Lilpjourney Seorang travel blogger Indonesia yang suka jalan-jalan menyusuri keindahan alam berbalut adat dengan aroma secangkir kopi.

Tips Tidur Berkualitas agar Lebih Produktif Membuat Konten

4 min read

tips tidur berkualitasLilpjourney.com | Health Story – Sebagai seorang freelance, tentu tidak lepas dari begadang. Bahkan jika ditanya lebih sering tidur tepat waktu atau begadang, jelas aku akan menjawab begadang. Padahal harusnya agar tetap produktif, setiap orang harus punya tidur yang berkualitas.

Sering Begadang? Jangan Harap Dietmu Sukses

Tidur merupakan salah satu kebutuhan manusia. Saat kebutuhan itu tidak terpenuhi, maka sudah dipastikan akan berakibat pada kesehatan.

Jika kalian terbiasa begadang, hati-hati. Karena ada beberapa penyakit serius yang mengintai seperti depresi, penyakit jantung, dan juga obesitas.

Apakah kalian saat ini sedang diet? Kalian pasti pernah mendengar kunci sukses diet adalah tidak begadang. Kurangnya waktu tidur bisa menjadi penyebab gagal diet loh. Mengapa demikian?

Kurangnya waktu tidur dapat menghambat laju metabolisme di dalam tubuh. Padahal selama kalian tidur, tubuh memproduksi hormon yang disebut dengan melatonin. Hormon ini berfungsi meningkatkan laju metabolisme serta lemak tertentu yang berperan dalam pembakaran energi.

Jadi kalau kalian ingin sukses diet, maka awali dengan tidur berkualitas. Nah kali ini aku mau sharing tentang tips tidur berkualitas yang aku dapatkan saat mengikuti webinar Ibu-ibu Doyan Nulis bersama Deltomed : Tidur Berkualitas Awal Produktivitas dan Kualitas Tulisan.

Komponen Utama saat Tidur

webinar tidur berkualitas deltomedTau nggak sih kaliah, jika ada komponen penting saat tidur? Terdapat dua komponen utama yang harus kita perhatikan saat tidur. Dua komponen ini penting agar tubuh kita mempunyai waktu tidur yang cukup.

1# Kuantitas Tidur

Kuantitas tidur adalah jumlah jam tidur normal yang dibutuhkan seseorang sesuai dengan kebutuhan tidurnya. Kebanyakan orang dewasa memerlukan waktu tidur antara 7-9 jam di malam hari.

Tetapi perlu diingat juga bahwa kebutuhan kuantitas tidur setiap orang bisa berbeda. Ada yang perlu hanya 6 jam, ada juga yang butuh 10-11 jam tidur di malam hari.

2# Kualitas Tidur

Pernah nggak sih kalian dengar kalimat : percuma tidur lama sampai lupa bangun, kalau nggak berkualitas. Nah komponen dalam tidur yang penting kedua adalah kualitas tidur.

Apa itu kualitas tidur? Kualitas tidur adalah suatu kondisi yang dijalani oleh seseorang sehingga mendapatkan kesegaran dan kebugaran saat bangun dari tidurnya. Seperti ungkapan : sleep quality refers to how well you sleep.

Sebenarnya durasi waktu tidur yang berkualitas tidak perlu panjang. Ada orang hanya hanya tidur 1 jam tapi saat bangun sudah segar. Tidur berkualitas juga ditandai dengan tidur malam tanpa terbangun atau terbangun tapi langsung bisa tertidur kembali kurang dari 20 menit.

Saat Komponen Tidur Terganggung dan Pengaruhnya pada Kesehatan

Apa yang terjadi jika kompenen tidur di atas tidak terpenuhi? Saat kalian mengalami masalah pada salah satu atau kedua komponen tidur di atas, maka bisa menimbulkan dampak seperti terganggunya sistem memori dan konsentrasi.

