Wednesday, October 30, 2019

TIPS AND TRICK : BUDGET BACKPACKER KE TORAJA | LIL P JOURNEY

Ke'te' Kesu' | Dok Pribadi
Lilpjourney.com | TORAJA - Menjadi solo traveler sering kali dicap memerlukan banyak biaya. Dan kali ini gue ingin sedikit mematahkan asumsi tersebut. Sebagian pembaca blog beranggapan kalau gue : orang Toraja karena banyak mengulas tentang Toraja. Tak terkecuali temen-temen di Female Blogger of Banjarmasin yang berasumsi gue orang Toraja. Tapi bukan. Tepatnya, berdarah Jawa Timur, tinggal di Banjarmasin dan jatuh cinta dengan orang Toraja. Hahaha. Setelah enam kali bolak balik Toraja, kali ini gue pengen berbagi tips untuk backpackeran seru ke Toraja.

  • MANFAATKAN PROMO TIKET PESAWAT
Cara hemat untuk traveling pertama adalah berburu tiket pesawat murah. Gue paling suka ngintip harga tiket saat jam kerja. Kisaran jam 7 - 8 pagi, atau sehari sebelum keberangkatan. Bahkan parahnya gue malah nemu tiket murah di hari H. Jam 5 subuh gue cek tiket dan yay! Harga yang dua hari lalu masih 700k, subuh itu cuma 500k. Hehehe. Tapi nggak disarankan waktu high season ya. Karena bisa kehabisan tiket.
  • JADI ANAK RANSEL
Pasti sudah pada taukan kalau sejak awal tahun 2019, maskapai berlogo singa telah mencabut bagasi cuma-cumanya. Jadi bagi kalian yang terbiasa menggunakan koper pasti dibikin bingung. Dan jujur, sejak awal traveling, gue paling anti pakai koper. So, ini bukan kendala buat gue. 
  • SLEEPING BUS
Transportasi yang selalu gue gunakan untuk ke Toraja adalah sleeping bus Makassar-Toraja. Harganya bervariasi, mulai 150-450K. Kalau gue biasanya pakai PO Bus Primadona, Borlindo atau Bintang Prima. Kalau pesawat kalian tiba sore lebih baik menggunakan PO Bus Primadona, selain karena harganya murah, tapi fasilitasnya juga nyaman banget. Tapi kalau sampai Makassar malam (diatas jam 8) mending Bintang Prima atau Borlindo, karena dua bus tadi punya jam malam sampai jam 9.  Nah kalau harga tiket bus yang biasa gue beli itu 180k-200k.
  • SOLO TRAVELER? PAKE OJEK AJA
Setelah mendarat di Bandar Udara Internasional Sultan Hasanuddin, kalian perlu menuju ke Rumah Makan Putri Minang untuk menunggu bis ke Toraja. Jarak dari terminal kedatangan ke RM Putri Minang cukup jauh (hampir 2-3 km), jadi kalau kalian solo traveler, mending pakai jasa ojek aja. Murah kok cuma 35k. Kalau taxi bandara 50k-65k. Tergantung kebutuhan dan kenyamanan kalian aja.
  • SEWA MOTOR
Biasanya kalau urusan sewa motor harganya beda-beda sih. Harga rata-rata perhari 100k-125k. Dan untuk 3 hari biasanya 75k-100k.
  • CUMA PERLU TEMPAT TIDUR? HOSTEL AJA!
Penginapan Lempe | Dok Pribadi
 Kalau kalian mengintip penginapan di Toraja lewat aplikasi, mungkin harganya memang mahal. Tapi saat kalian ke Toraja, banyak kok hostel-hostel murah di jalan poros kota Makale sampai Rantepao. Harganya pun bervariasi, dari 150k-250k. Nah untuk yang ingin menginap di Lo'lai (negeri di atas awan Toraja), harganya juga cukup terjangkau, 150k-250k. Atau pilihan terakhir : menginap di rumah warga. Tapi gue lebih menyarankan menginap di Rantepao sih, bisa nongkrong pas malam dan berada di pusat kota Toraja Utara.

