Lilpjourney Seorang travel blogger Indonesia yang suka jalan-jalan menyusuri keindahan alam berbalut adat dengan aroma secangkir kopi.

Mengenal Penyebab Tulang Keropos dan Cirinya

2 min read

Penyebab Tulang Keropos

Lilpjourney.com | Penyebab Tulang Keropos – Sejak awal kehamilan, banyak teman-teman yang memberikan saran untuk minum susu tinggi kalsium. Hal ini disebabkan pada saat hamil, janin akan menyerap kalsium ibu. Tak heran jika penyakit gangguan muskulosteletal atau biasa kita sebut sebagai osteoporosis umumnya menyerang wanita. Tapi bukan berarti laki-laki tak bisa mengakaminya ya. Nah lantas apa sebenarnya penyebab tulang keropos?

Penyebab Tulang Keropos

Banyak yang bilang bahwa tulang keropos adalah bagian dari penuaan. Hal ini nggak sepenuhnya salah. Akan tetapi nggak berarti saat menua, kita pasti akan mengalami osteoporosis atau pengeroposan tulang.

Pada dasarnya tulang akan melakukan regenarasi di dalam tubuh, Tulang yang tua atau patah akan tumbuh kembali. Pada saat masih muda, prosesnya akan cepat. Tapi berbeda saat sudah tua. Nah untuk itu, kita harus merawat kesehatan tulang sejak dini. Karena penyakit pada tulang dipengaruhi oleh kepadatan tulang saat muda hingga tua.

Faktor Risiko

Lantas sebenarnya apa saja faktor risiko tulang keropos atau osteoporosis?

1# Penyebab Tulang Keropos : Jenis Kelamin Wanita

Seperti yang sudah disampaikan di atas, wanita lebih rentan mengalami osteoporosis. Pada saat seorang wanita menyusui, ternyata meningkatkan risiko wanita mengalami pengeroposan tulang. Hal ini disebabkan pada saat menyusui akan menekan metabolisme kalsium dalam tubuh, sehingga berpegaruh pada metabolisme tulang.

Pada saat wanita mengalami menopause, maka 2% dari masa tulangnya akan hilang, hal ini disampaikan oleh Osteoporosis Australia.

2# Ukurnan Tubuh yang Kecil

Pada saat usia pertumbuhan, kita harus memperhatikan ukuran tubuh kita. Karena ukuran tubuh yang kecil dapat meningkatkan risiko tulang keropos, baik wanita atau laki-laki.

3# Kadar Kalsium Rendah

Teman-temanku yang sudah merasakan menjadi ibu, tak pernah lelah mengingatkan untuk menjaga kadar kalsium. Kata mereka : hamil itu proses yang akan membuat tulang dan sendiri kamu “krek krek krek”. Dan aku mengaamiini hal tersebut. Walaupun sejak usia kehamilan 4 bulan sudah mengkonsumsi kalsium, tapi tetap saja nggak membuat aku terhindar dari pegal-pegal dan nyeri tulang.

Kadar kalsium di dalam tubuh sangat penting untuk kesehatan tulang kita. Apabila tubuh kita terus menerus kekuranagn kalsium, maka risiko osteoporosis semakin besar.

4# Jarang Olahraga

Ternyata jarang olahraga ada hubungannya dengan kepadatan tulang loh. Apalagi kalau kalian termasuk kaum rebahan yang tentunya jarang bergerak dan tak suka melakukan aktivitas fisik.

Yuk mulai sekarang, coba untuk bergerak aktif seperti rajin jalan kaki. Dengan gaya hidup yang sehat dan aktif bergerak, kita sudah mencegah terjadinya pengeroposan tulang loh.

—————————————–

Baca Juga :

—————————————–

Ciri-ciri Tulang Keropos

Apa benar kalau kita mengalami nyeri tulang adalah ciri tulang keropos? Pada dasarnya, ciri ciri dari tulang yang keropos jarang menunjuukan gejala tertentu.

Tapi jika seseorang mengalami kecelakaan ringan seperti terpeleset dam tulangnya patah, maka bisa jadi dia mengalami osteoporosis.  Selain itu, ada beberapa kondisi yang mengisyaratkan kalian terkena osteoporosis, seperti:

  • Nyeri tulang punggung bawah.
  • Nyeri leher.
  • Postur tubuh bungkuk.
  • Penurunan tinggi badan secara bertahap.
  • Mudah sekali mengalami patah tulang.

Apabila kondisi osteoporosis tidak ditangani dengan cepat, maka kondisinya akan semakin buruk. Apalagi jika struktur dan komposisi tulang semakin menipis, maka risiko pata tulang akan semakin meningkat.

Penutup

Mencukupi asupan gizi dan melakukan gaya hidup sehat, adalah kunci kebahagiaan. Bagaimana kita akan bahagia kalau tubuh kita sakit? Untuk tetap aktif bergerak dan melakukan hal-hal yang kita sukai, yuk jaga kesehatan tulang kita dengan mencukupi asupan kalsium, salah satunya dengan minum susu Anlene Gold 5X yang tingi kalsium, kolagen + vitamin C dan protein + vitamin B6.

PS
Peluk dari Jauh

Lilpjourney Seorang travel blogger Indonesia yang suka jalan-jalan menyusuri keindahan alam berbalut adat dengan aroma secangkir kopi.

Tinggalkan Balasan

Hi! Terimakasih telah berkunjung. Silahkan isi nama dengan link blog (contoh lilpjourney.com) biar bisa blog walking. Jika ada pertanyaan dan diskusi silahkan tinggalkan komentar ya

© Copyright 2021 - lilpjourney.com