Lilpjourney Seorang travel blogger Indonesia yang suka jalan-jalan menyusuri keindahan alam berbalut adat dengan aroma secangkir kopi.

Akibat Kelas SEO Online Premium Diet pun Gagal

7 min read

serunya kelas SEO Online Premium
[us_single_image image=”5214″]

Akibat Kelas SEO Online Premium, Diet pun Gagal!

Sebuah cerita random tentang serunya kelas SEO Online

[us_separator]
[us_btn text=”Baca Yuk” link=”url:%23baca|||”]
[us_btn text=”Nggak Mau” link=”url:%23lanjut|||” color=”secondary”]
[us_separator type=”short” thick=”2″ style=”dotted” color=”primary” icon=”fas|map”]
kelas SEO Online
Cerita Serunya Kelas SEO Online Premium | lilpjourney.com

Lilpjourney.com | Blogger Story – Pernah ikut kelas SEO online? Bagaimana rasanya? Kali ini gue mau cerita serunya kelas SEO online ketiga yang gue ikuti. Bedanya, kelas SEO kali ini gue nekat ikut yang premium alias berbayar. Coach nya ada mas Punto dan mas Irwin (iya tau yang itu-itu juga). Berawal dari kelas menaikan domain authority diawal tahun 2020, lalu bergabung ke BRT Network, sampai akhirnya nyasar di Kelas SEO Online #4. Mau tau rasanya? Hahaha

Siapa Coach Kelas SEO Online #4? Katanya Kejam

Kata kejam hanya untuk yang belum mengenal meraka. Eh tapi ya memang nggak ada ampun kalau males ngerjain tugas. Nggak tertarik merasakan sadisnya mereka? Kalian bisa gabung di kelas SEO Online Premium. Karena selain nggak ada tugas, materinya lebih lengkap, tanya jawab lebih eksklusif dan lebih tajam. Coach nya juga kalem dan anteng kok. Hehehe

blog masirwin.com
Blog masirwin.com

Coach kelas SEO Online yang pertama ada Mas Irwin. Jika kalian berkunjung ke blog Mas Irwin kurang lebih tampilannya seperti foto di atas. Katanya sih blog Mas Irwin ini banyak membahas perkembangan teknologi dan digital marketing. Nggak nyangka ada tema traveling di blog Mas Irwin. Judul-judul artikelnya memberikan gue inspirasi buat nulis judul tema traveling. Hehehe.

Bulan Oktober lalu saat komunitas Female Blogger of Banjarmasin (FBB) ulang tahun ke-4, mengundang Mas Irwin sebagai pemateri SEO. Walaupun sesinya hanya 1 jam, materinya sangat berbobot dan sukses membuat teman-teman FBB termotivasi belajar SEO.

blog pe-we.com
Blog Mas Punto

Nah coach yang kedua ada Mas Punto Wicaksono. Gue nggak menemukan informasi tentang siapa Mas Punto ini. Hanya kalau dari interaksi di grup, Mas Punto sepertinya tipe yang agak kaku (hahaha), tapi kalau udah bercanda langsung perang stiker. Hahaha.

Jadi ya kedua coach di Kelas SEO Online ini benar-benar perpaduan yang pas. Dengan pembagian materi yang sesuai dengan keahlian masing-masing. Mas Irwin yang sharing tentang parameter SEO On Page, sedang kan Mas Punto bagian SEO offpage beserta kesehatan blog.

Kelas SEO Online dan Kesehatan Blog

Di grup BRT, ada seorang member yang pernah berkata : merawat blog adalah pekerjaan yang tidak akan usai. Dan kalau boleh menambahkan : dunia blog adalah dunia yang pernuh drama, dimulai dari menulis sesuai SEO, adapula SEO Off Page, adapula algoritma google yang akan terus berubah, platform blog yang tentu saja melakukan update dan ia tidak akan berhenti kecuali kamu berhenti nge blog, berhenti belajar.

