Lilpjourney Seorang travel blogger Indonesia yang suka jalan-jalan menyusuri keindahan alam berbalut adat dengan aroma secangkir kopi.

Solusi Aqiqah Keluarga Indonesia, Aqiqah Nurul Hayat

4 min read

aqiqah keluarga indonesia

Lilpjourney.com | Lil G Story – Memasuki usia kehamilan 26 minggu, aku dan suami mulai mempersiapkan kelahiran buah hati kami. Salah satu yang paling hangat kami perbincangkan adalah perihal Aqiqah. Ada banyak sekali kebimbangan tentang pelaksanaan Aqiqah. Untung saja kami sudah menemukan solusi Aqiqah keluarga Indonesia. Yuk simak cerita kami.

Hello Lil G, Anak Pertama dan Cucu Pertama

“Ya Tuhanku, anugrahkanlah kepadaku (seorang anak ) yang termasuk orang-orang yang saleh”. (QS. Ash Shaffaat: 100)

Pasca fase patah hati bulan Agustus tahun 2021, dimana kami harus mengikhlaskan buah hati kami untuk kembali kepada Sang Pencipta, alhamdulillan awal tahun 2022 kami diberikan kepercayaan lagi. Minggu ini kehamilan keduaku telah memasuki usia 26 minggu.

Setiap hari, aku dan suami lalui dengan berdoa semoga dia tumbuh sehat dan bahagia. Saat check up kandungan rutin, tangis kami pecah saat mendengar detak jantung si buah hati untuk pertama kalinya. Begitupun saat aku merasakan betapa kuat tendangan si kecil di dalam perut. Rasanya sudah tidak sabar untuk bertemu dengan anak pertama kami.

Lil G. Begitulah kami memanggil calon buah hati kami. Karena kami berencana memberikan nama dengan awalan huruf G. Tidak ada cerita khusus sebenarnya kenapa harus huruf G.

Saat ini keluarga kami sedang menebak-nebak apakah jenis kelamin anak pertama kami? Apakah laki-laki atau perempuan, diiringi dengan celotehan :

“Kalau laki-laki harus siapin dua kambing. Tapi kalau perempuan cukup satu kambing aja untuk Aqiqah,” tutur Ibu.

Selain mempersiapkan nama yang mempunyai seribu doa baik dan harapan untuk anak kami, tentu saja kami perlu persiapan untuk Aqiqah. Setelah diskusi panjang dengan keluarga. Akhirnya diputuskan untuk aqiqah di rumah kami sendiri sebagai calon orangtua. Maklum saja, selain anak pertama Lil G juga cucu pertama, baik di keluargaku ataupun di keluarga suamiku. Jadi wajar para nenek inginnya Aqiqah di rumah mereka hehehe. Solusi terbaik ya di rumah kami.

Mengapa Anak Harus Aqiqah? Keutamaan Aqiqah Anak

Mengapa setiap orangtua dianjurkan untuk melakukan aqiqah anak? Aqiqah adalah pengurbanan hewan dalam syariat Islam, sebagai bentuk rasa syukur orangtua terhadap Allah SWT atas bayi yang dilahirkan. Hukum aqiqah sendiri menurut pendapat yang paling kuat adalah sunah muakadah (yang diutamakan), dan ini adalah pendapat jumhur ulama menurut hadis (sumber : Wikipedia).

Kapan waktu pelaksanaan aqiqah? Berdasarkan hadits shahih, aqiqah dapat dilaksanakan pada hari ke tujuh dihitung dari hari kelahiran bayi. Namun ada pula hadits yang mengatakan, bahwa aqiqah dapat dilaksanakan pada hari ke-7, ke-14 atau ke-21. Namun waktu-waktu tersebut bukanlah waktu yang mutlak, karena aqiqah dapat dilaksakan kapanpun saat ada rezeki. Jika orangtua tidak mampu, maka tidak wajib untuk melaksanakan aqiqah. Apabila saat sudah dewasa dan sang anak hendak melakukan aqiqah untuk dirinya sendiri, maka diperbolehkan.

