Lilpjourney Seorang travel blogger Indonesia yang suka jalan-jalan menyusuri keindahan alam berbalut adat dengan aroma secangkir kopi.

Rekomendasi Dokter Spesialis Kandungan di Banjarmasin (Pengalaman Pribadi)

5 min read

Dokter Spesialis Kandungan Banjarmasin

Lilpjourney.com | Mom (to be) Story – Halo moms, apa kabar? Setelah kemarin aku cerita panjang banget tentang Mungkin Kami Belum Pantas, sekarang aku mau kasih rekomendasi dokter spesialis kebidanan dan kandungan di Banjarmasin. Rekomendasi ini berdasarkan pengalaman aku pribadi ya.

Ikhtiar Kami

Berat rasanya saat kami menerima diagnosis dokter bahwa kemungkinan janin yang ada di dalam kandunganku tidak berkembang. Tiga dokter dan satu bidan kami kunjungi sebagai bentuk ikhtiar kami.

Rasanya perjalanan kemarin begitu panjang dan menantang. Maklum saja, ini kehamilan anak pertama kami.

Pada akhirnya satu video dari Arif Muhammad membuat aku sadar. Bahwa jika memang rezeki, tidak akan lari ke mana. Tapi kalau bukan rezeki ya akan pergi.

Well, selama 6 minggu kami belajar banyak. Salah satunya adalah kami mendapatkan pengalaman mengunjungi berbagai dokter spesialis kebidanan dan kandungan di Banjarmasin.

Bidan dan Dokter Spesialis Kandungan di Banjarmasin

Setiap calon orangtua, pasti akan melakukan yang berbaik untuk calon buah hatinya. Termasuk dalam hal memilih dokter spesialis kebidanan dan kandungan.

Berikut ini 3 dokter dan 1 bidan yang kami kunjungi.

1# Dokter Spesialis Kandungan Banjarmasin dr. H. Hariyadi Yuseran, Sp.OG(K)Onk

Dokter Hariyadi merupakan dokter spesialis kandungan di Banjarmasin yang sudah pernah aku kunjungi sewaktu belum menikah. Beliau praktik di Klinik Spesialis Rumah Sakit Sari Mulia Banjarmasin setiap hari Senin s/d Sabtu (Kamis libur) pukul 15.00 – 18.00 WITA.

Tahun 2014 aku pernah konsultasi dengan beliau. Saat itu aku sedang mengalami menstruasi yang kacau dan juga keputihan yang membuat risih. Ternyata waktu itu hormonku sedang tidak stabil karena lelah dan juga stress.

Tahun 2021, aku berkunjung lagi. Ternyata beliau pindah rungan. Lebih luas dan alatnya pun lebih canggih. Tapi sosok beliau masih sama. Ramah, sabar, dan penuh senyum.

Sebelum melakukan USG, beliau memberikan penjelasan tentang kehamilan. Penjelasannya sangat detail seperti pada kehamilan 15 minggu dihitung dari hari pertama haid terakhir (HPHT), seharusnya kandunganku sudah mengalami perkembangan :

  1. ada kantung kehamilan
  2. ada janin di dalam kantung kehamilan
  3. terdapat detak jantung
  4. kemungkinan juga ada gerakan

Sewaktu USG, beliau didampingi seorang perawat perempuan. Tempat USGnya sangat nyaman. Penjelasan dokter Hariyadi selama USG juga sangat detail dengan nada yang sangat ramah. Jadi kami menerima kabar buruk dengan penjelasan terbaik.

Setelah USG, beliaupun menjelaskan kembali kondisi kandungan aku :

  1. Kehamilanku didiagnosis sebagai blighted ovum atau kehamilan kosong.
  2. Ada miom dengan ukuran 2 cm, ukuran yang kecil
  3. Harus dilakukan tindakan kuretase dalam waktu kurang dari 1 minggu
  4. Program kehamilan selanjutnya juga disejelaskan oleh beliau

Senang sekali kami bisa konsultasi dengan dokter Hariyadi. Sepertinya beliau sangat memahami psikologi pasiennya. Bahkan untuk proses kuretase, beliau juga memberikan kebebasan mau di dokter mana pun. Karena beliau dokter umum, jadi tidak melayani BPJS.

