Lilpjourney Seorang travel blogger Indonesia yang suka jalan-jalan menyusuri keindahan alam berbalut adat dengan aroma secangkir kopi.

Manajemen Kebersihan Menstruasi, Tips dan Faktanya

4 min read

manajemen kebersihan menstruasiLilpjourney.com | Mom Story – Bagaimana perasaan kalian saat pertama kali mengalami menstruasi? Kalau aku, kaget dan bingung. Mungkin karena saat itu aku tidak teredukasi cukup baik tentang bagaimana menstruasi pertama kali. Baru-baru ini aku mengikuti webinar tentang Manajemen Kebersihan Menstruasi (MKM).

Apa itu Menstruasi?

Menstruasi merupakan kondisi normal yang terjadi pada seorang perempuan. Menstruasi adalah kondisi yang terjadi saat keluarnya darah selama beberapa hari (3-7 hari) dari organ intim perempuan, satu periode setiap sebulannya (setiap 28 atau 21-35 hari).

Saat perempuan mengalami menstruasi pertama kali, merupakan pertanda bahwa seorang perempuan sudah siap untuk bereproduksi (memiliki anak), karena haid didahului oleh proses matangnya sel telur yang siap dibuahi.

Darah yang keluar saat menstruasi merupakan lapisan dalam rongga rahim.  Lapisan ini dipersiapkan sebagai tempat menempelnya sel telur yang sudah dibuahi, yang selanjutnya akan berkembang menjadi janin.

Manajemen Kebersihan Menstruasi

webinar sehat dan bersih saat menstruasiHari Kamis, 27 Mei 2021, kemarin aku mengikuti webinar ‘Sehat dan Bersih saat Menstruasi’. Acara ini diselenggarakan dalam rangka memperingati Hari Kebersihn Menstruasi setiap tanggal 28 Mei.

Weinar ini diselenggarakan oleh Perkumpulan Obstetri & Ginekologi Indonesia (POGI), Ikatan Psikolog Klinis (IPK) Indonesia, dan Mundipharma Indonesia.

Tujuan dari kegiatan ini adalah meningkatkan kesadaran perempuan Indonesia tentang manajemen kebersihan menstruasi (MKM). Tidak hanya itu, diharapkan dengan adanya acara ini juga dapat mematahkan stigma negatif dan anggapan tabu mengenai menstruasi yang masih banyak beredar luas di masyarakat.

Dipandu oleh Novita Angie, acara yang berlangsung pukul 14.00-16.00 WIB disiarkan live di YouTube Betadine Indonesia. Sebelum acara inti dimulai, ada penampilan adik-adik tingkat sekolah dasar yang membawakan beberapa lagu nasional dengan metode daring.

Sambutan dari Ibu Mada Shinta Dewi, Country Manager Mundipharma Indonesia sebagai pembuka webinar. Beliau menyampaikan bahwa Mundipharma Indonesia sampai saat ini berkomitmen memperbaiki kualitas hidup masyarakat Indonesia. Salah satu komitmen mereka ialah terutama edukasi perempuan dalam menjaga kebersihan dan kesehatan area kewanitaan.

Sejak tahun 2017 Mundipharma Indonesia telah berkolaborasi dengan Kementerian Kesehatan RI dan POGI dalam menyelenggarakan program edukasi mengenai kebersihan menstruasi, serta membagikan Buku Saku ‘Sehat dan Bersih Saat Menstruasi’ kepada lebih dari satu juta perempuan Indonesia. 

Pemateri webinar ‘Bersih dan Sehat saat Menstruasi’ ini keren-keren loh, siapa aja?

  1. dr. Dwi Oktavia Handayani, M. Epid, Kepala Bidang Pencegahan dan Pengendalian Penyakit (P2P), Dinas Kesehatan Provinsi DKI Jakarta
  2. Prof. Dr. dr. Dwiana Ocviyanti, Sp.OG(K), MPH, Anggota Pengurus Besar Perkumpulan Obstetri dan Ginekologi Indonesia (POGI)
  3. Anna Surti Ariani, S.Psi., M.Si., Psi., Ketua Ikatan Psikolog Klinis (IPK) Indonesia Wilayah Jakarta

Mengapa Sulit Membicarakan Menstruasi?

edukasi menstruasi

Ibu adalah sumber informasi tentang ‘menstruasi’ yang paling diharapkan oleh anak perempuan. Jadi semua ibu seharusnya membekali diri dengan pemahaman yang tepat tentang menstruasi. Ibu perlu paham mana yang MITOS mana yang FAKTA tentang menstruasi.