Sejujurnya gue baru benar-benar paham tentang SEO saat ikut kelas Domain Authority kemarin. Walaupun hanya pengantar, tapi toh kelas ini sukses menaikkan domain authority blog lilpjourney.com dari 5 ke 17 dan saat ini 20. Tapi prosesnya pun berdarah-darah. Penuh rasa ingin tau yang berbuntut pusing dan begadang. Hahaha.

memperbaiki error blog
Hasil cek kesehatan blog dengan MOZ

Walaupun nggak ada sistem “kick”, tapi di kelas SEO Online kemarin ya tetap saja ada hal yang harus dilakukan pada blog masing-masing. Seperti blog gue yang ternyata ada 83 masalah blog yang harus gue perbaiki. Dari 83 ada 38 masalah blog dengan kategori “warning” yang diakibatkan meta noindex.

Kenapa Mengikuti Kursus SEO Online? Ngerepotin Aja

[us_separator type=”short” style=”dashed”]

Ada teman gue yang bertanya pertanyaan di atas. Kan udah tau Put. Gimana ya, ketika gue menyukai dan menggeluti sesuatu ada keberhasilan yang ingin gue capai. Ada tujuan yang harus gue raih dari nge blog. Sadar nggak sih di industri 4.0 ini, saat kita tertidur ada banyak orang yang belajar dan membuat inovasi baru. Begitupun di dunia blog pikir gue. Dulu gue pernah menulis, tapi tulisan gue nggak ada yang baca. Lantas satu kalimat pertanyaan muncul :

Untuk apa gue menulis blog kalau nggak ada yang baca? Pasti ada trik bagaimana tulisan gue bisa dibaca banyak orang.

Dan benar saja. Ada trik agar tulisan blog gue dibaca banyak orang. Disinilah keseruan dimulai. Harus riset kata kunci dulu, bersaing di pasar bebas pencarian google, bagaimana artikel bisa muncul di halaman pertama google. Jadi ada banyak alasan kenapa mengikuti kursus SEO Online.

[us_separator]
[us_iconbox icon=”fas|edit” style=”circle” size=”50px” title=”Menambah Skill Blog” title_tag=”p” title_size=”32 px”][/us_iconbox]

1# Kelas SEO Online Menambah Skill Blog

Saat kemarin ikut kelas SEO, gue sadar ada banyak hal yang harus diperbaiki di blog gue. Dari segi kecepatan, blog gue ternyata cukup lambat. Sedangkan algoritme baru katanya akan memberikan nilai tambah pada blog yang punya kecepatan bagus.

Tapi sebelum memperbaiki masalah kecepatan blog, sepertinya gue terlebih dahulu harus memperbaiki masalah internal blog yang kemarin diberikan oleh mas Punto. Semangat Putri! Serunya sih, karena kelas SEO online ini premium pesertanya cuma sedikit. Jadi sesi tanya jawab nggak terlalu rebutan. Masalah perbaikan blog pun bisa dijawab tanpa menunggu antrian pertanyaan blog lainnya.

Saat ini ada banyak blogger baru bermunculan. Terlebih yang muncul adalah generasi milenial dan generasi Z yang sudah dipastikan akrab dengan teknologi. Lantas apakah mau puas dengan ilmu yang dimiliki sekarang? Sekelas Mas Irwin aja aktif upgrade ilmu di kelas-kelas blogger. Sotoy deh Put. Loh beneran. Gue beberapa kali lihat Mas Irwin membagikan WA status tentang belajar blog.

[us_separator size=”small”]
[us_iconbox icon=”fas|paper-plane” style=”circle” size=”50px” title=”Meningkatkan Traffic” title_tag=”p” title_size=”32 px”][/us_iconbox]

2# Menambah Pengunjung Blog

Salah satu yang saat ini menjadi PR gue adalah menambah pengunjung blog. Targetnya tahun 2021 gue harus menulis kebih dari 100 artikel dengan PV bulanan minimal 10k. Apakah mungkin? Ya mungkin dong! Apalagi kalau menerapkan semua ilmu dari kelas SEO Online kemarin. Gue yakin kok, kalau kita belajar dan berusaha menerapkan yang kita pelajari ya akan naik kelas.

Oh iya ini udah tanggal 31 Desember 2020. Yuk lah bikin target nge blog tahun 2021 lebih kece lagi.

