diet.

1. Pir

Pir adalah jenis buah terkenal yang nikmat dan bergizi. Buah itu adalah salah satu sumber serat buah terbaik. Buah pir memiliki kandungan vitamin C tinggi, vitamin B, K, tembaga, magnesium, dan kalium. Kandungan serat buah pir yaitu 5,5 gr dalam buah pir dengan ukuran sedang atau 3,1 gr per 100 gr.

2. Strawberry

Stroberi adalah salah satu buah yang memiliki serat tinggi. Buah ini adalah opsi yang jauh lebih sehat dibanding junk food mana saja. Menariknya, stroberi mengandung banyak gizi yang dapat kalian makan karena penuh dengan vitamin C, dan bermacam antioksidan. Kandungan serat pada stroberi yaitu 2 gr per 100 gr. Jumlah ini tinggi sekali mengingat kandungan kalori yang rendah pada buah stroberi.

3. Alpukat 

Alpukat berbeda dengan buah pada umumnya. Buah ini tak hanya memiliki kandungan karbohidrat, akan tetapi juga mengandung lemak sehat dan baik untuk pencernaan. Buah alpukat mengandung banyak  vitamin C, kalium, magnesium, vitamin E dan bermacam vitamin B. Kandungan serat yaitu 6,7 gr per 100 gr.

4. Apel

Apel adalah buah tinggi serat dengan rasa yang manis. Kandungan seratnya yaitu 4,4 gr dalam apel ukuran sedang, atau 2,4 gr per 100 gr. Buah apel benar-benar populer untuk yang sedang melakukan diet, sebab bisa membuat kalian kenyang semakin lama. Apel juga bagus untuk turunkan kolesterol tubuh loh!

5. Raspberry

Raspberry adalah buah yang sangat bergizi sebab memiliki kandungan vitamin C. Kandung serat pada raspberry yaitu 6,5 gr per 100 gr. Raspberry dapat menahan bertambahnya lemak hati dan berat badan.

6. Pisang

Pisang adalah sumber gizi yang bagus, karena memiliki kandungan vitamin C, vitamin B6, dan kalium. Kandungan serat dalam pisang yaitu 3,1 gr untuk pisang ukuran sedang, atau 2,6 gr per 100 gr. Pisang dapat menangani diare. Buah ini gampang didapat di semua musim.

7. Pepaya

Pepaya adalah buah yang memiliki serat tinggi dengan rasanya yang manis. Buah ini memiliki kandungan serat sampai 1,3 gr per 100 gr buahnya. Biasanya pepaya dimakan untuk memperlancar bab dan untuk yang lagi diet sebab buah ini karakternya mengenyangkan. Buah ini gampang didapatkan dengan harga yang murah.

8. Mangga

Buah yang musim pada waktu kemarau ini adalah salah satu yang memiliki serat tinggi. Buah ini memiliki kandungan 5,4 gr serat per mangga. Mangga memiliki kandungan vitamin A, vitamin C, vitamin E, dan kalsium. Buah yang rasanya manis ini dapat dibikin jus atau langsung dimakan. Dan ini merupakan salah satu buah favorit gue. Paling suka makan pas buahnya masing mangkal. Seger!

9. Nanas

Kandungan serat buah ini sebesar 1 gr per-100 gr. Karena itu buah ini sangat bagus untuk pencernaan tubuh. Nanas memiliki kandungan vitamin C, vitamin B6, vitamin B1, dan folat. Campurkan buah ini menjadi jus supaya lebih maksimal manfaatnya.

10. Delima 

Delima adalah buah tinggi serat yang memiliki kandungan lebih dari 11 gr serat per buah. Buah ini memiliki kandungan antioksidan, vitamin C, protein, folat, potasium dan vitamin K. Kalian dapat makan langsung buah delima atau bisa juga dengan dijus.

Kesimpulan

Terlepas sedang melakukan diet atau tidak, mengkonsumsi buah tinggi serat tentu punya peran positif untuk kesehatan tubuh. Apalagi dimasa pandemi seperti saat ini, selain berolahraga, pastikan kalian juga cukup mengkonsumsi makanan dan buah yang sehat.

PS
Peluk dari jauh

Lilpjourney
Lilpjourney Seorang travel blogger Indonesia yang suka jalan-jalan menyusuri keindahan alam berbalut adat dengan aroma secangkir kopi.

Mengenal Direktori Penyakit di Aplikasi SehatQ.com

Mengenal Direktori Penyakit di Aplikasi SehatQ.com | Health Story – Memasuki industri 4.0, ada banyak kemudahan yang bisa kita rasakan. Salah satunya di dunia...
Lilpjourney Lilpjourney
2 min read

5 Replies to “10 Buah Tinggi Serat yang Pas untuk Diet”

  1. Admilidyasari.com : biasanya makan pepaya, pisang, mangga sama nenas. Karena paling mudah didapatnya bahkan di info atau alpa juga ada haha

  2. Yang paling aku suka ya pisang, mangga, nanas, apalagi mangga muda duh enak banget ngerujak. Delima suka juga tapi sudah nyarinya dan mahal

  3. Kalau serat dalam bentuk buah aku banyak yang kusuka kayak apel, pir, pepaya dan buah lainnya. Cuma kadang beli buahnya ini yang nggak sempat

  4. Semua jenis buah di atas kusuka. Sudah enak, menyehatkan juga ya. Yuk yuk mari kita makan buah.

Tinggalkan Balasan

Hi! Terimakasih telah berkunjung. Silahkan isi nama dengan link blog (contoh lilpjourney.com) biar bisa blog walking. Jika ada pertanyaan dan diskusi silahkan tinggalkan komentar ya