Lilpjourney Seorang travel blogger Indonesia yang suka jalan-jalan menyusuri keindahan alam berbalut adat dengan aroma secangkir kopi.

Bermain Solitaire, Ini 4 Manfaat Bermain Kartu yang Harus Kamu Tahu

4 min read

bermain solitaireLilpjourney.com | Game – Apakah kalian suka bermain game? Biasanya setelah aku pulang kerja, aku suka meluangkan waktu bermain game. Jenis game yang aku suka cenderung game sederhana tapi memerlukan pemikiran saat bermain. Salah satunya yaitu bermain solitaire.

Bermain Game Membuat Bodoh?

Apakah kalian termasuk golongan orang yang menganggap bermain game membuat bodoh? Nyatanya bermain game mempunyai banyak manfaat selama kita melakukannya dengan penuh tanggungjawab, seperti tidak melupakan tugas utama kita. Bermain game diperbolehkan selama tidak lupa waktu. Setuju?

Nah, lantas apa saja manfaat bermain game?

1# Mengasah Otak Kanan

Otak kanan merupakan gudang inovasi dan kreativitas. Pada saat kalian bermain game, secara tidak langsung kalian sudah mengasah otak kanan loh. Mengapa demikian? Saat bermain game, kalian membutuhkan strategi agar dapat menyelesaikan setiap misi.

Bermain game hanya membuat bodoh? Faktanya, bermain game secara online justru dapat mengembangkan kecerdasan otak kanan dengan baik. Di dalam suatu permainan tentu membutuhkan strategi maupun logika guna menyelesaikan tiap-tiap level maupun misi tertentu. Selain itu, saat bermain game kalian juga dapat melihat banyak gambaran yang dapat menciptakan kreativitas.

2# Meningkatkan Konsentrasi

Siapa di sini yang suka marah kalau main game diganggu? Aku pun sering kesel kalau pas main game diganggu. Sadar nggak sih, saat kalian bermain game kalian akan sangat berkonsentrasi untuk menyelesaikan misinya. Artinya selama kalian bermain game dengan waktu yang tepat (tidak berlebihan), kalian bisa meningkatan konsentrasi loh.

3# Menghilangkan Stress

Ternyata stress dapat diredakan dengan bermain game loh. Saat bermain game, ada perasaan senang yang kita rasakan. Apalagi kalau kita berhasil menyelesaikan misi. Selain itu, bermain game ternyata dapat memberikan rangsangan yang baru pada otak sehingga kembali segar.

Kaum Rebahan

Aku bukan orang yang seproduktif kalian bayangkan. Walaupun aku terlihat sangat aktif baik di dunia kerja ataupun di dunia blogger, tapi aku juga pernah merasa januh. Saat jenuh melanda, aku mengartikan aku sudah mencapai limit dalam beraktivitas. Artinya aku harus istirahat.

Saat aku sedang rehat dari semua pekerjaan kantor dan dunia blog, biasanya aku akan mengisi waktu dengan memasak, bersih-bersih rumah untuk meciptakan suasana baru, atau rebahan. Sepertinya aku paling suka yang terakhir. Rebahan.

Saat rebahan biasanya aku hanya bermain dengan ponselku saja. Selain menelusuri Instagram, aku juga sesekali bermain game. Walaupun aku cenderung suka game yang tricky tapi menikmatinya. Walaupun sedang istirahat, tapi bermain game yang tricky membantu aku tetap fokus dan merasa stres karena pekerjaan pelan-pelan hilang.

Game yang Dapat Mengasah Kemampuan Otak

Game apa yang kalian suka untuk dimainkan disela waktu luang? Kalau aku bukan game yang menegangkan, tapi game yang cukup untuk membuatku berpikir. Salah satunya yaitu bermain solitaire atau kartu.

Sayangnya di rumah tidak ada permainan kartu yang fisik. Jadi biasanya aku bermain solitaire di komputer. Bermain solitaire walaupun terlihat sederhana, tapi perlu konsentrasi loh. Permainan kartu ini sudah aku kenal sejak punya komputer pertama kali tahun 2012. Dulu aku sering bermain solitaire saat jenuh dengan tugas sekolah. Sayangnya di komputerku yang baru tidak ada game solitaire.

Beberapa waktu lalu saat aku sedang banyak pekerjaan di kantor, lantas sepulang dari kantor aku berselancar di internet. Barangkali ada situs yang menyediakan permainan kartu ini secara online. Ah benar saja! Ternyata ada situs permainan kartu bernama solitaire.org.

Oh iya sebelum kita berbicara tentang situs ini, ternyata bermain kartu juga mempunyai manfaat loh :

  1. Melatih kita untuk menyusun taktik dan strategi
  2. Being supportive people dengan menerima kekalahan ataupun kemenangan
  3. Mengajarkan kedisiplinan dan kesabaran
  4. Jika kalian bermain secara offline, bermain kartu juga mengajarkan kita bersosialisasi dengan orang lain

Mengapa Bermain Solitaire di solitaire.org

Sebelum membahas tentang situs ini, apakah kalian tau tentang sejarah permainan ini? Pada situs solitaire.org kita tidak hanya akan bermain kartu saja. Tapi saat aku membaca isi situs ini juga ada rangkuman sejarah permainan solitaire.

