Lilpjourney Seorang travel blogger Indonesia yang suka jalan-jalan menyusuri keindahan alam berbalut adat dengan aroma secangkir kopi.

3 Trik Cara Mencuci Sepatu Canvas Agar Awet

3 min read

5 trik cara mencuci sepatu canvas agar awet
Yuk simak 5 trik cara mencuci sepatu canvas agar awet.

Lilpjourney.com | Travel Story – Sebagai seorang pecinta sepatu canvas penting banget untuk tau bagaimana cara mencuci sepatu kanvas. Pernah suatu ketika gue mencuci sepatu kanvas warna hitam, eh habis dicuci warnanya jadi pudar. Sedih banget dong. Apalagi sepatu itu gue beli di official store-nya. Setelah kejadian gue belajar banget cara merawat sepatu kanvas agar tetap awet.

Sejarah Sepatu Kanvas

Sepatu kanvas memang banyak digemari oleh banyak orang, tidak peduli tua atau muda. Bagi mereka yang suka dengan tampilan fleksibel, kasual tapi tetap elegan, tentu sepatu kanvas bisa menjadi pilihan tepat. Apalagi sepatu kanvas termasuk sepatu yang mudah dibersihkan.

Tapi tau nggak sih, sepatu ini juga punya sejarah loh. Menurut beberapa sumber, sejarah sepatu kanvas bermula dari masa perang dunia ke I, yaitu sekitar tahun 1917 an. Sayangnya, gue nggak menemukan informasi yang akurat tentang siapa penemu sepatu kanvas. Akan tetapi sepatu kanvas telah melalui banyak percobaan yang sangat rumit untuk menyatukan kain dengan karet.

Ketagihan Beli Sepatu Kanvas

Pertama kali gue beli sepatu kanvas itu tahun 2014. Waktu itu gue sedang kunjungan kerja ke Surabaya. Usai meeting, sebelum kembali ke hotel gue memutuskan mampir ke mall. Awalnya cuma mau shopping window aja, eh tapi diskon memang musuh kaum hawa ya guys. Akhirnya setelah pertentangan batin, sepasang sepatu kanvas berwarna putih gue adopsi.

Ternyata benar ya, kalau sepatu canvas itu nggak akan ketinggalan zaman. Dan gue selalu pakai sepatu kanvas satu-satunya yang gue punya saat pergi traveling. Bersyukur banget si putih awet. Cuma ya tetap perlu pemain cadangan.

Waktu jadi tour guide ke Singapore tahun 2019, kebetulan tamu gue suka shopping di mall. Jadi di Singapore itu kalau kalian mau masuk/keluar stasiun MRT akan melewati mall. Dan tamu gue demen dong. Mampirlah dia kebeberapa toko. Gue pun ngintil aja dibelakang mereka. Namanya juga private tour. Sampailah di official store sepatu kanvas yang gue pakai.

Saat mereka asyik memilih sepatu, gue pun terpikat sama sepasang sepatu kanvas putih bergambar Hello Kitty. Kakak penjaga tokonya langsung nyamperin dan dia bilang : ini limited edition kak, kolaborasi sama Hello Kitty Sanrio. Ada yang untuk anak-anak dan dewasa. Karena ukuran kaki gue mungil, 35 atau 36, gue iseng cobain ukuran anak-anak yang paling gede. Dan muaaat! Hahaha. Seketika gue heboh dan malu. Astaga ini sepatu anak-anak dan muat di kaki gue. Semakin happy karena harga sepatu anak-anak lebih murah dari pada sepatu dewasa. Bungkus! Hehehe.

Cara Mencuci Sepatu

Gue sadar saat membeli sepatu kanvas putih, gue harus ekstra hati-hati saat memakai dan juga membersihkan. Kalau kena kotoran seperti lumpur, tentu warna putihnya lama kelamaan akan menjadi kekuningan. Akhirnya beli warna hitam, eh tapi karena gue ceroboh saat mencuci warna nya berubah jadi coklat.

cara mencuci sepatu
Cara mencuci sepatu canvas yang tepat akan menghasilkan sepatu yang bersih dan warna yang awet

 

Akhirnya memutuskan untuk belajar cara mencuci sepatu kanvas yang baik. Agar si putih tetap putih dan si hitam tetap hitam.

