Lilpjourney Seorang travel blogger Indonesia yang suka jalan-jalan menyusuri keindahan alam berbalut adat dengan aroma secangkir kopi.

Review Aplikasi blu by BCA Digital, Fitur dan Tutorialnya

5 min read

review aplikasi blu

Review aplikasi blu | Lilpjourney.com – Pada hari Kamis kemarin, aku bertemu dengan seorang pakar dunia digital di Banjarmasin. Pak Andi Riza. Saat berbincang dengan beliau, topik pembicaraan tentang digital bank sangat menarik. Terlebih tentang blu by BCA Digital. Sampai rumah pun aku langsung download dan daftar aplikasi bank digital ini. Ini dia review aplikasi blu dari aku.

Dua Tahun Bersama BCA

Sejak aku aktif membesarkan dan merawat blog lilpjourney.com seperti anak sendiri, aku memilih menggunakan BCA. Apa hubungannya BCA dan blog?

Jadi waktu itu aku mendapatkan beberapa project untuk blog ini. Lantas beberapa kali kena potongan admin karena berbeda bank. Akhirnya dengan modal uang 100ribu, aku pergi ke BCA cabang terdekat dari kantor. Yap! Membuka rekening baru.

Saat masuk ke lantai 2, ada petugas yang menyapa aku dengan ramah. Mungkin beliau membaca gelagatku yang seperti baru pertama menginjakkan kaki digedung itu. Petugas itu pun langsung bertanya perihal keperluanku. Singkat cerita, aku sudah membuka rekening baru dengan dilayani CS yang sangat ramah.

Well hampir 2 tahun aku menjadi nasabah setia BCA. Sampai detik ini belum ada satu pun layanan mereka yang mengecewakan. Jadi saat kemarin tau ada aplikasi blu dari BCA aku pun sangat antusias ingin mencoba inovasi terbaru mereka dibidang perbankan.

Tentang Aplikasi blu by BCA Digital : Bukan Zamannya Berkompetisi Tapi Saling Bersinergi

Aplikasi blu by BCA Digital adalah aplikasi perbankan dari BCA Digital yang baru diluncurkan pada 2 Juli 2021 kemarin. Aplikasi ini sudah bisa dinikmati baik pengguna iOS ataupun Android.

Hadirnya aplikasi blu ternyata disambut baik oleh banyak orang. Di Play Store, aplikasi ini sudah diunduh oleh 10rb orang lebih dan mendapatkan rating 3,9 dari 819 review. Sedangkan di iOS aplikasi ini sudah mendapatkan rating 4,2.

kantor blu by bca digitalMulai langkahmu

Gapai cita-citamu

Bebaskan dirimu

Semua bisa dengan blu

Pada hari Kamis, 22 Juli 2021 kemarin, aku mengikuti acara launching dan press conference aplikasi blu by BCA Digital. Acara ini dipandu oleh kak Senandung Nacita dan dibuka oleh Bu Lanny Budiati, CEO BCA Digital. Jujur aku sangat terkesima dengan video launching aplikasi blu dan desain kantor blu yang super milenial. Nggak kebayang rasanya kerja di sana. Pasti menyenangkan!. Apalagi salah satu ruangannya ada kutipan dari Steve Jobs! Ah maafkan aku yang ngefans sama Steve Jobs.

Oh iya udah tau belum siapa soso di balik blu? Ada Benni si berani investasi, Lea yang mau lebih kaya, dan Uta yang selalu utamakan tabungan.

Pada acara ini, Bu Lanny juga menyampaikan kabar gembira. Bahwa blu resmi menggandeng blibli sebagai exclusive partner yang pertama! Kedua plaform digital ini mempunyai visi yang sama yaitu tidak pernah berhenti berinovasi dalam memberikan pelayanan terbaik untuk semua penggunanya.

Pada kesempatan ini, Pak Kusumo Martanto (CEO blibli) juga bisikin kalau kalian buka rekening blu di blibli hanya 500rb dan mendapatkan cashback 100% (periode 22-31 Juli 2021). Masih kurang? Oke! Mereka juga memberikan diskon 50% untuk pelanggan baru yang bertransaksi di blibli dengan minimal belanja 100rb.

