Lilpjourney Seorang travel blogger Indonesia yang suka jalan-jalan menyusuri keindahan alam berbalut adat dengan aroma secangkir kopi.

Mau Buka Usaha Kuliner? Pahami Pentingnya Supplier Sembako

3 min read

Supplier sembako

Supplier sembakoLilpjourney | Tips Usaha – Halo teman-teman, semoga selalu dalam keadaan sehat dan bahagia. Semenjak pandemi ada beberapa teman yang diharuskan survive. Keluar dari zona nyaman dan aman sebagai pegawai dan membuat usaha. Salah satu usaha yang paling diminati adalah usaha kuliner. Tidak terkecuali saya. Agar menjaga tetap produktif selama pandemi, saya pun membuka usaha kuliner. Ada beberapa hal yang perlu diperhatikan saat membuka usaha kuliner, salah satunya supplier sembako.

Membuat Menu Sesuai Keahlian

Sebelum membuat suatu usaha kuliner kita harus menyiapkan “menu apa sih yang mau kita jual?“. Nah untuk membuat menu biasanya saya mengenali dulu apa keahlian saya. Fungsinya agar kita bisa memberikan rasa yang terbaik untuk calon pelanggan kita. Karena prinsip saya walaupun masakannya sederhana tapi rasanya harus enak. Agar pelanggan kita melakukan repeat order.

Untuk membuat level usaha kita yang awalnya rumahan menjadi restoran, ternyata tidak bisa sebatas rasa yang enak. Tapi harus mempertimbangkan beberapa hal seperti lokasi tempat usaha, konsep, modal yang diperlukan, strategi marketing serta yang terpenting adalah supplier sembako.

Lokasi Tempat Usaha

Sebenarnya, tempat usaha bukan lagi halangan saat semua kegiatan jual beli bisa dilakukan online. Tapi tetap saja, pemilihan tempat usaha mempunyai dampak besar untuk perkembangan usaha kalian. Ada baiknya kalian memilih tempat usaha sesuai jenis usaha kalian.

Konsep Usaha

Persaingan usaha merupakan suatu hal yang pasti dihadapi para pelaku usaha. Untuk itu kita perlu membuat konsep usaha yang kuat dan berbeda dari yang lainnya dengan tetap mengedepankan kenyamanan pelanggan.

Modal yang Diperlukan

Modal usaha adalah hal yang harus kita persiapkan secara matang saat akan memulai usaha. Kita harus melakukan suvey dari alat yang diperlukan, bahan baku serta biasa lainnya seperti sewa dan gaji karyawan. Modal ini pula yang nantinya akan menjadi penentu harga jual. Misal untuk satu makanan kita memelukan modal 10 ribu tidak mungkin kita menjualnya sesuai modal kita kan. Karena setiap usaha pasti kita mengharapkan ada keuntungan walaupun sedikit.

Promosi Sebagai Strategi Marketing

Untuk memperkenalkan usaha kita ke masyarakat luas, kita harus melakukan promosi. Entah dari mulut ke mulut atau menggunakan sosial media. Kalau saya kemarin menggunakan kedua sistem. Caranya dengan memberikan free makanan ke teman saya yang mempunyai followers di sosial media yang banyak. Nah inilah enaknya sekarang.  Kita bisa menggunakan sosmed sebagai media promosi yang bisa menekan ongkos promosi.

Tidak lupa kita juga harus meminta kritik, masukan dan saran pada pelanggan kita. Nah setiap testimoni dari pelanggan bisa kita share di media sosial sebagai agar kita bisa mendapat lebih banyak pelanggan.

Untuk menjaga kenyamanan dan kepuasan pelanggan, kita juga harus menjaga hubungan baik dengan palanggan kita. Caranya dengan memberikan palayanan yang ramah, berusaha untuk fast respon, membuat inovasi menu baru dan selalu menjaga citarasa.

Supplier Sembako

Setelah hampir satu tahun berjalan. Ada satu hal penting yang saya pelajari baik dari usaha saya sendiri dan usaha teman saya yang sudah naik level menjadi restoran. Yaitu memastikan setiap menu selalu tersedia saat pelanggan memasan. Ingat, kita harus menghidari segala hal yang membuat pelanggan kecewa.

