Lilpjourney Seorang travel blogger Indonesia yang suka jalan-jalan menyusuri keindahan alam berbalut adat dengan aroma secangkir kopi.

Keseruan Ultah Komunitas Blogger Perempuan Banjarmasin Ke-4

6 min read

ulang tahun komunitas blogger perempuan
[us_separator]
[cl-itext texts=”Serunya Virtual Event Ulang Tahun
Komunitas Blogger Perempuan
Female Blogger of Banjarmasin Ke-4″ dynamic_bold=”1″ delay=”4″ color=”#ffffff” dynamic_color=”#f7be22″]

Sebuah komunitas akan berumur panjang jika di dalamnya terdapat orang-orang yang saling mendukung untuk menjadi lebih baik. Selamat ulang tahun ke-4 komunitas blogger perempuan Kalimantan Selatan, Female Blogger of Banjarmasin. Semangat literasi perempuan

[us_separator size=”huge”]
[us_separator]
[us_single_image image=”4949″ animate=”afb”][us_separator size=”small”]

Lilpjourney.com | Lilstory – Sebelumnya gue nggak pernah tau kalau ikut dengan komunitas blogger itu bisa seseru ini. Ada banyak teman baru dan ilmu baru yang gue dapat. Selamat ulang tahun ke-4 Female Blogger of Banjarmasin (FBB), komunitas blogger perempuan pertama dan satu-satunya di Kalimantan Selatan yang jatuh pada tanggal 6 Oktober 2020.

Baca Juga : Blogger Itu Nggak Cuma Nulis
[us_separator]

Tema Ultah Komunitas Blogger Perempuan, FBB : Unstoppable Creation

[us_separator type=”default” size=”small” style=”dotted” color=”primary”]

Sebenarnya pada ulang tahun ke-3 Female Blogger of Banjarmasin gue sudah bergabung dengan komunitas ini. Sayangnya waktu itu panggilan traveling membuat gue berhalangan hadir. Dan tahun ini gue malah dipercaya menjadi ketua komunitas ini. Bersama Kak Tri dan Kak Niswin, bismillah kami mulai kepengurusan FBB tahun 2020-2021.

Saat Mba Ruli dan Rimma (founder FBB) meminta kami untuk mulai mendiskusikan tema ulang tahun ke-4, gue bingung. Hahaha. Alhamdulillah, tim mini FBB 2020 bisa menjadi tim yang solid dan penuh kreativitas.

Lantas kenapa sih tema tahun ini Unstoppable Creation? Karena kami ingin membuktikan bahwa blogger tetap bisa berkarya dan eksis ditengah pandemi. Kami pun belajar banyak hal dari pandemi global yang juga membatasi ruang gerak kami dalam berdiskusi.

[us_separator]
[us_separator type=”default” thick=”2″ style=”dotted” color=”primary”]

Survive

Salah satu yang mambuat kami galau kala itu adalah bagaimana melaksanakan ulang tahun online. Karena untuk membeli Zoom Pro harganya cukup mahal. Suatu kebetulan datang. Setelah diskusi tentang Zoom Pro, gue ikut kelas online Kak Tuhu Nugraha. Barulah gue tau kalau ada ruang Zoom Pro yang bisa disewa. Harga sewanya pun cukup murah. Hanya Rp 50.000/hari.

Baca Juga : Survive di Masa Pandemi

Masalah Zoom Pro selesai. Agar tidak kikuk dan terlihat profesional di depan member, kami bertiga sering melakukan Zoom meeting. Belajar mengganti latar belakang dengan virtual background dan belajar banyak hal tentang penggunaan Zoom.

Kalau kamu ingin bertahan dimasa pandemi, kamu harus bisa membaca pasar. Survivelah. Jangan hanya menunggu dan berharap pandemi akan berakhir – PS

Baca Juga : Kebiasaan Baru Setelah Pandemi
[us_separator type=”default” thick=”2″ style=”dotted” color=”primary”]
[us_separator]

Ulang Tahun Komunitas Blogger Perempuan yang Bertabur Hadiah

Setelah pembuatan proposal selesai, gue dan Kak Tri membagi tugas untuk sebar proposal. Sedangkan Kak Niswin fokus untuk mengurus sosial media FBB dan membuat desain untuk sounding acara. Kegiatan kami pun mulai padat dari pertengahan September hingga 6 November nanti.

