Wednesday, October 9, 2019

TORAJA ADVENTURE : TEMPAT WISATA ALAM DI TORAJA YANG HITS BANGET | LIL P JOURNEY

To'tombi Toraja | Dok Pribadi
LilPJourney.blogspot.com | TORAJA - Membericarakan tentang Toraja, kota Para Raja, seperti tak ada habisnya. Kata salah satu travel blogger Kak Matius dalam komentarnya di artikel gue tentang Upacara Adat Rampanan Kapa' Pernikahan Toraja bahwa setiap traveller akan menemukan jodohnya masing-masing pada satu tempat yang akan membuatnya bolak-balik ke tempat tersebut. Dan mungkin gue berjodoh dengan Toraja. Tidak hanya eksotisme adatnya yang membuat gue selalu takjub tapi juga keindahan alamnya yang bikin nagih untuk diexplore. Jika sebelumnya gue pernah menulis 5 Tempat Wisata Toraja yang Wajib Kamu Kunjungi dengan nuansa adatnya dan Rekomendasi Coffee Shop di Toraja, kali ini gue mau kasih list tempat liburan Toraja dengan eksotisme alam Toraja.

Oh iya ini beberapa event dan acara adat di Toraja bulan Oktober-Desember 2019 ini :
  1. Pango-pango Fest, The Sound of Nature. Sabtu, 26 Oktober 2019.
  2. Rambu Solo', lokasi Mengke'pe, Kel. Pa'paelean, Kec. Sanggalamgi, Toraja Utara 07-14 Oktober 2019
  3. Pasar Hutan Bambu To'kumilla Toraja
  4. Toraja Marathon, 30 November 2019
  5. Festival Hebat Setempat, 29 November - 1 Desember 2019

Sebelum membaca lebih lanjut tulisan gue, please simak kalimat di bawah ini.

Teruntuk kalian yang ingin mengunjungi Toraja atau bepergian ke alam : TOLONG JAGA SAMPAH KALIAN. Kalau susah mendapatkan tempat sampah, simpan dulu dalam tas, buang saat kalian menemukan tempat sampah. KARENA ALAM BUKAN TEMPAT SAMPAH!

1. KAMPUNG OLLON

Kampung Ollon Toraja | Dok Pribadi
Kampung Ollon atau Lembah Ollon merupakan wisata alam di Toraja yang sedang menjadi buah bibir. Banyak yang penasaran dengan Kampung Ollon yang bak replika perbukitan di New Zealand. Beralamat di Desa Buakayu, Kecamatan Bonggakaredeng, Kabupaten Tana Toraja, Kampung Ollon di juluki sebagai bukit Teletubbies Toraja yang bak Surga Tersembunyi Toraja.

Pak Lembang Buakayu Kampung Ollon Toraja | Dok Pribadi

Walaupun akses jalan menuju Kampung Ollon masih sangat sulit, karena baru dibuka sekitar 1 tahun terakhir, tapi toh tak menyurutkan minat para pelancong untuk datang ke mari. Bagi yang ingin kemari, sangat disarankan untuk tidak menggunakan motor matic dan mobil jenis city car seperti Avanza, karena sudah dipastikan kalian akan pulang di tengah jalan.


Lokasi :
Desa Buakayu, Kecamatan Bonggakaredeng, Kabupaten Tana Toraja
Tiket masuk  Kampung Ollon (harga dapat berubah tergantung kebijakan tempat wisata) :
5.000 IDR wisatawan lokal

2. NEGERI DI ATAS AWAN LO'LAI
Tongkonan Lempe Lo'lai Negeri di Atas Awan Toraja | Dok Pribadi

Saat pertama kali ke Toraja tahun 2017, salah satu tempat wisata yang gue incar itu Negeri Di Atas Awan Lo'lai Toraja. Yang bikin gue ngiler sama tempat ini adalah view Toraja berbalut awan dengan Tongkonan yang kokoh di antara hamparan sawah dan hutan.