Untuk itu dalam menjalankan usaha, kita harus pintar menentukan supplier sembako yang akan memasok bahan bahan baku ke usaha kita. Terlebih jika barang itu merupakan bahan baku yang selalu kita gunakan. Contohnya seperti ayam, sayur atau untuk usaha kopi kekinian yang memerlukan biji kopi dan susu.

Memilih Supplier Sembako

Ada 9 hal yang harus kalian perhatian dalam menentukan supplier sembako agar usaha kita bisa berkembang :

  1. Kredibelitas supplier yang dapat dilihat dari website atau media sosial yang dimiliki oleh supplier.
  2. Kualitas produk yang ditawarkan supplier.  Perhatikan kesegaran daging dan sayuran, juga tanggal kadaluarsa dari produk kemasan seperti tepung terigu dan lainnya.
  3. Menyesuaikan dengan kebutuhan. Kelompokkan kebutuhan barang atau bahan baku terlebih dahulu sesuai dengan jenis barang maupun intensitas dalam menggunakan barang tersebut.
  4. Analisis kapasitas supplier. Sejalan dengan menyesuaikan kebutuhan, kalian harus mempertimbangkan seberapa besar kapasitas produksi barang yang dihasilkan oleh salah satu supplier barang terlebih dahulu. Jadi ketika kalian kehabisan bahan kalian tidak kebingungan “cari kemana ya?”.
  5. Perhatikan track record supplier. Kalian bisa mencari informasi tentang distributor tersebut di media sosial, komunitas wirausaha, atau forum yang berkaitan dengan produksi barang tersebut, terutama informasi tentang kestabilan harga maupun keterlambatan barang.
  6. Konsistensi layanan. Walaupun tidak ada supplier yang selalu menghasilkan kualitas dengan persentase 100%. Tapi setidaknya kalian bisa memilih penyedia mana yang memberikan layanan konsisten terhadap pelanggannya.
  7. Garansi dan pengembalian. Tidak semua supplier menyediakan garansi, sehingga kalian harus teliti mencari supplier yang tepat. Selain itu kalian juga harus mempelajari dan mencermati syarat garansi serta pengembalian barang yang ditawarkan oleh distributor tersebut berapa lama jangka garansi dan pengembalian barang.
  8. Memberikan produk sampel. Tidak semua supplier bahan baku bersedia memberikan sampel barang karena semua tergantung dari kebijakan penyedia barang tersebut. Tapi kalian bisa meminta sampel kepada supplier barang dan biasanya supplier bersedia mengabulkan. Sampel tersebut dapat dijadikan acuan apakah barang tersebut sesuai dengan apa yang dideskripsikan serta menjadi acuan kualitas.
  9. Harga terbaik dengan kualitas terbaik. Harga murah memang bukan berarti murahan, tetapi harga juga bisa menggambarkan kualitas dari barang tersebut.

GoFresh, Supplier Sembako dan Restoran

Supplier Sembako

9 hal memilih supplier sembako untuk usaha di atas terjawab di GoFresh, tempat cari bahan makanan untuk usaha kuliner kalian yang online dan terpercaya. Supplier sembako dan restoran yang terdaftar di dalam GoFresh menyediakan aneka produk bahan baku seperti sembako, daging sapi dan ayam, sayuran, telur dan lainnya. Waah lengkap banget nih.

Ada satu keistimewaan GoFresh yang akan membuat kalian jatuh hati. Untuk menggunakan GoFresh, kalian hanya perlu memilih bahan-bahan apa saja yang dibutuhkan tanpa pusing mikirin ongkir loh. Karena GoFresh memberikan layanan gratis ongkos kirim secara cuma-cuma hanya dengan berbelanja minimal Rp  300.000. Jadi jika kalian biasa belanja bahan baku dengan total lebih lebih dari Rp 300.000, kalian nggak perlu mikirin ongkir. Menghemat modal bukan!

supplier sembako

Nikmati Layanan GoFresh 

Proses pembayarannya gimana? Pengguna GoFresh bisa membayar pesanan bahan baku yang dibeli melalui virtual account, alfamart, kartu kredit, serta GoPay. Para pengguna GoFresh juga bisa menikmati layanan penjadwalan pemesanan dari supplier, kemudahan proses pemesanan, jaminan kualitas dan ketersediaan bahan serta yang terpenting pilihan waktu pengiriman yang fleksibel.

