Thursday, November 21, 2019

BE HAPPY MENJADI SOLO TRAVELER, YANG PENTING ADA ITINERARY! | LIL P JOURNEY

Rindu Bali! | dok Pribadi

BookingLokal - Apa serunya sih jadi solo traveler? Nggak takut nyasar apa? Kamu kan cewek, bahaya loh. Liburan terus, emang uangnya nggak habis? Tutur beberapa orang yang tau hobby nyeleneh gue, suka tiba-tiba ilang dan kasih kabar (lebih tepatnya pamer foto di story instagram) begitu sampai di pulau seberang. Solo traveler itu bikin gue lebih bebas mau melangkah kemana aja. Tapi bagian terseru saat bepergian seorang diri itu ketika menyusun itinerary liburan. Membayangkan kemana saja kaki akan melangkah dan bersenang-senang membuat gue semakin antusias. Setelah diingat-ingat, intensitas liburan gue tahun 2019 ini lebih banyak dari pada tahun 2018. Dan seingat gue yang selalu merasa kurang liburan, gue sudah pergi hampir 10 kali tahun ini. Tapi ya tetep aja, sidrom kurang liburan tetap gue rasain.

BERPENGALAMAN LEBIH DARI 2 TAHUN

Sejak travelmate gue melabuhkan hatinya, pertengahan tahun 2017 gue memutuskan menjadi solo traveler. Yang penting : muda berkelana, tua bercerita Hal terpenting sebelum gue memulai perjalanan adalah membuat itinerary liburanku. Dimulai menentukan tanggal keberangkatan, memilih lokasi penginapan, referensi tempat wisata yang harus dikunjungi, kuliner khas daerah dan festival apa yang mungkin akan diselenggarakan saat gue liburan.

Sebagai pekerja kantoran yang suka berlibur dan menutup tahun dengan memberi reward ke diri sendiri karenatelah menjalani 365 hari dengan luar biasa, penghujung tahun kali ini gue memutuskan berlibur 3 hari dua malam di Bali. Ya, siapa yang tak kenal destinasi wisata yang satu ini. Pulau 'Dewata' Bali yang terkenal dengan kekentalan budaya Hindu-nya ini telah menyedot wisatawan dari berbagai belahan dunia. Pesona alam dan adatnya menjadi komposisi yang pas hingga menjadikan Bali sebagai primadona pariwisata di Indonesia. Bahkan tiga kali mengunjungi Bali tak juga cukup untuk gue. Jadi, tak ada salahnya memanjakan diri dengan terik matahari di pantai-pantai indah di Bali atau sedikit tracking mengunjungi Pura Lempuyang yang merupakan salah satu pura tertua di Bali.

#Menentukan Tanggal dan Mengejar Tiket Promo

Hal terpenting sebelum mengajukan cuti adalah mencari tiket promo. Hahaha. Setelah mendapatkan tiket, langsung deh mengajukan cuti. Karena 99% cuti gue selalu di approve ketika gue melampirkan tiket pesawat. Maaf-maaf ini pemaksaan sih. Tapi, solusi terbaik meregenerasi mood adalah dengan bepergian.

#Pilih Lokasi Menginap yang Strategis

Salah satu hal terpenting saat akan berlibur adalah mencari hotel. Memastikan lokasi hotel cukup strategis untuk berlibur adalah tips mudah menikmati liburan. Sayangnya hotel yang memiliki lokasi strategis pasti punya rate harga yang lumayan. Nah karena liburan kali ini cuma 3 hari 2 malam, jadi gue pengen hotel yang ramah kantorng tapi nyaman untuk staycation juga. Jadi harus punya fasilitas yang bisa memanjakan gue. Khusus untuk Bali, gue suka hotel yang heritage gitu.

Nah salah lokasi paling enak untuk staycation di Bali itu di Seminyak. Selain dekat dengan Pantai Legian dan banyak beach club seru yang bisa kalian nikmati disekitar Seminyak, wisata kuliner di Seminyak juga patut untuk dicoba.

Rp1000 Satu Malam Pertama dari BookingLokal
Jadi, nggak salah dong ya gue memilih hotel di sekitar Seminyak untuk staycation barang 1 atau 2 malam. Hehehe. Apalagi gue yang pecinta coffee and ice cream pengen banget nikmatin ice crean di Gusto Gelato & Caffe. Eh tapi, kembali ke awal. Harga hotel di sekitar Seminyak itu mahal Putri! Ahaha! Tenang guys! Ada BookingLokal dengan promo Rp1000 Satu Malam Pertama. Beneran Rp1000 Satu Malam Pertama loh!

Caranya? Gampang! Untuk kalian yang baru pertama kali membuka BookingLokal, kalian hanya perlu mendaftarkan diri di situs BookingLokal dengan memasukan nomor HP, alamat email dan nama sesuai di KTP. Catatan pentingnya, pastikan nomor HP yang kalian masukan masih aktif ya untuk memverifikasi akun kalian.

Masukan Nomor HP, klik verifikasi dan tunggu kiriman kode verifikasi akun di nomor HP kalian.