Sampai saat ini masih banyak orang yang ragu membicarakan tentang menstrusi, beberapa sebabnya adalah sebagai berikut :

1# Tabu
Hingga saat ini masih banyak orang yang berasumsi pembicaraan menstruasi dinilai tabu.

2# Bingung memulai
Ibu merupakan sosok yang seharusnya memberikan edukasi menstruasi pertama kali. Tapi Ibu kerap kali merasa bingung mau memulai pembicaraan menstruasi dari mana.

3# Kurang pengetahuan
Ibu merasa kurang pengetahuan/pengalaman untuk bicara menstruasi. Jadi takut ketika membahas dengan si anak, malah tidak bisa menjawab pertanyaan anak.

4# Remaja ragu
Remaja meragukan kemampuan ibu untuk menjelaskan menstruasi.

>90% Anak perempuan percaya kepada orangtua dan guru sebagai sumber informasi
(DITPSD, 2017)

Bicara tentang Menstruasi Apa Dampaknya?

Pernah ragu mau edukasi anak atau adik perempuan kalian tentang menstruasi? Sebaiknya kalian harus tau apa dampak membicarakan menstruasi seperti yang dipaparkan Ibu Anna Surti Ariani, S.Psi., M.Si., (Psikolog) berikut ini :

  1. Kesehatan reproduksi remaja lebih baik.
  2. Menunda hubungan seksual pertama, ketika anak tau tentang ‘menstruasi’ maka akan tercipta kesadaran untuk tidak melakukan hubungan seksual sebelum menikah.
  3. Mengurangi risiko masalah kesehatan mental terkait seksualitas.
  4. Relasi ibu dan remaja lebih dekat.

Lantas apa yang terjadi ketika kita ragu bahkan enggan memberikan edukasi menstruasi?

  1. Menimbulkan emosi negatif seperti takut, cemas, malu, dan marah saat pertama kali mengalami menstruasi.
  2. Ketidak siapa menghadapi menstruasi
  3. Terjadi kesalahpahaman tentang menstruasi

Sehat dan Bersih saat Menstruasi

Kenapa sih kita harus menerapkan sehat dan bersih saat menstruasi? Hal ini dikarenakan saat masa menstruasi risiko infeksi area kewanitaan menjadi meningkat. Prof. Dr. dr. Dwiana Ocviyanti mengatakan hal ini disebabkan karena bertambahnya jumlah bakteri buruk di vagina, akibat turunnya tingkat keasaman vagina karena darah menstruasi.

Jika seorang perempuan tidak sadar akan bersihan haid, maka bisa terjadi beberapa penyakit di vagina seperti berikut ini :

  1. Infeksi saluran reproduksi (kandidosis vulvovaginalis) yang disebabkan oleh jamur Candida albicans
  2. Infeksi vagina (vaginosis bakterialis) yang disebabkan oleh terganggunya keseimbangan jumlah flora normal (bakteri alami) pada vagina
  3. Peningkatan risiko kanker serviks
  4. Infeksi saluran kemih (ISK)
  5. Infeksi jamur
Baca Juga :

Bagaimana Cara Menjaga Kesehatan dan Kebersihan saat Menstruasi?

Dulu saat berkunjung ke salah satu cafe dan pergi ke toilet, aku kaget. Ada pembalut yang dibuang begitu saja oleh pemiliknya tanpa dibersihkan. Padahal seharusnya perempuan wajib menjaga kebersihan saat menstruasi :

  1. Membersihkan vagina secara benar, teliti dan berkala menggunakan air bersih mengalir.
  2. Membersihkan area kewanitaan dengan arah dari depan ke belakang agar bakteri dari belakang (anus) tidak terbawa ke bagian depan (vagina).
  3. Jangan lupa untuk mencuci tangan, sebelum dan sesudah mengganti pembalut atau membersihkan vagina.
  4. Menggunakan pembalut bersih dan dapat menyerap darah dengan baik, serta mengganti pembalut secara teratur minimal setiap 4 jam sekali.
  5. Buang pembalut dengan cara yang tepat: cuci bersih sebelum dibuang; jika dalam kondisi tidak bisa membersihkan, bungkus dengan kertas, lalu buang ke tempat sampah; serta jangan membuat pembalut bekas ke dalam lubang toilet.
  6. Jaga kesehatan dengan cairan pembersih antiseptik kewanitaan yang sesuai dengan pH vagina (asam) dan dapat digunakan saat menstruasi.  Jangan menggunakan sabun badan untuk vagina karena ph-nya basa.
  7. Apabila merasakan gejala yang tidak normal saat menstruasi, maka dianjurkan untuk melakukan pemeriksaan lebih lanjut ke dokter.