[us_separator size=”small”]
[us_iconbox icon=”fas|globe” style=”circle” size=”50px” title=”Networking” title_tag=”p” title_size=”32 px”][/us_iconbox]

3# Kursus SEO Online Menambah Teman

Bagian yang paling gue suka dari kursus SEO online adalah mendapat teman baru yang satu frekuensi dari berbagai daerah. Bagi seorang traveler yang suka berpetuang, walaupun akan gantung ransel, gue suka kalau bisa kenalan dengan banyak orang baru. Terlebih jika mereka berasal dari kota yang belum pernah gue kunjungi. Rasanya pengen jadiin alasan buat jalan-jalan. Hahaha.

Saat gue masuk ke grup BRT Network, gue sadar ada banyak banget blogger luar biasa. Mereka juga punya ilmu sendiri-sendiri tapi nggak pelit buat berbagi. Pokoknya ikut kelas blogger itu benar-benar menyenangkan. Karena ada banyak ilmu yang bisa kalian dapat, banyak pertanyaan yang bisa kalian tanyakan, banyak rumah yang bisa kalian singgahi saat kalian traveling dan ada banyak saudara satu perjuangan yang bisa kalian ajak ngopi bareng.

[us_separator size=”small”]
[us_iconbox icon=”fas|laptop” style=”circle” size=”50px” title=”Investasi Menjanjikan” title_tag=”p” title_size=”32 px”][/us_iconbox]

4# Investasi Jangka Panjang

Mengikuti sebuah kelas tambahan itu seperti les saat kita masih sekolah/kuliah. Manfaatnya jelas kita punya ilmu yang lebih banyak dibandingkan dari teman-teman kita yang tidak mengikuti pelajaran tambahan. Bahkan saat ikut bimbingan belajar apa yang belum dipelajari di sekolah sudah diulas di tempat bimbingan belajar.

Jadi ikut kursus SEO online ini juga sama dengan investasi jangka panjang. Semakin banyak ilmu yang kita dapat maka semakin bagus kualitas blog kita. Yang untung? Jelas kita pribadi sebagai pemilik blog.

[us_separator size=”small”]
[us_iconbox icon=”fas|users” style=”circle” size=”50px” title=”Kelas Growthing Blogger” title_tag=”p” title_size=”32 px”][/us_iconbox]

5# Tiket Masuk KGB 2

Sebenarnya gue bohong kalau nggak berharap bisa masuk Kelas Growthing Blogger (KGB) 2. Lulusan KGB 1 kemarin jadi blogger yang super keren. Masuk satu grup sama mereka aja bikin nyali gue ciut. Hahaha. Tapi gue harus bisa seperti mereka. Jadi ya harus upgrade ilmu. Bersiap manasin si segi empat hitam yang sekarang sering tertutup.

Gue penasaran apa sih isi Kelas Growthing Blogger yang bisa bikin penghuninya sukses. Materi kelasnya apa saja, kekejaman apa yang mereka dapatkan, makanan apa yang mereka makan dan obat apa saja yang mereka siapkan untuk bertempur.

Kenapa sih pada mau ikut KGB, padahal kelasnya nggak jelas. Banyak yang bilang, KGB itu kelas yang nggak pakai akhlak ,” tutur mas Punto di grup chat WhatsApp.  

Saking Serunya Kursus SEO Online, Diet pun Gagal

Siapa yang bertanggungjawab atas perut yang semakin menggelambir ini? Lingkaran mata yang semakin pekat sudah diatasi dengan skincare dan teknologi kecantikan. Tapi oh tapi, timbangan di rumah semakin kuat efek gravitasinya. Angkanya yang harusnya -1 malah +1. Oh no!

Setelah melakukan riset di pasar bebas google, ternyata begadang membuat proses diet gagal. Pada dasarnya pencernaan memiliki tigas siklus utama : pencernaan, penyerapan atau asimilasi, dan pembuangan. Saat kita begadang fase penyerapan atau asimilasi yang terjadi pukul 8 malam sampai dengan pukul 4 pagi ini pun terganggu. Bukankah saat begadang kita sering menyelundupkan satu mangkok mie instan atau malah nasi goreng? Hohoho. Jika ia. Selamat! Kita sama!