Memperiapkan Aqiqah Anak

Sejak awal kehamilan, aku dan suami sudah banyak diskusi tentang aqiqah anak. Salah satunya yaitu tentang bagaimana penyelenggaraannya nanti. Mengingat rumah kami yang mungil, rasanya sulit untuk mengabulkan permintaan duet maut para nenek di dapur. Sampai akhirnya kami menemukan solusi, aqiqah siap saji.

Setelah mendengar cerita dari Kak Halidah dan Kak Silvia yang baru melaksanakan aqiqah akhir tahun 2021 kemarin, tekat kami untuk Aqiqah siap saji semakin kuat. Mengadapa demikian?

Kak Halidah melaksanakan aqiqah independen. Maksudnya, beliau memilih, membeli, dan memasak kambing untuk aqiqah sendiri. Saat beliau cerita, kami dibuat tercengang. Ternyata harga kambing di Banjarmasin ukuran sedang hampir 3juta (kalau sekarang, saat ada wabah PMK harganya hampir 3,5juta). Harga ini belum termasuk biaya sembelih, bumbu untuk memasak kambing, belanja bahan makanan lain untuk tamu yang tidak bisa makan daging kambing.

Sedangkan Kak Silvia memilih untuk aqiqah siap saji. Saat aku tanya mengapa memilih aqiqah siap saji, dia menuturkan bahwa aqiqah siap saji tentu nggak bikin repot membeli dan memasak kambing. Selain itu, dari segi biaya ternyata sama saja. Bahkan cenderung lebih hemat, karena tidak perlu tambahan biaya seperti untuk menyembelih kambing.

Sekarang yang menjadi PR aku dan suami adalah memilih tempat aqiqah siap saji yang terpercaya.

Aqiqah Keluarga Indonesia bersama Aqiqah Nurul Hayat

Untung saja teknologi saat ini sudah semakin pesat. Jadi kita bisa menemukan berbagai informasi lewat smart phone. Tak terkecuali informasi tentang aqiqah siap saji. Saat berselancar, aku menemukan Aqiqah Nurul Hayat.

Berdiri sejak 2003, Aqiqah Nurul Hayat  dikenal sebagai Pelopor Aqiqah Siap Saji. Aqiqah Keluarga Indonesia Nurul Hayat adalah unit usaha Pondok Pesantren Nurul Hayat di Surabaya. Mempunyai 30 lebih cabang di Indonesia, Aqiqah Nurul Hayat sudah melayani puluhan ribu aqiqah setiap tahunnya.

Loh mereka kan ada di Surabaya, memang ada cabang di Banjarmasin? ADA! Jadi 30 cabang yang mereka miliki tidak hanya tersebar di Pulau Jawa. Tapi juga ada di luar Pulau Jawa seperti Makassar, Banjarmasin, dan Palembang. Selengkapnya bisa kalian cek di website Aqiqah Nurul Hayat  ya.

Selain sudah terpercaya, ada beberapa alasan kenapa kami berencana untuk mempercayakan aqiqah anak pertama pada Aqiqah Keluarga Indonesia Nurul Hayat.

1# Aqiqah Keluarga Indonesia Berpengalaman dan Terpercaya

Sudah berpengalaman hampir 10 tahun dan sudah dipercaya puluhan ribuan pelanggan. Aqiqah Nurul Hayat telah membantu pelaksanaan ibadah Aqiqah lebih dari 3000 kambing setiap bulannya dan terdistribusi hingga 60 kota di seluruh Indonesia.

2# Sesuai Syariat

Salah satu yang harus kita perhatikan sebelum memilih Aqiqah siap saji adalah harus sesuai syariat. Aqiqah Nurul Hayat menjamin semua proses pelaksanaan aqiqah mulai dari pemilihan hewan, proses penyembelihan, dan proses memasak memenuhi syarat sahnya Aqiqah serta telah tersertifikasi HALAL dari majelis Ulama Indonesia.

