Lilpjourney Seorang travel blogger Indonesia yang suka jalan-jalan menyusuri keindahan alam berbalut adat dengan aroma secangkir kopi.

Alasan Domain ID Populer dan Perlu Persyaratan Dokumen Tertentu

2 min read

domain id

id domain

Lilpjourney.com | Tech – Tertarik menggunakan domain id untuk usaha? Seperti yang kita tau, perkembangan era digital ini memungkinkan manusia bisa membangun suatu toko online. Proses mencari pelanggan lebih mudah dan juga bisa memajang katalog produk atau servis dapat dilakukan selama 24 jam. Tentu saja itu sangat berbeda dengan kantor fisik bukan yang sebagian besar hanya bisa berjalan selama 8 jam sehari.

Salah satu komponen penting yang dipakai dalam pembuatan website toko online adalah domain. Alangkah baiknya bila website kalian menggunakan domain yang menjelaskan tentang citra negara sendiri yakni domain .id. Ada banyak sekali jenis domain jenis ini yang bisa kalian manfaatkan. Hanya saja memang ada beberapa persyaratan dokumen tertentu.

Mengapa Perlu Syarat Tertentu

Beberapa ekstensi domain memang dijual dengan bebas di dunia internet, sehingga tidak perlu klarifikasi dokumen khusus. Tidak heran jika akhirnya ada beberapa ekstensi domain yang berakhir kurang baik dan tercemar popularitasnya akibat banyak digunakan untuk melakukan tindakan yang melanggar hukum, misalkan saja penipuan, perjudian, dan lain-lain.

Website-website tersebut sudah pasti sangat dilarang dikunjungi, karena bisa merugikan pengunjungnya. Hal tersebut bisa dicegah dengan jalan memberikan sejumlah persyaratan khusus pada setiap orang yang hendak mendaftar suatu ekstensi domain. Konsep tersebut digunakan PANDI, sehingga sebagian besar domain id memerlukan pengumpulan dokumen.

Beberapa dokumen yang sering dipakai adalah KTP atau paspor, NPWP, dan lain-lain. Biasanya dokumen yang diperlukan menyesuaikan dengan ekstensi yang ingin dipakai. Berdasarkan dokumen yang dikumpulkan memudahkan PANDI dalam mengelola seluruh website yang menggunakannya.

Apabila terdapat website yang memiliki konten melanggar hukum, bisa langsung dicabut izin beroperasinya dan dihapus websitenya. Langkah tegas tersebut dilakukan demi menjaga moral bangsa. Hampir sebagian besar domain tersebut dapat dibeli dengan harga yang terjangkau. Jadi ini juga sangat cocok bagi pemula yang ingin belajar mengelola website.

Menggunakan ekstensi domain id juga memungkinkan perusahaan dapat membuat website menggunakan nama yang bagus dan hal tersebut sedikit sulit diwujudkan dengan menggunakan domain .com.

Dapatkah Website Domain ID Populer dalam Jangka Panjang

Pertanyaan yang juga sering muncul dalam benak seseorang saat berniat memakai domain .id adalah “apakah suatu website dengan domain id dapat bersaing dengan website .com?”. Jawabannya adalah sangat mungkin, karena Google sendiri juga menggunakan .id sebagai salah satu URL-nya yakni Google.co.id.

Kalian tetap dapat menerapkan SEO pada nama domain, sehingga membuat URL kalian memiliki trafik tinggi di mesin pencarian. Jadi domain .id ini tetap dapat dipakai oleh pemilik website untuk menarik trafik tinggi. Selain menerapkan SEO pada nama domain, tentunya pemilik website perlu menerapkan pada seluruh konten yang dibuat.

Intinya sih, jangan ragu untuk mendaftarkan website dengan domain id. Apalagi kalau nantinya sebagian besar klien kalian adalah orang Indonesia. Namun juga tidak menutup kemungkinan bagi kalian untuk menarik minat pengunjung yang berasal dari luar negeri. Kalian hanya perlu membuat sebuah konten dengan menggunakan bahasa internasional guna menarik pengunjung dari luar.

 Yakin Domain ID Tidak Mahal?

