Lilpjourney Seorang travel blogger Indonesia yang suka jalan-jalan menyusuri keindahan alam berbalut adat dengan aroma secangkir kopi.

5 Gejala Sakit pada Jantung Manusia yang Kerap Diabaikan

4 min read

Gejala Sakit pada Jantung Manusia

Gejala Sakit pada Jantung Manusia

Lilpjourney.com | Health Tadi malam gue dan si mas berkunjung ke rumah Ari, teman si mas yang istrinya baru melahirkan. Tujuan awalnya mau antar kado buat Aiko yang pada hari itu genap berusia 40 hari. Ari sendiri merupakan seorang pekerja di salah satu perusahaan batubara. Saat kami tanya kenapa sudah kembali ke Banjarmasin, ia berkata baru saja melakukan medical check up (MCU) rutin. Tau nggak sih dengan MCU rutin, kita bisa mengetahui gejala sakit pada jantung manusia.

Baca Juga : 5 Ide Makan Malam Sehat untuk Kamu yang Sedang Diet

Fungsi Medical Check Up (MCU)

Pada tahun 2018 gue jalan-jalan ke Waduk Wonorejo Tulungagung. Tepatnya ke Ranu Gumbolo. Buka Ranu Kumbolo ya. Saat naik ke lereng bukit, nafas gue ngos-ngosan. Sepertinya gue terlalu lama bermanja dengan sepeda motor dan kurang latihan fisik. Sudah saatnya melakukan MCU untuk cek kondisi kesehatan dan kesehatan jantung.

Secara umum medical chek up (MCU) berfungsi untuk pemeriksaan tingkat kesehatan serta kemungkinan adanya penyakit serius. Baik laki-laki atau perempuan, anak-anak atau pun orang tua juga memerlukan MCU. Karena orang yang terlihat sehatpun belum tentu sehat, sehingga tetap memerlukan MCU.

Lantas apa saja sih yang diperiksa saat melakukan medical check up ini?

  1. Berat Badan
    Berat badan yang tidak normal bisa memicu bebagai penyakit. Seperti berat badan berlebih yang bisa meningkatkan risiko penyakit jantung, stroke, diabetes tipe 2, hipertensi dan bahkan kanker. Sedangkan berat badan yang kurang dari standar pun mempunyai risiko melemahkan sistem kekebalan tubuh, osteoporosis serta anemia.

    Cara menghitung Indeks masa tubuh (body mass index/BMI) : berat badan (kg) / tinggi (m)2
  2. Gula Darah
    Pada dasarnya tes gula darah dilakukan untuk orang yang berusia 45 tahun ke atas. Tapi jika kalian punya riwayat risiko diabetes, maka segera konsultasi dengan dokter. Biasanya sebelum melakukan tes gula darah kalian akan diberikan sarankan berpuasa selama 8 jam. Tes gula darah puasa akan menunjukkan salah satu hasil berikut:

    • Normal: 70-100 mg/dL
    • Pra diabetes: 100-125 mg/dL
    • Diabetes: ≥ 126 mg/dL
  3. Tekanan Darah
    Bagi kalian yang berusia di bawah 60 tahun normalnya memiliki tekanan darah 140/90 mm Hg. Sedangkan untuk yang berusia lebih dari 60 tahun, standar tekanan darah normalnya kurang dari 150/90 mm Hg.
  4. Kolesterol
    Pada dasarnya kolesterol merupan jenis lemak yang diperlukan oleh tubuh. Akan tetapi saat jumlahnya berlebihan maka bisa menyebabkan penyumbatan pembuluh darah yang memicu penyakit jantung dan stroke.
  5. Kesehatan jantung
    Seperti yang kita ketahui bersama bahwa jantung adalah organ vital dalam tubuh manusia. Melakukan pemeriksaan jantung dapat dilakukan dengan tes elektrokardiogram (EKG) atau dikenal dengan rekam jantung. Dengan tes ini kita dapat mengetahui aktivitas listrik jantung. Tes ini dapat dilakukan jika kita mengalami gelaja sakit pada jantung manusia seperti nyeri dada atau jantung berdebar.
  6. Mata
    Jika kalian mengalami masalah penglihatan, ada baiknya melakukan pemeriksaan mata setiap 1-2 tahun.
  7. Tulang
    Jika kalian ingin mengetahui kekuatan tulang dan mendiagnosis osteoporosis, kalian bisa melakukan tes kepadatan tulang. Pemeriksaan ini menggunakan X-ray atau CT Scan. Tes ini perlu dilakukan untuk wanita yang berusia di atas 65 tahun dan laki-laki berusia diatas 70 tahun serta siapa pun yang berisiko osteoporosis. Faktor risiko meliputi penggunaan obat steroid dalam jangka panjang, merokok, mengonsumsi minuman beralkohol, berat badan terlalu rendah, atau ada riwayat osteoporosis dalam keluarga.

Pentingnya Mengetahui Gejala Sakit pada Jantung Manusia

Tau nggak sih kalian jika penyakit /serangan jantung merupakan pembunuh nomor 1 di dunia? Mengutip dari Dikutip dari who.int, pada tahun 2017 World Health Organization (WHO) menyebutkan bahwa penyakit jantung adalah penyebab pertama kematian di dunia. Diperkirakan ada pada tahun 2016 ada 17,9 juta orang meninggal karena penyakita jantung atau 31% dari semua penyebab kematian di dunia.

Sebelumnya perlu diketahui bahwa serangan jantung merupakan keadaan darurat medis dimana terjadi penyumbatan pasokan darah ke jantung. Kondisi ini sering terjadi diakibatkan adanya bekuan darah. Oleh sebab itu kita perlu mengetahui gejala sakit pada jantung manusia.