3# Aqiqah Sekaligus Sedekah

Dengan mempercayakan aqiqah di Nurul Hayat, insyaAllah semakin berkah karena semua keuntungan penjualan digunakan untuk mendukung program dakwah dan sosial Nurul Hayat. Jadi kita bisa melakukan aqiqah sekaligus bersedekah untuk ummat bukan?

Perkiraan Biaya Aqiqah

nasi kotak aqiqah nurul hayatSetiap orangtua tentu ingin memberikan yang terbaik untuk buah hatinya. Tak terkecuali kami. Ada banyak persiapan yang kami lakukan. Baik fisik maupun materi. Persiapan fisik diperlukan untuk menjalanin kehamilan yang sehat dan bahagia, serta untuk merawat anak setelah lahir. MasyaAllah membayangkannya saja sudah membuat dada ini dipenuhi rasa bahagia.

Kemudian persiapan materi tak luput dari perhatian kami. Baik materi untuk kebutuhan bulanan saat hamil, persiapan barang kebutuhan anak, biaya lahiran, dan juga untuk Aqiqah. Karena ini anak pertama, jadi kami benar-benar belajar dari nol.

aqiqah nurul hayatBersyukur banget untuk urusan persiapan Aqiqah, website Aqiqah Nurul Hayat memberikan informasi yang lengkap. Di websitenya juga sudah tercantum biaya Aqiqah yang terbagi menjadi 2 kategori, paket Aqiqah dan Aqiqah plus nasi kotak. Masing-masing kategori ada 4 jenis paket, yaitu platinum, istimewa, super, dan puas. Berkat informasi lengkap website mereka, persiapan Aqiqah anak pertama kami semakin matang.

Dari paket Aqiqah plus nasi kotak, aku tertarik sama menu nasi samin. Hehehe. Maklum saja semenjak tinggal di Banjarmasin, aku jadi suka masakan Arab seperti nasi samin. Jadi penasaran bisa request nasinya menggunakan beras basmati khas Arab nggak ya? Itu loh beras yang kurus panjang.

Oh iya berbicara tentang Aqiqah tentu kita harus hati-hati terhadap virus Penyakit Mulut dan Kuku (PMK) yang menjangkit hewan berkuku genap seperti kambing. Jadi ada baiknya mempercayakan Aqiqah pada ahlinya seperti Aqiqah Nurul Hayat ini. Mereka tentu sudah sangat berpengalaman memilih kambing yang sehat dan berkualitas untuk Aqiqah.

Lomba Blog Aqiqah Nurul Hayat

Lomba Blog Hari Keluarga NasionalAda kabar baik nih teman-teman. Dalam rangka memperingati Hari Keluarga Nasional (HARGANAS) 29 Juni 2022, Aqiqah Nurul Hayat bekerja sama dengan Casa Kreatif menyelenggarakan lomba menulis pada platform blog. Diharapkan dengan adanya lomba pada Hari Keluarga Nasional menjadi semangat dalam membangun keluarga sejahtera.

Yuk yang suka nulis dan mau berbagi cerita seputar Aqiqah, bisa ikut lomba blog dengan tema Memperingati Hari Keluarga Nasional : Aqiqah Nurul Hayat Aqiqah Keluarga Indonesia. Syarat dan ketentuan lombanya dapat kalian cek di halaman Casa Kreatif berikut ini. Segera kirim artikel terbaik kalian sebelum 15 Juli ya!

Lilpjourney Seorang travel blogger Indonesia yang suka jalan-jalan menyusuri keindahan alam berbalut adat dengan aroma secangkir kopi.

Tinggalkan Balasan

Hi! Terimakasih telah berkunjung. Silahkan isi nama dengan link blog (contoh lilpjourney.com) biar bisa blog walking. Jika ada pertanyaan dan diskusi silahkan tinggalkan komentar ya

© Copyright 2021 - lilpjourney.com