Lilpjourney Seorang travel blogger Indonesia yang suka jalan-jalan menyusuri keindahan alam berbalut adat dengan aroma secangkir kopi.

Apa itu Skincare? Pengertian, Manfaat dan Macamnya

3 min read

pengertian skincareLilpjourney.com | Beauty Talk – Kata skincare tentu sangat akrab untuk para wanita. Namun sebenarnya apa itu skincare? Kali ini aku mau membahas tentang pengertian skincare, macam-macam skincare, dan manfaat skincare.

Pengertian Skincare

Skincare adalah serangkaian perawatan kulit untuk menjaga kesehatan dan kecantikan kulit. Perawatan kulit tidak cukup dari dalam dengan makanan yang kita konsumsi, tapi juga perawatan dari luar. Perawatan dari luar ini meliputi penggunaan pembersih wajah, serum, pelembap, hingga sun screen. 

Apakah kalian saat ini masih malas menggunakan skincare? Tahapan penggunaan skincare memang tidak hanya satu atau dua step saja. Lalu adapula dilema pada pengguna skincare:

  • harus milih yang mana?
  • kulit aku jenis apa ya? normal, berminyak, atau kombinasi?

Sebab-sebab itulah yang kemudian membuat beberapa orang masih enggan menggunakan skincare. Apabila salah memilih skincare, bisa berakibat breakout.

Breakout adalah kondisi ketika kulit mengalami iritasi dan berjerawat. Breakout  bisa terjadi karena berbagai sebab dan penanganannya pun harus dilakukan sesuai dengan penyebab yang mendasarinya.

Menggunakan skincare adalah bentuk investasi jangka panjang. Oleh sebab itu kita harus paham kondisi kulit kita seperti apa dan rajin menggunkan skincare step by step . Pernah nggak sih kalian lihat wajah orang berusia 40 tahun, tapi masih terlihat seperti 20an? Nah inilah the power of skincare. Skincare juga bisa memperlambat penuaan dini seperti memperlambat munculnya garis-garis halus.

Kenapa Kita Harus Menggunakan Skincare?

Jika di atas kita sudah memahami pengertian skincare, sekarang kita harus paham manfaat dari skincare.

1# Memberikan Nutrisi untuk Kulit

Bagi seorang travel blogger, dulu aku tergolong cuek pada penampilan dan kondisi kulit. Aku bahkan selalu percaya diri bahwa kulitku cukup sehat. Nyatanya saat melakukan streatment di Gloskin Banjarmasin menggunakan teknolgi skinanalyzer ada banyak masalah pada wajahku.

  • kadar minyak yang tidak normal
  • pori-pori yang besar
  • dark spot atau bintik hitam di area pipi
  • garis-garis halus mulai muncul
  • usia wajah lebih tua dari usiaku

Kata dr Elis, dokter ahli kecantikan di Gloskin Banjarmasin, masalah di atas bisa muncul karena aktivitas outdoor yang aku lakukan. Sinar matahari, polusi, dan asap rokok (aku bukan perokok) sangat berdampak pada kesehatan wajah. Dampaknya mungkin tidak langsung terlihat, tapi beberapa tahun ke depan. Oleh sebab itu kita harus merawat wajah menggunakan skincare yang tepat sesuai jenis kulit kita.

Bagaimana kulit mendapatkan mendapatkan nutrisi dari skincare? Pada setiap skincare yang kita gunakan pasti mempunyai kandungan yang bermacam-macam. Kandungan skincare seperti kolagen dapat mengencangkan kulit, vitamin C mampu menetralisir radikal bebas pada kulit, hyaluronic acid dapat melembapkan, atau AHA BHA mampu mencerahkan kulit.

2# Manfaat Skincare Bisa Memperlambat Penuaan

Pernah nggak sih kalian mendengar komentar kok wajahnya lebih tua dari pada usianya? atau wah nggak nyangka sudah 30-an, padahal kaya masih 20-an.

Seiring bertambahnya usia kita, kulit akan kehilangan kekuatan dan elastisitasnya. Agar kulit tetap kencang, kita bisa harus menggunakan rangkaian skincare untuk meremajakan kulit sejak dini.

3# Meminimalisir Munculnya Dark Spot

Dark spot atau melasma atau bintik hitam atau flek adalah munculnya binti hitam pada area wajah. Saat konsultasi dengan dr Elis, beliau menjelaskan salah satu faktor munculnya dark spot adalah paparah sinar UV.

Apabila kita sering beraktivitas di bawah sinar matahari, wajib menggunakan sunscreen. Suncsreen adalah salah satu rangkaian skin care yang tidak boleh sampai terlewatkan. Walaupun kalian hanya beraktivitas di depan komputer atau memasak, kita wajib menggunakan suncreen loh.

