Lilpjourney Seorang travel blogger Indonesia yang suka jalan-jalan menyusuri keindahan alam berbalut adat dengan aroma secangkir kopi.

Fatimah Aqila : Ketagihan TLD Setelah Menang Lomba #FBBKolaborasi

3 min read

fbb kolaborasi fatimah aqila

Lilpjourney.com | FBB Kolaborasi – Meningkatnya popularitas sosial media seperti Intagram juga berdampak bagi para content creator tak terkecuali blogger. Bahkan sekarang semakin banyak temen-temen yang minta diajarin ngeblog. Nah di artikel kali ini gue berkesempatan ngobrol santai bareng salah satu member Female Blogger of Banjarmasin. Fatimah Aqila.

Berawal dari Menang Lomba Domain

Namanya Fatimah Aqila, pemilik blog www.fatimahaqila.com yang merupakan lulusan Universitas Lambung Mangkurat Jurusan Teknik Lingkungan. Setelah menyelesaikan pendidikannya, saat ini ia sedang asik berkecimpung di dunia freelance.

Tidak seperti gue yang harus mempertimbangkan beberapa bulan untuk membeli domain blog, Fatimah yang sudah aktif ngeblog sejak lulus SMA tahun 2014 ini punya cerita menarik saat pertama kali mejadikan blognya TLD.

Jadi awal blog aku jadi TLD itu tahun 2014 kak. Awal mula aku TLD juga sebenarnya belum tau apa-apa tentang keuntungan kalau blog TLD. Karena sejujurnya pada saat itu aku masih iseng-iseng banget nulis blognya. Kebetulan tahun 2014 itu aku baru lulus SMA terus mau cari kesibukan. Akhirnya aku aktif ngeblog lagi di tahun 2014 itu. Kemudian aktif juga ikutan lomba blog. Nah, kebetulan saat itu ada lomba blog yang aku ikuti dan menang. Hadiahnya itu berupa domain TLD selama 2 tahun. Jadi awal aku punya blog TLD itu pure gratisan yang karena memang lomba.

Setelah 2 tahu berlalu, Fatimah ketagihan blognya menjadi TLD. Berbicara tentang TLD, kalian bisa baca disini ya. Karena menurut Fatimah blog TLD lebih telihat profesional. Apalagi saat ini kebanyakan kerjasama blog memberi syarat “mempunyai blog TLD”.

Biarkan Pembaca Berasumsi Bagaimana Khasnya Blog Aku

fbb kolaborasi fatimah aqila

Era industri 4.0 telah memunculkan banyak pelaku industri kreatif. Menuntut para blogger untuk mempunyai identitas dirinya. Nah sebagai blogger lifestyle yang banyak membahas tentang travel and beauty,  Fatimah punya pendapatnya sendiri tentang personal branding blogger.

Wuahahha personal branding ya. Kalau dulu ya aku seringnya lebih berbagi tentang cerita personal, jadi ketika orang-orang berkunjung ke blog aku minimal mereka habis baca blog aku ada hal yang bisa diambil pelajarannya gitu loh. Kalau untuk ciri khas yang emang khas banget sepertinya aku belum terlalu concern ke arah sana ya, ya selain karena ngeblognya let it flow aja gitu. Mungkin kalau untuk penilaiannya secara khas, biarkan pembaca berasumsi gimana khas blog aku.

Waah sepertinya kalian harus langsung berkunjung ke blog Fatimah untuk lebih dekat dengan blogger dari Banjarmasin ini. Berbicara dunia blog tentu setiap blogger punya cerita suka dukanya sendiri.

Kalau sukanya alhamdulillah punya banyak teman baru diberbagai daerah, terus dapat penghasilan juga dari kerjasama dan juga dari lomba misalnya. Kalau untuk dukanya sejauh ini karena aku ngeblognya let it flow aku nggak terlalu pusing sama atur waktu harus ngeblog ini harus nulis dan sebagainya. Mungkin lebih ke belajar tentang blog aja sihh dukanya. Emang perlu proses banget buat ngerti seluk beluk yang berhubungan dengan blog, pv, gogle analitik, dan sebagainya. Tapi learning by doing aja lah lama kelamaan juga bakal ngerti kok.

Ngeblog Bisa Dapat Duit, Darimana?

Waaah pasti semua penasaran nih. Darimana sih para blogger bisa mendapat penghasilan. Pada interview singkat melalu pesan WhatsApp, Fatimah cerita tentang “darimana si blogger dapat penghasilan”.

Nah untuk cara mendapatkan penghasilan mungkin hal pertama yang harus dilakukan adalah memperbanyak relasi dan gabung di grup blogger. Karena kalau banyak gabung di grup kita bisa dapat info-info job buat blogger gitu. Sedangkan kalau secara personalnya mungkin kita terus memperbaiki kualitas tulisan kita agar dilirik orang yang mau kerjasama sama kita. Kalau aku dulu penghasilan blog pertama itu dari content placement gitu kak. Kalau content placement itu kita dikasih artikel yang udah jadi, terus tinggal posting aja.

Awalnya Iseng, Tapi Semoga Sampai Tua

Seringkali ada yang tanya sama gue : Put lu ngapain sih jadi blogger? Nulis kata-kata galau gitu? Emang jadi blogger ada masa depannya? Well kadang gue cuma jawab : coba deh jadi gue, jadi blogger, nulis dan rasakan apa yang kami rasakan. Karena ada yang bilang menulisa merupakan salah satu metode terapi loh. Bisa meredakan depresi. Coba deh kita simak penuturan Fatimah ini.

