Lilpjourney Seorang travel blogger Indonesia yang suka jalan-jalan menyusuri keindahan alam berbalut adat dengan aroma secangkir kopi.

Kelas Blogger Online Bersama Growthing.id

6 min read

kelas blogger online

Lilpjourney.com | Blogger Story – Mengikuti kelas blogger online selalu menjadi agenda gue di awal tahun. Salah satu alasannya karena ingin naik kelas. Di era industri 4.0 ini, seorang narablog harus mahir meracik kalimat dan memahami SEO. Jadi nggak salah dong kalau gue ikut Kelas Growth Blogger.

Kenapa Ikut Kelas Blogger?

Blog lilpjourney.com ini awalnya gue buat untuk cerita seputar dunia traveling. Kalau dulu gue merasa sudah cukup puas mengambil foto dan video dengan iPhone. Tapi tidak sekarang.

Rasanya seorang travel blogger tidak ada salahnya mempunyai kamera. Entah DSLR ataupun mirrorless. Upgrade device seperti ini harus diperhatikan kalau tidak ingin ketinggalan kereta.

Coba tengok aplikasi Instagram. Banyak sekali postingan dengan tema dan tagar traveling, yang diambil bukan hanya menggunakan smartphone, tapi kamera profesional.

Ada juga yang mengambil foto dengan smartphone tapi hasilnya cakep karena bisa membidik dari angle dan proses editing. Hal ini sudah menjadi bukti bahwa manusia selalu berproses dan belajar.

Begitu pula dengan dunia blog. Apa kalian puas dengan page view, Alexa rank, domain authority, dan kualitas tulisan kalian? Kalau gue sih enggak. Mungkin karena gue tipe orang ambisius. Jadi selama ada waktu untuk belajar, kenapa enggak? Ilmu itu harus selalu di upgrade dan circle pertemanan juga harus diluaskan. Nah itulah alasan kenapa gue ikut kelas blogger.

Kursus Blogger Online

Gue masih ingat dulu pas masih duduk di sekolah dasar ikut bimbingan belajar. Rasanya senang sekali bisa punya teman di luar sekolah. Lalu gue juga merasa punya ilmu lebih banyak. Karena belajar nggak cuma di sekolah.

Semenjak pandemi Covid-19 melanda Indonesia, gue makin banyak bersyukur dengan kemajuan teknologi. Saat kita dipaksa untuk di rumah aja dan membatasi bepergian, sarana telekomunikasi sudah maju. Mau bertukar kabar bisa menggunakan aplikasi WhatsApp di smartphone.

Begitu pun untuk urusan belajar. Ada kursus online untuk blogger yang bisa kita ikuti. Jadwalnya pun di malam hari. Pas banget untuk mengisi waktu luangkan.

Sampai saat ini gue percaya. Seorang blogger itu nggak cukup hanya dengan kemampuan menulis saja. Ada banyak hal yang harus pelajari, seperti SEO. Memahami SEO itu nggak semudah memahami perasaan orang. Tapi bisa dipelajari.

Kelas Growth Blogger

Jika kalian meminta rekomendasi tempat belajar blog yang berkualitas dan terpercaya, tentu saja gue akan menjawab Kelas Growth Blogger (KGB). Sebelum kenal dengan KGB, gue sudah pernah mengikuti kelas blogger pertama mereka.

Waktu itu domain authority (DA) blog lilpjourney.com masih 5. Gue juga belum tau cara menulis blog yang baik seperti apa. Apa yang harus gue lakukan setelah menulis artikel dan agar performa blog gue semakin bagus.

Setelah DA blog semakin naik, gue dihadapkan pada satu masalah besar. Page view (PV) blog ini masih kecil sekali. DA gede, tapi PV rendah juga nggak bagus. Lalu datanglah sebuah kabar gembira : pendaftaran KGB2 akan segera dibuka!