Aku sendiri merasakan dampak ini. Yang paling sering itu saat aku kelewatan begadang dan pas beraktivitas jadi kurang konsentrasi. Sampai-sampai aku merasa pikun. Padahal usia masih belia. Tak hanya konsentrasi, kalau kuantitas tidur ku kurang juga sering bikin bad mood. Saat pagi hari juga badan rasanya pegal-pegal kaya mau copot.

Ternyata terganggungnya komponen tidur juga berpengaruh loh pada kesehatan :

1# Sistem Imun

Apabila aktivitas tidur kita kurang (kuantitas dan kualitas), maka bisa menurunkan imunitas. Padahal di masa pandemi seperti sekarang kita harus menjaga sistemimun kita agar tidak gampang terinfeksi virus.

2# Working Memory

Kurangnya kualitas dan kuantitas tidur juga berdampak pada menurunnya fungsi kognitif dan working memori sebesar 38%!

3# Mood

Seperti yang aku singgung di atas, kalau sering tidur telat dan paginya harus kerja sudah bisa dipastikan seharian bad mood.  Aktivitas tidur yang tidak tepat, berdampak pada kesehatan mental kita.  Jadi kalau mau menghindari stres dan depresi, sebaiknya tidur tepat waktu ya.

4# Kecelakaan

Berita tentang kecelakaan karena pengemudi mengantuk tentu sudah tidak terhitung. Aku pun pernah mengalami hal ini. Hari Sabtu-Minggu aku touring bersama anak-anak Vespa, Senin masuk kerja. Alhasil karena ngantuk dan capek aku nabrak mobil yang mau putar balik. Walaupun aku nggak sepenuhnya salah sih, karena si pengguna mobil tidak menggunakan lampu sein ketika belok.

5# Kesehatan Kulit

Dokter ahli kecantikan yang sering aku temui sering bilang : kunci cantik itu tidur tepat waktu, maksimal jam 10 malam.

Hal ini bukan sekadar isapan jempol loh. Jika kalian sering begadang, ternyata bisa menimbulkan penuaan dini. Kalau kalian ingin awet muda, segera benahi jam tidur kalian.

6# Kebiasaan Makan

Sadar nggak sih berapa banyak kalori tambahan yang masuk ke perut saat kalian begadang? Saat begadang, biasaya perut kita jadi ‘merasa’ lapar. Bagaimana diet akan sukses kalau kalian masih begadang?

Manfaat Tidur Berkualitas

Ada banyak manfaat yang akan kalian rasakan tidur berkualitas :

  1. Tubuh menjadi lebih sehat. Imunitas meningkat sehingga terhindar dari risiko penyakit.
  2. Rumah tangga lebih harmonis. Kelelahan menjadi salah satu faktor tidak menurunnya rumah tangga yang harmonis.
  3. Menurunkan risiko terjadinya cidera. Saat tidur kalian cukup, maka konsentrasi semakin baik.
  4. Memperbaiki suasana hati. Apa yang kalian rasakan saat tidur tepat waktu dan bangun di pagi hari? Pasti badan lebih segar dan kalian bisa tersenyum menyambut hari baru.
  5. Berat badan terkontrol. Imunitas baik, metabolisme baik, jadi berat badan pun akan terkontrol!
  6. Meningkatkan konsentrasi dan daya pikir.

Tips Tidur Berkualitas

Ada beberapa tips tidur berkualitas yang aku dapatkan dari webinar kemarin :

1# Membuat jadwal tidur

Membuat jadwal tidur bisa di awali dengan memasang alarm. Jadi jangan hanya alarm bangun tidur yang kita setting,  alarm tidurpun wajib kita pasang.

2# Hindari tidur siang terlalu lama

Tidur siang memang diperbolehkan. Tapi bukan berarti dengan durasi yang lama. Wajarnya tidur siang hanya 30 menit saja.

Jika merasa ngantuk disiang hari dan perlu tidur siang, itu juga merupakan tanda kalian tidak mempunyai tidur berkualitas di malam hari.

