Lilpjourney Seorang travel blogger Indonesia yang suka jalan-jalan menyusuri keindahan alam berbalut adat dengan aroma secangkir kopi.

6 Rekomendasi Makanan Pelancar ASI Tinggi Nutrisi

2 min read

Makanan Pelancar ASILilpjourney.com | Mom StoryMoms pasti tau dong kalau Air Susu Ibu atau ASI mempunyai banyak manfaat untuk pertumbuhan dan perkembangan bayi. Saat ini juga banyak sekali moms yang teredukasi untuk menjadi pejuang ASI. Jadi nggak heran jika banyak moms yang khawatir jika ASI nya tidak lancar. Tapi tenang aja, karena moms bisa mengkonsumsi makanan pelancar ASI.

Moms dan ASI

Setiap ibu pasti punya cerita masing-masing saat menyusui anak. Bahkan pengalaman menyusui anak pertama dengan kedua bisa berbeda. Ada yang ASI nya lancar, adapula yang harus mengkonsumsi nutrisi tambahan agar ASI nya lancar. Tapi jangan langsung stress ya moms jika ASI tidak lancar.

Saat puting semakin sering mendapat rangsangan berupa isapan dari bayi, atau sering diperah hal ini juga berpengaruh dengan jumlah produksi ASI. Nggak heran kan jika kita sering diberi nasihat : sudah nggak apa-apa yang penting si kecil belajar mengisap.

Selain itu, kita juga harus memperhatikan asupan makanan. Mengkonsumsi makanan bergizi sangat penting untuk ibu menyusui.

Makanan Pelancar ASI Tinggi Nutrisi

Ada banyak loh moms makanan pelancar ASI yang tinggi nutrisi. Untuk mendapatkannya pun sangat mudah. Apa saja?

1# Daun Katuk

Moms tentu sudah nggak asing dengan manfat daun katuk sebagai makanan pelancar ASI. Ternyata ini bukan sekadar isapan jempol belaka loh. Sebuah penelitian menemukan bahwa mengkonsumsi daun katuk dapat merangsang produksi hormon prolaktin dan oksitosin. Kedua hormon ini berperan dalam produksi dan pengeluaran ASI.

Lantas sih kandungan daun katuk ini sehingga bagus untuk ibu menyusui? Daun katuk mengandung antioksidan yang kaya seperti protein, serat, vitamin dan mineral seperti vitamin B, vitamin C, zat besi, magnesium, mangan, fosfor, dan seng.

2# Bayam

Dulu nenek selalu bilang harus suka makan bayam yang mengandung zat besi agar aku tumbuh dengan sehat dan kuat. Ternyata sayuran hijau yang di pasar Banjarmasin di jual seharga 1000 – 2000 rupih satu ikat ini juga merupakan ASI booster.

Bayam mengandung vitamin B6 yang berperan penting dalam mempersiapkan produksi ASI. Kadar zat besi yang redah dalam tubuh moms ternyata mempengaruhi suplay ASI loh. Bayam juga termasuk sayuran kaya zat gizi lainnya seperti potasium, kalsium, protein, vitamin, tiamin, dan asam folat.

3# Worter

Saat SMP penglihatan ku mulai terganggu. Sejak itu nenek dengan telaten membuat jus wortel setiap hari. Hal ini dikarenakan wortel mengandung vitamin A yang tinggi. Jadi sangat bagus untuk penglihatan.

Tapi tau nggak moms, vitamin A juga bagus loh untuk meningkatkan kualitas ASI. Selain itu, saat moms sedang menyusui biasanya sering cepat lapar bukan? Nah dengan minum jus wortel juga bisa membantu menjaga berat badan tetap normal moms. 

Baca Juga : 

4# Asparagus

Aspargus merupakan sayuran tinggi gizi yang mengandung vitamin A dan vitamin K yang tinggi. Kedua vitamin ini dapat menstimulasi hormon yang mendukung produk ASI.

Moms masih bingung mau mengolah asparagus? Kalau aku paling suka memasak tumis asparagus. Selain itu moms juga bisa mengolahnya menjadi sup atau bisa juga dibuat lalapan dengan dikukus.

5# Kemangi

Mana nih moms pecinta lalapan? Pasti nggak asing dengan kemangi. Aku termasuk pecinta sayuran ini. Aromanya yang segar membuat nafsu makan meningkat saat makan lalapan dengan sambal pedas. Hehehe.

Ternyata kemangi ini bagus loh untuk memperlancar ASI. Kemangi mengandung enzim phytoestrogen yang dikenal mampu membantu memproduksi ASI dalam jumlah banyak. Selain membantu melancarkan ASI, kemangi juga bermanfaat untuk mengatasi sembelit, meningkatkan nafsu makan dan menghilangkan bau badan.

6# Ikan Gabus

Makanan pelancar ASI selanjutnya adalah ikan gabus. Siapa yang tak kenal dengan ikan air tawar ini. Berdasarkan sebuah penelitian, ikan gabus dapat memberikan nutrisi penting pendukung ASI dan pertumbuhan anak. Bagi moms yang tidak suka atau alergi makan ikan seperti aku, moms bisa memperoleh manfaat ikan ini dalam bentuk suplemen pelancar ASI Herba ASIMOR

Lengkapi Makanan Pelancar ASI dengan Suplemen ASIMOR 

Jika moms mempunyai masalah seperti aku, yang nggak bisa makan ikan, tenang aja moms. Karena saat ini ada ASIMOR, suplemen pelancar ASI Herba. Dalam satu kaplet Herba ASIMOR mengandung daun katuk, daun torbangun, ikan gabus yang dipercaya dapat membantu melancarkan produksi ASI.

Kesimpulan

Menjadi pejuang ASI tentu bukanlah hal yang mudah. Setiap proses memberikan nutrisi kepada si kecil lewat ASI, pasti mempunyai perjuangan dan cerita masing-masing. Agar ASI lebih lancar dan kaya nutrisi, moms harus makan makanan pelancar ASI dan juga ASIMOR. ASIMOR tambahan protein bioaktif fraksi dari ikan gabus yang dapat meningkatkan hormon prolaktin dan oksitosin. Selain meningkatkan produksi ASI, Herba ASIMOR juga dapat mempercepat proses penyembuhan setelah operasi caesar, mempercepat pemulihan, dan kekuatan perempuan pascamelahirkan, serta memperkuat sistem kekebalan tubuh.

Semoga rekomendasi makanan pelancar asi paling ampuh ini bermanfaat untuk para moms pejuang ASI.

PS
Peluk dari jauh

 

Sumber : 

  • https://www.sehatq.com/artikel/sayuran-pelancar-asi-yang-wajib-dicoba-ibu-menyusui#sayuran-pelancar-asi-yang-bernutrisi-tinggi
  • https://asimor.co.id
Lilpjourney Seorang travel blogger Indonesia yang suka jalan-jalan menyusuri keindahan alam berbalut adat dengan aroma secangkir kopi.

Tinggalkan Balasan

Hi! Terimakasih telah berkunjung. Silahkan isi nama dengan link blog (contoh lilpjourney.com) biar bisa blog walking. Jika ada pertanyaan dan diskusi silahkan tinggalkan komentar ya