Lilpjourney Seorang travel blogger Indonesia yang suka jalan-jalan menyusuri keindahan alam berbalut adat dengan aroma secangkir kopi.

Ragam Produk Olahan Sorgum, Kaya Nutrisi dan Vitamin

2 min read

berbagai produk olahan dari sorgumLilpjourney.com | Jurnal Sorgum – Halo sahabat sehat! Nah jika kemarin gue udah bahas tentang “Apa Itu Sorgum?”, kali ini gue mau cerita tentang produk turunan dari sorum. Tidak hanya bisa menggantikan beras, ada banyak loh produk olahan sorgum yang bisa kalian nikmati.

Kandungan Gizi Sorgum 

Sebelum membahas lebih lanjut tentang produk turunan sorgum, kita harus tau kandungan gizinya. Pada 100gr sorgum mengandung :

  • Kalori : 339 Kkal
  • Protein : 11,3 gram
  • Karbohidrat : 74,6 gram
  • Gula : 0 gram
  • Serat : 6,3 gram
  • Lemak : 3,3 gram

Apa Saja Produk Olahan Sorgum?

Sebelum membahas tentang produk olahan sorgum, ada baiknya kita sama-sama mengetahui bahwa sorgum mengantung antioksidan dan banyak nutrisi. Beberapa nutrisi yang terkandung pada sorgum adalah zat besi, vitamin B, dan vitamin E. Dengan mengkonsumsi makanan yang mengandung nutrisi tersebut, maka dapat membantu tubuh terhindar dari penyakit kardiovaskular yang berbahaya.

Sebagai produk yang tinggi serat, sorgum bisa menurunkan kadar kolestrol jahat dalam tubuh (LDL). Saat kandungan LDL turun, maka bisa mengurangi risiko serangan jantung.

Jenis olahan sorgum ini juga bermacam-macam loh. Nggak cuma nasi, bubur, dan salad sogum. Penasarana apa saja produk turunan dari sorgum? Nah berikut uraiannya ya.

 

#1 Kecap Sorgum 

olahan sorgum berupa kecapJenis olahan sorgum yang pertama adalah kecap. Bahan baku pembuatan kecapnya adalah biji sorgum, nektar sorgum, air, garam, dan rempah-rempah. Kecap sorgum ini sebagai alternatif yang aman dikonsumsi bagi orang yang alergi kedelai. Rasanya gimana sih? Rasanya mirip seperti kecap pada umumnya.

#2 Gula Sorgum

Produk turunan sorgum berupa gula

Indonesia berhasil membuat inovasi produk turunan berbahan sorgu. Yaitu gula pasir yang cocok dikonsumsi penderita diabetes maupun yang sedang menjalani program diet.

Produk inovatif berupa gula pasir dengan bahan dasar sorgum manis ini dikembangkan oleh Profesor Supriyanto, peneliti sorgum dari Institut Pertanian Bogor (IPB), bersama Sorgum Foods Indonesia.

Proses pembuatan gula pasir berbahan sorgum ini tidak jauh berbeda dengan gula pasir pada umumnya. Setelah dipanen, batang sorgum dipres, lalu dilakukan penyaringan, dan dimasak. Setelah proses kristalisasi, lalu dikeringkan, dan siap untuk dikemas.

#3 Puff Sorgum

puff yant sorgumSiapa di sini yang hobi nonton film? Waktu gue nonton film di bioskop, biasanya suka pesan popcorn buat nemenin nonton. Produk turunan berbahan dasar sogum selanjutnya adalah puff sorgum! Puff sorgum ini mirip dengan popcorn.

Pengolahan Puff sorgum tanpa menggunakan minyak, gula pasir, serta bisa ditambah dengan bubuk coklat atau perasa lain yang kalian suka.

#4 Cookies Sorgum, Jenis Olahan Sorgum Paling Disuka

cookies berbahan dasar sorgum

Pertemuan pertama gue sama sorgum malah berawal dari cookies! Kue kering berbahan sorgum ini gluten free, jadi cocok sekali untuk kalian yang sedang program diet atau penderita diabetes .

Proses pembuatan kue kering sogum ini menggunakan campuran tepung sorgum, margarine, gula pasir sorgum, susu, telur, keju, dan bahan pelengkap seperti kacang, keju, serta choco cips.

#5 Roti Sorgum

Ada beberapa teman gue yang sarapannya tim nasi kuning, tim bubur, dan tim roti. Kabar baiknya bagi kalian yang suka roti, produk turunan sorgum selanjutnya adalah roti sorgum.

Menggunakan bahan dasar sorgum, roti ini juga gluten free dong! Cocok deh buat tim diet. Hehehe.

#6 Keju Vegan Sorghum

Suka keju tapi alergi dengan protein hewani? Keju vegan sorgum cocok untuk kalian. Terbuat dari bahan tumbuh-tumbuhan yang kaya akan serat sehingga baik untuk pencernaan.

Keju ini juga bisa menjadi alternatif keju yang rendah kalori, rendah lemak, dan aman untuk kaum vegan.

Kesimpulan

Menarik banget ya olahan dari bahan dasar sorgum. Sejujurnya sampai saat ini gue nggak menyaka kalau sorgum bisa punya banyak produk turunan. Dengan kandungan yang kaya nutrisi, vitami, dan gluten free, cocok banget untuk menjadi makanan menemani hidup sehat kalian.

Lilpjourney Seorang travel blogger Indonesia yang suka jalan-jalan menyusuri keindahan alam berbalut adat dengan aroma secangkir kopi.

Tinggalkan Balasan

Hi! Terimakasih telah berkunjung. Silahkan isi nama dengan link blog (contoh lilpjourney.com) biar bisa blog walking. Jika ada pertanyaan dan diskusi silahkan tinggalkan komentar ya