Lilpjourney Seorang travel blogger Indonesia yang suka jalan-jalan menyusuri keindahan alam berbalut adat dengan aroma secangkir kopi.

Gusi Bengkak saat Hamil, Apakah Normal?

2 min read

Gusi Bengkak saat Hamil

Lilpjourney.com | Lil G Story – Memasuki trisemester ketiga, semakin banyak “kenikmatan” yang aku rasakan. Mulai dari pinggang yang tak sekokoh dulu, sendi-sendi tulang yang setiap pagi kaku, dan gusi bengkak saat hamil. Walaupun kabar baiknya berat badanku tak mengalami peningkatan yang signifikan.

Gusi Bengkak saat Hamil, Sampai Tanggalnya Gigi

Saat aku mengumumkan kabar kehamilan, beberapa teman yang sudah hamil dan melahirkan membagikan cerita. Salah satunya dimana aku harus mengkonsumsi kalsium. Kata mereka : kamu harus minum kalsium Put, kalau enggak nanti kalsium kamu diambil anak.

Sebenarnya kenapa ibu hamil harus minum kalsium? Jadi kalsium mempunyai peran penting dalam pertumbuhan tulang dan gigi janin, sekaligus membantu jantung, saraf, serta otot janin berkembang dengan baik.

Aku sendiri saat hamil mengalami cerita “lucu” tentang si “kalsium”. Dimana aku mengalami gusi bengkak hingga berdarah. Tak cukup sampai disitu, pelan-pelan dua gigi seriku goyang sampai lepas! Ya ampun, padahal aku sudah mengkonsumsi kalsium secara rutin loh setiap hari.

Lantas apakah gusi bengkak saat hamil adalah hal yang normal? Ternyata hal ini normal terjadi. Kondisi gusi bengkak saat hamil biasanya disebabkan oleh perubahan hormon selama kehamilan. Perubahan hormon tersebut memicu terjadinya peningkatan aliran darah ke jaringan gusi. Sehingga gusi menjadi lebih rentan terhadap infeksi bakteri dan munculnya plak (karang gigi). Lantas apakah bisa dicegah?

Baca Juga : Rekomendasi Dokter Spesialis Kandungan di Banjarmasin (Pengalaman Pribadi)

Gejala Gusi Bengkak Saat Hamil

Pembengkakan pada gusi biasanya muncul saat kehamilan memasuki trimester kedua dan berlanjut sampai trimester ketiga. Tapi jangan khawatir, karena kondisi ini akan hilang dengan sendirinya setelah kita melahirkan. Gusi bengkak atau gingivitis kehamilan mempunyai beberapa gejala seperti:

  • Gusi mudah berdarah saat menyikat gigi
  • Pembengkakan gusi yang berwarna merah terang
  • Gigi terasa sensitif
  • Terasa ngilu saat mengunyah
  • Gigi menjadi goyang sehingga mudah tanggal
  • Bau napas tidak sedap

Walaupun bukan kasus yang serius, tapi jika gusi bengkak tidak segera diobati bisa menyebabkan peradangan gusi serius. Oleh sebab itu, setiap hamil harus selalu menjaga kesehatan gigi dan mulut.

Cara Mengatasi Gusi Bengkak

Aku sadar selama hamil apalagi memasuki trisemester tiga, jadi lebih sering makan tengah malam. Makanan yang aku makan juga cenderung yang tinggi gula, seperti roti dengan isi selai atau coklat. Bahkan beberapa kali aku malas untuk menggosok gigi sebelum tidur. Hehehe.

Padahal menjaga kesehatan mulut selama masa kehamilan sangat penting. Agar para ibu hamil terhindar dari berbagai macam gangguan kesehatan mulut.

Lantas bagaimana cara mengatasi gusi bengkak saat hamil yang aman?

  1. Sikat gigi minimal 2 kali sehari, terutama setelah makan dan sebelum tidur ya
  2. Mengurangi makanan atau minuman manis selama kehamilan
  3. Memperbanyak konsumsi buah dan sayur yang tinggi nutrisi
  4. Hindari menggunakan obat kumur yang mengandung alkohol
  5. Berhenti merokok dan mengkonsumsi alkohol selama hamil, selain tidak sehat untuk janin juga bisa memperparah pembengkakan gusi
  6. Rutin ke dokter gigi minimal 6 bulan sekali untuk pemeriksaan dan pembersihan karang gigi

Baca Juga : Penyebab dan Cara Ampuh Mengatasi Gejala Cacingan

Penutup

Setiap ibu hamil, selalu punya ceritanya sendiri. Jujur saja, aku menyesal sekali kurang memperhatikan kesehatan gigi selama masa kehamilan ini. Apalagi setelah mengalami gusi bengkak, setelah itu disusul dengan dua gigi seri bagian bawah yang perlahan goyang hingga akhirnya tanggal.

Jangan tanya bagaimana respon suamiku saat itu. Dia hanya tertawa melihat gigi istrinya ompong. Saat bertanya ke dokter gigi, mereka menganjurkan untuk memasang gigi tiruan permanen setelah melahirkan nanti.

Padahal kata orang gigi adalah salah satu faktor orang tampil percaya diri. Tapi apalah daya, harus sabar sampai lahiran. Minder? Awalnya sih iya. Tapi perlahan aku cerita ke setiap teman yang aku temui. Agar mereka nggak mempertanyakan perihal gigi seriku yang “hilang”. Ternyata berbagi cerita gigi tanggal selama hamil ini ditanggapi positif oleh teman-temanku “perjuangan seorang ibu “, tutur mereka.

PS
Peluk dari jauh

Lilpjourney Seorang travel blogger Indonesia yang suka jalan-jalan menyusuri keindahan alam berbalut adat dengan aroma secangkir kopi.

One Reply to “Gusi Bengkak saat Hamil, Apakah Normal?”

  1. Ya ampuuuun mbaaaa bener banget perjuangan seorang ibu yang nantinya bisa kasih cerita ke anak ya… Aku dulu sebelum hamil niat banget ke drg dulu soalnya cerita yg udah2 sakit gigi pas hamil tuh ga banget makanya aku scaling tuh meskipun biayanya lumayan yg penting gigi sehat gada karang gigi nah pas udah lahiran gigiku bolong dong beb ditambal deh am dr hihi emang ya kalsium penting klo sekarang dah anak gede minum susu malah jerawatan hahahha

Tinggalkan Balasan

Hi! Terimakasih telah berkunjung. Silahkan isi nama dengan link blog (contoh lilpjourney.com) biar bisa blog walking. Jika ada pertanyaan dan diskusi silahkan tinggalkan komentar ya

© Copyright 2021 - lilpjourney.com