Biaya : konsultasi dan USG transvaginal 375.000 (harga bisa berbeda setiap pasien)

Waktu :

  1. Antre tidak lama, tergantung jumlah pasien. Kemarin konsultasi hari Jum’at datang jam 15.30, dan sudah masuk ruangan pukul 16.30.
  2. Konsultasi dengan dokter cukup lama, kurang lebih dari 15 menit.

Pendaftaran : 

  1. WhatsApp : 082250326965
  2. Langsung ke Klinik Spesialis Sari Mulia

Lokasi : Klinik Spesialis RS Sari Mulia Jl. P. Antasari No.139, Pekapuran Raya, Kec. Banjarmasin Timur

2# dr. M. Anhar Dani Sp. OG, M. KED KLIN

Dokter Anhar merupakan spesialis kandungan umum dan BPJS di Banjarmasin yang praktik di Klinik Spesialis Rumah Sakit Sari Mulia Banjarmasin setiap hari Senin, Jum’at, dan Sabtu pukul 13.00 s/d selesai. Selain di Klinik Spesialis Rumah Sakit Sari Mulia, beliau juga praktik di Klinik Bersalin dan Perawatan Anak Syifa Komplek Bunyamin Permai I (sebelah Eva Hotel).

Sejak hari Minggu aku mengalami pendarahan. Awalnya hanya flek. Tapi lama-lama kok seperti menstruasi. Akhirnya hari Senin, aku dan suami ke RS Sari Mulia.

Untuk menggunakan layanan BPJS, kami diharuskan konsultasi terlebih dahulu ke dokter BPJS di RS Sari Mulia. Pas sekali, jam 13.00 ada dokter Anhar praktik. Kami langsung mendaftar dan mendapat antrian nomor 1.

Oh iya, cerita kuretase akan aku ceritakan di artikel selanjutnya ya.

Ini adalah konsultasi pertama dengan dokter Anhar. Beliau juga sangat ramah. Karena kami konsultasi di Klinik Spesialis RS Sari Mulia, jadi jejak medisku terbaca. Beliau langsung paham dengan kondisiku saat itu yang membutuhkan proses kuretase dengan jalur BPJS.

Beliau juga menjelaskan penyebab kemungkinan terjadinya blighted ovum :

  1. Kualitas sperma kurang bagus
  2. Kualitas sel telur kurang bagus
  3. Kelainan genetik

Blighted ovum dapat terjadi ketika pembentukan embrio ini gagal terjadi atau ketika embrio berhenti berkembang. Kondisi ini bisa tidak menimbulkan gejala apa pun. Pada beberapa kasus, blighted ovum bisa ditandai dengan munculnya gejala keguguran.

Pada kemungkinan nomor 3, beliau memberikan saran jika berkenan dapat melakukan pengujian genetik di laboratorium sebelum program hamil.

Selama program hamil, beliau juga menjelaskan bahwa disarankan untuk mengkonsumsi makanan organik alias bebas rekayasa genetika dan zat kimia. Masalahnya, di Banjarmasin cukup sulit menemukan makanan organik. Hehehe.

Setelah proses kuretase selesai, pada Sabtu (14/8) kemarin aku dan suami melakukan check up di Klinik Syifa. Alhamdulillah hasil USG menunjukan rahimku bersih dan bisa melakukan program hamil setelah menstruasi ke 4 atau 6. Kali ini pada saat konsultasi, suamiku mendapat teguran : kurangi rokok agar sel sperma bagus. Hehehe. Semangat ya bapak diet rokoknya, semoga bisa berhenti. Aamiin.

Beliau juga memberikan penjelasan bahwa proses pemulihan setelah kuretas kurang lebih selama 4-6 minggu. Benar sekali, selama 4-6 minggu disarankan untuk tidak melakukan hubungan badan.