Ahli SEO yang Membuka Kursus Blogger

Kalau lagi ngomongin bimbingan belajar, tentu semuanya akan kepo sama coachnya. Umumnya jika ingin mengikuti sebuah kelas belajar, harus mencari tau siapa pengajarnya, bagaimana prestasinya, terpercaya atau enggak.

Mas Irwin dan Mas Punto. Itulah dua orang ahli SEO yang membuka kursus blogger ini. Eh tapi beda dengan kelas narablog yang sebelumnya pernah gue ikuti, di KGB formasi coachnya lengkap. Siapa aja sih ahli SEO yang mengisi kelas ini?

  1. Mas Irwin Andriyanto. Ya iyalah mana mungkin bang Madun ditinggal.
  2. Mas Punto Wicaksono. Yah pokoknya ini temen duet Mas Irwin yang ahli ngomporin semangat di kelas.
  3. Kak Gilang Maulani. Mojang Bandung ini dulu satu kelas blog sama gue, eh sekarang malah jadi coach! Nah loh, gimana gue bisa tidur nyenyak!
  4. Pak Bambang Irwanto. Coach “perbaksoan” ini ahli dalam bercerita. Kalau suka majalah BOBO, mungkin tidak asing dengan Pak Bambang.
  5. Kak Baim. Coach yang akrab disapa “Kak Baim” ini aktif membagikan ilmu seputar dunia blog terupdate di akun Instagramnya @bahruladitya.
  6. Mas Aldhi Fajar. Kalau Mas Aldhi sendiri ahli dalam riset. Dulu pernah ikut lomba SEO : Pelatihan Barista. Pantes dong gue terdepak kalau lawannya seorang ahli SEO.

Materi Kelas Blogger Online

Walaupun namanya kelas online, bukan berarti materinya nggak lengkap. Bahkan Kelas Growth Blogger ini punya susunan materi super lengkap, yang pastinya bikin setiap pesertanya pengen lulus sampai akhir.

Kelas narablog online ini dimulai sejak 11 Februari 2021 dengan jumlah peserta 40 orang. Diawal pertemuan disampaikan bahwa mengikuti kelas ini akan sangat menguras energi. Kenapa? Karena setiap peserta diwajibkan mengerjakan tugas dengan disiplin.

Persiapan fisik dan manajemen waktu hanya secuil kunci sukses agar bisa lulus tanggal 28 Februari 2021 nanti. Jadi materinya ada apa sih?

  1. Menulis dan editing. Materi kelas blogger online ini sangat penting dan menjadi pondasi utama dalam ekosistem blog. Darimana sebuah blog bisa dikenal orang? Dari tulisan!
  2. Storytelling. Pada dasarnya kegiatan menulis artikel blog adalah kegiatan bercerita lewat tulisan, begitu kata Pak Bambang. Materi storytelling ini sangat diperlukan untuk menciptakan tulisan yang menarik untuk dibaca.
  3. Google Analytic. Yakin udah beneran paham sama Google Analytic dan fungsinya? Di KGB ada Kak Baim yang akan menjelaskan secara detail tentang GA.
  4. Google Search Console. Udah tau belum bagaimana GSC berperan dalam memaksimalkan artikel/blog kita di hasil pencarian Google?
  5. Keyword Research. Hayo siapa yang suka nulis tanpa riset kata kunsi? Gue juga kok. Lalu udah tau belum cara riset kata kunci dan cara penempatannya yang benar di dalam artikel? Nanti bagian ini akan dibahas lengkap di kelas.
  6. SEO On Page. Dalam pembuatan artikel, sebaiknya harus selalu memperhatikan SEO on page. Singkatnya SEO on page adalah langkah optimalisasi SEO dari dalam blog/artikel.
  7. SEO Off Page. Berbeda dengan SEO on page, SEO off page adalah langkah optimalisasi blog/artikel dari luar blog. Contohnya adalah share link artikel ke sosial media.
  8. Audit Blog. Yakin blog kalian dalam kondisi sehat? Ada seorang blogger pernah berkata : merawat blog itu seperti merawat anak, suatu pekerjaan yang tidak pernah usai.