#blubuatbaik

launching aplikasi blu

Ternyata blu bukan hanya sekadar platform perbankan saja loh. Pada kesempatan ini mereka juga mengumumkan sebuah program keren sebagai bentuk kepedulian terhadap alam dan lingkungan. Program jangka panjang ini bernama Corporate Sustainability Initiative #blubuatbaik dengan menggandeng Kitabisa dan Greeneration Foundation. Pada program ini blu mengajak semua nasabah untuk menjaga lingkungan dari ancaman sampah plastik. Program ini juga bentuk dukungan blu untuk pemerintah Indonesia dalam upaya pengurangan sampah 30% di sumber dan penanganan sampah hingga 70% dihilir pada tahun 2025.

Lantas siapa sih sosok milenial yang digandeng blu untuk menyanyikan office song blu? Yup benar sekali! Kak Yura Yunita. Sosok wanita milenial yang selalu berani melangkah berkarya dengan memberikan energi positif seperti pada lagu “Mulai Langkahmu”.

DOWNLOAD APLIKASI blu : PUTRI9LVE

Perbedaan BCA Digital dengan BCA

Perbedaan paling menonjol dari BCA Digital dengan BCA adalah dari model operasional layanan perbankannya. Jika BCA mempunyai banyak kantor cabang untuk menjalankan kegiatan operasionalnya, maka berbeda dengan BCA Digital. BCA Digital dapat menjalankan kegiatan operasionalnya tanpa mempunyai kantor cabang dan hanya mempunyai 1 kantor pusat saja.

Selanjutnya pada sisi layanan pembukaan rekeningnya pun berbeda. Umumnya pembukaan rekening BCA dilakukan di kantor cabang. Sedangkan di BCA Digital, calon nasabahnya perlu menginstal aplikasi blu by BCA Digital. Cara mendaftar rekening baru blu sangat mudah dan tanpa antri tentunya. Karena aku pengguna iOS, jadi aku akan memberikan cara instal berdasarkan pengalaman aku menginstal di iPhone ya. Pertama-tama pastikan iPhone/iPad kalian sudah update minimal iOS 12.4 atau di atasnya.

langkah-langkah daftar aplikasi blu

Tutorial Daftar Aplikasi blu by BCA Digital :

1# Buka App Store, kemudian ketik blu by BCA Digital

2# Kemudian masukan nomor HP kamu yang aktif ya. Siapkan juga KTP, NPWP jika ada, dan pastikan jaringan internet kalian lanjar.

3# Masukan email aktif kalian

4# Buat password blu yang terdiri dari minimal 8 karakter terdiri dari huruf kecil besar, simbol, dan angka.

5# Foto KTP kalian dengan jelas

6# Jika kalian nasahabah maka klik opsi pertama diiringi dengan nomor kartu ATM BCA kalian.

7# Verifikasi HP dengan memasukan 6 digit nomor yang sudah dikirim ke nomor ponsel kalian.

8# Cek data kalian seperti alamat dan data pekerjaan apakah sudah benar, karena sudah terdata di database nasabah BCA

9# Lakukan verifikasi dengan videocall. Apabila kita sedang sibuk, verifikasinya dapat dilakukan nanti. Jadi fleksibel bangetikan.

Baca Juga Seputar Finansial :

Fitur Aplikasi blu

fitur aplikasi blu by BCA Digital

Sebagai aplikasi perbankan digital baru, blu punya fitur-fitur menarik loh, seperti :

1# bluSaving

Yap benar sekali. Fitur bluSaving digunakan sebagai tabungan. Menariknya dari fitur ini kita dapat mengatur tabungannya untuk apa, jadi nggak cuma untuk menabung aja. Contohnya untuk  pendidikan, membeli hadiah, dan juga simpanan hari tua. Masing-masing dana akan dipisah alias punya celangannya sendiri-sendiri. Memudahkan banget nih buat aku yang sekarang ini sedang persiapan untuk tabungan anak.

