Lilpjourney Seorang travel blogger Indonesia yang suka jalan-jalan menyusuri keindahan alam berbalut adat dengan aroma secangkir kopi.

Tips Penting Cara Aman Berkendara Bagi yang Hobi Bersepeda Motor

1 min read

Tips aman berkendara

Bagi pecinta sepeda motor, berkumpul dengan komunitas lalu melakukan Sunmori (Sunday Morning Ride) alias berkendara di hari Minggu pagi atau sekadar touring jarak dekat adalah hal yang menyenangkan. Saat ini banyak sekali komunitas pecinta sepeda motor tergantung jenis sepeda motornya, mulai dari komunitas skuter matic, komunitas sepeda motor sport seperti Suzuki GSX R 150, hingga komunitas modifikasi motor keren seperti motor Suzuki Satria juga ada. Selain bisa menyalurkan hobi, touring juga melepaskan penat dan bisa jadi ajang memperluas jaringan koneksi Anda sesama pecinta sepeda motor.

Namun sayangnya banyak oknum di luar sana yang kerap mengabaikan keselamatan terutama saat berkendara beramai-ramai dengan komunitasnya.Padahal keselamatan adalah hal yang paling utama agar Anda tetap aman hingga tiba kembali ke rumah. Ikuti tips safety riding di bawah ini, khusus Anda para pecinta sepeda motor

1# Pakai helm

Helm adalah peralatan yang sangat penting dan wajib digunakan saat berkendara. Kepala merupakan bagian tubuh yang sangat vital dan merupakan pusat dari aktivitas tubuh. Jika Anda ingin touring, pilihan helm full face adalah pilihan yang tepat. Helm ini sangat cocok untuk digunakan saat touring, karena dapat melindungi seluruh wajah dari debu, cahaya matahari yang terik, bahkan angin. Selain itu, helm juga melindungi bagian tubuh yang paling penting, yaitu kepala. Penggunaan helm full face juga dapat melindungi Anda dari benturan saat terjadi kecelakaan. Pastikan untuk selalu mengaitkan sabuk dengan benar hingga terdengar suara ‘klik’, ini akan mengurangi dampak dari benturan dan melindungi kepala dari hal-hal yang tidak diinginkan.

2# Gunakan jaket

Jaket merupakan peralatan penting yang harus digunakan saat touring. Pertama-tama, pastikan untuk mengenakan baju lengan panjang sebelum mengenakan jaket. Kemudian, pilih jaket yang berbahan agak tebal atau jaket windbreaker. Jaket dengan bahan seperti parasut yang biasa digunakan untuk naik gunung. Jaket ini biasanya anti air dan agak tebal. Seperti namanya, jaket ini melindungi tubuh dari angin, debu, serta paparan sinar matahari. Bahan yang anti air juga akan melindungi Anda dari hujan dan benda-benda yang berterbangan di udara seperti kerikil atau serangga. Pilih jaket yang tidak mudah robek dan memiliki sirkulasi udara yang lancar. Hal ini akan membuat Anda nyaman saat cuaca panas atau saat hujan. Pastikan jaket yang Anda pakai sesuai dengan ukuran badan, tidak terlalu ketat atau terlalu besar, sehingga Anda dapat bergerak dengan bebas.

3# Pakai pelindung tubuh tambahan

Pelindung tubuh tidak harus digunakan di seluruh badan, namun beberapa bagian tubuh harus menggunakannya. Pertama, pelindung dada dan punggung. Penggunaan pada bagian dada dan punggung akan melindungi kulit dari gesekan dan benturan saat terjadi kecelakaan. Pelindung siku dan lutut juga penting untuk digunakan. Lutut, siku dan tulang kering harus dilindungi dengan karena bagian tersebut termasuk bagian tubuh yang rentan risiko cedera. Pilih pelindung tubuh dengan bahan seperti drill atau denim yang berlapis agar mampu melindungi badan dan lengan dari gesekan atau benturan. Gunakan juga sarung tangan yang memudahkan Anda menggenggam kemudi bahkan saat cuaca ekstrim seperti hujan dan angin kencang. Terakhir, gunakan juga sepatu dan kaus kaki agar kaki Anda terlindungi sepanjang perjalanan. 

4# Bawa surat kelengkapan

Dokumen kendaraan seperti STNK dan SIM merupakan hal penting yang harus dimiliki oleh setiap pemilik kendaraan, terutama bagi yang menyukai touring di Indonesia. STNK sebagai bukti legalitas kendaraan Anda, dan SIM sebagai bukti bahwa Anda lulus uji kemampuan mengemudi dan dapat mengemudi dengan aman dan sesuai peraturan. Memiliki dokumen kendaraan yang lengkap akan membuat Anda lebih nyaman dan aman saat berada di jalan raya, serta terhindar dari risiko razia.

Lilpjourney Seorang travel blogger Indonesia yang suka jalan-jalan menyusuri keindahan alam berbalut adat dengan aroma secangkir kopi.

One Reply to “Tips Penting Cara Aman Berkendara Bagi yang Hobi Bersepeda…”

  1. Aku banget nih Kak. Sebisa mungkin mencoba untuk mematuhi peraturan yang ada. Demi keselamatan diri sendiri, orang yang disayangi dan orang lain.

Tinggalkan Balasan

Hi! Terimakasih telah berkunjung. Silahkan isi nama dengan link blog (contoh lilpjourney.com) biar bisa blog walking. Jika ada pertanyaan dan diskusi silahkan tinggalkan komentar ya

© Copyright 2021 - lilpjourney.com