ESTIMASI PENGELUARAN
Banyak temen-temen yang berasumsi liburan ke Toraja perlu budget yang mahal. Jadi nggak heran mereka selalu kepo, berapa sih budget yang gue habiskan sewaktu liburan ke Toraja? Nah, biasanya gue liburan di Toraja itu 5 hari dengan estimasi pengeluaran
 #Tiket Pesawa PP : 1200k
#Ojek Bandara : 35K
#Bis Makassar-Toraja PP : 400K
#Sewa Motor+Bensin: 350K
#Retribusi Tempat Wisata : 150K
#Makan, Coffee Trip : 300K (harga makanan di Toraja masih termasuk murah 15K-25K, kalau kopi sih kisaran 25K-35K)
#Penginapan 4D3N : 300K
NGGAK MAU RIBET? JOIN WITH ME!
Untuk jadwal berangkatnya 27-31 Agustus 2020. Masih lamakan? Jadi cukup dong ya buat nabung dan persiapan. Bagi kalian yang mau kepo bisa chat via whatsapp : +628971418636. 

PS
Peluk dari jauh
Share:

14 comments:

  1. Waaah, kereeeeen. Kalau saya jarang kepoin soal budget traveling karena sudah berasumsi duluan kalau mau traveling itu mahal, wkwkwk. Tapi itu lebih karena berangkat sendiri tak diijinkan, ngajak "para serdadu" kemahalan, *eh*.

    ReplyDelete
  2. Pengen ikut yg Agustus 2020.semoga ada rejeki n umurnya ya . Ntar please infoin lg ya put hihi. Apalagi ada guide kerennya nih dijamin nggak nyasar .Asikkk.nggak sabar euy

    ReplyDelete
    Replies
    1. Siap kak Enny! Pasti di info di WAG FBB ya kak ^^ H-30 cukup kan yaaaa
      Pastinya banyak pengalaman seru nantinya pas di Toraja hehehe

      Delete
  3. Kalau udah punya toddler kaya sekarang bakalan susah kalau mau solo ytaveller dan budgetnya jadi ++ juga haha.
    Seru banget nih pasti yang ikut open tripnya di siniii

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hihihi semoga nnt bisa traveling sekeluarga ya kak ^^
      Pastinya kak! Seru! Explore yg belum pernah di datengin ^^

      Delete
  4. Eh Mba buka trip bareng gitu? Wih keren ih. Semoga lancar-lancar ya Mba. Rencana pengen banget juga ke Toraja lagi. Kangen terakhir dulu masih SD. Pasti udah berubah banyak banget

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya kak... Sambil jalan-jalan, sambil ngajakin orang jalan. Hehehe
      Makasih kak ^^

      Delete
  5. Widihhh

    Seru juga traveling ke Toraja. Gw gawe, udah 3 tahun belom pernah cuti ! Sampe dapet banyak penghargaan gw, hahahaha.


    Udah rencana awal tahun mau liburan lama. Masih bingung mau ke mana. Ini mau liburan sekaligus bulan madu, wkwkwkwk

    ReplyDelete
    Replies
    1. Seru banget kak traveling ke toraja. Apalagi sama pasangan.
      Cuti lah kak... Nikmati waktu bareng keluarga... Materi itu penting, tp liburan juga gk kalah penting...
      enjoy yr time kak!

      Delete
  6. wah, jadi pengen juga ikutan. Seru pasti ya traveling bareng traveler yg udah pengalaman (mbak Putri maksudnya). Kalo budgetnyanya nyampe jadi pengen ikutan deh hehe

    ReplyDelete
    Replies
    1. Boleh kak ^^ Ada dua jadwal nih Agustus dan Oktober 2020
      Agustus ada yg special buat member FBB

      Delete
  7. Aku mau dong aku maaau. Tapi mau nabung biar uangnya bisa buat beli oleh oleh hehe


    Salam,

    www.rizkyashya.com

    ReplyDelete
  8. sampai hapal banget ya put saking seringnya ke toraja. kalau aku kayaknya udha nggak bisa liburan sendirian lagi nih soalnya sudah ada buntutnya. hihi

    ReplyDelete
  9. Auto nabung aku kaka Putri, pengen merasakan Toraja yang diangung-angungkan kaka Putri soal alam da keindahannya juga. Biayanya lumayan masuk kantong neh. Hihi

    ReplyDelete

Hello! Terimakasih sudah mampir. Sertakan alamat blog ya...biar kita bisa ngopi bareng #eeh