Lilpjourney Seorang travel blogger Indonesia yang suka jalan-jalan menyusuri keindahan alam berbalut adat dengan aroma secangkir kopi.

5 Manfaat Masker Rambut dan Creambath untuk Rambut Berwarna

2 min read

proses bleaching rambut dan warna rambut
Proses bleaching rambut dan warna rambut

Lilpjourney.com | Hair Talk – Bagi kalian yang pernah membaca artikel gue tentang Toraja, tentu tau bahwa gue suka banget mewarnai rambut. Walaupun rambut gue tahan banting, tapi harus tetap rajin merawat rambut dengan masker rambut dan creambath. Tau nggak sih setidaknya ada 5 manfaat masker rambut dan creambath untuk rambut berwarna. Apa saja?

Ritual Mewarnai Rambut : Bleaching

Sejak tahun 2018 gue mulai kecanduan dengan fashion color. Menurut gue warna rambut fashion color seperti hijau atau ocean blue itu bisa menarik perhatian. Tentu saja ada modal percaya diri yang harus disiapkan. Tapi warna ini sangat cocok untuk seorang travel blogger seperti gue. Karena rambut gue adalah bagian dari identitas blog ini.

Sampai akhirnya bulan Februari kemarin, sebelum ke Bali, gue mencoba warna rambut baru. Ocean blue. Warna yang cukup terang. Untuk mendapatkan warna ini pun perlu perjuangan luar biasa. Serius!

Bayangkan saja dari hari Senin-Kamis gue bolak balik salon. Ngapain? Bleaching rambut! Yap! Selama 4 hari rambut di bleaching. Dari yang warnanya coklat, lalu orange dan akhirnya mendekati warna putih. Sempurna.

Aduh ngapain kamu warnain rambut cuma separo gitu? Nanti rambut kamu rusak, warnanya juga belum tentu cocok sama kamu,” cerca seorang pengunjung salon lainnya.

Benarkan Bleaching dan Mewarnai Rambut dapat Merusak Rambut?

manfaat masker rambut dan creambath

Jika kalian bertanya ini, maka jawabannya adalah iya. Karena pada saat bleaching rambut hal pertama yang akan terjadi adalah rambut menjadi sangat kering dan rapuh. Bleaching sendiri merupakan suatu proses menghilangkan pigmen warna alami pada rambut dengan menggunakan hydrogen peroxide.

Setelah proses bleaching selesai, barulah warna yang kita inginkan akan diaplikasikan pada rambut kita. Perlu digaris bawahi bahwa semua bleaching memiliki efek merusak pada struktur protein rambut. Untuk menghindari kerusakan terlalu parah, gue biasanya melakukan hal-hal berikut ini :

  1. Proses dilakukan dengan bantuan profesional di bidangnya
  2. Gunakan produk bleaching yang berkualitas
  3. Perawatan deep-shampoo deep conditioning tiga hari sebelumnya dan juga setelah melakukan bleaching dan juga setiap seminggu sekali setelahnya.

Manfaat Masker Rambut dan Creambath untuk Rambut Berwarna

Sebenarnya gue nggak pernah merekomendasikan bleaching dan mewarna rambut untuk siapapun. Karena sebelum melakukan proses ini kita harus mengenali karakteristik rambut kita. Apakah tipe rambut kering atau berminyak, punya batang rambut yang besar tau kecil, bagaimana kemampuan menyerap batang rambut dan masih banyak lagi. Hehehe.

Salah satu rahasia gue agar rambut tetap sehat meski rutin melakukan bleaching dan warna rambut adalah rutin melakukan masker rambut dan creambath setidaknya seminggu sekali. Karena ada banyak sekali manfaat masker rambut dan creambath untuk rambut berwarna.

Creambath sendiri berfungsi untuk pada perawatan akar rambut. Sedangkan masker rambut berfungsi untuk perawatan rambut, seperti memperbaiki rambut rusak dan melembapkan.

1# Menjaga Kesehatan Rambut

Sadar nggak sih setiap kali seusai melakukan masker rambut dan creambath, rambut menjadi lebih halus dan berkilau? Pada dasarnya kedua perawatan rambut ini menggunakan krim yang kaya nutrisi dan diaplikasikan seluruh batang rambut dan kulit kepala. Jadi nggak heran deh kalau sehabis treatment rambut lebih sehat ya.

2# Menjaga Kelembapan Rambut

Selain sering melakukan bleaching dan warna, kerusakan rambut juga bisa terjadi karena paparan sinar matahari yang terik serta frekuensi penggunaan alat styling yang terlalu panas. Hal-hal tersebutlah yang kemudian membuat rambut menjadi kerung, kaku dan tentunya bikin bad mood karena susah ditata. Jadi sudah saatnya untuk rutin melakukan treatment masker rambut dan creambath secara rutin agar rambut lebih lembab karena kelenjar minyak di kulit kepala menjadi lebih aktif.

3# Mengurangi Rambut Rontok

Siapa yang punya masalah rambut rontok seperti gue? Sebenarnya faktor utama kerontokan rambut adalah kekurangan nutrisi. Lantas bagaimana mengtasinya? Tentu saja hal ini dapat diatasi dengan masker rambut dan creambath. Sebab pada dua treatment ini terdapat krim dan vitamin rambut  serta bahan-bahan alami yang sangat dibutuhkan oleh rambut kita. Sehingga rambut menjadi lebih kuat dari akarnya.

4# Kulit Kepala Lebih Segar

Manfaat masker rambut dan creambath selanjutnya adalah menyegarkan kulit kepala. Biasanya krim yang digunakan untuk masker rambut dan creambath memiliki aroma yang segar seperti kiwi, mint dan berbagai aroma natural lainnya. Akhirnya setelah selesai treatment pun kepala terasa lebih segar dan enteng. Waaah langsung bikin mood naik ya.

5# Bisa Mengurangi Stres

Salah satu hal yang suka lakukan ketika lelah bekerja dan stress adalah treatment kepala. Menurut gue ketika melakukan treatment seperti masker rambut dan creambath, kepala menjadi lebih relaks. Karena gue yakin ketika rambut kita bersih dan sehat, maka akan tercipta ide-ide kreatif dari kepala kita.

Kesimpulan

Bagi seseorang yang suka mewarnai rambut, tentu manfaat masker rambut dan creambath ini sangat bagus untuk merawat rambut gue. Nah produk yang selalu gue gunakan dari dulu hingga sekarang adalah Dove. Baik shampoo dan conditioner nya.

Nah treatment masker rambut dan creambath ini bisa kalian lakukan di rumah. Salah satu rekomendasi gue adalah Dove Creambath Hair Growth. Dove Creambath Hair Growth ini mengandung bahan alami coneflower dan white tea untuk memperkuat, menyuburkan rambut dan aromanya itu enak banget!

PS
Peluk dari jauh

Lilpjourney Seorang travel blogger Indonesia yang suka jalan-jalan menyusuri keindahan alam berbalut adat dengan aroma secangkir kopi.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.