Saturday, May 11, 2019

TORAJA ADVENTURE : 5 TEMPAT WISATA TORAJA YANG WAJIB KAMU KUNJUNGI | LIL P JOURNEY

Tongkonan | Dok Pribadi
 LilPJourney.blogspot.com | TORAJA - Kota yang ditetapkan sebagai warisan dunia oleh United Nations Educational, Scientific and Cultural Organization (UNESCO) yang harus dijaga dan dilestarikan karena kekayaan adat dan budayanya ini memang sangat menarik untuk di kunjungi.

Saat kota lain tengah berlomba menciptakan mall dan gedung-gedung bertingkat, kota ini seakan tak terpengaruh. Mereka tetap bertahan dengan identitasnya sebagai kota yang berpegang teguh pada adat. Tapi bukan berarti kota ini kuno ya. Mereka modern dengan caranya sendiri.

Ciri khas dari kota ini ialah rumah Tongkonan dan kuburan batunya. Lalu, apa saja tempat wisata yang harus kamu kunjungi saat ke Toraja? Inilah 5 tempat wisata yang harus kamu kunjungi saat ke Toraja.

1. KE'TE KESU'

Tongkonana Ke'te Kesu' | Dok Pribadi
Jika Jakarta punya Monas yang harus kamu kunjungi saat pertama kali ke Jakarta, maka Toraja punya Ke'te Kesu'. Tempat wisata iconic dari Toraja ini adalah desa kuno yang telah ditetapkan sebagai cagar budaya Indonesia. Jika kebanyakan rumah adat di daerah lain sudah tidak dimanfaatkan sebagai tempat tinggal, maka berbeda dengan Ke'te Kesu'. Disini, walaupun di jadikan sebagai objek wisata, tapi rumah tongkonannya masih digunakan sebagai tempat tinggal.
Tempat oleh-oleh di Ke'te Kesu' | Dok Pribadi
Menurut beberapa sumber, desa yang berada di tengah area persawahan ini telah berumur lebih dari 400 tahun. Di sini kalian dapat melihat deretan rumah tongkonan tersusun rapi yang saling berhadapan dengan alang  (lumbung padi). Fungsi tongkonan selain sebagai rumah tapi juga sebagai tempat diselenggarakannya acara adat baik rambu solo' maupun rambu tuka.

BACA JUGA : EKSOTISME PERNIKAHAN TORAJA RAMBU TUKA'


Patane 'kuburan' di Ke'te Kesu' | Dok Pribadi
Menelusuri desa adat ini, kalian bisa menjumpai kios oleh-oleh yang menyediakan berbagai macam  souvenir khas Toraja mulai dari aksesoris (gelang dan kalung), baju kaos, kain tenun, kopi dan miniatur rumah tongkonan. Pada bagian belakang Ke'te Kesu' ada goa kuno yang berfungsi sebagai pemakaman bernama Buntu Kesu'.
Buntu Kesu' | Dok Pribadi
Pada Buntu Kesu' ini kalian akan menjumpai peti kuno yang sudah berumur lebih dari 700 tahun. Selain peti yang sudah berumur ratusan tahun, ada juga patane (kuburan modern) masyarakat Toraja, dimana di depannya ada boneka tau-tau yang di pahat menyerupai si empunya.


Lokasi : 
Pantanakan Lolo, Kesu, Toraja Utara, Sulawesi Selatan
Tiket masuk Ke'te Kesu' (harga dapat berubah tergantung kebijakan tempat wisata)
  • 15.000 IDR wisatawan lokal
  • 30.000 IDR wisatawan mancanegara.

2. BUNTU BURAKE : PATUNG YESUS
Buntu Burake : Patung Yesus | Dok Pribadi
Buntu Burake, merupakan salah satu wisata religi yang terletak di Kabupaten Tana Toraja. Disini terdapat patung Yesus dan jembatan kaca. Wisata yang telah diresmikan pada 31 Agustus 2015 ini memang tengah menarik perhatian pengunjung. Tak hanya karena mengusung tema wisata religi, tapi juga jembatan kacanya yang pada Desember 2018 kemarin resmi di buka oleh Presiden Ir. Joko Widodo.

Jembatan Kaca| Dok Pribadi
Patung Yesus berukuran raksasa dengan tinggi 40 meter di Tana Toraja ini lebih tinggi dari pada patung Yesus di Rio Janeiro loh. Dari sini wisatawan dapat menikmati hamparan alam hijau kota Toraja. Eiiittsss jangan lupa bawa kaca mata, topi dan pakai sepatu yang nyaman untuk menaiki tangga-tangga disini. Hohohoho >.<
Pemandangan di Burake | Dok Pribadi
Lokasi :
Bukit Buntu Burake, Makale, Tana Toraja, Provinsi Sulawesi Selatan
Tiket masuk  Buntu Burake (harga dapat berubah tergantung kebijakan tempat wisata)
  • 10.000 IDR masuk lokasi wisata
  • 50.000 IDR masuk jembatan kaca
3. GOA LONDA

Londa | Dok Pribadi
Berkunjung ke Toraja rasanya belum lengkap bila tak mengunjungi Goa Londa. Goa Londa merupakan tempat pemakaman yang berada di perbukitan. Pada area dinding goa terdapat puluhan bonekan 'Tau-tau' dan peti 'erong'.

