Lilpjourney Seorang travel blogger Indonesia yang suka jalan-jalan menyusuri keindahan alam berbalut adat dengan aroma secangkir kopi.

Apa Itu Artikel? Ketahui Pengertian, Ciri, dan Jenis Artikel

2 min read

pengertian dan jenis artikel

lilpjourney.com | Blogger Story – Sebagai seorang blogger tentu sudah akrab dengan pembuatan artikel. Namun sebenarnya apa itu artikel? Apa saja jenis artikel dan cirinya? Serta bagaimanakah sistematikanya? Nah kali ini aku mau mengulas tentang artikel. Karena pondasi utama menjadi blogger adalah membuat artikel yang berkualitas dan mudah dipahami pembaca.

Pengertian Artikel

Pengertian artikel adalah karangan faktual secara lengkap dengan panjang tertentu yang dibuat untuk dipublikasikan di media online maupun cetak dan bertujuan menyampaikan gagasan serta fakta yang dapat meyakinkan, mendidik, dan menghibur (sumber : Wikipedia).

Menulis artikel dapat dilakukan oleh siapa pun loh. Sebaiknya dalam pembuatan artikel juga tidak lepas dari KBBI dan PUEBI ya. Kenapa harus menggunakan KBBI dan PUEBI? Agar artikel yang kita tulis dapat dibaca dengan mudah dan pesan yang ada di dalam artikel dapat tersampaikan kepada pembaca.

7 Pengertian Artikel Menurut Para Ahli

  1. Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI), menurut KBBI artikel merupakan suatu  karya tulis yang ditulis secara lengkap.
  2. Sumandiria, menurut Sumandiria artikel adalah suatu karya tulis lepas berisikan sebuah opini seseorang yang sudah mengetahui secara jauh tentang masalah atau objek yang bersifat aktual dengan tujuan untuk memberitahukan, menghibur, mempengaruhi, dan meyakinkan yang membaca.
  3. Al-Aqli, menurut Al-Aqli artikel ialah suatu tulisan yang ditulis sama seseorang atau orang-orang yang disiplin ilmu dengan pembahasan yang ditulis secara lengkap, lugas, dan tuntas sehingga yang membaca dapat menemukan inti dari karangan yang ditulis.
  4. Ensikologipedia Pers Indonesia, menurut media cetak ini artikel suatu karangan prosa di dalam media massa dengan pembahasan pokok masalah yang dibahas secara lugas.
  5. The America Desk Dictionary, menurut kamus di Amerika, artikel merupakan bagian dari tulisan nonfiksi dengan bentuk bebas, merupakan bagian penerbitan seperti laporan esai.
  6. Essential English Dictionary, menurut kamus Inggris, artikel ialah suatu tulisan lengkap di dalam surat kabar, koran, majalah, dan media cetak lainnya.
  7. Longman Pitman Office Dictionary, menurutnya artikel adalah suatu prosa nonfiksi dengan bentuk yang biasa, merupakan bagian bebas dari suatu koran, majalah, dan media cetak lainnya.

Penulis Artikel

Siapa penulis artikel? Penulis artikel adalah orang atau kelompok yang terlibat dalam pembuatan sebuah artikel. Penulis artikel ada beberapa kriteria antara lain:

  1. Penulis artikel buku
  2. Penulis artikel berita
  3. Penulis artikel marketing
  4. Penulis artikel online
  5. Penulis artikel narasi
  6. Penulis artikel naskah

Ciri Artikel

Sebuah karangan dapat disebut sebagai artikel apabila mempunyai ciri-ciri sebagai berikut :

  1. Tulisan dibuat dengan singkat, padat, dan jelas, namun pembahasanya lengkap dan tuntas;
  2. Mempunyai sumber tulisan berdasarkan fakta yang ada;
  3. Bersifat faktual sesuai dengan data yang didapat oleh penulis;
  4. Bersifat original dan bukan copy writing;
  5. Isi tulisan berdasarkan fakta yang didapat dari narasumber dan bukan dari pemikiran penulis;
  6. Isi tulisan dapat berupa cerita perjalanan, peristiwa, biografi tokoh, atau tentang fakta lainnya;

Jenis Artikel

Artikel juga punya jenis loh. Berikut ini adalah beberapa jenis artikel yang harus kita ketahui:

1# Artikel Deskripsi

Artikel deskriptif adalah tulisan yang memberikan gambaran tentang kasus atau situasi, sehingga pembaca seolah-olah melihat, mendengar, atau merasa.

2# Jenis Artikel Narasi

Artikel narasi adalah tulisan sederhana yang dikenal sebagai cerita. Berbentuk narasi peristiwa atau kejadian secara kronologis. Artikel narasi dapat berisi fakta atau fiksi.

3# Artikel Eksposisi

Artikel eksposisi adalah esai yang berisi deskripsi atau penjelasan dari topik yang bertujuan memberikan informasi tambahan atau pengetahuan untuk pembaca. Agar memperjelas deskripsi, dapat dilengkapi dengan gambar, grafik, dan/atau statistik.

4# Artikel Argumentasi

Artikel argumentasi adalah tulisan yang bertujuan untuk membuktikan kebenaran pendapat atau kesimpulan dengan data dan/atau fakta sebagai alasan atau bukti. Artikel ini menuntun pembaca agar argumen penulis mendapat pembenaran dari pembaca. Pada artikel argumentasi terdapat pendapat dan data, serta fakta atau alasan yang mendukung pendapat.

5# Artikel Persuasi

Artikel persuasi adalah artikel yang mempunyai tujuan untuk mempengaruhi pembaca agar melakukan sesuatu. Dalam pembuatan artikel ini, penulis mengharapkan gerakan motorik dalam bentuk tindakan motorik yang dilakukan oleh pembaca sesuai rekomendasi dalam tulisan.

6# Artikel Eksploratif

Artikel eksploratif adalah tulisan yang berisi ungkapan berdasarkan fakta-fakta menurut sudut pandang si penulis.

7# Artikel  Prediktif

Artikel prediktif adalah tulisan yang memuat tentang sesuatu yang bersifat akan atau belum terjadi, berdasarkan analisa penulis.

8# Artikel Eksplanatif

Artikel eksplanif adalah jenis artikel yang dibuat untuk menerangkan atau menjelaskan suatu hal kepada pembaca menurut berbagai sudut pandang, terutama dari sudut penulisnya.

Kesimpulan

Ternyata dalam pembuatan artikel ada begitu banyak komponen di dalamnya ya. Jangan lupa selalu buat artikel yang berkualitas dan memuat fakta. Bukan artikel yang menggiring opini publik untuk melakukan tindakan yang tidak sesuai dengan norma yang ada.

Semoga artikel “Apa Itu Artikel? Ketahui Pengertian, Ciri, dan Jenis Artikel” ini bermanfaat ya.

PS
Peluk dari jauh

Lilpjourney Seorang travel blogger Indonesia yang suka jalan-jalan menyusuri keindahan alam berbalut adat dengan aroma secangkir kopi.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.