Thursday, November 21, 2019

BANJIR TAWARAN MENULIS DI ERA DIGITAL MARKETING LIFE HACKS | LIL P JOURNEY



DOMAINESIA - Di era yang serba digital seperti sekarang, mempermudah manusia dalam memenuhi kebutuhannya. Tak terkecuali dalam memenuhi kebutuhan pelaku bisnis bidang marketing. Menjadi blogger sejak SMP dan mulai konsisten menekuni dunia travel blogger 6 bulan terakhir dengan rutin menulis serta mengupgrade blog menjadi TLD, ternyata mendatangkan banyak manfaat. Terutama setelah blog gue menjadi TLD. Salah satunya mendapatkan penawaran-penawaran untuk mempromosikan suatu produk, atau dalam bahasa lebih kerennya disebut influencer.

Apa sih blog TLD?
TOP LEVEL DOMAIN (TLD)

Blog yang saat ini kalian baca, sebenarnya sudah gue buat sejak tahun 2014. Pernah hiatus dan hanya menulis sajak-sajak galau dan pada akhirnya sejak 2018 gue mencoba menulis tentang perjalanan gue. Dan wow, lumayan banyak yang memberi apresiasi. Hingga akhirnya salah satu teman menyarankan untuk upgrade dari blogspot ke TLD. Jadi apa sih sebenarnya TLD ini? Top Level Domain merupakan segmen terakhir dari nama domain atau merupakan bagian final 'dot' dari URL kita. Salah satu alasan kenapa gue beralih ke TLD saat itu : biar keren sih pake (dot)com. Terlihat profesional. Tapi ternyata gue salah. Nggak cuma lebih keren. Dari TLD gue bisa banjir tawaran tulisan, jadi influencer.

Mungkin sedikit berlebihan kalau disebut influencer, tapi dalam dunia digital sepertinya cuma istilah itu yang terasa lebih tepat. Jadi influencer itu orang ataupun kelompok yang punya pengetahuan dan pengaruh sosial pada bidangnya masing-masing. Karena niche blog ataupun sosial media gue lebih ke arah food and travel, jadi kebanyakan tawaran kerjasama yang menghampiri nggak jauh dari niche itu.

DIGITAL MARKETING LIFE HACK

Secara garis besar, digital marketing life hack adalah berbagai trik pemasaran digital yang digunakan oleh suatu usaha untuk mempromosikan produk ataupun layanannya agar produknya menjadi terkenal dan dicari oleh banyak orang.

Contohnya niche blog gue travel, menerima tawaran untuk mereview tempat wisata baru, event di suatu tempat atau situs rujukan informasi yang berkaitan tentang pariwisata. Para beauty blogger pun juga mendapat tawaran kerjasama yang tak jauh dengan niche blog mereka seperti mereview produk-produk kecantikan baru.

MANFAAT MENJADI BLOGGER

Q : Apa sih enaknya jadi blogger? Emang bisa menghasilkan?  
A : Enaknya banyak. Nulis bisa menghasilkan. Kadang lumayan bisa ngecover tiket pesawat sama hotel.
Woaaa kalian saja yang tak tau, seberapa kerennya menjadi blogger yang konsisten menulis.
#1 Berbagi pengetahuan dan pengalaman.
#2 Mengasah kemampuan menulis
#3 Belajar menghasilkan uang secara online
#4 Memperluas jaringan

BARU 6 BULAN TLD DAN BANJIR TAWARAN MENULIS

Kalau dipikir-pikir, banyak sekali manfaat menjadi blog TLD. Bahkan baru-baru ini gue memenangkan lomba menulis yang mempunyai syarat blog harus TLD. Selain merubah blog menjadi TLD agar lebih meyakinkan bahwa blog yang kita buat memuat tulisan yang orisinal dan konsisten menulis, ada banyak hal yang perlu kita pelajari agar tawaran berlimpah.


#Menentukan Niche Blog


Menurut pengalaman gue selama 6 bulan konsisten menjadi travel blogger, niche blog ini sangat penting untuk trafic blog. Kalau niche kamu gado-gado, mending mulai konsisten dan pikirkan mau dibawa kemana blog kamu. Karena hal ini juga berpengaruh pada mesin pencari google. Oh iya niche blog ini juga berpengaruh ke adsen google loh.

