Lilpjourney Seorang travel blogger Indonesia yang suka jalan-jalan menyusuri keindahan alam berbalut adat dengan aroma secangkir kopi.

Najelaa Shihab Jadi Juri Pahlawan IDN Media

2 min read

pahlawan IDN MediaLilpjourney.com | Pahlawan IDN Media – Bangsa yang besar adalah bangsa yang menghormati jasa pahlawannya, tutur Bung Karno. Kita memang sudah tak berjuang melawan penjajah, tapi bukan berarti perjuangan kita berhenti.

Tentang Program Pahlawan IDN Media

“Selama bangsa Indonesia masih mempunyai darah merah yang dapat membikin secarik kain putih menjadi merah, maka selama itu tidak akan kita mau menyerah kepada siapa pun juga,” Soekarno.

Hari Pahlawan yang baru saja kita peringati pada 10 November kemarin. Merupakan pengingat betapa besar perjuangan tentara Indonesia dan warga sipil Surabaya memukul mundur tentara Inggris.

Walaupun sudah tidak dijajah, namun kita masih berjuang dalam untuk terus memajukan negeri ini pada berbagai sektor. Tak mengenal tua atau pun muda. Hingga lahirlah banyak sosok pahlawan yang terus berjuang pada berbagai bidang seperti pendidikan, lingkungan, dan teknologi, proyek kreatif, dan komunitas.

IDN Media sebagai media digital multi-platform yang menyediakan konten menarik dan informatif untuk millennial dan Gen Z di Indonesia membuat program ‘Pahlawan IDN’. Program ini merupakan bentuk apresiasi kepada sosok inspiratif Millennial & Gen Z yang berhasil menginisiasi gerakan positif. Tahun ini mereka mengangkat tagline ‘Satu Negeri Beragam Inspirasi, Pahlawan IDN’. Dan bertepatan dengan Hari Pahlawan, IDN Media mengumumkan 5 pemenang utama dari program ini.

Baca Juga :

Di Juri Oleh Najelaa Shihab

Siapa yang tak kenal Najelaa Shihab. Putri sulung M. Quraish Shihab, seorang tokoh nasional, cendekia muslim Indonesia. Sebagai seorang pendidik dan pendiri ‘Semua Murid Semua Guru’, Najelaa Shihab telah banyak berkontribusi pada perkembangan pendidikan di Indonesia.

Selain Najelaa Shiba, ada juga 4 juri lain yang terlibat dalam proses penjurian ‘Pahlawan IDN’, yaitu Winston Utomo yang tak lain adalah CEO IDN Media, Zefanya Deby (Head of Communications IDN Media), Uni Lubis seorang Editor-in-Chief IDN Times, dan William Hendradjaja (Chief of Business Skilvul & Managing Partner of SIAP).

Lantas siapa pemenang dari program Pahlawan IDN ini?

Selamat! 5 Pemenang Utama Pahlawan IDN #SatuNegeriBeragamInspirasi

najeela shihab juri pahlawan idn“Selamat untuk para pemenang! Semoga percakapan-percakapan yang telah peserta lakukan dengan dewan juri dapat selalu diingat di sepanjang perjalanan. Teruslah berfokus pada dampak dan keberlanjutan dari kegiatan ini. Memberdayakan pihak lain juga harus dimulai dengan memberdayakan diri kita sendiri, jadi saya harap, akan ada lebih banyak orang yang sadar bahwa diri kita sendiri, adalah perubahan yang selama ini kita nanti-nantikan,” Najelaa Shihab

Adapun aspek penilaiam pemenang Pahlawan IDN meliputi :

  1. Orisinalitas dan keunikan ide
  2. Tujuan kegiatan
  3. Hasil dan sebaran dampak kegiatan di sektor terkait
  4. Keberlanjutan inisiatif mereka dalam jangka panjang.

Selah melakukan penjurian, pengumuman pemenang program ini pun diumumkan langsung melalui platform TikTok IDN Media. Adapun 5 pemenang utama yang terpilih adalah:

  1. Riliv diwakili oleh Audrey Maximillian Herli.
    Merupakan aplikasi yang meditasi dan konseling online. Memberikan solusi lengkap untuk menjaga kesehatan mental.
  2. Plana (Plastic for Nature) yang diwakili Joshua Christopher Chandra
    Gerakan untuk mengubah perilaku dalam menggunakan plastik untuk masa depan yang lebih baik.
  3. Mataharikecil Indonesia diwakili oleh Yasser Muhammad Syaiful
    Merupakan yayasan yang fokus untuk mengurangi angka putus sekolah di Indonesia melalui pendekatan “economic empowerment quality access education for all”. Mempunyai beberapa program tentang edukasi yang melibatkan anak-anak muda.
  4. BecomeMore Indonesia diwakili oleh Agalia Sakanti Ardyasa
    Komunitas bagi siswa SMP dan SMA di Indonesia yang bertujuan untuk membantu para siswa dalam proses pengembangan diri (self-development) melalui konferensi tahunan dan kegiatan lainnya.
  5. Literasi Anak Banua yang diwakili oleh Alvian Wardhana
    Komunitas dari Kalimantantan Selatan yang mempunyai kepedulian terhadap pendidikan di berbagai desa di Kalimantan Selatan. Mempunyai berbagai project sosial seperti les gratis, pembuatan taman baca, pembagian alat tulis, baju seragam gratis dan masih banyak lagi.

Ada Anak Banua

Dari 5 orang pemenang utama, ada satu yang menarik perhatianku. Literasi Anak Banua. Dari namanya aku langsung menyimpulkan bahwa komunitas ini berasal dari Kalimantan. Dan benar saja. Saat aku berselancar mencari tentang komunitas ini, ternyata memang komunitas dari Kalimantan Selatan.

Di balik komunitas ini, ada sosok genarasi muda yaitu Alvian Wardhana. Komunitas Literasi Anak Banua sendiri sudah berdiri sejak 1 April 2018. Kegiatan yang mereka lakukan telah memberikan dampak positif untuk  14 desa baik berstatus 3T (tertinggal, terdepan dan terluar) di Kalimantan Selatan. Jumlah murid terdampak 1.800 anak dengan keterlibatan lebih dari 30 volunteer dan 24 anggota tim.

Penutup

Sebagai kaum millennial, aku sangat mengapresiasi progam IDN Media ini. Di mana generasi muda diberikan apresiasi atas perjuangannya untuk negeri ini dalam berbagai sektor, dari pendidikan sampai teknologi. Selamat untuk semua pemenang program Pahlawan IDN Media.

Terus berkarya dan menginspirasi untuk negeri kita tercinta. Selamat Hari Pahlawan!

PS
Peluk dari jauh

Lilpjourney Seorang travel blogger Indonesia yang suka jalan-jalan menyusuri keindahan alam berbalut adat dengan aroma secangkir kopi.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.