Belajar SEO di Kelas Blogger

Bagian paling seru dari kelas blogger ini adalah belajar SEO. Dan ternyata SEO ini bukan hanya diterapkan pada tulisan. Tapi juga dari blognya sendiri.

Suka dengan sebuah template blog? Yakin template kalian SEO friendly? Nah gara-gara ikut kursus blog gue jadi tau kalau tema blog ini mempengaruhi performa blog. Kenapa bisa demikan? Coba deh cek struktur tema blog kamu. Apakah sudah ada H1 dibagian home dan artikelnya?

Nah inilah serunya belajar SEO di kelas blogger. Karena saat ada masalah di dalam blog kita bisa langsung tanya ke ahlinya. Biasanya coach akan memberikan semacam clue dan eksekusi akhirnya adalah si blogger.

Kenapa demikian? Agar setiap peserta bisa mandiri dan belajar lebih tekun lagi. Pokoknya harusnya kemauan belajar dan kesabaran kalau belajar SEO di kursus blogger.

Biaya Mengikuti Kursus Blog

Gue tau banyak dari kalian yang penasaran dengan biaya mengikuti kursus blog. Bukan rahasia lagi kalau kelas narablog merupakan salah satu kelas dengan biaya yang tidak murah.

Sampai akhirnya banyak blogger yang memilih belajar otodidak. Tapi itu dulu! Karena duo maut bang Madun dan Mas Pewe punya dua program kelas blogger blogger.

Belajar Blogger Gratis

GRATIS! Beneran gratis loh untuk ikut Kelas Growth Blogger. Awalnya gue juga nggak percaya sih kalau kelas super bergizi ini tidak dipungut biaya apapun.

Lalu gimana daftarnya?

  1. Sering-sering pantengin blog : masirwin.com atau Facebook Irwin Andriyanto
  2. Siapkan mental saat membaca syarat dan ketentuan yang ditulis di link pendaftaran
  3. Perbanyak istigfar dan doa saat mengisi form. Kenapa? Nantu juga kalian tau seberapa menguji kesabaran form KGB itu. Hahaha.
  4. Siap-siap menunggu hasil pengumuman peserta KGB

Proses pendaftaran KGB ini ibarat lagi ikut audisi ajang pencarian abak. Hehehe. Bakat menjadi blogger. Lalu ada cara “jalan tol” nggak sih? Ada dong! Ini bukan lewat belakang, cuma lewat akses premiu.

Kelas SEO Premium untuk Blogger

belajar seo KGB
Pendaftaran kelas SEO Premium, Peserta Terbatas!

Nggak mau ikut proses pendaftaran layaknya audisi? Kelas SEO Premium ini adalah pilihan tepat. Sebelum ikut kelas KGB, gue terlebih dahulu ikut kelas SEO premium ini.

Beda nggak Put? Beda dong. Perbedaan mendasarnya adalah yang kelas sebelumnya gratis, kalau ini bayar. Hehehe. Lalu kelas SEO premium ini nggak ada sistem kick. Sedangkan kelas belajar blogger yang gratis ada sistem kick kalau kalian nggak mengerjakan tugas.

Manfaat Mengikuti Kursus Blogger

Selama ini banyak sekali yang tanya manfaat apa sih yang gue terima saat ikut kelas belajar blogger. Seberapa banyak feedback yang didapatkan dan masih ada pertanyaan lainnya.

Sebagai seorang blogger yang merintis blog secara otodidak, tentu belajar blog dari ahlinya adalah suatu impian. Kalau mau menaikan rate card, gue harus belajar untuk bisa menciptakan blog yang berkualitas. Saat itulah branding kita juga semakin bagus.