2# Review jujur aplikasi blu fitur bluGether

Berdasarkan nama fiturnya, tentu kita bisa menebak artinya yaitu bersama-sama. Fitur ini fungsinya hampir sama dengan bluSaving. Bedanya pada aplikasi ini kita bisa menambahkan orang yang menabung. Cocok banget nih buat kalian yang sedang nabung bareng buat acara nikahan. Biar tabungannya lebih tersistem dan ada recordnya. Atau bisa juga buat pasangan yang lagi nabung buat beli rumah atau mobil baru.

3# bluDeposit

Kalau mendengar kata deposit apa yang ada dibenak kalian? Benar sekali, kita menyimpan uang dalam jangka waktu tertentu dan uang tersebut tidak bisa ditarik kecuali jangka waktunya telah habis. Selama jangka waktu tersebut, kita akan mendapatkan bunga dari deposito yang kita setorkan. Pada aplikasi blu sudah ada fitur ini loh. Kalau dulu aku buka deposito biasanya disamperin sama marketingnya, terus setor uangnya ke teller. Di aplikasi blu, minimal depositonya adalah 10juta. Yuk lah yang mau belajar deposito bisa download aplikasi ini langsung.

Lantas bagaimana pengalaman aku menggunakan aplikasi blu? Ini dia review jujur aplikasi blu.

Review Aplikasi blu : Alasan dan Kendala

pemakaian aplikasi blu BCA

Sebagai nasabah setia BCA, aku tentu sangat antusias saat tau mereka memberika inovasi baru pada bidang perbankan. Sebelum aku memberikan review aplikasi blu, alasan aku langsung menginstal aplikasi blu adalah penasaran seperti apa wujud dari inovasi teranyar dari bank kecintaan aku yang selalu memberikan layanan terbaik ini.

Setelah instal aplikasi ini, aku pun sangat tertarik dengan berbagai fitur yang ditawarkan, salah satunya bluGether yang dapat digunakan untuk menabung bersama. Apalagi aku sama suami berencana menabung buat rumah impian kami. Jadi rumah yang sekarang mau dijual dan kami pindah gitu. Sekarang sih dananya masih campur-campur, jadi harus mulai dipisah nih. Buat anak masukin ke bluSaving, buat rumah di bluGether.

Kemarin saat instal aplikasi ini di iPhone 6, ternyata ada kendala update iOS. Aku lupa kalau iPhone 6 ku masih iOS 11. Ya sudah pakai HP yang satunya. Kalau update iOS, aku masih agak parno. Takutnya jadi berat, sedangkan WhatsApp bisnis aku ada di iPhone 6.

Setelah ganti HP, dari awal proses buka rekening baru sampai sesi video call alhamdulillah nggak ada kendala.

Oh iya kemarin aku juga sempat coba QRIS blu untuk bayar makanan di coffee shop dan juga pembayaran tagihan telpon pascabacayar.

Review Jujur Aplikasi blu dari Sisi Kekurangan

Review Jujur Aplikasi blu

Wajar sekali jika sebuah aplikasi baru masih jauh dari kata sempurna. Apalagi usia aplikasi ini belum seumur jagung. Terlepas dari fitu-fiturnya yang menarik, menurut aku aplikasi blu masih ada beberapa kekurangan seperti pada menu pembayaran tagihan internet/TV kabel belum ada pilihan pembayaran tagihan IndiHome. Lalu pengisian saldo e-money juga hanya ada dua pilihan.

Tapi aku yakin, setelah review jujur aplikasi blu mereka akan meningkatkan kualitas layanan. Kita tunggu saja dalam waktu dekat ini mungkin akan ada notifikasi pemberharuan aplikasi yang sudah mengupdate kekurangan pada aplikasi blu by BCA Digital.

Karena Bu Lanny pada acara kemarin juga menyampaikan, bahwa blu tidak akan lelah berinovasi memberikan yang terbaik untuk para nasabah dan juga calon nasabahnya.