Instagram Galery @abun_pasanggang


BACA JUGA : PENGANTAR PERJALANAN ISTANA RAPUNZEL LANDORUNDUN TORAJA
Penginapan Tongkonan Lempe Lo'lai | Dok Pribadi
Beberapa literasi gue cari : mendaki nih. Ternyata oh ternyata, nggak perlu mendaki kok. Dan disana sudah banyak penginapan. Harganya pun terjangkau mulai dari 150k IDR kalian sudah bisa menginap di Negeri di Atas Awan Lo'lai. Tapi bagi kalian yang pengen ngecamp disini bisa kok, tinggal bawa tenda aja.
Sejak tahun 2016 destinasi wisata yang berada sekitar 11 kilometer dari Ibukota Kabupaten Toraja Utara, Rantepao ini selalu ramai pengunjung.
Berada di ketinggian 1300 mdpl membuat Lo'lai dijuluki Negeri di Atas Awan. Akses jalan ke Lo'lai ini sangat mulus dan bisa dilalui dengan berbagai macam kendaraan, termasuk matic dan vespa. Tapi tetap hati-hati ya, karena jalannya meliuk-liuk, tak sekejam tikungan temen tapi lebih bahaya.
Sewa kamar tapi masih masang tenda? itulah gue hahaha | Dok Pribadi
Ada tiga tempat wisata disana yaitu To'tombi, Tongkonan Lempe dan Pongtarra. Tiga tempat ini mempunyai spot foto instagrambel bagi kalian yang hobby fotografi.

Lokasi :
Lo'lai, Kapala Pitu, Rantepao, Toraja Utara
Tiket Masuk Negeri di Atas Awan Lo'lai Toraja :
15.000 IDR/objek wisata untuk wisatawan lokal.


3. LO'KO MATA
 
Lo'ko Mata Toraja dengan deretan saringan atau usungan jenazah | Dok Pribadi


Salah satu tempat yang nggak pernah skip gue kunjungi ketika di Toraja selain Jak Koffie adalah Lo'ko Mata. Sebuah makam batu kuno yang berdiri kokoh di pinggir jalan Kecamatan Sesean Suloara. Pada kunjungan Maret 2019 ke Toraja, bahkan setiap pagi gue selalu ke Lo'ko mata : mengejar awan. Padahal sampai sana cuma pengen rebahan di batu besar sambil nikmatin matahari pagi dan udara pagi lalu menikmati air dari Gunung  Sesean yang mengalir di celah bebatuan. SEGER. Kalau beruntung, kalian juga bisa melihat hamparan awan di seberang Lo'ko mata.
Hamparan awan Lo'ko mata Toraja | Dok Pribadi

Tempat nongkrong setiap ke Lo'ko mata saat pagi hari | Dok Pribadi
Di Lo'ko mata yang merupakan salah satu kuburan batu terbesar di Toraja banyak berjejer sarigan atau usungan jenazah yang berbentuk rumah Tongkonan. Seperti kuburan batu di Toraja lainnya, ada banyak 'pintu' liang kubur dengan berbagai ukiran dimana setiap lubang berisi lebih dari satu jenazah dan masih mempunyai hubungan keluarga.
Kebun Kopi Lo'ko mata | Dok Pribadi

Disebelah kiri dari Lo'ko mata ada jalan setapak untuk menuju ke batu besar tempat gue bisa berjemur (cieilah berjemur). Nah gue baru tau juga kalau disebelahnya ada perkebunan kopi milik warga. Alhasil gue pun nekat menelusuri kebun kopi tersebut untuk mengambil video. Eh tragisnya : naik gampang, turun bingung. Haha

Lokasi :
Tonga Riu, Sesean Suloara, Toraja Utara
Tiket Masuk Lo'ko Mata :
5.000 IDR/objek wisata untuk wisatawan lokal.

4. AGROWISATA PANGO-PANGO
Agrowisata Pango-pango | Dok Pribadi

Salah satu jenis kopi Toraja yang sedang naik daun saat ini adalah Pango-pango. Tak hanya dikenal sebagai penghasil kopi dengan kualitas rasa yang khas dan memiliki taste note "coklat", ternyata Pango-pango juga merupakan salah satu objek agrowisata yang harus kalian kunjungi saat berwisata ke Toraja. 