Biaya :

  1. Klinik Spesialis RS Sari Mulia konsultasi dan USG 300.000 (harga bisa berbeda setiap pasien)
  2. Klinik Syifa konsultasi dan USG 200.000 (harga bisa berbeda setiap pasien)

Waktu :

  1. Antre di Klinik Spesialis RS Sari Mulia tidak lama. Kemarin konsultasi hari Senin, jam 12.15 ambil nomor antrian dan jam 13.15 dokter sudah datang. Waktu konsultasi pun cukup lama (kurang lebih 15 menit) dan beliau menjelaskan dengan sangat detail. 
  2. Antre di Klinik Syifa juga tidak lama. Jumlah pasien check up nggak terlalu banyak. Kemarin kami konsultasi hari Sabtu, pukul 20.00 ambil antrian, pukul 21.00 sudah masuk ruang konsultasi dan konsultasi pun berlangsung cukup lama. 

Pendaftaran : 

  1. WhatsApp : 082250326965
  2. Langsung ke Klinik Spesialis Sari Mulia
  3. WhatsApp Klinik Syifa : 082159918221

Lokasi :

  1. Klinik Spesialis RS Sari Mulia Jl. P. Antasari No.139, Pekapuran Raya, Kec. Banjarmasin Timur
  2. Klinik Syifa Jalan Komplek Bunyamin 1 No.2, Pemurus Luar, Kec. Banjarmasin Timur

3# Dr Bill Harman S, SpOG

Dokter Bill adalah dokter spesialis kandungan di Banjarmasin yang membukan praktik di Jl Cempaka Besar Jl Kacapiring V Nomor 3. Pertama kali mendapat rekomendasi beliau dari seorang teman yang juga sedang hamil.

Ada tiga orang teman yang memberikan rekomendasi untuk konsultasi hamil di dokter Bill. Selain karena dokternya yang ganteng (hahaha dasar ibuk-ibuk) tapi juga harganya yang terjangkau.

Saat pertama kali konsultasi, dokternya sedang ada keadaan darurat di luar. Jadi harus lumayan lama menunggu. Tapi perawat dan petugasnya sangat ramah dalam memberikan informasi. Sayangnya suamiku sedikit kurang suka di sini. Mungkin karena pertama kali ke sini pas banyak antrian jadi lama sekali hehehe.

Waktu kami melakukan pemeriksaan kandungan di dokter Bill, sebenarnya beliau sudah mewanti-wanti kalau kandunganku bermasalah. Namun saat itu kami tetap memutuskan untuk menunggu dan melakukan ikhtiar terbaik.

Akhirnya pada pemeriksaan kedua, beliau memberikan diagnosis kalau kandunganku ada kemungkinan tidak berkembang. Walaupun usia kandungan di USG bertambah, tapi perkembangan janin tergolong lambat.

Senengnya pemeriksaan kandungan di dokter Bill itu dokternya to the point dan biayanya cukup terjangkau.

Biaya : konsultasi dan USG transvaginal 150.000, jika dengan vitamin 300.000. Sedangkan USG 4D (berdasarkan data teman) 250.000 (harga bisa berbeda setiap pasien)

Waktu :

  1. Antre konsultasi pertama cukup lama. Kami mendaftar online dan datang pukul 18.30, baru dipanggil pukul 21.00 (waktu itu dokternya sedang keluar). Lalu pada konsultasi kedua, aku daftar langsung ke klinik jam 14.00 lalu konsultasi jam 15.00. Jadi kalau mau konsultasi lebih baik siang. 
  2. Konsultasi dengan dokter tidak terlalu lama tapi penjelasan beliau cukup jelas. Jadi harus banyak kepo ya moms. Mungkin karena kemarin aku masih hamil awal, beliau pasti akan menyakan tentang keluhan seperti mual dan muntah. Kalau tidak ada keluhan, boleh makan apapun yang penting jangan makan makanan yang setengah matang dan mentah. 

Pendaftaran WhatsApp : 082353151818

Lokasi : Jl. Cempaka Besar Jl. Kacapiring V No.3, Mawar, Kec. Banjarmasin Tengah

4# Bidan Iin Sirajuddin, AMKeb

Bidan Iin merupakan salah satu bidan senior di Banjarmasin yang praktik di Klinik Bersalin Firdaus, Jl. Dahlia Blk. II No.49, RT.28, Telawang. Pertama kali mendapat rekomendasi ke bidan Iin dari teman kantor.

