Lilpjourney Seorang travel blogger Indonesia yang suka jalan-jalan menyusuri keindahan alam berbalut adat dengan aroma secangkir kopi.

Ini Tahapan Pertumbuhan Gigi Anak, Orangtua Wajib Tau

2 min read

pertumbuhan gigi anakIni Tahapan Pertumbuhan Gigi Anak, Orangtua Wajib Tau | Mom Story – Beberapa waktu lalu dua gigi bagian depan gue goyang. Gue langsung panik dan pergi ke dentist.  Dari kecil, gue memang kurang memperhatikan masalah pertumbuhan gigi. Yang penting rajin sikat gigi. Ternyata agar gigi tumbuh dengan baik hingga dewasa, orangtua wajib paham tentang pertumbuhan gigi pada anak.

6 Fakta Tentang Gigi Susu

Ingat nggak sih, sewaktu kecil kita sering dengar dongeng tentang Peri Gigi di TV? Konon, ibu peri inilah yang akan menjaga gigi susu kita. Syaratnya kita harus menempatkan gigi susu yang tanggal di bawah bantal tempat tidur. Jika gigi susu tersebut hilang dan digantikan dengan hadiah, artinya ibu Peri Gigi baru saja mengunjungi kita.

Tapi tau nggak sih sebenarnya ada 6 fakta tentang pertumbuhan gigi susu anak. Apa saja?

1# Tanggal Semuanya

Gigi susu mulai tumbuh saat anak berusia 8-12 bulan. Gigi susu akan tumbuh satu persatu dan semuanya akan tanggal satu persatu mulai dari gigi susu seri, disusul gigi taring hingga geraham. Semua gigi susu yang tanggal akan digantikan oleh gigi permanen.

2# Jumlah Gigi Susu dan Permanen Berbeda

Moms pernah nggak sih kalian menghitung jumlah gigi susu anak? Ternyata jumlah gigi susu dan gigi permanen itu berbeda loh. Jika gigi susu berjumlah 20, gigi permanen berjumlah 32. Itulah kenapa gigi orang dewasa lebih rapat dari pada gigi anak-anak.

3# Gigi Susu Tumbuh Setiap Bulan

Moms sadar nggak sih kalau gigi susu anak umumnya tumbuh setiap bulan sejak gigi susu pertama muncul? Dan biasanya saat berumur 3 tahun gigi susunya sudah tumbuh semua.

4# Lebih Mudah Karies

Jangan heran ya Moms jika sering melihat anak-anak di usia prasekolah yang memiliki gigi depan berwarna kecokelatan, atau kehitaman. Karena gigi susu memiliki enamel yang lebih tipis sehingga lebih mudah karies.

5# Berbeda Akar

Gigi susu memiliki akar yang tipis dan pendek. Akar yang pendek inilah yang membantu gigi susu lebih mudah lepas dan berganti dengan gigi permanen yang tumbuh di bawahnya.

6# Sudah Ada Sejak dalam Kandungan

Walaupun gigi susu umumnya mulai tumbuh saat si kecil berusia 6-12 bulan, ternyata gigi susu sudah mulai berkembang sejak di dalam kandungan loh. Pada usia kehamilan menginjak usia 6 minggu, substansi dasar gigi sudah mulai terbentuk. Jadi untuk calon Moms jangan lupa konsumsi kalsium, vitamin D dan C serta fosfor yang cukup untuk mendukung pertumbuhan gigi anak.

Ini Tahapan Pertumbuhan Gigi Anak, Orangtua Wajib Tau

Jujur gue seneng banget bisa menulis artikel tentang parenting untuk pertama kalinya. Walaupun masih insya Allah soon to be mom. Nah saat ini sejujurnya gue sedang menghadapi permasalahan dengan gigi. Kemarin saat makan keripik singkok, tiba-tiba ada serpihan keripik yang nyangkut disela gigi. Alhasil tiba-tiba gigi depan gue goyang dong.

Saat menulis artikel ini, gue baru sadar ternyata pertumbuhan gigi anak dimulai sejak dalam kandungan. Kemudian saat menginjak usia 3 bulan pertumbuhan gigi ditandai dengan si baby yang mulai aktif mengeksplorasi mulut dan terjadi peningkatan air liur.

Nah Moms, harus tau nih tahapan pertumbuhan gigi anak secara umum sesuai dengan usianya :

  1. Gigi seri tengah (atas dan bawah) pada usia 6-10 bulan.
  2. Gigi seri samping (atas dan bawah) pada usia 10-16 bulan.
  3. Gigi taring (atas dan bawah) pada usia 16-12 bulan.
  4. Gigi Geraham kecil yang berada di samping taring (atas dan bawah) pada usia 13-19 bulan.
  5. Gigi geraham belakang atau second molar (atas dan bawah) pada usia 23-31 bulan.

Lantas bagaimana kalau tahapan pertumbuhan gigi terlalu cepat atau malah lambat? Tenang Moms. Hal ini terjadi karena kondisi tubuh anak berbeda-beda, jadi tahapan pertumbuhan gigi tidak dapat disamaratakan.

Penutup

Setelah memahami tahapan pertumbuhan gigi anak, orangtua harus belajar cara merawat gigi anak. Salah satunya dengan mengenalkan anak dengan kebiasayaan menggosok gigi yang benar.

PS
Peluk dari jauh

Lilpjourney Seorang travel blogger Indonesia yang suka jalan-jalan menyusuri keindahan alam berbalut adat dengan aroma secangkir kopi.

Tinggalkan Balasan

Hi! Terimakasih telah berkunjung. Silahkan isi nama dengan link blog (contoh lilpjourney.com) biar bisa blog walking. Jika ada pertanyaan dan diskusi silahkan tinggalkan komentar ya