Mana gue bisa nggak begadang kalau masalah blog masih banyak. Bagaimana gue bisa tidur nyenyak sementara teman-teman gue sedang berjuang untuk naik kelas. Gue nggak punya mental tinggal kelas!

Kesimpulan

Walaupun kelas SEO Online berakibat pada diet yang gagal bukan berarti gue akan menyerah. Sepertinya ini waktu yang tepat untuk membuat manajemen waktu yang lebih disiplin, lebih rapi dan konsisten. Jangan biarkan “malas” dengan virusnya menggerogoti detik demi detik yang kita punya.

Dear 2020, terimakasih di tahun ini kamu membiarkan gue punya waktu lebih banyak di rumah. Terimakasih sudah mempertemukan dengan kelas Domain Authority yang membuat DA blog gue meroket, membuat gue kenal sama Mas Irwin, Mas Punto, Kak Monic, Bang Doel, Mba Gilang, Mba Malica, Mas Taumi, Mba Rella, Mba Lya, Mba Aisyah, Kak Niken, Kak Bayu dan masih banyak banget blogger lain.

Hi Mas Irwin dan Mas Punto. Gue udah siap diet buat ikut kelas KGB 2! Ada banyak gelas kosong yang udah disiapkan untuk kelas KGB.

PS
Peluk dari jauh

Lilpjourney
Lilpjourney Seorang travel blogger Indonesia yang suka jalan-jalan menyusuri keindahan alam berbalut adat dengan aroma secangkir kopi.

37 Replies to “Akibat Kelas SEO Online Premium Diet pun Gagal”

  1. Wah keren nih. Ternyata Mbak Putri ikut Kelas SEO premium ya. Pastinya lebih enak yang premium ya daripada gratisan, hehe. Nggak ada ruginya juga sih ikut kelas SEO premium apalagi seperti yang disinggung di atas bisa jadi investasi jangka panjang.

  2. Yeey, tahun baru gak bisa ngapa2in nih kayaknya kudu di rumah aja ngoprek blog.
    Pekerjaan yg entah kapan selesainya. Haha..

      1. Siaaap. Semangat yuk. Ntar klo ada tugas saling ngingetin ya. Haha… Tapi entahlah kok aku belum apa2 udah pusing duluan bayangin kelasnya ntar

  3. Alhamdulillah enggak dipanggil mas Gilang wkwkwk. Keren nih mba Putri semangat banget ikut kelas SEO, dari awal dulu di kelas Naikkin DA 1, terus sekarang ikut premium dan siap masuk KGB 2. Luar biasaaa *jempol

    1. sempat kan rasanya aku panggil “mas” pas di kelas DA mba? hahahaha
      akhirnya dari situ aku anti panggil mba/mas. cari aman : kakak
      hehehehe
      kak gilang loh lebih luar biasa kerennya

  4. Kok keren. Wkwkwkwk. Bikin mupeng ihhhh ini mah. Btw iya ya merawat blog itu tak akan usai. Mau ternak blog, tapi yang pertama belum usai dan nggak akan usai. Tapi tetap ternak dan aplikasikan ilmu2nya coach aja ya hehe

  5. Waa keren mba put, alf juga baru nanya nanya tapi belum ikutan semoga tahun depan bisa ikutan juga, sukses ya mba put

  6. Mantaaaap bgt ini put.semangat ya belajarnya,jangan sia2kan waktu dan materi yang udah dikeluarkan 🙂 ntar ikutan belajar di warung soto aja deh ya

  7. Aku seneng deh baca cerita kelas online kamu seputar blog dan SEO. Jarang-jarang yang mau sharing ilmu. Makasi ya put. Jadi banyak dapet info. Aku masih Pr bgt nih naikin DA

  8. Ternyata oh ternyata begadang malah bikin gemuk ya btw aku kalau begadang jarang sih nyemil. Paling kalau lapar banget baru makan. Paling seringnya minum aja hehe. Tapi kok tetap badanku naik terus?

