Lilpjourney Seorang travel blogger Indonesia yang suka jalan-jalan menyusuri keindahan alam berbalut adat dengan aroma secangkir kopi.

Cara Mengatasi Virus ZWER, 100% Manjur!

2 min read

Mengatasi Virus ZWER

Mengatasi Virus ZWER

Lilpjourney.com | Tech – Seperti yang gue janjikan sebelumnya, gue akan share hasil pengobatan komputer setelah terserang virus ransomware yang merubah file di komputer menjadi .zwer. Dan ternyata cara gue mengatasi virus ZWER ini alhamdulillah manjur. Yuk baca sampai akhir.

Pertolongan Pertama Saat Terkena Virus Ransomware ZWER

Sebelumnya gue pernah nulis tentang ransomware merubah file manjadi zwer disini. Duka mendalam dan galau karena takut file-file gue hilang sempat gue rasakan selama 3 hari.

Bentuk pertolongan pertama saat terkena virus ransomware adalah langsung mematikan koneksi internet, stop transfer data dan mematikan komputer. Pencehan umum memang agar virus tidak menyebar. Nahasnya FD gue ikut kejang waktu itu. Fix gue nggak bisa kerja. Dua teknisi komputer gue hubungi. Yang pertama menyerah dan menyarankan : instal ulang aja mba. Tidak begitu ferguso. Gue perlu filenya!

Akhirnya gue inget ada salah satu temen gue di Banjarbaru yang pernah sukses merecover HDD eksternal yang tiba-tiba nggak bisa di akses dulu. Tapi waktu itu dia tidak menjanjikan file gue bisa kembali sepenuhnya. Karena seperti yang kita tau, virus ini menyandera semua file dan meminta tebusan agar file tersebut bisa kita akses kembali. Dan ini kasus ransomware pertama yang dia tangani.

Baca Juga : Cara Menaikkan DA Blog Tercepat

Mengatasi Virus ZWER

Waktu itu kami memikirkan cara yang sama : instal ulang, format lalu recover. Harapannya memang kecil. Tapi kemungkinan selalu ada. Kaya orang mau operasi : ada kemungkinan berhasil hanya sedikit. Pilihannya mencoba atau melepaskan. Kek mantan. Wkwkwkwk. Okay kembali ke topik mengatasi virus zwer.

Setelah menunggu sekitar 1 minggu. Temen gue kasih kabar : file di FD balik Put, tapi nggak tau berapa persen yang balik. Kabar baik dong! Oke lanjut ke perbaikan komputer. Dan alhamdulillah berhasil. Ini gue nulis pakai komputer yang baru keluar dari rumah sakit. Hehehe. Jadi bagaimana cara mengatasi virus zwer agar data kalian kembali?

  1. Jangan panik. Matikan koneksi internet.
  2. Lakukan instalasi ulang komputer kalian.
  3. Format dan recovery file dengan software recovey pro.

Baca Juga : Rekomendasi Laptop untuk Content Creator

Rekomendasi Software Recovery

Mengatasi Virus ZWER

Cara ini alhamdulillah efektif. Setidaknya file tahun 2017-2020 kembali dengan selamat. Walaupun beberapa foto resolusinya turun. Tapi nggak masalah. Lalu softwarenya apa sih? Sebenarnya ada banyak sekali software recovery data. Tapi harus yang pro. Temen gue pun sampai rela beli software asli. Sebenarnya kalian bisa saja menggunakan versi trialnya, tapi biasanya dia hanya memberikan akses hingga berapa ratus MB saja. Jadi mungkin hanya sekian persen data yang akan kembali. Dia memberikan info ada dua software yang biasa dia gunakan untuk recovery data :

  1. EaseUS Data Recovery. Software recovery data terbaik dengan rating yang cukup tinggi (bintang 4,5 dari total 5 bintang) dibandingkan aplikasi serupa. Jika kalian mencari di google dengan keyword ‘software data recovery’, maka EaseUS akan ada di halaman pertama.
  2. Seagate Rocovery. Sebagian besar dari kita tau kalau Seagate merupakan merk perangkat hardisk eksternal. Selain memproduksi media penyimpanan dengan kualitas unggul, Seagate ternyata juga memiliki perangkat lunak untuk merecovery data yang sangat handal. Seagate memiliki dua versi recovery data yaitu versi premium dan teknisi. Versi premium disarankan bagi yang membutuhkan pemulihan data untuk satu media simpan eksternal. Versi ini mampu mengembalikan jenis file yang paling umum dipakai para pengguna, seperti dokumen, foto, video, musik, dan sebagainya. Sementara versi teknisi direkomendasikan untuk pemulihan data dengan metode pemindaian dengan cepat dan dapat mengelola beberapa media penyimpanan. Dengan versi ini kalian bisa menyelematkan jenis file yang berorientasi bisnis, seperti email, database, dan lainnya.

Lalu setelah semua file berhasil kembali, gue galau dong. Karena semua file yang kembali tidak mempunyai nama file tapi nama tanggal file dibuat. Dan semua tercampur dalam 2 folder. Satu folder file dan satu lagi folder foto. Akhir kata, jika kalian mengalami masalah serupa dengan gue, semoga artikel ini memberikan jawaban.

PS
Peluk dari jauh

Lilpjourney Seorang travel blogger Indonesia yang suka jalan-jalan menyusuri keindahan alam berbalut adat dengan aroma secangkir kopi.

11 Replies to “Cara Mengatasi Virus ZWER, 100% Manjur!”

  1. Kerjaan baru lagi dong Kak Put buka file satu2 buat rename tapi keren banget akhirnya bisa. Yang pro aku belum ada juga, masih make yang free, itupun kudet banget Ahhh, tips lagi dong Kak biar terhindar virus itu kira-kira siapa tahu udah nemu jawabannya heheh. Takut jadinya

  2. Sudah lama nggak berurusan sama virus komputer. Dulu jaman kuliah ada virus yang sempat bikin heboh karena dia menduplikasi semua file Word di komputer kita dan ngehide file aslinya. Mana waktu itu aku lagi ngerjain skripsi. Untung masih bisa diatasi

  3. Aku jadi merinding bacanya. Huhuhu. Nggak tau gimana kl aku yg mengalami. Bisa panik berat tu. Sedih juga ngebayangin gimana nasib file & foto yg ada.

Tinggalkan Balasan

Hi! Terimakasih telah berkunjung. Silahkan isi nama dengan link blog (contoh lilpjourney.com) biar bisa blog walking. Jika ada pertanyaan dan diskusi silahkan tinggalkan komentar ya