BACA JUGA : UPACARA ADAT RAMBU SOLO PENYEMPURNAAN KEMATIAN TORAJA


Goa Londa dari kejuahan | Dok Pribadi
Goa Londa diperkirakan memiliki keadalam hingga 1000 meter. Untuk memasuki area dalam goa pengunjung di wajibkan untuk ditemani pemandu yang sudah menyiapkan lampu untuk berkeliling goa demi keamanan, mengingat di dalam goa lembab dan licin.

Lokasi : 
Desa Sandan Uai, Kecamatan Sanggalangi Kabupaten Toraja Utara
Tiket masuk  Goa Londa (harga dapat berubah tergantung kebijakan tempat wisata)
  • 10.000 IDR wisatawan lokal
  • 20.000 IDR wisatawan mancanegara
  • 25.000 IDR pemandu lampu 
4. MUSEUM NE' GANDENG
Tau-tau di Museum Ne' Gandeng | Dok Pribadi
Museum Ne' Gandeng merupakan museum yang berada di tengah hamparan sawah. Tempat ini awalnya merupakan tempat pelaksanaan prosesi pemakaman Ne' Gandeng, leluhur kampung, di tahun 1994.

Gong di Museum Ne' Gandeng | Dok Pribadi
Seperti yang telah kita ketahui bahwa masyarakat Toraja sangat menghormati leluhurnya. Ne' Gandeng semasa hidupnya dikenal sebagai wanita yang memperhatikan kehidupan masyarakatnya. Maka sebagai bentuk penghormatan, dibangunlah museum ini. Selain dijadikan tempat wisata, museum ini juga tempat diselenggarakannya acara adat bagi masyarakat sekitar. Oh iya disini juga ada hotelnya loh.

Tongkonan Museum Ne' Gandeng | Dok Pribadi
Lokasi : 
Desa Palangi, Kecamatan Sa'dan Balusu
Tiket masuk  Museum Ne' Gandeng (harga dapat berubah tergantung kebijakan tempat wisata) :
  • 10.000 IDR wisatawan lokal
  • 500.000 IDR/Tongkonan untuk 30 orang

5. KALIMBUANG BORI
Menhir Kalimbuang Bori' | Dok Pribadi
Objek wisata Kalimbuang Bori' merupakan salah satu situs warisan dunia UNESCO yang sudah ada sejak 1718. Objek wisata ini mirip dengan Stonehenge yang ada di Inggris. Ciri khas dari tempat wisata ini ialah batu-batu 'menhir' atau dalam bahasa lokal di sebuh simbuang batu yang berdiri kokoh. Menhir pertama didirikan pada tahun 1657 dimana 100 ekor kebau dikurbankan.

Kalimbuang Bori' | Dok Pribadi
Kalimbung Bori' juga merupakan tempat pelaksanaan Rambu Solo'. Disini kalian bisa melihat La'kian (tempat jenazah disemayamkan), Sarigan (usungan jenazah) dan Balakkayan (panggung membagi dagung kurban). Proses Rambu Solo juga dilengkapi dengan pembuatan menhir. Menhir didirikan untuk menghormati pemuka adat atau bangsawan yang meninggal. Untuk membangun sebuah menhir tidak bisa sembarangan. Prosesinya menggunakan kerbau untuk dikurbankan sebanyak minimal 24 ekor, wow banget kan, melalui upacara adat bernama Rapasan Sapurandanan. Batu untuk menhir diambil dari gunung dan dipahat oleh pemahat yang disebut To'mapa. Proses pembuatan satu batu 'menhir' ini bisa memakan waktu hingga berbulan-bulan.
Editor : Sri Anindiati Nursastri
Bori’ Kalimbuang misalnya. Obyek wisata ini menjadi salah satu warisan dunia UNESCO yang terletak di jalan Poros Barana’, Pangli, Kelurahan Bori, Kecamatan Sesean, Kabupaten Toraja Utara. Wisata yang sudah ada sejak tahun 1718 ini mirip dengan Stonehenge yang ada di Inggris. Sama-sama memiliki batu-batu tinggi yang tegak berdiri dengan berbagai ukuran atau yang dikenal dengan nama menhir.