Dulu pas awal-awal jadi blogger itu pure iseng banget, karena aku suka bikin puisi atau apalah ya. Nah dulu masih asing banget kan blogger itu apa, aku cuma lihat-lihat blog orang kayanya asik ya pikirku kalau tulisan kita ada di google. Terus pas 2014 gabut banget habis ujian, nggak tau mau ngapain akhirnya aku mulai nulis tuh sampai ikut 30 hari ngeblog (whoaaa rajin sekali aku dulu). Nah sampai akhirnya berjalan sampai sekarangkan, alhamdulillah tanpa disangka-sangka mengantarkanku menjadi seperti sekarang akhirnya bisa dapat penghasilan dari blog. Untuk menjadi blogger, sepertinya aku ingin sampai tua nanti tetap menulis agar aku dapat mengenang segala hal yang aku lewati. Karena dengan menulis kita bisa mengabadikan kenangan kita. Terlepas menjadi blogger untuk hobi ataupun penghasilan, apapun itu aku ingin tetap enjoy menjadi seorang blogger. Karena menjadi bloggerlah yang menghantarkan aku sampai sejauh ini dan menjadi aku yang sekarang.

FBB Kolaborasi Pertama

fbb kolaborasi

Sebenarnya gue agak gugup ikut FBB Kolaborasi untuk pertama kalinya. Hehehe. Setelah 1 tahun gabung di komunitas Female Blogger of Banjarmasin, akhirnya gue memutuskan untuk mencoba ikut kegiatan blog rutin dari komunitas ini.

Berbicara kegiatan rutin komunitas FBB setiap minggu mereka aktif membuka blog walking dan untuk bulanannya ada kegiatan blogger collab ini. Waaah keren kan. Nah kalau BW memang udah rutin gue ikutin (selama ada stok artikel baru). Lalu blog collab memang baru ini gue ikutin. Alasannya memang kadang temanya bukan niche blog gue, jadi sepertinya gue sedikit berat untuk ikut. Nah temanya blog collab kali ini ternyata menarik “close up interview”. Tujuannya untuk saling mengenal sesama anggota blog. Jadi gimana? Udah cukup kenal dengan Fatimah Aqila kan.

Mengaamiini kalimat Fatimah bahwa blogger harus bersosial dengan ikut komunitas blogger, gue pribadi merasa sangat beruntung bisa bergabung dengan komunitas ini. Karena dikomunitas ini gue punya banyak temen yang satu pemikiran “menjadi blogger itu menyenangkan”. Dan setiap blogger pasti punya harapannya tentang masa depan dunia blogger.

Semoga orang-orang lebih menghargai sebuah karya tulisan. Karena menulis itu nggak cuma pakai tangan buat ngetik. Para blogger perlu meluangkan waktu dan pikirannya untuk menghasilkan sebuah karya tulis. Dan untuk harapan aku pribadi semoga aku bisa terus meningkatkan skill menulis. Meskipun menulis itu sebenarnya tidak ada tulisan yang jelek, tetapi aku cuma pengen menjadi aku yang lebih baik dari kemarin dalam menghasilkan sebuah karya tulisan di blog – Fatimah Aqila, Blogger Banjarmasin.

PS
Peluk dari jauh

Lilpjourney Seorang travel blogger Indonesia yang suka jalan-jalan menyusuri keindahan alam berbalut adat dengan aroma secangkir kopi.

11 Replies to “Fatimah Aqila : Ketagihan TLD Setelah Menang Lomba #FBBKolaborasi”

  1. Setuju banget, menulis itu gak ada yang jelek. Semuanya punya ciri khas, tinggal skill menulis dan puebi yang dipelajari trus menerus enggak aakn ada habisnya wkwk

    1. Aku juga sedang di fase learning by doing dlm hal ngeblog ini, karena jd blogger itu ga cuma nulis, masih banyak seluk beluk lainnya yang harus dipelajari. Setuju bgt sm Kak Fatimah.

  2. Setuju banget sama fatimah… Semoga orang – orang lebih menghargai para blogger. Dan para blogger bisa lebih baik lagi dari hari kehari dari berbagai aspek..

  3. pertama kali meet up fatimah pas di bulan Ramadhan, waktu itu FBB ngadain donasi pakaian bekas layak pakai dan ngumpulinnya dengan dia. dengan baca tulisan putri juga jadi tambah mengenal fatimah.

  4. Liat aqila ini kaya liat anak sekolahan, soalnya masi imut banget. Ga nunjukin anak yg uda lulus kuliah. Semoga fatimah terus berprestasi di dunia blogging

    1. Mau komen isi postingan ini aku salfok sama komen mba Ruli. Tolong ya mbak bikin baju ulun makin longgar ini jadinya. Hahahaha

  5. Terima kasih ka Putri sudah menyediakan waktunya untuk wawancara ini. Keep in touch ya ka Putri. Semoga kita sukses dengan hobi kita menulis ini.

  6. Cerita dikit yaaaa, aku kenal dng fatimah, aka fety waktu bukber pertama di komunitas ttg, terus diajakin event hijup. Terus juga di ajarin kalo tld lebih untung dll. Terusss lanjut join project bareng tentang menulis novel. Ternyata bakat menulis dia nular ke aku juga haha

  7. Wah, sama kaya Fatimah. Dulu punya domain pertama karena dapet gratisan menang lomba.

    Pernah ketemu fatimah dan anaknya seru. Awlanya malu-malu gitu kan, tapi pas udah kenal rame juga ehehe

Tinggalkan Balasan

Hi! Terimakasih telah berkunjung. Silahkan isi nama dengan link blog (contoh lilpjourney.com) biar bisa blog walking. Jika ada pertanyaan dan diskusi silahkan tinggalkan komentar ya