Lilpjourney Seorang travel blogger Indonesia yang suka jalan-jalan menyusuri keindahan alam berbalut adat dengan aroma secangkir kopi.

Ayo Hidup Sehat dengan Rajin Olahraga

2 min read

gaya hidup sehatLilpjourney.com | Health Story – Bulan Desember lalu, sakit pada saluran pencernaanku kambuh bahkan kepalaku terasa sakit.  Seingatku ini kali kedua aku menderita mual yang parah, sebelumnya pernah di tahun 2019.  Badan juga rasanya sangat lemas.  Akhirnya memutuskan untuk bedrest.  Menelan makan pun sulit, akibatnya perut terasa mual.  Apakah asam lambungku mulai meningkat? Akhirnya aku pun sadar sudah waktunya memulai gaya hidup sehat.

Sakit Hampir Satu Minggu

Akhirnya, selama sakit (kira-kira hampir seminggu sampai kondisi tubuh pulih), aku hanya makan bubur, biskuit yang mudah diemut dan susu jahe.  Heran juga sih, diminumin susu jahe malah nggak muntah.  Untuk obat, aku konsumsi obat maag serta parasetamol. Kalo udah sakit gini, pasrah deh dengan kondisi domestik.  Apalagi anak juga udah gede, so dia bisa take care of himself lah sembari bantu emaknya kalau pas perlu sesuatu.

Setelah sakitku sembuh, ada yang berbeda nih dari sakit yang sama dan kuderita setahun yang lalu.  Jadi, kalo pas tahun lalu begitu sembuh, kondisi saluran pencernaanku kembali ‘normal’, artinya selalu kompromi kalo diajakin makan banyak.  Nah, sedangkan sakit yang barusan ini, eh malah nggak bisa makan dengan porsi normal.

Nasi yang biasanya sampai 3-4 centong, sekarang cukup 2 centong.  Begitu tau ada perubahan seperti ini, alias cepat kenyang, akhirnya aku memutuskan untuk mengatur pola makan.  Dulu, sayur hanya pelengkap, sekarang nurutin porsi ‘Isi Piringku’.

Jadi aku usahakan karbo  dan sayur porsinya sebanding. Lauk dan buah itu porsinya agak sedikit. Jenis karbo pun nggak hanya nasi putih, tapi biasanya aku ganti dengan mie, tepung gandum dan tepung beras. Biasanya mie instan bisa habis sebungkus, sejak bulan lalu hanya bisa setengahnya saja.

Tapi kalau makan buah, masih masih sih. Hehehe.  Sempat beli anggur pas ada sale di Hypermart, tetep aja nggak habis-habis.  Keburu membusuk deh buahnya.  Dari pada buah, sebenarnya aku lebih suka jus. Lebih praktis dan rasanya juga lebih segar. Hehehe.

Hikmah Sakit, Hidup Lebih Sehat 

Kemudian aku merenung, kok bisa sih sampe akhirnya gak selahap dulu makannya?  Antara ada rasa senang dan heran aja gitu.  Senang, karena kalo porsi makan bisa berkurang (termasuk ngemil ya), bisa jadi menurun dong berat badanku.  Actually, BB-ku tuh nggak proporsional. Bayangin, tinggi 145 cm dan BB 70 kg.

Barusan, pas nemu timbangan aku pun nyoba nimbang, ternyata dalam sebulan bener aja, bisa turun 3 kg.  Timbangan digital tersebut menunjukkan angka 66,97 = 67 kg. Ya, lanjutkan!

Selain berat badan turun, aku pun (walopun menurutku rada telat nih, jangan diikutin ya) mulai bisa memvariasikan asupan karbohidrat.  Idealnya sih makan nasi dari beras merah ya.  Tapi, untuk sekarang cukup nasi putih tapi porsi dikurangi, kemudian tepung gandum & tepung beras ini biasanya berwujud kue hehehe.

Porsi sayuran juga nih jadi fokus perhatian, jadi biasanya aku tuh makan sayur biasa-biasa aja.  Sayuran hanya sekedar mempercantik tampilan menu makan siang.  Tuh, bahkan cuma siang hari loh makan sayurnya.  Kalo sekarang porsinya dibanyakin dan gak boleh absen dari piringku.

Tapi tetep masih ada yang kurang nih, selain memperbanyak konsumsi buah-buahan masih ada lagi yang paling males aku lakukan yaitu OLAHRAGA. Hahaha.

Yuk Rajin Olahraga

Aku harus ngepush diri nih untuk sekedar jalan kaki.  Pengen sih kaya orang-orang yang pada rame bersepeda, ya aku mampunya baru beli skipping rope.  Jadi, akhirnya kali ini aku putuskan untuk berolahraga lompat tali alias skipping.

Sebelum dimulai skippingnya, pastikan untuk pemanasan dulu ya, Mak.  Entar salah urat lagi hehe.  Tadi sempet sih nyoba skipping buat ngetes dan ngatur panjang pendek talinya.  Begitu udah pas, aku coba deh.  Wuaduh baru dua lompatan udah ngos-ngosan haha.

Siangnya, aku ‘maksa’ ikut paksu buat belanja bulanan.  Deeuu..maksa.  Maksudnya biar ada gerakan kaki dan tangan gitu, keliling di dalam swalayan sembari ngambil barang-barang juga bawa di dalam keranjang.  Duh, bener aja, shopping tuh juga sport loh.  Ngos-ngosan dan aku pun jongkok deh di swalayan buat beristirahat sejenak.

Nah, demikianlah aku berupaya untuk hidup sehat yaitu menjaga asupan dan juga jangan males untuk berolahraga.

Author : Mia Yunita

Lilpjourney Seorang travel blogger Indonesia yang suka jalan-jalan menyusuri keindahan alam berbalut adat dengan aroma secangkir kopi.

Tinggalkan Balasan

Hi! Terimakasih telah berkunjung. Silahkan isi nama dengan link blog (contoh lilpjourney.com) biar bisa blog walking. Jika ada pertanyaan dan diskusi silahkan tinggalkan komentar ya