Jadi permainan kartu ini pertama kali muncul pada tahun 1700-an di Eropa utara seperti Jerman, Swedia, Prancis, dan juga Rusia. Pada negara-negara tadi ditemukan jejak permainan bernama “Patience”. Nama inilah yang perupakan nama awal dari permainan ini.

Walaupun kata “Patience” berasal dari bahasa Inggris, namun berasal dari bahasa Prancis yang merujuk pada permainan yang membutuhkan kesabaran agar permainan dapat diselesaikan dengan baik. Sebagai penikmat sejarah, aku sangat berterimakasih kepada situs solitare.org karena tidak hanya memberikan permainan yang seru tapi juga pengetahuan tentang permainan ini.

Honestly awalnya aku khawatir mencari permainan solitaire secara online. Khawatir kalau berisi iklan judi dan sejenis. Ternyata bermain game di solitaire.org sangat aman karena :

  1. Bebas iklan.
  2. Instruksi permainan yang detail sehingga permainan mudah untuk dimainkan.
  3. Aman di mainkan oleh anak-anak karena tidak perlu mengisi koin atau sejenisnya.

Tidak hanya tiga alasan di atas, bermain kartu di solitaire.org juga sangat nyaman karena bebas nge-lag. Situsnya sangat mudah diakses dan kita bisa bermain kartu tanpa harus login.

Serunya Nostalgia Bermain Solitaire

bermain kartu di solitaire.orgAku beneran senang banget saat kemarin menemukan solitaire.org. Rasanya seperti bisa kembali masa zaman sokolah. Ya masa-masa yang sangat menyenangkan untuk remaja.

Permainan kartu yang aku mainkan mempunyai aturan permainan yang seperti yang aku mainkan di komputerku dulu. Aku harus menyusun kartu yang diletakkan secara acak. Menyusun kartunya sebenarnya sangat mudah. Seperti yang kalian tau, kartu remi berjumlah 52 lembar yang terbagi menjadi 4 suit atau jenis kartu yaitu :

  1. ♠ Spade atau sekop (juga disebut “waru”)
  2. ♥ Heart atau hati
  3. ♦ Diamond atau berlian (juga disebut “wajik”)
  4. ♣ Club atau keriting

Untuk bermain kartu gratis di solitaire.org kalian harus menyusun kartu sesuai dengan jenisnya mulai dari As hingga King. Kalau semua jenis kartu sudah terkumpul angkanya, maka kalian menang.

Oh iya ada tombol “ulangi” untuk mengembalikan urutan kartu yang sudah terlanjur kalian susun. Cukup Mudah bukan? Jika kalian kesulitan memanikan permainan ini, tenang ada video tutorialnya kok di halaman gamenya.

Ada Permainan Mahjong Juga!

bermain mahjong online di solitaire.orgDulu sebelum ada layanan internet, aku sering memainkan beberapa game default di komputer. Selain permainan kartu, ada juga game mahjong. Game mahjong ini merupakan permainan yang sederhana tapi sangat menuntut ketelitian, kesabaran, dan fokus.

Permainan “Mahjong Solitaire” atau “Mah-jongg” dibuat pertama kali oleh Brodie Lockard pada tahun 1981. Lockard mengklaim bahwa permainan ini didasarkan pada permainan Cina yang disebut “The Turtle”. Di Cina kura-kura adalah simbol umur panjang, kekuatan dan daya tahan.

Game mahjong sendiri merupakan kumpulan dari ubin yang mempunyai beragam gambar. Setiap gambar pasti punya pasangan, seperti aku dan kamu yang berpasangan dan menjadi kita.

susunan ubin mahjongUntuk memainkan permainan ini, kita hanya perlu mencari pasangan gambar ubin masing-masing. Oh iya, game ini punya 4 tingkat susunan ubin. Rules-nya kalian harus memasangkan ubin dengan gambar yang sama selama si ubin berada di tepi. Jadi nggak bisa kalau di tengah.

Kemudian game mahjong di solitaire.org ini juga mempunyai fitur new game, suffle, undo, dan option yang bisa digunakan untuk mengubah style susunan mahjong.

Penutup

Bermain kartu dan mahjong untuk mengisi waktu luang merupakan kegiatan yang menyenangkan. Walaupun bermain game, kalian tetap melatih konsentrasi, kesabaran, dan fokus. Oh iya selain dua permainan yang aku coba, situs game ini juga menyediakan permainan lain seperti zuma ball shooters atau game jenis candy crush.

Semoga artikel “Bermain Solitaire, Ini 4 Manfaat Bermain Kartu yang Harus Kamu Tahu” ini bermanfaat. Jangan lupa, selain bermain game kalian juga harus olahraga agar tubuh dan otak kalian selalu sehat.

PS
Peluk dari jauh

Lilpjourney Seorang travel blogger Indonesia yang suka jalan-jalan menyusuri keindahan alam berbalut adat dengan aroma secangkir kopi.

Tinggalkan Balasan

Hi! Terimakasih telah berkunjung. Silahkan isi nama dengan link blog (contoh lilpjourney.com) biar bisa blog walking. Jika ada pertanyaan dan diskusi silahkan tinggalkan komentar ya

© Copyright 2021 - lilpjourney.com