Lilpjourney Seorang travel blogger Indonesia yang suka jalan-jalan menyusuri keindahan alam berbalut adat dengan aroma secangkir kopi.

Cara Menghilangkan Noda Tinta dengan Cepat

1 min read

cara menghilangkan noda tintaCara Menghilangkan Noda Tinta dengan Cepat | Lilstory – Ada suatu kejadian menyebalkan saat gue sedang traveling. Tinta pulpen yang ada di saku tas gue meluber. Alhasil tas backpacker yang berwana merah muda itu langsung terlihat kotor. Auto bikin bad mood. Karena sedang di kota orang, nggak ada pilihan lain selain membawanya ke laundry.

Kenapa Noda Tinta Susah Hilang?

Kalian pernah mengalami kejadi yang gue alami di atas? Atau saku baju putih kalian pernah kena tinta pulpen yang bocor? Pasti kesal kan. Pas dicuci dengan metode biasa, eh nodanya nggak ilang dan meninggalkan bekas.

Jadi tinta pulpen itu teksturnya lebih tebal dan berminyak dan merupakan campuran pewarna dan minyak. Ada juta tinta yang berbahan dasar air yang cenderung lebih mudah dibersihkan. Tapi tetap saja meninggalkan bekas yang mengganggu. Apalagi jika kalian mencucinya saat pulang kerja. Ah tentu saja, si tinta akan kering dan semakin sulit dihilangkan.

4 Bahan Penghilang Noda Tinta

Ternyata ada 4 bahan yang sering kita jumpai sehari-hari dan efektif untuk menghilangkan noda tinta loh. Apa saja?

1# Garam

Menghilangkan noda tinta pada kain dengan garam merupakan cara paling umum dan termudah. Kalian hanya perlu membasahi baju dan mengoleskan sedikit garam pada bagian yang terkena noda tinta, lalu kucek perlahan.

2# Aseton

Aseton atau pembersih cat kuku ternyata cukup efektif untuk membantu menghilangkan noda tinta di baju loh. Kalian cukup mengoleskan sedikit aseton pada noda tinta menggunakan kapas, lalu cuci baju seperti biasa.

3# Tepung Maizena

Ternyata tepung maizena yang sering gue pakai untuk membuat empek-empek bisa untuk penghilang noda tinta loh! Caranya pun cukup gampang, hanya cukup campur tepung maizena dengan sedikit susu hingga bertekstur seperti pasta, kemudian oleskan pada bagian yang terkena tinta. Biarkan kering kemudian cuci bersih.

4# Cuka

Cuka merupakan salah satu bahan yang tidak asing di rumah gue. Selain bisa digunakan untuk mengolah masakan, ternyata bisa menjadi penyelamat untuk memusnahkan noda tinta dari pakaian. Kalian hanya perlu membuat campuran 3 sendok tepung maizena dengan 2 sendok cuka sampai bertekstur seperti pasta. Sebelum pasta dioleskan, kalian harus menuangkan sedikit cuka pada noda tinta, kemudian baru oles dengan pasta. Tunggu kiring, baru cuci hingga bersih.

Cara Menghilangkan Noda Tinta dengan Cepat

Tapi gue punya trik khusus nih untuk menghilangkan noda tinta dengan cepat yang biasa gue lakukan. Sebelumnya kalian perlu menyiapkan cuka putih ya. Lalu ikuti langkah-langkah berikut ini :

  1. Siapkan wadah. Kemudian masukan air dan cuka putih dengan perbandingan 1:1. Pastikan air yang kalian gunakan bukan air panas agar noda tidak semakin menempel. Gunakan air dingin atau air bersuhu ruang ya.
  2. Celupkan bagian baju yang terdapat noda tinta lalu diamkan selama kurang lebih 30 menit.
  3. Gosok perlahan atau cukup ditepuk dengan jari pada bagian yang kotor agar noda hilang. Jangan terlalu keras ya!
  4. Nah ini rahasia gue. Setelah noda pudar, lanjutkan mencuci dengan detergen liquid. Dijamin baju kesayangan kalian yang terkena noda akan bersih dan terhindar dari kuman hingga 99%.

Kesimpulan 

Sebenarnya gue kadang mager mau melakukan trik tadi. Dan cenderung lebih suka menyerahkan urusan noda tinta pada ahlinya. Untung tempat laundry dekat rumah selalu terpercaya untuk urusan noda tinta.  Ternyata mereka menggunakan deterjen cair Rinso Professional Liquid 5L.

Semoga cara menghilangkan noda tinta dengan cepat ini dapat membantu masalah baju bersih di rumah ya!

Lilpjourney
Lilpjourney Seorang travel blogger Indonesia yang suka jalan-jalan menyusuri keindahan alam berbalut adat dengan aroma secangkir kopi.

One Reply to “Cara Menghilangkan Noda Tinta dengan Cepat”

  1. lho, tepung maizena bisa menghilangkan bekas tinta, kudu dicoba nih, kebetulan ada celana yang kena tinta nih,.. kesel banget jadi ga bisa dipake ke luar

Tinggalkan Balasan

Hi! Terimakasih telah berkunjung. Silahkan isi nama dengan link blog (contoh lilpjourney.com) biar bisa blog walking. Jika ada pertanyaan dan diskusi silahkan tinggalkan komentar ya