Masalah krusial dari semua bisnis adalah cocok tidak dengan harga yang ditawarkan. Kalian tidak perlu berpikir dua kali saat akan menggunakan domain .id, karena sebagian besar memang ditawarkan dengan harga yang terjangkau. Masih ada banyak ekstensi lain yang ditawarkan jauh lebih tinggi daripada domain id.

Setidaknya hanya ada dua ekstensi .id yang masuk dalam harga menengah. Namun itu bisa menunjukkan bahwa website tersebut dikelola oleh perusahaan yang stabil secara perekonomian, sehingga banyak dipakai sebagai prestige perusahaan. Beberapa kategori tersebut ialah .id dan .co.id.

  1. .ID

Sampai dengan saat ini pengguna total .id sudah mencapai 447.015. Bahkan jumlahnya akan terus bertambah dari hari ke hari. Dibangunnya domain ini sudah mendapatkan dukungan dari Kemkominfo, APJII, dan lain sebagainya. PANDI sudah menjamin keamanan ekstensi yang satu ini juga. Kalian yang berminat hanya perlu membayar Rp 249.000.

  1. .CO.ID

Sebagian besar penggunanya sampai dengan saat ini adalah dari kalangan perusahaan. Sedangkan pemilik perseorangan menggunakan ekstensi tersebut untuk menjalankan bisnis dan juga web portfolio. Harga domain .co.id sedikit lebih tinggi dari .id yakni Rp 299.000.

  1. .PONPES.ID

Domain ini juga menyertakan pondok pesantren sebagai salah domain berupa .ponpes.id. Ekstensi tersebut memang sengaja disediakan oleh PANDI untuk pondok pesantren. Hal tersebut diwujudkan sebagai salah satu bentuk dorongan, agar pondok pesantren semakin mendorong penggunaan internet kepada santri-santrinya.

Penggunaan domain .ponpes.id hanya perlu mengeluarkan Rp 299.000. Harga tersebut bisa saja berubah, sehingga kalian perlu cek ke website hosting DomaiNesia secara langsung.

  1. .AC.ID

Website yang biasanya membahas tentang pendidikan adalah .ac.id. Hampir seluruh instansi pendidikan menggunakan ekstensi yang satu ini. Instansi pendidikan yang paling banyak menggunakannya adalah universitas dan dipakai dalam rangka memberikan pelayanan para mahasiswa dan mahasiswinya.

Masih ada banyak hal tentang domain ini yang belum dibahas lengkap pada artikel gue. Tapi lalian bisa mengetahui lebih detailnya hanya di DomaiNesia lengkap dengan daftar harganya! Sebaiknya kalian segera mendaftarkan nama website yang kalian inginkan saat tersedia dalam bentuk domain id.

Lilpjourney Seorang travel blogger Indonesia yang suka jalan-jalan menyusuri keindahan alam berbalut adat dengan aroma secangkir kopi.

11 Replies to “Alasan Domain ID Populer dan Perlu Persyaratan Dokumen Tertentu”

  1. Wuih bisa dicabut kalo ada pelanggaran, mantul ya domain ini. Yang jelas domain satu ini lebih mahal drpd biaya domain dot com kita nih walau bukan yg mahal2 banget tp keknya 2x lipat ga sih.

  2. pas bgt mba artikelnya tntng ini,, aku blom daftar domain hehehe jd dpt info nihh.. jd nambah ilmu lagi tntng domain ini dan jenis2nya beserta budgetnya jg. bulan depan cusssss dh

  3. Keren bangeeet bisa di cabut kalo ada pelanggaran. Apalgi untuk domain id itu untuk biaya pun cukup mahal. Tapi sebanding sih sama hal yang diberikan

  4. Yang sering pake domain ini biasanya dari instansi, dan kadang nemuin juga web personal yang pakai domain ini
    Cukup mahal juga ya untuk domain id ini

  5. Kemarin aku lg mikir2 mau beli domain .com atau .id, akhirnya pilihan jatuh ke .com karena org2 lebih familiar .com dan takutnya domain yg .com malah diambil orang.. Hehe..

Tinggalkan Balasan

Hi! Terimakasih telah berkunjung. Silahkan isi nama dengan link blog (contoh lilpjourney.com) biar bisa blog walking. Jika ada pertanyaan dan diskusi silahkan tinggalkan komentar ya