    Btw semangat kita ngeblog di tahun 2021. Moga impiannya semua tercapai aamiin

  9. Keren nih tampilan blognya mba putri. Salam kenal ya mbak. Kita berada di kelas yg sama bedanya aku belum nulis kesan2 ikut kelas seo. Aku udh save nomor wanya mba Putri. Hehehe

  10. Wah keren nih mba tulisannya. Semangat dari teman sekelas..mudahan di KGB bisa melekan sampai malam. Sebab daku ga kuat waktu itu hehehe

  11. Gimana timbangan nggak makin nganan kak camilan malam buat kuat bergadang itu indomie limau kuit + telur masih ditambah segelas kopi capucino wkwkwk

  12. bisa ampe batal diet ya kwkwk. Tapi memang suhu Irwin dan mas Pewe memang mantap. Sering mengadakan kelas gratis juga.
    Semoga manfaatnya bisa terasa ya mba ke blognya

  13. Jadi pgn ikutan kelas premium juga nih. Beberapa kali ikut daftar kelas gratis gak pernah keangkut. Hehe…

    Makasih ilmunya nih mbak, sedikit-sedikit ada gambaran belajar SEO

  14. IMHO kalo ikutan kelas (apalagi online) sebaiknya pilih yg premium.
    supaya aga GREGET-nya dan kita jadi makin semangat
    kalo yg gretongan (biasanya) sih jadi banyak alasan buat bolos wkwkwkw

  15. Selama ini saya belajar SEO dasar aja. Itu pun hanya dari googling sana/i. Jadi semakin tertarik untuk ikut kelas premium. Pastinya lebih dapat ilmunya.

  16. Salut liat teman2 yang semangat buat terus upgrade ya. Apalagi emang soal blog ini ga ada matinya. Tapi bener deh butuh komitmen dan waktu untuk bisa ikut kelas kece ini…

    Semangat terus ya mba. Semoga dapat yang terbaik dan bisa dioptimalkan..

  17. Putri rajin banget belajar SEO. Keren! Kuat gitu belajar SEO yang notabene rumit. Salut.

  18. Pengin banget ikutan kelas SEO online lagi! Biar performa blog makin meningkat. Hehe. Biar enggak kalah dengan blog-blog lainnya. 🙂

    Sintia

  19. asyik banget kayaknya nih Kelas SEO Premium ini ya Mbak, jadi lebih banyak kesempatan bertanya dan gak rebutan ya secara pesertanya cuma dikit.
    kalau udah bisa terapin SEO ini bukan cuma DA aja yang meroket, PV 10k yang jadi target juga bakalan achieve kok, pasti itu 😉

  20. Kelas SEO Premium ini isinya memang kaya namun tidak banyak tekanan. Kalau kata Mas Pewe, ini bisa jadi bekal buat KGB 2 nanti ilmunya, wkwk.. Salam kenal ya Mba Putri, seneng bisa ikut gabung di Kelas SEO Premium ini. Banyak belajar bgt dan saya jadi nambah teman blogger.

  21. Jadi pengen ikutan kelas premiun juga nih habis baca tulisan ini, apalagi habis liat blog mentornya keren banget. Penuh inspirasi dan bikin tangan nih gatel banget pengen nulis dan publish sesuatu di Blog. Pengen manasin lagi device yang mulai jarang kesentuh dan sekalinya kesentuh cuma buka ms. Word buat ngerjain makalah atau tugas kuliah.

    2021 Harus lebih produktif lagi, kudu lebih sering berkarya dan banyak bersosialisasi. Makasih banyak untuk sharingnya mbak, menginspirasi banget!!

  22. Betul ikut kelas tambahan itu investasi jangka panjang. Siap-siap begadang di KGB. Mudah-mudahan gak kena kick di hari pertama.

  23. Bener-bener deh pokonya ngurusin blog itu g pernah ada kata udah nya… ada terus yang harus dipermak, diperbaiki dan dibikin lebih bagus…

Tinggalkan Balasan

Hi! Terimakasih telah berkunjung. Silahkan isi nama dengan link blog (contoh lilpjourney.com) biar bisa blog walking. Jika ada pertanyaan dan diskusi silahkan tinggalkan komentar ya