Lilpjourney Seorang travel blogger Indonesia yang suka jalan-jalan menyusuri keindahan alam berbalut adat dengan aroma secangkir kopi.

Game Matematika Seru untuk Anak Tanpa Download Aplikasi

2 min read

game matematika

Lilpjourney.com | Game Matematika – Sebagai seorang ibu yang pernah mengenyam pendidikan S1 jurusan Teknik Informatika, aku tau betul bahwa matematika menjadi salah satu pelajaran yang penting. Bukan berarti aku akan mendorong anakku untuk menyukai Matematika seperti aku menyukai pelajaran ini. Tapi, aku merasa sangat perlu untuk membiasakan belajar anak berhitung.

Nah untuk para orang tua yang sedang mencari game Matematika, semoga ulasan tentang permainan matematika untuk anak ini dapat membantu.

Mengapa Matematika Penting?

Matematika adalah salah satu pelajaran yang aku suka tapi sekaligus aku benci. Loh kok bisa? Iya aku sangat suka memecahkan kasus-kasus Matematika saat masih duduk dibangku sekolah dulu. Tapi aku juga benci saat kasus-kasus tersebut tak kunjung terpecahkan dan membuatku overthinking. Bahkan saat duduk aku bisa membayangkan bagaimana rangkaian rumus matematika bergerak.

Bagi aku yang saat ini sudah mempunyai anak, aku merasa sangat penting untuk membuat anak tertarik dengan pelajaran yang satu ini. Bagaimana tidak, hasil survei Programme for International Student Assessment (PISA) 2018 menunjukkan hal yang cukup mengkhawatirkan. Berdasarkan program yang digagas the Organization for Economic Co-operation and Development (OECD) tersebut, menunjukkan kemampuan matematika, sains, dan membaca pada anak Indonesia berada di peringkat rendah. Untuk matematika, Indonesia berada di peringkat 75 dari 81 negara dunia, dengan skor 379. Sangat jauh dibandingkan negara ASEAN lain seperti Singapura yang menduduki peringkat 2, dengan skor 569.

Jika meningkatkan kemampuan literasi anak bisa dibangun sedini mungkin dengan membacakan buku ke anak, tapi bagaimana cara membangun kecintaan anak terhadap matematika? Apalagi banyak anak yang melabeli matematika menjadi “pelajaran yang paling dibenci”.

Saat ini, anak-anak generasi Z tentu sangat akrab dengan gadget dan teknologi. Sebenarnya kita bisa loh mengajari anak suka terhadap pelajaran matematika dengan melakukan permainan sederhana. Contohnya bermain game matematik online tanpa perlu mendownload aplikasi.

Aku pun akhir-akhir ini mencoba beberapa permainan matematika online ini. Dari beberapa game matematika yang aku coba di Money Game dari www.mortgagecalculator.org, ada dua game yang paling aku suka.

Money Games Cash Back – Counting Money & Making Change

permainan matematika cash back

Jika kita berbelanja, tentu sering mendengar “cash back”. Nah di situs www.mortgagecalculator.org/money-game, ada permainan bernama Cash Back yang dapat mengajarkan anak untuk bermain menghitung uang kembalian.

Untuk memainkan game Cash Back pun caranya sangat mudah :

  1. Akses https://www.mortgagecalculator.org/money-games/cash-back/
  2. Kemudian kalian bisa memilih untuk menonton tutorial atau langsung bermain.
  3. Kalian bisa melakukan pengaturan permainan, seperti tingkat kesulitan (mudah, sedang, atau sulit) dan hint yang menunjukkan jumlah uang kembalian ingin ditampilkan atau tidak.
  4. Jika sudah melakukan pengaturan permainan yang kalian mau, langsung klik tombol start ya.
  5. Pada sisi kiri akan muncul karakter yanh memberikan pertanyaan, seperti nilai barang dan jumlah uang yang diberikan.
  6. Selanjutnya tekan nilai uang kembalian.

Permainan matematika online Cash Back ini menurutku cocok dimainkan untuk anak SD yang mulai belajar berhitung.

Grocery Cashier

permainan matematika groceryGrocery Cashier mempunyai tingkat kesulitan yang sedikit lebih rumit dibandingkan Cash Back. Dimana anak-anak dilatih untuk konsentrasi memasukkan harga barang ke mesin kasir, kemudian menambahkan harga barang kedua. Setelah itu, jumlah harga barang dikurangi dengan uang yang diserahkan oleh pembeli. Terakhir, anak perlu menekan nominal uang kembalian sesuai dengan hasil kembalian yang telah dihitung.

Menurutku, permainan ini selain membuat anak belajar berhitung penjumlahan, tapi juga sekaligus pengurangan. Selain itu, ada simulai mata uang yang membuat anak mendapatkan visualisasi yang baik permainan Grocery Cashier.

Tertarik mengajak anak bermain game Grocery Cashier? Yuk langsung main di link berikut ini https://www.mortgagecalculator.org/money-games/grocery-cashier/

Treze Coins

permainan matematika treze coinsTreze Coins adalah permainan memasukkan uang ke dalam mesin sesuai dengan nilai uang yang tertera di layar.

Langkah memulai permainan ini, sangat mudah loh :

  1. Kunjungi https://www.mortgagecalculator.org/money-games/trezecoins/
  2. Kemudian pilih bahasa yang ingin kalian gunakan. Terdapat pilihan bahasa Inggris, Spanyol, Italia, Portugis, dan Prancis.
  3. Pilih kombinasi koin mana yang ingin kalian gunakan, ada 1, 1 dan 10, atau 1 dan 5 dan 10.
  4. Setelah memilih kombinasi koin yang digunakan dalam permainan, selanjutnya akan muncul jumlah uang di bagian atas layar
  5. Kemudian klik koin di area bawah untuk memasukkan koin yang sejumlah dengan yang muncul di layar
  6. Jika jumlah yang dimasukkan tepat, makan akan keluar sebuah kelereng seperti bola permen karet.

Penutup

Game matematika sederhana di situs https://www.mortgagecalculator.org/money-games/ sangat mudah dimainkan bukan? Apalagi selain belajar berhitung, ada visualisasi uang yang tentunya membuat anak menjadi lebih mudah belajar.

Selain 3 game matematika di atas, masih ada banyak lagi game behitung yang bisa kalian coba di rumah. Kunjungi situs di atas untuk game-game lainnya ya.

PS

Lilpjourney Seorang travel blogger Indonesia yang suka jalan-jalan menyusuri keindahan alam berbalut adat dengan aroma secangkir kopi.