Aku dan suami pun pergi konsultasi ke Bidan Iin pada hari Senin setelah Ashar. Alhamdulillah tidak terlalu ramai. Untuk informasi tambahan, beliau praktik Senin-Sabtu pukul 07.30-10.00 WITA dan pukul 17.00-20.00 WITA.

Menurut temanku yang sekarang istrinya sedang hamil dan selalu check up rutin ke bidan Iin, lebih baik konsultasi pagi. Karena yang konsultasi tidak terlalu ramai.

Pelayanan di bidan Iin sangat ramah. Di tempat pendaftaran kita akan diberikan kartu identitas pasien dan dikenakan biaya pendaftaran 5ribu rupiah. Kartu tersebut dapat digunakan selama lima tahun, jadi kalau nanti mau imunisasi anak di Klinik Firdaus bisa menggunakan kartu tersebut.

Pemeriksaan kehamilan di bidan Iin dilayani dengan sangat ramah, baik oleh para perawat ataupun bidan Iin sendiri. Sayangnya hasil USG tidak dapat di print.

Biaya : konsultasi, USG, dan vitamin 100.000 (harga bisa berbeda setiap pasien)

Waktu :

  1. antre tidak terlalu lama
  2. waktu konsultasi juga cukup panjang

Pendaftaran : 085718254189

Lokasi :  Jalan Dahlia Gang Budaya Blok II No. 49, RT.28, Telawang, Kec. Banjarmasin Barat

Kesimpulan

Rekomendasi dokter spesialis kandungan dan bidan tersebut di atas merupakan hasil dari pengalaman pribadi. Menurutku semua dokter dan bidan di atas sangat baik dalam menjelaskan. Ada yang memang cerewet, ada yang pengennya ditanyain.

Jadi moms, sebagai calon orangtua alangkah baiknya sebelum ke dokter ataupun bidan sudah mempersiapkan pertanyaan. Umumnya bisa menanyakan beberapa pertanyaan ini :

  1. Apakah sudah ada kantung kehamilan? Apakah janinnya ada di dalam kantung kehamilan?
  2. Bagaimana perkembangan janin? Apakah sudah ada detak jantungnya?
  3. Adakah pantangan makanan? Apakah ada rekomendasi makanan (sesuaikan dengan usia kehamilan)?
  4. Apakah secara keseluruhan perkembangan janin dalam kondisi baik?
  5. Adakah olahraga yang disarankan?
  6. Bolehkah melakukan hubungan suami istri? Bagaimana posisi paling aman?
  7. Bagaimana posisi bayi?
  8. Jika ingin melahirkan normal, apakah ada tes lab yang harus saya jalani? Apakah aman untuk melahirkan normal?
  9. Apakah ada tanda-tanda kelainan pada janin?

Pilihlah dokter dengan jarak paling dekat dengan rumah. Pengalaman aku kemarin, kalau jauh kasian ibu hamilnya. Jika kurang nyaman dengan dokter laki-laki, bisa juga ke klinik yang ada dokter perempuan seperti di RS Ciputra Banjarmasin (dr Ruth), Klinik Annisa, dan praktik dokter Sutarinda.

Semoga artikel ini membantu ya moms yang sedang mencari rekomendasi dokter spesialis kandungan di Banjarmasin.

PS
Peluk dari jauh

Lilpjourney Seorang travel blogger Indonesia yang suka jalan-jalan menyusuri keindahan alam berbalut adat dengan aroma secangkir kopi.

2 Replies to “Rekomendasi Dokter Spesialis Kandungan di Banjarmasin (Pengalaman Pribadi)”

  1. Cukup banyak juga sampean nyambangin dokter ini Kak.. Semoga pengalamanya bisa membantu orang lain nemu rekomendasi dokter di Banjarmasin yang baik yaaa… Sehat sehat kak hahhaa

Tinggalkan Balasan

Hi! Terimakasih telah berkunjung. Silahkan isi nama dengan link blog (contoh lilpjourney.com) biar bisa blog walking. Jika ada pertanyaan dan diskusi silahkan tinggalkan komentar ya

© Copyright 2021 - lilpjourney.com