Kampanye #YangIdeal dari Mundipharma Indonesia

betadine feminine care produkMundhipharma Indonesia adalah perusahaan yang bergerak di bidang kebersihan wanita meluncurkan kampanye #YangIdeal melalui BETADINE Feminine Care. Kampanye ini mengajak semua perempuan menjaga kebersihan dan kesehatan organ kewanitaan dengan cara yang tepat dan sesuai kebutuhan sehari–hari, saat menstruasi, dan saat terjadi infeksi di organ kewanitaan. 

Dijelaskan oleh Adi Prabowo, BETADINE Feminine Care menyediakan rangkaian produk area kewanitaan yang lengkap dan berkualitas tinggi mulai dari sehari–hari, menstruasi dan juga infeksi area kewanitaan.

1# Daily Pretection

Produk BETADINE Feminine Wash untuk kebutuhan sehari-hari. Produk ini dilengkapi dengan prebiotik yang merupakan makanan dari bakteri baik dan memberikan perlindungan alami sehari–hari. Terdapat dua pilihan, yaitu Feminine Wash Foam dan Feminine Wash Natural dengan ekstrak daun sirih.

2# Red Days

Saat masa hadi, tersedia produk BETADINE®  Feminine Hygiene dengan Povidone–Iodine yang memiliki spektrum luas dan terbukti mengatasi keputihan berlebih, gatal, bau tak sedap dan iritasi ringan yang kerap terjadi saat menstruasi.

3# Infection

Mempunyai masalah pada vagina karena infeksi jamur? BETADINE® Vaginal Douche adalah pembersih antiseptik kewanitaan khusus untuk mengatasi infeksi area kewanitaan dan antiseptik kewanitaan yang dilengkapi dengan aplikator pada saat terjadi infeksi. Disarankan untuk konsultasi masalah infeksi pada tenaga medis yang ahli dibidangnya ya.

4# On The Go

Tersedia juga BETADINE® Feminine Wipes dengan prebiotik yang seratus persen biodegradable atau flushable. Tisu basah pembersih kewanitaan ini dapat menjadi pelengkap travelling essential saat bepergian.

Di mana sih beli produk BETADINE® Feminine Care? Bisa beli di offline atau di marketplace BETADINE® Indonesia seperti Tokopedia dan Shopee.

Kesimpulan

Edukasi tentang menstruasi sebenarnya tidak hanya untuk anak perempuan saja. Anak laki-lakipun harusnya juga diberikan edukasi tentang haid. Agar saat anak laki-laki melihat saudara/temannya mengalami masalah menstruasi seperti ‘bocor’, dapat memberikan pertolongan pertama seperti membeli pembalut.

Untuk para perempuan, jangan malas menjaga area kewanitaan. Baik saat haid ataupun sehari-hari. Agar vagina selalu sehat dan terhindar dari infeksi jamur.

PS
Peluk dari jauh

Lilpjourney Seorang travel blogger Indonesia yang suka jalan-jalan menyusuri keindahan alam berbalut adat dengan aroma secangkir kopi.

2 Replies to “Manajemen Kebersihan Menstruasi, Tips dan Faktanya”

  1. Intinya jangan malas tuk menjaga daerah kewanitaan untuk tetap bersih ya mba, apalagi kan sekarang udah ada Betadine Feminin Care yang dapat mencegah bau kurang sedap dan penyebab munculnya bakteri.

  2. penting banget untuk menjaga kebersihan area kewanitaan ketika menstruasi, nggak cuman ketika menstruasi aja, setiap hari juga perlu
    kadang masih ada juga beberapa orang yang tabu untuk ngomongin hal seperti ini, paling nggak sejak SD seumuran kelas 6 udah diberi penjelasan soal menstruasi

Tinggalkan Balasan

Hi! Terimakasih telah berkunjung. Silahkan isi nama dengan link blog (contoh lilpjourney.com) biar bisa blog walking. Jika ada pertanyaan dan diskusi silahkan tinggalkan komentar ya