1# Bersihkan Kotoran saat Sepatu Kering

Dulu gue sering teledor, langsung celupin si sepatu yang kotor ke air. Harapannya agar si kotoran bisa larut di air. Ternyata nggak gitu hayati. Sebelum mencuci sepatu kanvas, berishkan dulu kotoran yang menempel dalam keadaan sepatu kering. Kenapa? Karena lumpur, pasir atau tanah ternyata lebih mudah dibersihkan dalam keadaan sepatu kering. Kalian bisa menggunakan sikat gigi bekas untuk menghilangkan kotoran yang menempel. Baru deh semprot dengan air yang mengalir dari selang.

2# Pilih Detergen yang Tidak Mengandung Pemutih

Awalnya gue sering banget mencuci si putih dengan detergen yang mengandung pemutih. Eh ternyata nggak boleh ya. Walaupun kalian sedang mencuci sepatu berwarna putih, tetap harus menghindari penggunaan deterjen atau sabun cuci dengan kandungan pemutih. Cara mencuci sepatu dengan menghindari kandungan natrium hipoklorit atau natrium perklorat pada pemutih untuk menjaga serat kain tetap halus dan tidak mudah terkikis.

Nah untuk urusan detergen sih, dari dulu Rinso selalu jadi andalan. Rinso Molto Rose Fresh yang bisa menghilangkan noda dalam satu kali kucek, melindungi dari bakteri dan menjaga warna kain pun gue percaya untuk urusan mencuci sepatu kanvas. Tapi yang paling penting adalah, produk Rinso ini sudah ada sertifikat halal.

3# Hindari Menjemur di Bawah Matahari Langsung

Hayo siapa yang suka jemur sepatu di atas genteng rumah? Nah cara mencuci sepatu kanvas selanjutnya adalah menjemur sepatu di tempat yang tidak terkena sinar matahari secara langsung. Sebelum menjemur, pastikan sepatu yang kalian cuci sudah benar-benar bersih tidak ada sabun atau busa yang tersisa. Pengalaman gue ya, kalau masih ada busa disepatu gue yang hitam ada kaya bekas gelembung gitu.

Nah kenapa sih harus menjemur sepatu di tempat yang tidak terkena sinar matahari langsung? Agar serat kain tetap awet dan warnanya tidak gampang putar, kalian nggak boleh asal jemur sepatu di tempat panas. Alternatifnya, kalian bisa pakai kipas angin. Waktu gue lagi ke Toraja pas lihat upacara adat Ma’nene’, eh pulangnya kehujanan. Sepatu pun kotor dan basah. Oke deh langsung gue bersihin di hotel, lap dengan tisu/handuk agar airnya kering dan terakhir gue kipas angin semalaman. Alhamdulillah pagi sudah kering.

Kesimpulan

Nah itu tadi 3 trik cara mencuci sepatu canvas agar awet versi gue. Karena sepatu ini gue beli dengan hasil keringat sendiri, jadi rasanya sayang aja kalau sampai rusak. Terlebih belinya saat diskon dan limited edition. Semoga cara mencuci sepatu ini bisa membantu kalian merawat sepatu canvas kalian ya.

PS
Peluk dari jauh

Lilpjourney
Lilpjourney Seorang travel blogger Indonesia yang suka jalan-jalan menyusuri keindahan alam berbalut adat dengan aroma secangkir kopi.

Mengenal Direktori Penyakit di Aplikasi SehatQ.com

Mengenal Direktori Penyakit di Aplikasi SehatQ.com | Health Story – Memasuki industri 4.0, ada banyak kemudahan yang bisa kita rasakan. Salah satunya di dunia...
Lilpjourney Lilpjourney
2 min read

Tinggalkan Balasan

Hi! Terimakasih telah berkunjung. Silahkan isi nama dengan link blog (contoh lilpjourney.com) biar bisa blog walking. Jika ada pertanyaan dan diskusi silahkan tinggalkan komentar ya