Agrowisata Pango-pango | Dok Pribadi
Berada di Kelurahan Pasang, Kecamatan Makale, Kabupaten Tana Toraja, Sulawesi Selatan, Agrowisata Pango-pango merupakan Negeri di Atas Awan-nya Tana Toraja. Akses jalan ke Agrowisata Pango-pango yang berada diketinggian 1600 mdpl ini pun lebih menantang dibandingkan Lo'lai dengan sedikit dibumbui jalan berbatu dan beberapa tanjakan curam. Jangan khawatir, meski jalannya lebih extreme dari Lo'lai, tapi pengguna motor matic masih bisa menikmati Agrowisata Pango-pango. Hanya saja, selalu pastikan kondisi motor, bahan bakar dan rem dalam kondisi prima.
Agrowisata Pango-pango | Dok Pribadi
Dikeliling pohon pinus, menjadikan Agrowisata Pango-pango tempat yang kece buat kalian yang suka hunting foto. Beberapa wahana outbound seperti tangga dari tali dan flying fox pun hadir di Agrowisata Pango-pango ini. Setelah 6 kali ke Toraja, akhirnya minggu ini gue bisa mampir ke Agrowisata Pango-pango ini. Jam 1 siang setelah packing untuk pulang ke Banjarmasin, si mas tiba-tiba ngajakin : kamu belum pernah ke Pango-pango kan? Kita kesana aja ya sebelum kamu pulang. Perjalanan dari Makale ke Pango-pango memakan waktu kurang lebih 30 menit. Sepanjang jalan gue cuma bilang : ah kebun kopi, mau beli kopi, mau ketemu petani kopi dan aku juga mau pop mie. Hahaha.
Seandainya kami datang lebih pagi, jam 5 subuh, pasti dapat view Negeri di Atas Awan nya Tana Toraja. Dari 1600 mdpl, landscape kota Toraja terhampar indah. Dan untuk kesekian kalinya gue jatuh cinta. 

Lokasi :
Tonga Riu, Sesean Suloara, Toraja Utara
Tiket Masuk Agrowisata Pango-pango : 
10.000 IDR/objek wisata untuk wisatawan lokal



Dan itulah 5 tempat wisata yang dapat kalian kunjungi di Toraja. Tertarik berkunjung ke Toraja dan mengenal lebih dalam tentang sejarah Toraja? Tunggu apalagi, yuk rencanakan liburan ke Toraja kalian bersama keluarga.


PS
Peluk dari jauh

 
Share:

11 comments:

  1. Replies
    1. hi kak april!
      iya cantik banget pemandangan di Toraja kak

      Delete
  2. Kereen bgt pemandangan toraja. InshaAllah bisa kesana juga suatu hari nanti. Wlau blm tau jodoh traveling aku kemana hahaha
    Btw penasaran ama negeri di atas awannya. Walau dah ada beberapa daerah jua tapi pasti ada yang beda di toraja. Makasih sharringnya

    ReplyDelete
    Replies
    1. aamiin kak semoga bisa jalan2 ke Toraja yaa ^^
      bener banget. mungkin setiap daerah punya 'negeri di atas awannya' sendiri, tapi pasti beda. sama kaya gunung yg pasti punya puncak, tp pasti beda feel nya ^^

      Delete
  3. Gercep nih kk travelingnya, aq aja dari Sulawesi belum pernah ke sana huhu, but someday i wish to have change go to Toraja

    ReplyDelete
  4. wah itu cakep banget pemandangan awannya di Lo'ko Mata. Aku pernah sih ke makasar tapi nggak sampai toraja. kalau aku kayaknya lebih tipe kota kalau jalan-jalan. heu

    ReplyDelete
  5. Uhuy penutupannya hahaha
    Bentar lagi neh keknya kesana lagi si qaqa putri ini.

    ReplyDelete
    Replies
    1. sepertinya memang bakalan bolak balik sana qaqa yimaaa hehehe

      Delete
  6. Tana toraja banyak menyimpan keindahan misteri dan cerita ya. Aku ingin sekali ke Lembah Ollon itu. Indah sekali.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya kak bener banget. Aku juga paling suka sih ke kampung Ollon hehehe

      Delete

Hello! Terimakasih sudah mampir. Sertakan alamat blog ya...biar kita bisa ngopi bareng #eeh