“Selama masih ada cahaya (cahaya matahari dan lampu) walaupun di dalam ruangan, harus menggunakan sunscreen,” tutur dr Elis.

Baca Juga :

Macam-macam Skincare

Secara umum ada beberapa macam skincare, antara lain :

1# Sabun pembersih

Sabun pembersih wajah atau face wash sesuai dengan jenis kulit terbagi menjadi dua yaitu berbasis air dan minyak.

Face wash berbasis air cocok digunakan oleh kulit berminyak dan kulit berjerawat. Sabun pembersih wajah berbasis air biasanya mengandung surfaktan yang berfungsi memungkinkan air untuk membilas penumpukan kotoran dan keringat serta menghilangkan minyak yang menumpuk pada kulit.

Sedangkan sabun cuci muka berbasis minyak cocok digunakan untuk kulit kering. Penggunaan pencuci muka berbasis minyak untuk kulit berminyak dan kulit kombinasi dapat membuat kulit semakin berminyak sehingga rentan menimbulkan breakout

2# Toner Wajah

Toner wajah berfungsi untuk membantu mengangkat sisa kotoran dan minyak yang menempel setelah cuci muka. Selain itu toner juga membantu mengembalikan pH kulit yang hilang saat tahapan mencuci muka dan mempersiapkan kulit sebelum penggunaan skincare lainnya.

Pilihlah kandungan toner wajah yang tepat sesuai jenis kulit. Jika salah memilih tentu bisa mengurangi manfaat dan bisa menimbulkan masalah kulit yang baru. 

3# Serum

Saat ini sudah muncul berbagai macam serum seperti acne serum dan brightening serum. Harganya pun bervariasi. Ingat ya skincare aman selalu mencantumkan izin edar lengkap dengan nomor dan merek, bukan sekadar tulisan BPOM dengan kemasan polos.

Serum wajah adalah cairan bertekstur ringan yang mengandung konsentrasi zat aktif lebih tinggi. Serum wajah dipercaya lebih efektif meresap ke dalam kulit dibandingkan pelembap atau krim wajah. 

4# Pelembap

Pelembap atau moisturizer berfungsi untuk melembapkan kulit, menghaluskan, menjaga struktur alami kulit, menyeimbangkan pH kulit, melindungi kulit dari kerusakan paparan radikal bebas, serta membantu sel-sel kulit agar dapat bekerja lebih maksimal.

Jika kalian mempunyai kulit wajah kering, gunakan pelembab yang bertekstur krim. Tapi jika kalian mempunyai kulit berminyak, maka gunakan pelembap bertekstur cair atau gel.

5# Sunscreen 

Rajin menggunakan krim pagi, malam, dan serum tapi malas menggunakan sunscreen? Bisa dipastikan hasil dari penggunaan skincare kalian tidak akan maksimal.

Hal ini disebabkan karena paparan sinar matahari bisa menyebabkan kerusakan pada kulit. Paparan sinar matahari inilah yang kemudian sedikit demi sedikit menyebabkan munculnya kerutan dan bintik-bintik hitam di wajah.

Penggunaan sunscreen bisa membantu melindungi dan memperlambat penuaan akibat paparan sinar UV. Oleskan sunscreen yang mengandung SPF minimal 30, 15 menit sebelum ke luar rumah. 

6# Eye Cream

Saat malam hari, setelah menggunakan rangkain skincare seperti sabun, toner, serum, night cream, sekarang lengkapi skincare routine kalian dengan menggunakan eye cream.

Eye cream diformulasikan khusus untuk mengurangi mata panda dan juga kerutan di sekitar mata.

Kesimpulan

Menggunakan skincare merupakan salah satu mencintai diri sendiri. Rutin menggunakan skincare tentu akan membuat wajah kita lebih ternutrisi dan sehat.

Ingat ya, jangan pernah tergoda dengan skincare yang mempunyai klaim mencerahkan dalam waktu singkat. Terlebih jika skincare itu tidak dilengkapi dengan nomor izin edar yang jelas. Jika sudah ada tapi kalian masih ragu, segera cek di website BPOM.

Semoga artikel pengertian skincare, manfaat, dan macam-macamnya ini bermenfaat ya.

PS
Peluk dari jauh

Lilpjourney Seorang travel blogger Indonesia yang suka jalan-jalan menyusuri keindahan alam berbalut adat dengan aroma secangkir kopi.

Tinggalkan Balasan

Hi! Terimakasih telah berkunjung. Silahkan isi nama dengan link blog (contoh lilpjourney.com) biar bisa blog walking. Jika ada pertanyaan dan diskusi silahkan tinggalkan komentar ya