Sunday, June 16, 2019

JURNAL KOPI : BIJI KOPI KEDAI ENJOY BANJARMASIN | LIL P JOURNEY

Biji Kopi Kedai Enjoy |Dok Pribadi 

Lilpjourney.com | Banjarmasin - Menjawab request dari teman-teman blogger Banjarmasin untuk menulis tentang banua, kali ini gw ingin menyajikan cerita tentang sebuah kedai kopi yang Banjarmasin banget.

Berjalan menyusuri Kota Banjarmasin, di samping jembatan kembar Kayu Tangi Jl. Antasan Kecil Barat 116 Belitung Utara, ada sebuah kedai kopi lokal yang sudah berdiri sejak 3 Juli 2018, Biji Kopi Kedai Enjoy.

BACA JUGA : 6 KEDAI KOPI BANJARMASIN BUKA SAMPAI PAGI

Mengusung konsep Banjarmasin Kota 1000 Sungai, Biji Kopi Kedai Enjoy berhasil menghadirkan suasana ngopi 'urang Banua'. Lokasinya yang berada di tepi Sungai Martapura, dimana banyak kapal kelotok berlalu lalang, berhasil menciptakan signature dari kedai kopi ini.

Menyatukan Banua untuk Indonesia - Biji Kopi Kedai Enjoy

DARI SABANG SAMPAI MERAUKE


Biji Kopi Kedai Enjoy |Dok Pribadi
Bagi kalian penikmat kopi yang ingin mengincip beans dari berbagai wilayah di Indonesia, Biji Kopi Kedai Enjoy merupakan salah satu jawabannya. Mau cobain kopi dari timur Indonesia, Kopi Wamena, ada kok disini. Atau ingin kopi lokal Kalimantan seperti Aranio, Liberti (liberika Bati-bati), Pengaron dan Mataraman, ada banget dong. Selain bisa mencicip berbagai beans dari Indonesia, kalian juga bisa mencoba berbagai metode seduh seperti tubruk, V60 dan kalita dengan berbagai process baik full wash ataupun honey.

Sejak awal kedai ini berdiri memang mempunyai tujuan untuk menghadirkan berbagai jenis kopi dari Sabang hingga Merauke untuk para pecinta kopi yang ada di Banjarmasin tapi dengan suasana khas Banjarmasin yang enjoy dan selalu pengen balik untuk mencoba beans yang lain.

Waaah aku kemaren udah pernah coba beans yang ini, mau yang lain dong - tutur salah satu temen gw yang pernah beberapa kali gw ajak kesini.

BACA JUGA : MENGENAL BERBAGAI PROCESS KOPI

KOPI DAN EDUKASI


Biji Kopi Kedai Enjoy |Dok Pribadi
Sebagai salah satu kedai kopi yang berkeinginan mengenalkan kopi asli Kalimantan Selatan, Bang Dwie Putra Kurniawan dan Mba Eka Saputri berhasil mengemas kopi-kopi asli Kalimantan Selatan untuk terseduh dan di kenal oleh masyarakat Banjarmasin khususnya. Saat ini Mba Eka Saputri sendiri sudah fokus untuk mengurus kedai Biji Kopi Pink Kedai Enjoy yang berlokasi di Jl. Saka Permai.

Bersama Pak H. Ibnu Sina Walikota Banjarmasin | Instagram Biji Kopi Kedai Enjoy
Beberapa kali mengunjungi Biji Kopi Kedai Enjoy, gw tergelitik dengan barista disini yang masih muda dan gonta-ganti. Sebagian besar dari mereka memang mahasiswa Banjarmasin yang tertarik dengan dunia kopi. Usut punya usut ternyata di Biji Kopi Kedai Enjoy ini memang dijadikan Bang Dwie tidak hanya untuk menjual kopi tapi untuk mengedukasi anak-anak muda Kalimantan Selatan agar tau dan peduli tentang dunia kopi dari nol. Artinya mereka tidak hanya tau cara menyeduh kopi tapi juga cara menanam kopi sebagai bekal agar mereka bisa mempunyai kedai sendiri. Loh nggak takut kena saing nih?
Nggak dong. Setiap kedai pasti punya keinginan untuk menciptakan ciri khasnya masing-masing - tutur Bang Dwi
Kedai Indie | Dok Pribadi 
Said dan Dwi Torento misalnya, dua barista binaan Biji Kopi Kedai Enjoy yang saat ini berhasil mempunyai kedai kopi sendiri bernama Kedai Indie.
Saya tidak hanya ingin berjualan kopi, tapi ingin mendidik anak benua khususnya untuk bisa berinovasi dan mempunyai kedai kopi sendiri - Dwie Putra Kurniawan, owner Biji Kopi Kedai Enjoy
Belajar Bersama Dunia Kopi | Instagram Biji Kopi Kedai Enjoy
Stalking instagram Biji Kopi Kedai Enjoy, ternyata mereka memang tidak hanya belajar menyeduh tapi juga terjun langsung ke kebun kopi untuk menanam, merawat, memanen, memproses dan meroasting kopi dengan cara tradisional. Dari sini terlihat konsistensi Bang Dwi untuk mewujudkan cita-citanya mengedukasi para barista agar tidak hanya tau tentang cara menyeduh tapi juga mengenal segala seluk beluk kopi dari nol.
Bahwa kopi bukan hanya untuk sekedar rupiah, tapi juga untuk diapresiasi dan dikenal oleh semua lapisan masyarkat - Bang Dwie
Bersama Pak H. Hermansyah Wakil Walikota Banjarmasin | Instagram Biji Kopi Kedai Enjoy
Kedai yang awalnya hanya dilirik oleh kalangan anak muda untuk belajar kopi ini, sekarang mulai berkolaborasi dengan pemerintah dalam event-event pariwisata. Bahkan beberapa kali Bapak Walikota Banjarmasin, Pak Ibnu Sina, berdialog dan mengunjungi langsung ke Biji Kopi Kedai Enjoy.

