Monday, June 17, 2019

JURNAL KOPI : KEDAI KOPI LANGKA BANJARMASIN | LIL P JOURNEY

Kedai Kopi Langka Banjarmasin | Dok Pribadi
Lilpjourney.com | Banjarmasin - Nggak apa-apa kok, aku bisa me(langka)h tanpamu. Hahaha. Begitu caption di story instagram gw saat pertama kali ke Kedai Kopi Langka Banjarmasin yang ada di Jl. Karimata Nomor 10, S Parman Banjarmasin.

Gw masih inget banget pertama kali kesini itu tanggal 16 Februari 2019 setelah terjebak acara Sweet Romantic Dinner bareng temen gw, Mas Dias. Tidak seperti kebanyakan kedai dengan signature kopi susu lainnya yang biasanya hanya menyediakan espresso sebagai menu tambahannya, Kedai Kopi Langka juga menyediakan kopi filter dengan beans yang berkualitas dari roastery yang cakep seperti Amstirdam Coffee, Good Will Coffee & Co dan TBRK Roastery.

BACA JUGA : 6 KEDAI KOPI BANJARMASIN YANG BUKA SAMPAI PAGI

KOPI LANGKA DAN FILOSOFINYA


Kedai Kopi Langka Banjarmasin | Dok Pribadi
Berawal dari kompetisi Warung Kopi Mahasiswa yang diselenggarakan oleh Mardani H. Maming pada tahun 2018, ialah Subhan Basri mahasiswa tingkat akhir jurusan Pendidikan Geografi mencoba peruntungannya. Berbekal sebuah proposal bisnis 'Kopi Langka' yang mengulas semua rencana dan strategi pemasarannya, pada bulan Januari 2019 Kedai Kopi Langka berhasil menerima modal usaha Rp 10.000.000,- dari kompetisi Warung Kopi Mahasiswa tersebut.

Congrats guys! Kalian anak-anak muda banua yang keren | Dok Instagram mhm_official_

Berbekal modal dari Kompetisi Warung Kopi Mahasiswa tersebut pada Februari 2019 Kedai Kopi Langka merealisasikan usaha warung kopinya. Pelan namun pasti, Kedai Kopi Langka berhasil mempertahankan eksistensi dan mengembangkan usaha kedai kopinya.

Eh Put, kalau lu mau kopi langka yang strong sekarang kita udah punya rok presso. Jadi rasa espressonya lebih nendang - tutur Gusti, salah satu team dari Kedai Kopi Langka.
Kedai dengan desain sederhana dengan bangku-bangku kayunya ini memang punya magnetnya sendiri. Suasananya yang sederhana tapi nyaman untuk ngumpul bareng temen-temen sambil menikmati kopi dengan harga yang terjangkau ini menjadi daya tarik dari Kedai Kopi Langka.

Lalu kenapa sih jadi namanya Kopi Langka?

Kopi langka adalah nama yang berarti 'makna tersirat'. Gw pengen kedai ini mampu menghadirkan makna tersendiri pada setiap pengunjung yang datang.
Suasana Kedai Kopi Langka Banjarmasin | Dok Pribadi
Jujur, gw bukan tipe orang yang suka dengan tempat ramai. Tapi entah kenapa, disini gw menemukan atmosfer yang berbeda. Mungkin karena disini banyak anak-anak muda keatif yang sering ngumpul untuk diskusi dan belajar tentang memulai usaha atau yang lainnya entah bareng Gusti atau Subhan. Bisa dibilang, tempat nongkrong yang berkualitas. 

BACA JUGA : PERBEDAAN ESPRESSO, CAFE LATTE DAN CAPPUCINO

MENU KOPI LANGKA

Mana Kopi Langkamu? | Dok Instagram Kopi Langka
Seperti kedai kopi pada umumnya, Kedai Kopi Langka juga memiliki signaturenya sendiri yang bikin nagih buat pengen lagi dan lagi. Penggemar kopi susu? Kalian harus cobain Es Kopi Susu Aren Langka. Rasanya yang seger dan dibandrol cuma 10K pastinya nggak bikin kantong jebolkan.

Kita juga ada menu non-coffee : dark chocolate langka, yang rasanya tentu aja 'langka banget'.

Japanese Fluffy Kedai Kopi Langka | Dok Instagram Kopi Langka
Kopi itu harusnya punya temen yang empuk dan gurih. Kedai Kopi Langka punya Japanese Fulffy yang rasanya pasti nagih banget. Rasanya yang lembut dan value yang besar (cukup berdua, tapi pasti nyesel kalau cuma pesen satu, EMANG RELA BAGI-BAGI?) ini punya dua varian rasa green tea dan vanilla. By the way, cake favorite pengunjung Kedai Kopi Langka yang super premium ini cuma 12K aja loh. Yakin nih kalian nggak pengen cobain Japanese Fulffy Kopi Langka ini?