Alhamdulillah usaha kami berbuah manis. Pada ulang tahun ke-4 komunitas blogger perempuan di Kalimantan Selatan ini bertabur hadiah. Jika di rupiahkan, total hadiah pada 4th Anniversary Female Blogger of Banjarmasin : Unstoppable Creation senilai hampir 18 juta rupiah!

[us_separator]

Ada 9 sponsor dan 1 media partner yang mendukung terselenggaranya acara kami :

  1. Mirabella Cosmetics
  2. Gloskin Banjarmasin
  3. Fave Hotel Banjarmasin
  4. Clean Well Banjarmasin
  5. Tupperware Palma Tika Raya
  6. Kebabblasan Banjarmasin
  7. Summber Bed and Breakfast
  8. Ambeer.Le Hijab
  9. 57 Kitchen
  10. Media partner : My Radio Banjarbaru

Terimakasih untuk Semua Sponsor dan Media Partner

[us_logos carousel_dots=”1″ breakpoint_1_autoplay=”1″ breakpoint_2_autoplay=”1″ breakpoint_3_autoplay=”1″ items=”%5B%7B%22image%22%3A%224969%22%7D%2C%7B%22image%22%3A%224970%22%7D%2C%7B%22image%22%3A%224974%22%7D%2C%7B%22image%22%3A%224978%22%7D%2C%7B%22image%22%3A%224977%22%7D%5D”][us_separator][us_logos items=”%5B%7B%22image%22%3A%224975%22%7D%2C%7B%22image%22%3A%224976%22%7D%2C%7B%22image%22%3A%224971%22%7D%2C%7B%22image%22%3A%224972%22%7D%2C%7B%22image%22%3A%224973%22%7D%5D”]
[us_separator]

Kami pun membagi hadiah ulang tahun komunitas blogger perempuan ini menjadi 3 rangkaian acara :

  1. Giveaway untuk umum.
  2. Doorprize yang akan dilaksanakan pada zoom meeting acara ulang tahun pada 11 Oktober 2020.
  3. Lomba blog dengan tema “Suara Perempuan dalam Dunia Politik “.

Hari yang Ditunggu, 11 Oktober 2020

[us_separator type=”default” size=”small” style=”dotted” color=”primary”]

Minggu, 11 Oktober 2020 akan menjadi salah satu hari paling bersejarah di tahun 2020. Bangun pagi, langsung siap-siap hadiah dan goodie bag yang harus dibawa ke Fave Hotel. Yap! Sebelum gue menulis lebih lanjut tentang keseruan ulang tahun ke-4 komunitas blogger perempuan ini.

Izinkan gue mengucapkan terimakasih sebanyak-banyanya untuk Fave Hotel Banjarmasin. Khususnya Pak Devy dan Mba Yuyut yang sudah memberikan support maksimal sekali. Terimakasih sudah memberikan kami fasilitas meeting virtual ini. Bahkan satu area room meeting Fave Hotel Banjarmasin lengkap dengan screen, proyektor, sound, meja dan kursi disediakan untuk kami. Sungguh ini di atas harapan gue.

Baca Juga : Ketagihan TLD Setelah Menang Lomba Blog
[us_separator]

Keseruan Ulang Tahun Komunitas Blogger Perempuan, FBB

Keseruan 4th Anniversary Female Blogger of Banjarmasin : Unstoppable Creation pun dimulai. Kak Tri selaku MC berhalangan hadir di Fave karena kondisinya yang kurang sehat. Alhasil hanya ada gue dan kak Niswin yang mempersiapkan acara di Fave Hotel.

