Lilpjourney Seorang travel blogger Indonesia yang suka jalan-jalan menyusuri keindahan alam berbalut adat dengan aroma secangkir kopi.

Mengasah Skill Pemrograman dengan Bimbel IT

2 min read

bimbel it

Mengasah Skill Pemrograman dengan Bimbel IT | Tech – Dulu gue bermimpi menjadi sarjana IT yang mahir membuat website dan aplikasi. Sayangnya semua harus berhenti di tengah jalan. Tapi era industri 4.0 telah membawa banyak kemudahan. Bimbingan belajar online untuk mengasah kemampuan bisa kita manfaatkan, seperti kursus algoritma pemrograman.

Kenapa Tertarik dengan IT?

Sebagai seorang milenial, tentu dunia IT bukan hal yang asing untuk gue. Walaupun gue tumbuh dan besar di daerah pedesaan, bukan berarti gue harus tertinggal pada perkembangan IT. Suatu ketika gue ke warung internet dan membuat akun Facebook untuk pertama kalinya. Gue merasa takjub dengan si pembuat Facebook ini.

Mungkin dari sanalah gue mulai tertarik dengan dunia IT. Hingga saat ini, dunia IT merupakan lahan basah yang sepertinya tidak akan mudah tandus. Kecuali si manuasianya yang tidak tertarik untuk berkembang.

Tapi tau nggak sih apa saya prospek pekerjaan bidang IT selaian membuat website?

1# Developer Aplikasi Smartphone

Merupakan programmer yang mampu merancang sekaligus membuat aplikasi baik di iOS ataupun Android.

Bagi Android developer diwajibkan menguasai bahasa pemrograman Java ataupun Kotlin dan harus berkolaborasi dengan UX desainer untuk mendapatkan aplikasi yang mudah digunakan user. Sedangkan untuk iOS developor harus mahir bahasa pemrograman Swift ataupun pemrogaman objective-C.

2# Cyber Security Analyst

Pernah dengar suatu situs website yang dibobol? Hal ini dapat terjadi karena suatu sistem informasi buatan manusia biasanya mempunyai celah keamanan atau bug. Nah untuk mencegah hal-hal yang tidak diinginkan, maka diperlukan seorang Cyber Security Analyst. Tugas Cyber Security Analyst adalah menguji sistem keamanan dan melaporkan jika ada celah keamanan.

3# Software Engineer

Dulu gue sempat bermimpi bisa menjadi seorang software engineer. Prospek kerja IT ini sangat besar. Agar bisa menjadi software engineer, diharuskan bisa menguasai bahasa pemrograman seperti Javascript, php, ataupun Objective-C.

4# Game Developer 

Tertarik dengan dunia game? Sejak dulu, industri game memang tak pernah sepi peminat. Apalagi semenjak kemunculan smartphone. Tentu dunia game semakin berkembang. Untuk menjadi game developer kalian harus menguasai algoritma dan bahasa pemrograman game, misalnya pemrograman C++.

Bimbel IT course-net.com

Kursus Algoritma Pemrograman

Sebagai mantan mahasiswa, gue paham ada banyak ilmu yang rasanya masih kurang dibahas di bangku kuliah atapun sekolah dulu. Ya gue dulu sekolah jurusan Multimedia dan kuliah jurusan Teknik Informatika.

Semenjak pandemi, gue punya banyak waktu di rumah. Sekarang gue bisa kerja dari rumah dengan satu kali klik. Jika kemarin gue pernah ikut kelas SEO untuk menambah ilmu seputar blog, sepertinya sekarang gue harus ilmu dengan bimbel IT. Apalagi akhir-akhir ini ada beberapa tawaran untuk make over website sebuah brand. Sudah saatnya gue kursus algoritma pemrograman.

Terus di mana sih bimbingan belajar IT yang rekomen? Course-net.com jawabannya. Jadi Course-Net Indonesia merupakan bimbel online yang sudah berdiri sejak tahun 2015 dan sudah menghasilkan 7.000 lebih lulusan dari seluruh Indonesia bahkan luar negeri. Tidak hanya memberikan bimbingan kepada IT Professional, Course-Net juga memberikan bimbingan untuk  pelajar, mahasiswa, hingga business owner.

Jika kalian ikut bimbel online di Course-Net, kalian nggak cuma dapat ilmu, tapi juga sertifikat. Sertifikat ini penting banget saat kalian akan terjun ke dunia kerja ataupun mendirikan perusahaan.

5 Materi yang Wajib Dikuasai Ahli IT

1# Algoritma dan pemrograman

Algoritma dan pemrograman merupakan materi dasar belajar coding. Jadi sebelum bermimpi membuat aplikasi atau website, kalian wajib menguasai dua hal ini.

2# Struktur Data

Seorang ahli IT harus menguasai optimisasi memori dari program yang dibuat.

3# Object Oriented Programming (OPP)

Saat ini semua bahasa pemrograman sudah berbasis OOP. Jadi pastikan kalian tidak melewatkan materi OPP ya.

4# Database System

Semua aplikasi pasti ada databasenya. Sejujurnya dulu gue paling sering absen mata kuliah database. Padahal materi ini sangat penting dalam pembuatan aplikasi.

5# Jaringan Komputer

Jaringan komputer merupakan basic IT infrastructure untuk bertukar data.

Jika kalian mengikuti kursus algoritma pemrograman di Course-Net, kalian akan mempelajari kelima materi di atas.

Kesimpulan

Jika kalian mempunyai ketertarikan di dunia IT, gue rekomendasikan untuk mengikuti bimbingan belajar di Course-Net. Oh iya, bagi kalian pemegang Kartu Prakerja, kalian bisa ikut bimbel mereka juga loh.

Lilpjourney Seorang travel blogger Indonesia yang suka jalan-jalan menyusuri keindahan alam berbalut adat dengan aroma secangkir kopi.

Tinggalkan Balasan

Hi! Terimakasih telah berkunjung. Silahkan isi nama dengan link blog (contoh lilpjourney.com) biar bisa blog walking. Jika ada pertanyaan dan diskusi silahkan tinggalkan komentar ya