Artikel ini telah tayang di Kompas.com dengan judul "Indonesia Juga Punya "Stonehenge" di Bori Kalimbuang, Toraja Utara", https://travel.kompas.com/read/2018/08/20/141800627/indonesia-juga-punya-stonehenge-di-bori-kalimbuang-toraja-utara.
Penulis : Citra Fany Samparaya
Editor : Sri Anindiati Nursastri
Bori’ Kalimbuang misalnya. Obyek wisata ini menjadi salah satu warisan dunia UNESCO yang terletak di jalan Poros Barana’, Pangli, Kelurahan Bori, Kecamatan Sesean, Kabupaten Toraja Utara. Wisata yang sudah ada sejak tahun 1718 ini mirip dengan Stonehenge yang ada di Inggris. Sama-sama memiliki batu-batu tinggi yang tegak berdiri dengan berbagai ukuran atau yang dikenal dengan nama menhir.

Artikel ini telah tayang di Kompas.com dengan judul "Indonesia Juga Punya "Stonehenge" di Bori Kalimbuang, Toraja Utara", https://travel.kompas.com/read/2018/08/20/141800627/indonesia-juga-punya-stonehenge-di-bori-kalimbuang-toraja-utara.
Penulis : Citra Fany Samparaya
Editor : Sri Anindiati Nursastri

Lo'ko 'kuburan batu' | Dok Pribadi
Semua prosesi adat ini memerlukan tenaga dan partisipasi dari keluarga dan warga. Bagitulah semangat gotong royong dan kekeluargaan Toraja terbentuk dan terga hingga saat ini.

Lokasi :
Bori, Sesean, Kabupaten Toraja Utara, Sulawesi Selatan
Tiket masuk  Kalimbuang Bori' (harga dapat berubah tergantung kebijakan tempat wisata) :
  • 10.000 IDR wisatawan lokal

 
Thanks being part of  my journey
PS
Peluk dari jauh
Share:

16 comments:

  1. Mau travelling kog mikir2 ya put, sudah punya 2 anak ini. Emang Toraja ini full dengan keindahan

    ReplyDelete
    Replies
    1. untuk menikmat outdoor seperti aku sih, Toraja sangat memanjakan

      Delete
  2. Gilsssss, Toraja benar-benar menawan.
    Wisatanya kek seru gitu loh sambil belajar sejarah.
    apalagi masih khas banget bangunannya huhu


    salam
    https://www.rizkyashya.com/

    ReplyDelete
    Replies
    1. Halo kak...
      Makasih uda mampir yaaaa ^^
      Iya kak Toraja emang paket lengkap. Hehehe

      Delete
  3. kmrn baru baca patung yesus ada di negara brasil gt. Baru tau kalau di Toraja ada juga ya Put..bahkan lebih gede trnyata. keren emang Indonesia..

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya bener... Patung Yesus yang di Toraja lebih gede. Terbesar malah

      Delete
  4. Eny tuh kagum banget loh ka sama estetik bangunan lokal disana itu .. punya nuansa vernakularnya bgt mah ��

    ReplyDelete
    Replies
    1. iyaaa cantik banget sih bangunan disana...
      tapi setiap ukirannya ada maknanya sendiri dan gk bisa asal bikin loh

      Delete
  5. Mbak, yang patung yesus itu fotonya dari ketinggian. Kamu main drone kah disana buat shoot nya? Jadi keliatan menyeluruh pemandangannya

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hehehe iya kak itu pake drone kemarin. Hehehehe
      Soalnya kalau gk dari atas kurang ciaaaamiks

      Delete
  6. Tanah Toraja memang kaya akan budaya dan penuh misteri, oiya selain tempat di atas negeri di atas awan jg cocok banget dikunjungi kak dan gunung pasir tentunya ��

    ReplyDelete
    Replies
    1. iyap bener mba.
      nanti itu post selanjutnya yang khusus alam mba. hehehe

      Delete
  7. Tidak pernah bosan melihat keindahan toraja. Selalu menampilkan kecantikan tersendiri. Apalgi Ke'te Kesu'. Itu loh yang bikin penasaran sama bangunanya. Semua wisata menarik dan juga idr masuk nya itu masuk kantong sekali huhu.

    Makin tertarik sama keindahan toraja ini

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya kak
      biaya retribusinya masih terjangkau disini dan tempatnya juga cakep sih.

      Delete
  8. Asli sih ini alamnya indah banget, bikin ngiler pengen liburan aja deh. Ajakin nanti liburan ya. Hehe

    ReplyDelete
    Replies
    1. ayo kita liburan!!!!
      jgn jadi agenda, jadiin kebiasaan aja hehehehee XD

      Delete

Hello! Terimakasih sudah mampir. Sertakan alamat blog ya...biar kita bisa ngopi bareng #eeh