Lilpjourney Seorang travel blogger Indonesia yang suka jalan-jalan menyusuri keindahan alam berbalut adat dengan aroma secangkir kopi.

Mengembalikan Postingan Blog Terhapus

1 min read

postingan blog terhapus

postingan blog terhapus

Lilpjourney.com | Tips & Trick – Pernah kehilangan postingan blog yang sudah di publish karena nggak sengaja menghapusnya? Yap! Drama migrasi pun berlanjut pada terhapusnya salah satu postingan blog. Sewaktu gue menulis artikel terbaru Candi Gayatri, candi tanpa kepala di Tulungagung dan ingin me-related ke postingan sebelumnya Candi Cungkup Sanggrahan, alangkah terkejutnya gue ternyata artikel itu raib dari daftar postingan. Gue inget pernah bersih-bersih artikel, tapi nggak mungkin artikel ini termasuk artikel yang gue ‘hapus’. Tapi bisa saja postingan ini ter-checklist saat memilih postingan yang ingin guehapus. Kalang kabut dong. Nulis lagi? Waaah impossible sepertinya. Hahaha. Akhirnya gue menemukan cara : google cache. Jadi ini dia cara mengembalikan postingan blog terhapus di wordpress.

onion-emoticons-set-2-11

 

mengembalikan postingan blog hilang dengan google cache
Step 2 | Dok pribadi

 

Baca Juga : Suka Duka Migrasi Blog

MENGEMBALIKAN POSTINGAN BLOG TERHAPUS DENGAN GOOGLE CACHE

Sebenarnya ada beberapa faktor kenapa postingan blog bisa hilang selain karena kelalaian seperti : blog kena malware, phising atau terkena tangan jahil hacker. Dan kebetulan sekali kita nggak punya back-upnya. Kalangkabut? Pasti. Hehehe. Sebenarnya trik memanfaatkan cache google yang disimpan di server google ini adalah cara lama, tapi ternyata masih efisien digunakan sekarang.

onion-emoticons-set-2-8

Syarat postingan yang bisa dikembalikan adalah postingan sudah pernah terindek sebelumnya dan cache dari postingan masih tersimpan di server mesin pencari tersebut (belum dihapus/update).

 

Baiklah ini dia langkah-langkah mengembalikan postingan blog terhapus :

⬤ Buka halaman : google.co.id.

⬤ Di tempat pencarian ketik : site:namadomain.com, lalu tekan enter (seperti gambar di atas).

mengambalikan tulisan blog terhapus

  • Kemudian kalian akan menemukan artikel, halaman, category, tag dan lain-lainnya dari blog kalian yang telah terindex oleh google seperti gambar di atas.
  • Pilih artikel kalian yang terhapus, kemudian klik gambar segitiga ▼ kemudian pilih cache yang kemudian akan mengarahkan kalian kehalaman cache postingan kalian.

mengambalikan tulisan blog terhapus

  • Ada dua versi tampilan : versi lengkap dan hanya teks.
  • Klik ‘lihat sumber’. Kemudia copy dan paste tulisan kalian dihalaman postingan baru kalian. Tidak hanya tulisan yang kembali, tapi fotonya juga alhamdulillah kembali.

onion-emoticons-set-2-43

Komentar postingan kalian memang nggak balik lagi sih, tapi kabar baiknya tulisan kalian masih bisa kembali. Semoga artikel  mengambalikan tulisan blog yang terhapus di wordpress bermanfaat ya.

PS
Peluk dari jauh

Lilpjourney Seorang travel blogger Indonesia yang suka jalan-jalan menyusuri keindahan alam berbalut adat dengan aroma secangkir kopi.

Tinggalkan Balasan

Hi! Terimakasih telah berkunjung. Silahkan isi nama dengan link blog (contoh lilpjourney.com) biar bisa blog walking. Jika ada pertanyaan dan diskusi silahkan tinggalkan komentar ya