Kesimpulan

tampilan akun blu by BCA digitalAplikasi blu by BCA Digital merupakan inovasi dalam bidang perbankan yang wajib kita apresiasi. Di masa pandemi seperti sekarang, aplikasi ini tentu sangat memudahkan dalam pembuatan rekening baru dan menabung. Sejauh ini aku sangat suka dengan aplikasi blu ini. Nggak sabar mau isi saldo dan coba transfer ke bank manapun. Oh iya setelah kalian daftar blu, selama dua bulan bebas biaya transfer ke bank manapun. Setelah dua bulan, kalian tetap gratis biaya transfer dengan minimal saldo 1 juta.

Semoga artikel Review Aplikasi blu by BCA Digital, Fitur dan Tutorialnya ini bermanfaat ya.

Yuk download aplikasi blu di Play Store dan App Store

PS
Peluk dari jauh

Lilpjourney Seorang travel blogger Indonesia yang suka jalan-jalan menyusuri keindahan alam berbalut adat dengan aroma secangkir kopi.

24 Replies to “Review Aplikasi blu by BCA Digital, Fitur dan Tutorialnya”

  1. Saya sudah 9 tahun menjadi nasabah BCA, memang belum pernah mengecewakan selama ini. Untuk fitur yang satu ini saya belum coba, penasaran aja pengen coba langsung

  2. Betul sekali mba, blu juga berjalan lancar di hp iphone aku kok. Dengan banyaknya fitur, manfaat, dan kemudahan, blu ini seperti one stop financial app aja. hehe.. Keren banget lah produk-produknya BCA

  3. Aku juga udah mulai nge-blu nih kak put. Seruu jadinya nabung bareng blu ini. Kapan lagii punya tabungan pos pos kecil gapake rekening banyakk

  4. aku udah pakai blu dan proses buka rekeningnya tuh bener-bener cepet. dan blu mudahin banget sih buat yang mau misah-misahin tabungan tanpa perlu repot bikin rekening baru.

  5. Kuy rajin menabung karena di Blu udah tersedia fitur yang simple buat menabung dengan pos-pos yang kita butuhkan. Apalagi ternyata membuat akun Blu gak ribet ya

  6. Sekarang mau nabung, bayar-bayar tagihan, beli ini itu jadi makin mudah dengan aplikasi blu ini ya mbak. apalagi dengan adanya fitur-fitur lain, blu jadi makin lengkap dan keren. gak salah deh aku jadi sobatblu

  7. Dengan adanya aplikasi blu ini sangat sangat memudahkan kita yang serba serbi lewat digital. Semoga kedepannya blu semakin meningkatkan pelayanan digitalnya agar makin banyak generasi milenial yg menggunakan

  8. waah, aplikasi digital banking makin mantap, nih!
    sebagai konsumen enak banget bisa milih yang paling cocok
    apa lagi yang pake BCA, cocok banget pake Blu ini ya
    saya juga sebenernya mupeng sama fitur banyak kantongnya itu

  9. Blu by BCA Digital ternyata mudah ya pembuatannya. Kini BCA semakin berkembang banget ya. Dulu suamiku ex. banker dan hapal banget produk2 BCA. Hehe.

  10. Wah iyaa, sama aku kak juga merawat blog seperti anak sendiri (egimana kalau nanti punya anak ya) hehe, seneng banget dari dulu pake BCA soalnya banyak yang pake, apalagi selalu ngeluarin inovasi-inovasi terbarunya kayak blu by BCA ini.

  11. Alhamdulillah aku sudah download dan daftar menabung di blu ini juga mbak. Tabungan digital yang sangat recomended bagi Generasi Milenial ini. Yuk menabung di blu BCA Digital !!

  12. Baca review tentang Blu by BCA Digital ini sangat menarik ya. Terutama fitur-fiturnya lumayan lengkap. Apalgi bebas bea. Duhhh jadi pengen buka rekening…

  13. Saatnya memang untuk memakai tabungan berbasis digital. Selain mudah juga praktis. aku juga udah pakai kak aplikasi blu ini.

Tinggalkan Balasan

Hi! Terimakasih telah berkunjung. Silahkan isi nama dengan link blog (contoh lilpjourney.com) biar bisa blog walking. Jika ada pertanyaan dan diskusi silahkan tinggalkan komentar ya