3# Optimalkan ruang tidur

Kamar yang nyaman adalah kunci tidur berkualitas. Pernah loh aku salah mengatur posisi ranjang dan berakibat badmood mau tidur! Rajin-rajin ganti seprei dan jaga sirkulasi udara di kamar juga penting untuk membuat tidur berkualitas.

4# Tinggalkan perangkat elektronik

Kalau kalian sudah masuk selimut, ya sudah. Jangan mainan gadget lagi. Kadang kita berdalih : cari ngantuk. Padahal pas lihat konten seru jadi lupa tidur.

5# Herbal untuk kualitas tidur

Jika kalian sering mengalami masalah tidur, kalian harus mencoba tips kelima ini. Tips tidur berkualitas yang terakhir adalah dengan mengkonsumsi herbal tertentu.

Tau nggak sih, ada beberapa ekstrak tanaman yang bisa digunakan untuk membantu tidur kalian lebih berkualitas? Ialah valerian, lavender, hop, chamomile, hawthorn, rosemary, passion flower, dan St.John’s Wort.

Ingin mencoba menggunakan herbal untuk memperbaiki kualitas tidur? Tenang saat ini ada produk herbal terbaru yang merupakan kombinasi passion flower, valerian, dan ginger. Ketiga bahan ini bermanfaat untuk mendapatkan efek yang sinergistik dalam menginduksi tidur, meningkatkan total sleep time, memperbaiki kualitas tidur serta membantu mencegah dan mengatasi efek buruk akibat kurang tidur seperti masuk angin dan penurunan imunitas.

Antangin Good Night

antangin good night dan kandungannyaSebagai seroang content creator, tentu harus mempunyai mood dan konstrasi yang baik. Hal ini diperlukan baik untuk pembuatan konten tulisan, video, ataupun foto.

Walaupun sering lembur untuk menyelesaikan deadline, aku sadar bahwa mulai saat ini harus punya kualitas tidur yang baik. Selain untuk konsentrasi tapi juga untuk imunitas aku. Terlebih di saat pandemi seperti sekarang.

PT. Deltomed Laboratories, yang sadar akan kebutuhan konsumennya meluncurkan produk terbaru Antangin Good Night pada bulan Maret kemarin. Produk ini dapat membantu memperbaiki kualitas tidur dan mengobati masuk angin.

Aku nggak nyangka ternyata perusahaan ini sudah diakui lebih dari 40 tahun di industri obat tradisional Indonesia dan pertama kali berdiri di Banjarmasin! Hingga saat ini Deltomed mampu menghasilkan ekstrak bahan alami dengan kualitas terbaik karena menggunakan bahan berkualitas dan didukung dengan teknologi mesin.

Passion flower, valerian, dan jahe merupakan formula inti dari produk Antangin Good Night. Produk baru Deltomed ini juga sudah mengantongi izin BPOM RI dan sertifikasi Halal dari Majelis Ulama Indonesia.

Kesimpulan

Menghasilkan konten berkualitas merupakan tuntutan. Baik untuk content creator seperti blogger, vlogger, atau industri kreatif lainnya.

Produk Antangin Good Night ini merupakan produk herbal yang bisa kalian coba untuk membantu mengatasi kualitas tidur kalian. Terlebih harganya sangat terjangkau, hanya 5000/4 kaplet. Antangin Good Night bisa diperoleh di apotik, toko obat, dan e-commerce (Deltomed store di Tokopedia, Shopee, Blibli, Lazada, Bukalapak, JD. ID).

Yuk mulai tidur berkualitas agar kita selalu bisa menghasilkan karya berkualitas.

PS
Peluk dari jauh

Lilpjourney Seorang travel blogger Indonesia yang suka jalan-jalan menyusuri keindahan alam berbalut adat dengan aroma secangkir kopi.

Tinggalkan Balasan

Hi! Terimakasih telah berkunjung. Silahkan isi nama dengan link blog (contoh lilpjourney.com) biar bisa blog walking. Jika ada pertanyaan dan diskusi silahkan tinggalkan komentar ya