GoFresh memberikan layanan cepat pada setiap pesanan. Setiap pesanan akan dikirim pada H+1 jika kalian menyelesaikan pembayaran sebelum pukul 15.00 WIB. Tapi kalau pembayaran dilakukan setelah pukul 15.00 WIB, maka akan dikirimkan H+2. Pesanan berupa produk segar seperti daging dan sayuran akan tiba maksimum sebelum jam 12.00 WIB dan untuk produk sembako maksimum akan tiba sebelum pukul 17.00 WIB. Waaah bener-bener keren nih layanan GoFresh.

Khawatir ada kendala saat menggunakan GoFresh? Tenang kalian bisa membuat laporan masalah pesanan melalui aplikasi dan pilih opsi sesuai dengan kendala, pilih “kirim email ke Gojek” serta lengkapi data yang dibutuhkan. Gampang banget kan. Jadi tunggu apalagi? Gunakan GoFresh sebagai mitra memenuhi kebutuhan supplier sembako dan supplier restoran pada usaha kalian.

PS
Peluk dari jauh.

Lilpjourney
Lilpjourney Seorang travel blogger Indonesia yang suka jalan-jalan menyusuri keindahan alam berbalut adat dengan aroma secangkir kopi.

37 Replies to “Mau Buka Usaha Kuliner? Pahami Pentingnya Supplier Sembako”

  1. sepakat bgt sm poin2 di atas sih mbak, makin praktis kl ada supplier sembako kaya gofresh gini ya, sayangnya ditempatku belum kejangkau deh. mungkin karena tinggal di desa juga ya, hihi

  2. Sempat beberapa kali terpikir untuk melangkah lebih jauh menekuni hobi memasak dan baking istri saya. Tapi sebelum menjalankan tips yang disebutkan di atas, kami masih harus memantapkan hati untuk mulai.

  3. Waaah features baru lagi ya GoFresh ini :). Makin komplit aja layanannya.. salut sih aku sbnrnya.. dalam waktu singkat layanan mereka jadi banyak macam begini. Ibaratnya udah kayak one stop shopping, semua serba ada 🙂

    Supplier ini memang paling menentukan sbnrnya. Papaku sendiri pengusaha bakery di Medan. Itu awal2 mencari supplier dulu, susaaah banget. Berganti2. Tapi Alhamdulillah kalo skr udh dapet supplier yg cocok untuk keperluan bakerynya. Drama soal supplier itu banyak :p. Ada yg ngasih harga bagus, tp kualitas bahan cepet expired. Tapi namanya dulu masih belajar. Jd masih banyak ngalamin jatuh bangun :D.

    1. betul sekali kak. sayapun salut dengan inovasi mereka hingga hadirnya GoFresh ini
      waaah tentu pengalaman yang sangat luar biasa ya kak. untung sekarang ada GoFresh ya

  4. Bagus nih kalau ada supplier sembako yang bisa diandalkan. Sempat kepikiran buat buka usaha kuliner, cuma suami masih bingung mau fokus buka usaha kuliner apaan…hehe. Semoga nanti saat waktunya bisa dapat ide yang paling tepat deh.