BACA JUGA : MENGENAL PROCESS KOPI 

SEBUAH KEDAI, SERIBU CERITA

Vietnam Drip Kopi Langka | Dok Pribadi

Saat kedai lain berlomba dengan mesin-mesin kopinya, Kopi Langka konsisten meningkatkan kualitas rasa dan upgrade tempat ngopinya. Kalau dulu kedai mungil ini berlokasi di ruko sebelah Bank BTN, sekarang mereka berpindah lokasi dengan space lebih lega (10 meter dari tempat awal, sebelah Bank Mandiri).

Salah satu yang bikin gw salut dengan Kedai Kopi Langka ini adalah harga yang murah tapi dengan kualitas yang nggak main-main. Bayangkan saja untuk kopi arabika dengan metode seduh V60 harganya cuma 15K loh. Beansnya pun seperti yang gw bilang di atas, dari roasteri yang sudah terjamin kualitas kopinya. Tak main-main dalam memilih beans untuk disajikan di kedai, Kedai Kopi Langka mempunyai standarnya sendiri sebelum menentukan mau memakai beans dari mana. Contohnya saja dari roastingannya harus light to medium. Hal ini tak lepas dari idealisme si ownernya, bahwa mereka ingin memperkenalkan kopi premium dengan harga mahasiswa agar dapat dinikmati semua orang.

Karena kami mempunyai tujuan bahwa kopi premium itu bukan dinilai dari harganya, tapi dari kenikmatan kopinya - Gusti.
Jadi, kapan kita bisa ngopi bareng di sini? Apa gw harusnya 'me(langka)h tanpamu lagi? Hahahaha. Dan good luck untuk Kedai Kopi Langka yang sudah upgrade kualitasnya, semakin nyaman buat nongkrong dan sambil kerja disini. Dan semoga dari Kopi Langka ini, semakin banyak anak-anak banua yang terinspirasi untuk berinovasi seperti kalian.

PS
Peluk dari jauh

-------------------
Kedai Kopi Langka
Instagram : @kopilanga 
Jam buka 16.00 - 00.00 WITA
Harga 10K - 20k IDR
Wifi : NA


 
Share:

10 comments:

  1. Murahnyaaaa.... <3 <3 <3

    Sayang tempatnya jauh di Banjarmasin, hiks, *derita anak hulu sungai*.

    Mereka ada rencana mau buka cabang di hulu sungai tidak ya, haha, supaya kita-kita yang di sini tak perlu jauh-jauh untuk bisa menikmati kopi premiun harga mahasiswa XD

    ReplyDelete
    Replies
    1. kata ownernya siiihhh nunggu investor kalau ada yg mau bantu kedai langka buka di sana...haahahaha

      Delete
  2. Wah keren ini, kedai kopi yang berawal dari program kompetisi wirausaha dan masih eksis pula samai sekarang. Semoga banyak anak muda yg mencontoh kerja owner ini, bs di bidang lain jg selain kopi. Aku sendiri enggak terlalu suka minum kopi, atau memang cuma belum nemu jenis kopi yg kusuka aja kali yam

    ReplyDelete
  3. Wah Kaka bagi2 kopi lagi nih jadi pengen nyobain hhi. Eny kuah tipe org yang suka nongki2 ditempat yang lebih tenang dibandingkan rame loh

    ReplyDelete
  4. Baru tau kedai kopi langka ini, sayang selama hamil ngurangim bgt mnum kopi krna ad kafeinnya jd udh jrg bgt ngopi dan kdg kangenn juga ngopi huhu Kpan2 boleh deh coba nongkrong ksini hehe

    ReplyDelete
  5. Menarik banget Put.. di akhir ada give away juga lagi.. Anyway, ada ya kompetisi macam itu. baru tau akutu. Keren keren..

    ReplyDelete
  6. Ajak aku ngopi dong mbak, suka banget suasana kedai kopi. Meskipun diriku gak bisa minum kopi :D

    keren ya, dari sekedar lomba bisa diseriusin seperti ini :D


    salam,

    rizkyashya.com

    ReplyDelete
  7. Hei.. Heii.. Putri pecinta kopii.. Kapan kita bs ngopi bareng. Hihi. Keren dah ya cerita awal si kedai kopi ini. Sukses terus buat usahanya dan kapan2 ajak member fbb meet up disana yaa.. Wkwk

    ReplyDelete
  8. Setiap kali membaca tulisan Putri tentang kopi membuatku jadi pengen nyicipin kopi. Sebenarnya aku bukan pencinta kopi, tapi suasana yang tenang seperti Cafe ini membuatku ingin singgah suatu hari nanti :)

    ReplyDelete
  9. Adudu bikin ngiler dah liat kopi dgn penuh warna di bawahnya dan kue nya.

    Btw, ini jadi kedai kofi mahasiswa gt ya. Keren sih kreatif ya mahasiswa sekarang.

    ReplyDelete

Hello! Terimakasih sudah mampir. Sertakan alamat blog ya...biar kita bisa ngopi bareng #eeh