Lilpjourney Seorang travel blogger Indonesia yang suka jalan-jalan menyusuri keindahan alam berbalut adat dengan aroma secangkir kopi.

Adaptasi Sistem Perkuliahan di Tengah Pandemi untuk Mahasiswa Psikologi

2 min read

Sistem Perkuliahan saat Pandemi

Adaptasi Sistem Kuliah saat Pandemi | Lilpjourney.com – Sistem perkuliahan yang dimulai sejak tahun lalu berubah menjadi pelajaran jarak jauh atau daring dikarenakan pandemi. Hal ini menyebabkan mahasiswa baru tidak bisa merasakan kuliah di Universitas secara langsung.

Adaptasi ini tentu saja sangat diperlukan karena demi berjalannya sistem perkuliahan seperti biasa. Pihak Universitas juga sudah menyiapkan segala hal agar pelajaran bisa nyaman dan diselesaikan dengan baik dalam waktu satu semester tersebut. Jangan biarkan pandemi menghalangimu untuk mendapatkan gelar psikologi.

Beberapa Universitas mengadakan seminar untuk menjelaskan adanya program baru dikarenakan adaptasi perkuliahan di tengah pandemi. Sebagai seorang mahasiswa sangat penting untuk mengikuti kelas dan pembelajaran dikarenakan banyak kali informasi yang dapat diterima. Berikut adalah adaptasi sistem perkuliahan di tengah pandemi untuk masalah psikologi.

Selalu Update Informasi pada Laman Web Universitas dan Web E-Learning

Sebelumnya Beberapa Universitas tidak memiliki web e-learning untuk mahasiswanya dikarenakan seluruh tugas dan pembelajaran dilaksanakan secara langsung dan tatap muka. Perubahan terjadi ketika pandemik dan menyebabkan hampir seluruh fasilitas memiliki website e-learning mereka masing-masing. Hal ini sangat penting karena untuk menginput kelas-kelas mahasiswa dan juga tugas serta pemberitahuan penting dari dosen. Sebagai sistem adaptasi perkuliahan di tengah pandemi untuk mahasiswa psikologi kalian harus selalu update informasi pada halaman web tersebut. Hal ini dikarenakan suatu informasi di siarkan dalam satu media yaitu website tersebut. Jika kalian malas untuk membuka website banyak sekali informasi yang tertinggal.

Pastikan Jadwal

Jadwal kuliah juga merupakan hal yang harus kalian Pastikan sehingga tidak salah ketika masuk ke dalam drum ataupun platform lain untuk pembelajaran. Hal ini akan menjadi sulit karena sudah nyaman dalam pelajaran jarak jauh sehingga tidak memperhatikan ketika ada jadwal kuliah. Beberapa perubahan kelas bisa saja terjadi seperti kelas yang dipindahkan ke minggu depan ataupun kelas yang diadakan. Akan sangat sulit apabila kalian tidak disiplin terhadap diri sendiri sehingga jadwal kuliah menjadi berantakan. Sama seperti kuliah luring kalian harus disiplin terhadap jadwal. Jangan biarkan telat masuk kelas dan tidak memperhatikan ketika dosen Tengah menjelaskan. Apabila terjadi kendala seperti sinyal yang tidak baik ataupun listrik yang pada mandi harus langsung mengkomunikasikan nya kepada penanggung jawab kelas dan kepada dosen yang mengajar.

Jangan Menjadi Pribadi yang Tertutup

Merubah diri untuk menjadi pribadi yang terbuka adalah hal yang harus kalian lakukan untuk Adaptasi Sistem Perkuliahan di Tengah Pandemi. Selain dari website dan jadwal yang sudah ditentukan teman adalah sosok yang selalu mengingatkan kalian apabila ada tugas ataupun perubahan. Semua hal juga jauh lebih mudah apabila kalian membuka diri dikarenakan kalian dapat bertanya mengenai kelas dan juga tugas-tugas yang diberikan. Ketika pembagian kelompok kalian juga bisa jauh lebih mudah mendapatkan kelompok dan tidak harus mencari anggota lain.

Tidak Menunda Tugas dan Mengumpulkan Tepat Waktu

Menunda sesuatu merupakan hal yang sangat buruk dan bisa berakibat negatif terhadap diri sendiri dan masa depan. Apabila ada tugas yang diberikan oleh dosen sebaiknya kalian langsung mengerjakannya ataupun membuat rencana kapan kalian akan mengerjakannya secara tuntas. Tugas menjadi salah satu penilaian yang paling penting pada perkuliahan dikarenakan Hal ini membuktikan bahwa kaliam memahami mata kuliah tersebut dan memiliki niat untuk mengerjakan tugas tersebut. Apabila kalian terus menunda mengerjakan tugas bisa jadi jawaban yang kalian berikan kurang memuaskan dan juga kalian terlambat untuk mengumpulkan tugas tersebut. Tidak semua dosen bisa menerima toleransi dikarenakan sudah ada tanggal waktu yang dibuat sendiri.

Persiapkan Diri Sebaik Mungkin Sebelum Kuliah

Agar diri kalian menjadi jauh lebih disiplin kalian mempersiapkan diri sebaik mungkin Sebelum kuliah mulai. Apabila kuliah kalian dimulai pagi ada mempersiapkan diri seperti makan terlebih dahulu dan juga mandi. Memiliki perasaan yang senang dan tenang pada pagi hari ataupun sebelum memulai kelas bisa menjadi pengaruh yang kuat untuk menerima pelajaran. Apabila kalian mengikuti kelas dalam keadaan baru bangun tidur dan setengah mengantuk tentu saja fokus kalian terbagi dan informasi ataupun pelajaran tidak akan masuk secara penuh.

Kesimpulan

Sistem perkuliahan di tengah pandemi yang banyak berubah ini harus ada siasati dengan diri kalian agar tetap disiplin dan berhasil pada setiap mata kuliahnya. Hal ini dikarenakan kalian tidak akan menyia-nyiakan waktu kalian selama beberapa semester. Apabila kalian serius dalam menghadapi kuliah di tengah pandemi. Berusaha untuk mengikuti kelas dengan baik dan juga bertanya apabila terdapat hal-hal yang dirasa kurang paham adalah cara umum tetapi sebagai cara terbaik agar bisa menguasai materi kuliah. Adaptasi Sistem Perkuliahan di Tengah Pandemi untuk Mahasiswa Psikologi di atas bisa kalian jadikan referensi agar kuliah semakin nyaman dan juga diri kalian semakin disiplin.

PS
Peluk dari jauh

Lilpjourney Seorang travel blogger Indonesia yang suka jalan-jalan menyusuri keindahan alam berbalut adat dengan aroma secangkir kopi.

Tinggalkan Balasan

Hi! Terimakasih telah berkunjung. Silahkan isi nama dengan link blog (contoh lilpjourney.com) biar bisa blog walking. Jika ada pertanyaan dan diskusi silahkan tinggalkan komentar ya

© Copyright 2021 - lilpjourney.com