    1. cari makanan yang memang menjadi keahlian kakak. lalu lihat pasarnya
      semoga sukses ya kak. jangan lupa pakai GoFresh untuk mitra suppliernya yaaa

  5. kebetulan saya sedang planningin buka usaha kuliner sama adek, baca artikel ini jadi kasih insight harus diprepare dengan baik semuanya kedepannya agar tidak ribet ya. sempat kebingungan nyari supplier betul banget, karena pengen semua barang yang digunakan fresh, eh kebetulan nemu ini, baru tahu ternyata ada fitur ini juga dari gojek ya

  6. penitng banget sih buat aku yg lagi memulai usaha kuliner nih buat nentuin supplier sembako, karena nanti saat usaha udah jalan, ga perlu repot cari-cari supplier lagi

    1. Enak banget nih kalau ada Go Fresh. Beli bahan makanan berkualita jadi semudah itu. Penting banget kan kemudahan-kemudahan macam gini untuk para pengusaha kuliner.

      Kan udah repot buanget bikin ini itu sampai marketing produknya. Kaau proses belanja udah terbantu ya alhamdulillah

  7. Memilih supplier sembako yang terpercaya menjadi poin penting saat akan membuka usaha kuliner, ya mba. Wah, untungnya zaman digital ini kita bisa dimudahkan dengan kehadiran GoFresh ini, ya. Kalau saya mah, bisanya cuma masak alakadarnya, yang rasanya pas-pasan, jadi belum kepikiran untuk bikin usaha kuliner. Hihihi …

  8. Waaah cakep nih inovasi gojek yang baru ini. Bisa banget jadi mitra usaha dari supplier sembakonya sampai mitra pengiriman pesanan

  9. supplier sembako tuk usaha kita itu emang salah satu kunci ya, secara kebutuhan bahan kan harus terpenuhi, gimana mau buat masakannya kalau bahannya kurang, syukurnya sekarang udah ada GoFresh ya yang bisa jadi supplier sembako yang membantu usaha kuliner kita.
    semoga lancar usahanya ya Kak 🙂

  10. inovasi baru dari gojek yang keren niy. pas banget ama pandemi saat ini. selain bisa mendukung usaha kuliner, mungkin bisa dipakai juga jasanya untuk ibu-ibu rumah tangga ya mbak secara sembako kan dibutuhkan oleh kita semua.

  11. Enak ya yang tinggal di kota. Layanan seperti ini belum nyampe daerah saya. Namun, untungnya ada salah satu teman yang jualan sayur segar begini. Mirip sih cara kerjanya, cuma enggak pakai aplikasi saja dan masih sekitar kenalan saja pelanggannya.

  12. Wah dengan adanya fitur GoFresh ini mau buka usaha restauran jadi lebih gampang, gak pusing lagi mau cari suplier kebutuhan bahannya dari mana kita bisa langsung pesat lewat layanan ini

  13. GOJEK semakin berinovasi ya mba. Kalau ada layanan seperti gofresh kita sebagai pengusaha kuliner adem ayem aja di rumah sambil memilih bahan-bahan makanan yang untuk dimasak.

  14. Sayangnya aku tinggal di rural area. Hahaha. jadi belum ada go fresh. Kebayangin kalau misalnya ada, bakalan memudahkan semuanya ya kak. Btw, usaha kuliner memang sedang naik daun. Tidak ada salahnya mencoba peruntungan ini.

  15. Membuka usaha baru gak melulu kendalanya soal modal. Perlu konsep matang dan strategi marketing yang jelas tentunya. Apalagi Untuk bisnis di bidang kuliner. Thanks masukan nya put moga bisa jadi info yang bermanfaat bagi semua

  16. Sekarang semua serba online, yak. Belanja sayur mayur aja ada aplikasinya. Berharap banget aplikasi ini nantinya makin berkembang. Ingin juga gabung jadi penjualnya

  17. wah asyik nih ada go fresh. membantu banget jadi nggak rempong ke pasar, di satu sisi juga bantu para supplier untuk menjajakan bahan mentah yang mereka jual

  18. Wah.. Bener nih. Setuju sih sm semua point diatas. Yg mau buka usaha kuliner harus ngerti ttg memiih supplier gini agar efektif n efisien. Aku mau cb jg nih sesekali pake go fresh

Tinggalkan Balasan

Hi! Terimakasih telah berkunjung. Silahkan isi nama dengan link blog (contoh lilpjourney.com) biar bisa blog walking. Jika ada pertanyaan dan diskusi silahkan tinggalkan komentar ya