Beberapa event pernah diikuti oleh Biji Kopi Kedai Enjoy antara lain Pesta Pantai Pagatan 8 April s/d 4 Mei 2019, MTQ Expo Syariah 15 s/d 18 Maret 2019, Ngopi Bersama Walikota Banjarmasin dalam acara Kopi Sabilal Muhatadin dan masih banyak lagi yang selalu menonjolakn beans lokal Kalimantan Selatan sebagai menu andalan. Sekali lagi, ini merupakan ajang pembuktian bahwa Biji Kopi Kedai Enjoy mempunyai totalitas tanpa batas untuk mengenalkan kopi Kalimantan Selatan.

"Karena yang berbiji punya nyali bukan hanya sekedar tampil sexy - Biji Kopi Kedai Enjoy.
Saat ini Biji Kopi Kedai Enjoy sedang persiapan open bar di 3 lokasi sekaligus loh. Penasaran? Kepoin instagramnya langsung deh ya @biji_kopi_kedai_enjoy.

Biji Kopi Kedai Enjoy |Dok Pribadi
Bagi kalian yang ingin menikmati secangkir kopi dan menyelesaikan pekerjaan sambil begadang sampai subuh, bisa banget loh disini. Karena mereka buka sampai TAMU TERAKHIR. Lu mau balik jam 4 subuh juga mereka layanin. Nggak ada kode : kami mau tutup. Hehehe

Jika Tulungagung mempunyai Kopi Mak Ten sebagai kedai kopi lokalnya untuk nyeruout kopi sambil nyethe, lalu Toraja dengan Kaa Kopi sebagai warung kopi tradisional Toraja yang konsisten menghadirkan hanya kopi lokal Toraja di kedainya, akankah Biji Kopi Kedai Enjoy bisa menjadi signature kedai kopi khas Banjarmasin kedepannya? Semoga.

Jadi gimana? Tertarik untuk berkunjung dan belajar kopi di Biji Kopi Kedai Enjoy. Kalau nggak punya temen bisa kok kita ngopi bareng #eeeh.

PS
Peluk dari jauh

-------------
Biji Kopi Kedai Enjoy
Jam buka 08.00 - tamu terakhir.
Harga 8K - 20k IDR
Wifi : available


GIVEAWAY TIME!!!

Sebagai apresiasi untuk teman-teman yang sudah membaca tulisan blog LilPJourney.com, ada GIVEAWAY dengan hadiah :
200gr beans robusta
200gr beans arabika
 alat seduh kopi
Follow IG : putriii_santoso
untuk update GIVEAWAY nya yaaaa
Share:

6 comments:

  1. Kalo aku dapet giveaway beans nya, hanya bisa aku tatapin aja beansnya put, krn ga punya alat pengolah coffee nya wkwk

    ReplyDelete
    Replies
    1. Tenang bisa di tubruk kok. Cukup sediakan cangkir dan air panas. Hehehe

      Delete
  2. Konsepnya keren ya, ada edukasi buat para pecinta kopi. Mungkin Bang Dwie berpikir rejeki sudah ada yang mengatur, tapi kultur ngopi dan mencintai kopi perlu diupayakan.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Bener banget kak. Dan selain konsep rezeki sudah ada yang mengatur, juga lebih ke rasa cinta sendiri ke kopi, agar lebih mencintai kopi lokal

      Delete
  3. Replies
    1. siap kakak. seneng kalau bisa ngopi bareng hehehe

      info aja lewat email putriiisantoso@gmail.com ^^

      Delete

Hello! Terimakasih sudah mampir. Sertakan alamat blog ya...biar kita bisa ngopi bareng #eeh