Satu lagi survive yang harus kami hadapi. MC yang harus online dari rumah. Drama keluar masuk room karena koneksi kak Tri yang kurang stabil dan chat : kak tolong jadiin aku host lagi ya. Suara gue dan Kak Niswin yang menggema karena live berdekatan. Ya ampun ternyata begini toh rasanya jadi panitia virtual meeting. Luar biasa sekali.

Satu yang membuat gue bersyukur mempunyai tim mini ini : mudahnya koordinasi. Bonding kami pun sangat kuat. Alhamdulillah member pun bekerjasama dengan sangat baik untuk kelancaran acara ini.

Rangkaian Acara Paling Seru Pada Ultah Female Blogger of Banjarmasin

Ada dua rangkaian acara paling gue tunggu. Yap! Apalagi kalau bukan materi seputar dunia blogger. Inget loh, blogger itu nggak cuma nulis. Tapi juga harus bisa mengoptimalisasi media sosial seperti instagram.

Jangan pernah merasa puas dengan segala pencapaianmu. Teruslah berlajar karena saat kamu merasa puas, akan ada blogger lain yang berlomba upgrade ilmu untuk mengejarmu atau bahkan melampauimu. 

Alhamdulillah ultah komunitas blogger perempuan ini berhasil menggaet hati dua laki-laki untuk masuk ke kerumunan kaum hawa. Hahaha. Iyalah Mas Irwin, SEO Tangerang Digital dan Kak Niko Julius, pengusaha muda dan online entrepreneur. 

Fundamental SEO On Page oleh Irwin Andriyanto

mas iriwn mengisi ultah komunitas blogger perempuan

Irwin Andriyanto atau lebih populer disapa Mas Irwin adalah seorang SEO strategic yang berasal dari Tegal dan saat ini tinggal di Tangerang. Awal mula kenalan dengan Mas Irwin ialah awal tahun lalu. Saat mengikuti kelas untuk menaikkan domain authority (DA). Alhamdulillah DA gue naik derastis selama mengikuti kelas Mas Irwin. Berharap masih bisa mengikuti kelas beliau lagi sih. Hehehe.

Lantas apa saja sih yang kami pelajari saat zoom meeting ulang tahun komunitas blogger perempuan kemarin?

1# Pengertian SEO. Sebuah praktik untuk optimalisasi blog/website.

2# Mengapa SEO. Karena semua blogger memerlukan TRAFFIC.

3# Jenis-jenis SEO. Ada tiga jenis SEO yang harus diketahui oleh blogger : on page, off page dan experience.

4# Parameter SEO On Page. Terdapat 5 parameter SEO on page yang harus dipahami seorang blogger : URL, title, description, heading dan image.

Lebih jelasnya silahkan ikut kelas SEO dari Mas Irwin : Growthing.id. Hehehe.

Bagi seorang blogger, belajar SEO dasar adalah hal yang wajib dilakukan. Untuk apa kamu nulis tapi tidak ada yang membaca? Jadi agar tulisanmu bisa menjangkau lebih banyak orang, harus belajar SEO.

Optimalisasi Intagram untuk Influencer/Blogger/Reviewer oleh Niko Julius

niko julius pada ultah komunitas blogger perempuan

Pemateri kedua pada acara ultah komunitas blogger perempuan adalah Kak Niko Julius. Kak Niko merupakan seorang pengusaha muda dan online entrepreneur, juga merupakan founder dari nikojulius.com. 

Menariknya ternyata Kak Niko adalah orang Banjarmasin dan lulusan SMA 7 Banjarmasin. Dia pindah ke Surabaya setelah lulus SMA. Waaah menarik ya ada benang merah antara FBB dan Kak Niko.

Penyampaian materi optimalisasi instagram pun dimulai dengan sebuah pertanyaan : SIAPA AUDIENCENYA? Karena optimalisasi blog dan instagram adalah dua ilmu yang berbeda. Berbeda dengan blog yang artikel lama bisa dioptimalisasi dengan SEO, tidak demikian dengan instagram. Dimana kita harus benar-benar mempelajari siapa sih pengunjung instagram kita, apa yang mereka cari.

