Lilpjourney Seorang travel blogger Indonesia yang suka jalan-jalan menyusuri keindahan alam berbalut adat dengan aroma secangkir kopi.

Cara Naik MRT Singapore

2 min read

stp singapore
cara naik MRT Singapore
Singapore Tourist Pass | Dok Pribadi

Lilpjourney.com | SingaporeBarangkali bagi para travel blogger, Singapore merupakan salah satu negara di Asia yang wajib untuk dikunjungi dan mungkin ada yang doyan bolak balik ke Negara Singa ini. Kalau gue sendiri, baru tiga kali menginjakkan kaki di negera tetangga yang mempunyai luas 721,5 km² tapi mampu menyuguhkan berbagai teknologi terbaru. Dibidang transportasi contohnya, Singapore telah lebih dahulu menggunakan MRT sebagai salah satu moda transporasi untuk bepergian dari satu wilayah ke wilayah lain. Nah bagi yang baru pertama kali ke Singapore pasti bertanya-tanya bagaimana cara naik MRT Singapore?

APA ITU MRT

MRT atau Mass Rapid Transit merupakan sebuah sistem transportasi transit cepat menggunakan kereta rel listrik. Selain di Singapore, saat ini MRT sudah menjadi salah satu transportasi pilihan di Ibukota Jakarta.

KENAPA MEMILIH MRT?

Walaupun saat ini sudah ada taxi online, tapi entah kenapa bagi gue pribadi nggak afdol rasanya ke Singapore tanpa mencoba transpotasi yang satu ini. Ahahaha… iya iyaaaa…. Alasan sebenarnya adalah HEMAT. Ya, menggunakan transportasi umum tentu akan memangkas sebagian besar budget kalian.

Bayangkan saja, jika menggunakan taxi dari Changi Airport ke daerah Little India, kalian perlu merogoh kocek sekitar 20 SGD, tapi dengan MRT kalian cukup bayar 10 SGD/hari. Loh? Perhari. Iya, karena gue selalu pakai Singapore Tourist Pass (STP).

TIGA JENIS TIKET MRT SINGAPORE, PILIH MANA?

Yap, ada tiga jenis tiket MRT.

singapore tourist passez linkcara naik MRT Singapore

  1. Single journey ticket. Tiket sekali jalan dimana harganya tergantung pada jarak stasiun asal ke stasiun tujuan. Bisa dibeli lewat vending machine yang ada di setiap stasiun. Menurut gue tiket ini agak ribet karena kita perlu peta MRT dahulu dan harus antri lagi, antri lagi. Kurang efisien sih.
  2. EZ-link card. Merupakan kartu pembayaran yang bisa dipakai dimana saja di Singapore. Yap selain untuk transportasi, bisa juga untuk belanja di merchant-merchant khusus. Serperti kartu Flash gitu. Untuk mendapatkan kartu ini kalian bisa beli mulai harga 12 SGD dengan rincian 7SGD saldo dan 5 SGD sebagai harga kartu dengan masa aktif kartu 5 tahun. Nah EZ-Link Card ini nggak ada saldo tertahan. Jadi kalian bisa merefund sisa saldo tapi 5 SGD yang dibayar diawal nggak bisa direund. Dan lagi-lagi menurut gue ini masih sedikit ribet karena perlu top up saldo. Hehehe.
  3. Singapore Tourist Pass. Ini dia tiket sakti andalan gue untuk jalan-jalan di Singapore. Jadi kartu ini merupakan kartu transportasi unlimited-nya Singapore. Nggak perlu mikirin saldo, kamu mau jalan-jalan bolak balik keluar masuk stasiun monggo aja. Pokoknya tinggal tap, tap dan tap aja. Menurut gue harga kartu atau tiket ini worth it banget loh. Untuk 1 hari 20 SGD, 2 hari 26 SGD dan 3 hari 30 SGD. Nah satu lagi keuntungan tiket ini, saat kalian mengembalikan kartu pas mau pulang ke Indonesia seperti di Changi Airport kalian akan mendapatkan mengembalian 10 SGD. Loh? Karena dikartu STP ini ada saldo tertahan sebanyak 10 SGD.

Jadi kalau ada yang tanya lebih enak pakai yang mana? Ya jelas aja Singapore Tourist Pass dong.

BAGAIMANA MENDAPATKAN SINGAPORE TOURIST PASS?cara naik MRT Singapore

Well pasti ini yang jadi pertanyaan. Dimana? Di stasiun Changi Airport. Yap. Disini tempat paling gampang untuk mendapatkan STP ini. Jika kalian menggunakan Lion Air atau Airasia kemungkinan kalian akan tiba di Terminal 3 atau 4. Nah letak stasiun MRT sendiri berada di Terminal 2. Untuk berpindah terminal kalian cukup naik bus bandara gratis dengan petunjuk : Bus to Terminal 2. Nah setelah sampai di Terminal 2 cari petunjuk jalan : Train to City. Kalau sudah menemukan jalan ke stasiun MRT, kalian akan turun ke bawah (ke stasiun) dengan eskalator yang panjaaaaang. Di bawah eskalator inilah loket tiket STP dan EZ-link berada. Untuk mendapatkan STP, cukup menunjukan passport kalian dan membayar sesuai jumlah hari yang kalian ingin kan. Nah sekarang saatnya naik MRT Singapore.

Informasin selangkapnya tentang Singapore Tourist Pass klik di sini.

CARA NAIK MRT SINGAPORE DENGAN SINGAPORE TOURIST PASS

Nah kalau sudah beli STP, sekarang saat nya naik MRT. Jangan lupa untuk mengambil peta MRT yang tersedia di loket pembelian ya atau kalian bisa download aplikasinya di smartphone dengan kata kunci : MRT Singapore. Sebenarnya mudah banget untuk jalan-jalan menggunakan MRT ini. Kalian hanya harus tau mau kemana dan perhatikan warna line MRT kalian. Kalau line nya warna biru maka kalian hanya perlu mencari MRT dengan line berwarna biru. Tapi kalau misalnya ada dua warna seperti biru dan kuning, maka kalian perlu pindah di stasiun dimana dua warna tersebut bertemu.

Contoh :

Changi Airport to Bugis
– Naik MRT dan turun di stasiun Expo, kemudian ambil line hijau
Disetiap gerbong MRT ada rute stasiun yang mereka singgahi dan ditandai dengan lampu
Bugis to Clarke Quay
– Naik MRT line biru, kemudian turun di stasiun Little India dan pindah ke line ungu

Selain digunakan untuk MRT, STP ini juga bisa digunakan untuk bus loh. Pokoknya kartu super deh untuk backpackeran di Singapore.

Gimana, cukup mudah bukan jalan-jalan di Singapore dengan MRT. Bagi kalian yang nggak mau ribet, bisa langsung tap : TRIP di menu atas, dan temukan pilihan trip sesuai keinginan kalian untuk trip bareng Lilpjourney.

FYI guys, saat ini Singapore telah memberikan himbauan terkait COVID-19 atau Corona Virus. Detailnya bisa kalian baca di sini ya.

PS
Peluk dari jauh

Lilpjourney Seorang travel blogger Indonesia yang suka jalan-jalan menyusuri keindahan alam berbalut adat dengan aroma secangkir kopi.

Tinggalkan Balasan

Hi! Terimakasih telah berkunjung. Silahkan isi nama dengan link blog (contoh lilpjourney.com) biar bisa blog walking. Jika ada pertanyaan dan diskusi silahkan tinggalkan komentar ya