Lengkapi data diri kalian
Setelah akun kalian di BookingLokal berhasil dibuat, yuk mari nikamti Rp1000 Satu Malam Pertama! Karena gue pengen staycation di Legian, Pondok Alit Resort jadi piluhan gue. Dan see guys! Benar-benar Rp1000 Satu Malam Pertama! Ditambah diskon 50% untuk hari kedua! Gimana? #Gampangkan buat dapetin promo dan booking hotel di BookingLokal!

By the way, kenapa sih gue milih BookingLokal sebagai platform pemesanan hotel? Karena BookingLokal merupakan platform booking hotel yang rekomended untuk para traveler seperti gue karena menyediakan harga dan promo terbaik. Nggak bikin kantong jebol dong meski solo traveling.

#Saatnya Membuat Itinerary!

Yay! Hal yang paling gue suka saat merencakan liburan itu membuat itinerary! Menentukan kemana saja kaki akan melangkah memang menjadi hal paling mendebarkan. Hohoho. Iyalah mendebarkan, secara gue kan solo traveler nih. Hahaha.

DAY 1

10.00am
Sampai Bali dan langsung taruh barang di hotel. Biasanya sih belum bisa check in karena masih pagi.

11.00am - 02.00pm

Hari pertama di Bali kali ini gue pengen cobain Rafting Sungai Ayung Ubud. Walaupun perkiraan cuaca di Bali pada Bulan Desember diperkirakan hujan, tapi tak meyurutkan minat gue untuk berlibur ke Bali dan mencoba rafting. Aman nggak sih? Sebenarnya bukan hujan yang bikin aktiftas rafting tidak aman, tapi dipengaruhi ketinggian dan kecepatan arus sungai. Jadi selama ketinggian air sungai masih di zona hijau dan kecepatan arus sedang, rafting masih aman dilakukan saat hujan.

02.00pm - 04.00pm 
Monkey Foret Ubud menjadi destinasi kedua setelah Rafting Sungai Ayung Ubud. Alasan gue kenapa kesini simples sih, karena gue belum pernah kesini sebelumnya saat berlibur ke Bali. Hehhee

05.00pm - 09.00pm
Kembali ke hotel untuk check in dan mandi. Selanjutnya? Oh come on dude! Sky Tryst Bar dengan jacuzzi dan sunsetnya udah nunggu loh! Tapi nih, Mrs Sippy Bali, kolam air asin terbesar di pulau Dewata, juga seru buat leyeh-leyeh dan menikmati sisa liburan di hari pertama. Jadi kemana nih? Dua-duanya juga boleh dong!

DAY 2
05.00am - 08.00 am 
Mengejar sunrise di Pantai Mesari yang lokasi tk begitu jauh dari Pondok Alit Resort yang gus pesan di BookingLokal menjadi pengawal hari kedua gue di Bali. Lalu dilanjutkan dengan bersantai dan menikmati fasilitas serta suasana heritage Pondok Alit Resort.

08.00am - 10.00am
Nook Bali, cafe dengan konsep sederhana khas pedesaan dengan pemandangan sawah ini cocok banget buat menyantap sarapan. Menu makanannya juga beragam, mulai makanan tradisional hingga western juga tersedia.

10.00am - 11.30am
La Laguna merupakan salah satu cafe yang sedang happening sekarang. Menampilkan suasana yang eksotis dengan dekorasi bergaya bohemian seperti perkampungan gipsi. Waaah instagramble banget dong yaaa.

11.30am - 01.00 pm
Pura Petitenget. Pura ini punya sejarah pantai yang unik untuk ditelusuri.

01.00pm - 03.00pm
Seminyak Square. Nggak lupa dong yaaa mau belanja dan santap siang di resto Seminyak Square. Hehehe

03.00pm - 05.30pm
Prana Spa. Yuhuuuu puas belanja saatnya relaksasi dan memanjakan diri di Prana Spa.

05.30pm - 06.00pm
Pantai Seminyak. Iya, gue belum pernah ke Pantai Seminyak sebelumnya. Jadi nggak ada salahnya dong gue pengen masukin Pantai Seminyak ke itinerary liburanku


06.00pm - 08.00pm
Potato Head Beach Club. Yuuhuuuuu gue kangen sama tempat yang satu ini. Selepas menikmati santai di Potato Head, mari kembali ke hotel dan duduk santai sambil baca buku.

DAY 3

06.00am - 09.00am
Saatnya bersantai dan menikmati sarapan serta fasilitas hotel.

09.00am - 10.00am
Everything 100.000. Okay, kali ini gue emang sedikit ingin berboros. Tempat belanja murah di Bali yang sayang untuk dilewatkan.

10.00am - 11.00am
Sebelum pulang, gue pengen menuntaskan hajat gue untuk menikmati ice cream cone di Gusto Gelato & Cafe.

Well itu tadi itinerary liburan akhir tahun ala gue. Bepergian keluar kota sesekali memang diperlukan untuk memberi reward ke diri sendiri setelah berjuang melawan tuntutan hidup. Hehehe. Oops! Inget yaaa, booking hotelnya di BookingLokal dengan promo Rp1000 Satu Malam Pertama. Biar hemat dan liburan kalian jadi lebih nyaman.

PS
Peluk dari jauh

Share:

0 comments:

Post a Comment

Hello! Terimakasih sudah mampir. Sertakan alamat blog ya...biar kita bisa ngopi bareng #eeh