Dulu gue merasa tema yang saat ini gue pakai sudah bagus. Bagus banget malahan. Ternyata belum. Ada bagian yang harus gue perbaiki. Seperti opengraph type dan title yang masih kurang tepat.

Urusan menulis juga sama. Dulu gue berasumsi tulisan gue benar dan menarik untuk dibaca. Tapi setelah belajar di KGB, pemikiran gue itu patah. Karena walaupun blog adalah media pribadi yang bisa diakses oleh siapapun, kita harus tetap memperhatikan isi konten kita.

Ada tanggungjawab besar bagi seorang blogger dalam perkembangan literasi digital. Tulisan yang kita tulis sejatinya harus punya manfaat, bebas dari hoaks, dan mudah dipahami oleh pembaca.

Bertemu dengan Banyak Blogger dari Berbagai Daerah

Bagian paling menyenangkan saat mengikuti kelas narablog adalah bertemu dengan banyak orang dengan minat yang sama. Apalagi kalau ketemu sesama travel blogger, seperti kak Meimoodaema. Seru banget!

Walaupun kak Mei sudah kena tendangan Madun, tapi kami masih sering komunikasi. Pengennya sih bisa naik gunung bareng. Hehehe.

Semakin banyak ketemu sama orang, semakin banyak pula wawasan dan inspirasi kita terbuka. Contohnya saat blog walking ke blog teman. Eh ternyata judul-judul artikel yang dia tulis sangat menarik. Kita bisa jadikan itu referensi saat buntu bikin judul. Atau saat melihat tema blog teman yang keren.

Bagi travel blogger, semakin banyak punya teman diberbagai daerah, itu berarti semakin banyak rumah yang bisa kita singgahi. Semakin banyak orang yang akan mendoakan kita, semakin banyak ilmu yang bisa kita dapat, dan semakin banyak makanan gratis. Hehehe.

Belajar Team Work

Awalnya gue kira KGB ini seperti belajar blogger pada umumnya. Misal ada 40 blogger, itukan sama aja 40 toko. Walaupun jualannya beda, tapi ya beda kepala.

Dari materi 1 sampai 5, kami dibagi menjadi beberapa kelompok. Rules yang membuat anggota kelompok jadi saling kenal dan intens berkomunikasi adalah satu orang salah, satu grup di kick.

Kejam? Bohong sih kalau bilang nggak kejam. Tapi disitulah kami belajar team work. Gue yakin semua orang nggak akan bisa hidup sendiri. Sekecil apapun bantuan orang lain, pasti kita butuhkan.

Pengalaman Mengikuti Kelas Blogger

Mengikuti kelas Mas Irwin dan Mas Punto sebanyak empat kali, ternyata isinya beda. Semakin gue sadar bahwa pernah belajar blog dari kelas DA seharusnya nggak membuat gue lekas berpuas diri.

Tapi kelas yang paling spesial tanpa telur adalah KGB. Baru masuk materi ke 6, tapi sudah 30 orang yang gugur. Saat ini tinggal 10 orang yang tersisa dan kami adalah satu tim. Berhasil atau tidaknya kelas ini, tergantung bagaimana kami saling bekerjasama, mengingatkan, membantu, dan komunikasi.

Jadi kalau kalian saat ini sedang mencari tempat belajar blog, Kelas Growth Blogger adalah jawabannya.

PS 
Peluk dari jauh

Lilpjourney Seorang travel blogger Indonesia yang suka jalan-jalan menyusuri keindahan alam berbalut adat dengan aroma secangkir kopi.

One Reply to “Kelas Blogger Online Bersama Growthing.id”

Tinggalkan Balasan

Hi! Terimakasih telah berkunjung. Silahkan isi nama dengan link blog (contoh lilpjourney.com) biar bisa blog walking. Jika ada pertanyaan dan diskusi silahkan tinggalkan komentar ya