Berikut 5 gejala sakit pada jantung manusia yang kerap diabaikan :

1# Rasa tidak nyaman di bagian dada

Pernahkah kalian merasa tidak nyaman di bagian dada? Jika iya maka ini merupakan tanda penyakit jantung yang biasanya menunjukkan adanya sumbatan pada bagian jantung. Gejala ini bisa timbul dalam beberapa menit dan muncul saat kita sedang beristirahat ataupun saat melakukan aktivitas fisik yang terlalu berat.

Jika tanda ini hanya muncul sekali, kalian tidak perlu khawatir. Tapi jika berulang dan berlangsung beberapa menit, maka kalian harus segera pergi ke dokter.

2# Mual, sakit perut dan nyeri yang menyebar sampai lengan

Sebenarnya tidak semua mual, sakit perut dan nyeri yang menyebar sampai lengan merupakan tanda penyakit jantung. Tapi kita tetap harus waspada. Terlebih jika nyeri itu menjalar ke sisi tubuh bagian kiri. Karena bisa jadi ini merupakan gejala sakit pada jantung manusia.

3# Pusing hingga pingsan

Ada banyak penyebab seseorang kehilangan keseimbangan atau pingsan. Hal ini bisa juga terjadi karena kurangnya asupan makanan ataupun berdiri terlalu lama. Tapi beda cerita jika kalian merasa tubuh mendadak tidak stabil disertai rasa tidak nyaman pada bagian dada. Hal ini bisa terjadi karena tekanan darah turun yang disebabkan oleh jantung yang tidak dapat memompa darah secara normal.

4# Mudah lelah

Sejujurnya setelah menginjak usia 1/4 abad, gue sering merasa mudah lelah. Jika dulu awal umur 20an gue masih kuat lembur hingga menjelang pagi dan lanjut kerja pagi harinya, berbeda dengan saat ini. Terlalu lama duduk di depan komputer hari esok gue akan kurang semangat. Gue sadar hal ini bisa terjadi karena di awal 20-an gue nggak rajin olah raga dan sering makan junk food.

Padahal mudah lelah termasuk gejala sakit pada jantung manusia. Apalagi jika rasa lelah ini tidak disebabkan karena aktivitas fisik seperti olahgara. Maka segeralah ke dokter. Karena beberapa penderita penyakit jantung merasakan gejala mudah lelah tanpa sebab yang jelas. Terlebih jika kamu adalah seorang wanita. Kareena gejala ini umumnya dialami oleh wanita.

5# Mendengkur

Pernah mendengar orang mendengkur? Jujur gue sering mendengkur saat gue dalam kondisi lelah fisik dan pikiran. Tapi kerap kali gue juga mendapati teman serta keluarga dengan berat badan berlebih juga sering mendengkur saat tidur.

Sebenarnya mendengkur saat kelelahan atau tidur sejenak umumnya wajar. Tapi kita harus waspada saat volume dengkuran terdengar keras dan disertai tersedak atau megap-megap. Karena hal itu menjadi tanda sleep apnea. Gangguan tidur yang membuat kalian berhenti bernapas selama beberapa saat di malam hari ini, menyebabkan tekanan pada jantung.

Baca Juga

Mulai Gaya Hidup Sehat

5 Gejala Sakit pada Jantung Manusia yang Kerap Diabaikan

Lantas bagaimana sih cara menjaga kesehatan jantung? Nah berikut ini tipsnya

  1. Konsumsi makanan sehat. Sepertinya tidak ada yang salah dari nasihat nenek bahwa tubuh yang sehat diawali dari makanan yang sehat dan semua penyakit berasal dari perut serta pikiran. Jadi yuk mulai konsumsi makanan sehat.
  2. Mengurangi asupan gula. Sebenarnya tubuh kita sangat memerlukan gula. Akan tetapi mengkonsumsi gula dalam jumlah berlebih tentu dapat menimbulkan masalah kesehatan.
  3. Olahraga secara teratur. Banyak penelitian yang sudah membuktikan bahwa olahraga teratur mempunyai banyak manfaat bagi kesehatan. Salah satu yang gue rasakan adalah stamina yang lebih bagus, meningkatnya daya tahan tubuh serta menjaga berat badan normal. Poin bagusnya adalah menurunkan risiko penyakit, termasuk penyakit jantung.
  4. Tidur yang cukup. Halo tim begadang. Apakabar? Tidur berapa lama hari ini? Dulu gue termasuk orang yang meremehkan tidur. Tapi saat ini gue sadar memerlukan tidur 7-9 jam pada malam hari. Karena hal ini sangat penting untuk menjaga kesehatan tubuh. Jika kalian tidur cukup maka suasana hatipun menjadi lebih baik dan lebih produktif.
  5. Proteksi diri dengan asuransi kesehatan. Sejak awal gue kerja, gue sudah membekali diri dengan asuransi kesehatan. Baik untuk rawat jalan dan juga khusus asuransi jiwa. Menurut gue hal ini sangat penting. Terlebih untuk seseorang yang tinggal sendiri di kota orang. Setidaknya ketiga gue sakit, gue sudah terlindungi oleh layanan kesehatan.

Nah semoga artikel “5 Gejala Sakit pada Jantung Manusia yang Kerap Diabaikan” ini bisa membuat kita lebih sadar akan kesehatan jantung ya. Sayangi jantung kita mulai sekarang!

PS
Peluk dari jauh

Lilpjourney Seorang travel blogger Indonesia yang suka jalan-jalan menyusuri keindahan alam berbalut adat dengan aroma secangkir kopi.

Tinggalkan Balasan

Hi! Terimakasih telah berkunjung. Silahkan isi nama dengan link blog (contoh lilpjourney.com) biar bisa blog walking. Jika ada pertanyaan dan diskusi silahkan tinggalkan komentar ya