#Mempelajari SEO

Dari awal gue bikin blog, SEO adalah ilmu paling dasar yang gue pelajari. Lantas kenapa sih SEO ini penting banget menurut gue? Search Engine Optimization (pengoptimalan mesin telusur) merupakan proses untuk mengoptimalisasi mendapatkan peringkat teratas di mesin pencari.

#Perihal DA dan PA Blog

Pernah suatu ketika ada temen yang mengirim pesan singkat : mau dong adsen bisa hasilin jutaan. Tapi saat gue nanya, niche dan DA/PA blog dia bingung. Guys, sukses itu nggak instan. Buktinya para blogger dituntut kreatif membuat tulisan atau konten. Mereka harus banyak membaca atau melihat review di video untuk mencari inspirasi dan ide. 

Nah untuk mendapatkan tawaran menulis, DA serta PA blog ini sangat penting. Page authority (PA) adalah gambaran rangking pada website maupun blog kalian yang berhasil ditemukan di mesin pencarian. Range angka pada page authority biasanya dari 0 sampai dengan 100, dimana semakin tinggi nilai PA blog atau website tersebut, maka kemungkinan untuk dapat muncul di search engine sangatlah tinggi. Sedangkan Domain authority (DA) dalam suatu website mengacu pada kekuatan domain yang dimiliki oleh website atau blog. Kekuatan DA suatu web maupun blog berdasarkan oleh faktor usia, populatiras, dan ukuran dari domain.

Jadi nggak heran dong kenapa penting banget menguasai tiga hal di atas. Karena semakin bagus tarffic blog, maka akan menarik lebih banyak yang memberikan kita tawaran kerjasama.

#Segerakan Menjadi Blog TLD

Saran gue yang baru merasakan 6 bulan mempunyai blog TLD, sebaiknya segerakan menjadikan blog kamu TLD. Apalagi saat ini banyak penyedia domain dengan harga terjangkau. Salah satunya DomaiNesia. Need a better hosting? Jawabannya ya DomaiNesia. Buat jadiin blog kamu keren dengan (dot)com aja, kamu hanya perlu membayar 99.000/tahun. Murah banget kan? Jadi nggak ada salahnya buat kalian untuk #JalanBarengDomaiNesia.

Kelebihan DomaiNesia yang wajib kalian tau sebagai jasa penyedia hosting ialah :
#1 Harga terjangkau. Yap, cuma perlu 99riba/tahun kalian uada punya website pribadi
#2 Proses cepat dan customer service nya sangat ramah loh!
#3 Memberikan informasi yang lengkap. Bagi blogger pemula pasti bingung dong sewaktu memasang hosting pertama kali.

#Memperluas Jaringan dengan Bergabung ke Komunitas Blogger

Bisa kalian lihat, di panel blog gue terdapat list komunitas-komunitas blogger yang gue ikuti. Dari komunitas-komunitas blogger inilah kemudian gue ketemu banyak temen baru, banyak ketemu blogger-blogger keren yang tentunya sangat memberikan inspirasi untuk gue. Berkat komunitas blog ini pula gue punya pengetahun baru tentang blog walking contohnya. Saling mengunjungi sesama blog member tentu akan menaikan DA serta PA blog kita.

By the way, sadar nggak sih, secara nggak langsung gue juga pelaku Digital Marketing. Dalam hal ini, gue menjual jasa sebagai blogger dan content creator yang mendatangkan para sponsorship ke blog gue untuk mensponsori tulisan yang gue buat.

So, dunia digital itu memang sangat menggiurkan untuk ditekuni. Gue aja nyesel kenapa baru 6 bulan ini konsisten. Kenapa nggak dari dulu aja?!

 Artikel ini dikutsertakan dalam kompeti blog DomaiNesia
dengan Tema Digital Marketing Life Hack

Share:

0 comments:

Post a Comment

Hello! Terimakasih sudah mampir. Sertakan alamat blog ya...biar kita bisa ngopi bareng #eeh