Sama seperti blog, optimalisasi instagram juga memerlukan content planning. Untuk membuat content planning kita bisa menggunakan trello.com.

Visual memegang peranan penting. Tanpa visual yang menarik, orang tidak akan membaca caption kita,” Niko Julius. 

Lalu kapan sih waktu yang pas untuk membuat postingan instagram? Kita harus posting saat orang membuka instagram. Ada caranya loh mengetahui hal ini :

1# Pastikan instagram kalian sudah bisnis akun atau creator

2# Tap insights pada profil kalian

3# Tap total followers

4# Most Active Times

Masih Gagal Move On

Alhamdulillah acara puncak ulang tahun Female Blogger of Banjarmasin sudah berjalan lancar. Dan masih ada PR untuk panitia. Hehehe. Setelah pembagian door prize saat acara zoom kemarin, masih ada giveaway yang akan diumumkan pada tanggal 27 Oktober 2020 nanti loh.

Kenapa tanggal 27 Oktober 2020? Karena bertepatan dengan Hari Blogger Nasional. Jadi jangan berkecil hati ya bagi yang belum beruntung saat pembagian door prize kemarin. Oh iya giveaway ini bisa diikuti oleh umum loh, tidak hanya member FBB. Jadi yuk follow instagram @femaleblogger.bjm.

[us_separator]

Terimakasih

ultah fbb 2020

ultah fbb virtual 2020

Terimakasih untuk Kak Tri dan Kak Niswin yang rela lembur, meluangkan waktu untuk membantu mengurus acara ini dari awal hingga akhir nanti. Alhamdulillah ada banyak ilmu yang kita dapatkan. Terimakasih untuk semua sponsor yang sudah mendukung ulang tahun komunitas blogger perempuan satu-satunya di Kalimantan Selatan. Dan untuk founder yang sudah memberi masukan untuk jalannya acara

Teruntuk member FBB yang sudah hadir dan berpartisipasi, terimakasih sudah meluangkan waktunya untuk support acara ini, mematuhi semua rules acara ini dan jangan lupa event report nya yaaaak! Hehehe.

Terimakasih dan mohon maaf jika acara kemarin masih jauh dari sempurna. Segala kritik dan saran yang membangun silahkan disampaikan.

Semoga kedepannya FBB menjadi komunitas yang lebih berkualitas dan bisa ikut berperan dalam mencerdaskan bangsa dalam semangat literasi perempuan.

PS
Peluk dari jauh 

[us_separator]
Lilpjourney Seorang travel blogger Indonesia yang suka jalan-jalan menyusuri keindahan alam berbalut adat dengan aroma secangkir kopi.

5 Replies to “Keseruan Ultah Komunitas Blogger Perempuan Banjarmasin Ke-4”

  1. Terima kasih juga untuk founder dan pengurus baru. Kalian hebat *two thumbs up*.

    Btw, kata Mas Niko tentang most active time followers itu benar banget yak, saya sudah coba bandingkan post di dua waktu yg berbeda dan hasilnya terasa lain sekali. KEREN!!!

  2. Keren bgt masyaallah acaranya. Ternyata ada perjuangan yang luar biasa di baliknya. Dengan sedikit jumlah panitia, malah mudah membuah koordinasi ya. Good job, kalian!

  3. First time ketemuan offline dg Putri. Yeaay. Tapi walopun baru ketemu, berasa nggak canggung. Mudah2an next time bisa ketemuan lagi eaa, bekawanan kita.

  4. Tolong qaqa Putri, aku mau protes gara-gara nama aku jadi Rimma. Huhu 🙁 m cuma aja tau, jangan juga ditambahin aaaa yg banyak hahaha.

    Cieeee tim mini yg sukses yes dan moderator jalannya acara, uhuk uhuk

Tinggalkan Balasan

Hi! Terimakasih telah berkunjung. Silahkan isi nama dengan link blog (contoh lilpjourney.com) biar bisa blog walking. Jika ada pertanyaan dan diskusi silahkan tinggalkan komentar ya

© Copyright 2021 - lilpjourney.com