Thursday, May 16, 2019

JURNAL KOPI : JANGAN SALAH PESAN, INI DIA PERBEDAAN ESPRESSO, CAPPUCINO, MOCCACINO FLAT WHITE DAN CAFE LATTE | LIL P JOURNEY

Perbedaan espresso, cappucino, moccacino, flat white dan cafe latte

LilPJourney.blogspot.com | JURNAL KOPI - Bagi kalian yang suka nongkrong di cafe pasti nggak asing dengan espresso, cappucino, moccacino, flat white dan cafe latte. Dan jujur saja, pernah salah order nggak sih? Atau karena iseng mau cobain, jadinya malah nggak keminum.

Saat ini kopi tak hanya pereda ngantuk. Tapi sudah menjadi bagian dari sebuah gaya hidup. 'Ngopi yuk' kalimat itu sudah tak asing lagi pastinya ditelinga kita. Padahal tujuannya hanya untuk ngumpul bareng.



'Ariente' x Jurnal Kopi | Dok Pribadi

Ada yang suka kopi sachet pinggir jalan, ada yang suka kopi hitam, ada yang suka manual brew dan ada juga yang doyannya kopi susu ala cafe dengan gambar lucu di atasnya. Tapi, pas lagi nongkrong suka bingung nggak sih mau pesen apa? Apalagi kalu di coffee shop, masih banyak orang yang clueless lihat menu.

Nah di artikel kali ini, gw pengen cerita tentang perbedaan minuman di cafe yang espresso base. Sebenarnya baik cappucino, moccacino, flat white dan cafe latte merupakan perpaduan espresso dan susu. Terus kenapa bisa beda ya? Yuk simak penjelasannya berikut ini.

ESPRESSO




Sebelum membahas cappucino, moccacino, flat white dan cafe latte kita wajib kenal sama espresso dulu. Espresso merupakan kopi yang disajikan dalam sebuah gelas kecil disebut shot dengan rasa yang kuat dan kental. Berdasarkan standar Specialty Coffee Association of America (SCAA) dari 7-9gr kopi akan menghasilkan 25-35ml espresso dengan  menggunakan air bersuhu 88-92°C bertekanan 9-10atm dalam waktu 22-28 detik.

Sebenarnya tidak ada salahnya mencoba espresso, tapi berdasarkan pengamatan dan pengalaman gw sendiri, alangkah baiknya kalau menghindari espresso bagi kalian yang pemula dan punya masalah dengan asam lambung.



Espresso Rock Glis Coffee Lombok |Dok Pribadi

CAPPUCINO



_______________

Perbandingan :

1/3 Espresso
1/3 steamed milk
1/3 milk froth
_______________

Cappucino merupakan minuman tradisional Italia yang biasa diminum pagi hari. Cappucino terdiri dari espresso, steamed milk dan busa (froth) susu. Nah karena busa susu ini menyerupai topi 'cap' lalu dinamakan cappucino. Dan setelah ada 'barista', tak hanya busa susu tapi bertansformasi menjadi gambar-gambar lucu yang disebut 'latte art'.



Cappucino Kordinat Cafe | Dok Pribadi

CAFE LATTE

_______________

Perbandingan :
2/6 Espresso shot
3/6 susu
1/6 micro foam
_______________

Latte pertama kali dikenal dan populer di Amerika Utara. Cafe latte sering disebut dengan kopi yang milky dimana susunya lebih terasa dari pada cappucino. Well, melihat dari perbandingannya memang benar. Tapi sebenarnya berbedaannya lebih kompleks sih. Kunci untuk membuat cafe latte yang benar terletak pada proses steaming susunya. Proses steaming ini bertujuan untuk menghangatkan susu pada suhu tertentu agar menghasilkan micro foam yang bagus. Nah dengan micro foam yang bagus inilah tercipta latte art yang suka kalian foto itu.



Cafe Latte Effronte Cafe | Dok Pribadi

FLAT WHITE 






Sebelum membahas flat white, kita harus memahami tentang bagian dari steamed milk

  1. Susu cair panas yang letak di dasar pitcher
  2. Velvet micro foam yang terletak di tengah pitcher
  3. Buih susu yang lebih besar dan kaku. 

Beberapa orang mendefinisikan flat white adalah latte dalam porsi yang lebih kecil. Mungkin pendapat tersebut ada benarnya, karena setiap coffee shop bisa berkreasi dengan flat white sesuai interpretasinya sendiri.

Berasal dari Australia, sebenarnya flat white itu terdiri dari espresso dan velvet micro foam, dimana saat diminum lebih terasa espressonya namun tetap terasa creamy dan soft karena velvet micro foam susu.
Flat white Office Coffee | Dok Pribadi

MOCCACINO



Mochacino adalah gabungan dari cappucino dan coklat. Coklat yang dimaksud bisa berupa chocolate syrup atau bubuk coklat. Mochacino yang enak biasanya menggunakan dark chocolate  diaduk dengan cappucino yang disajikan dengan latte style steamed milk atau yang suka manis bisa pakai whipped cream ditaburi powder coklat. Hehehe

Mochacino Kovi | Dok Pribadi

Nah jadi, itu tadi perbedaan antara espresso, cappucino, mochacino, flat white dan cafe latte. Bagi yang nggak terlalu suka kopi bisa cobain mochacino, mau yang milky bisa cobain cafe latte dan kalau mau yang balance antara kopi dan susunya bisa pilih cappucino. Suka yang bikin melek? tinggal pilih espresso, bisa double atau single. Tergantung status kalian, #eeehh. Sebenernya masih banyak sih yang lain, seperti affogato, americano, machiato. Tapi nanti gw bahas di next artikel aja kali ya, karena yang paling umum ditemui itu espresso, cappucino, mochacino, flat white dan cafe latte.

Semoga sharing Jurnal Kopi kali tentang perbedaan espresso, cappucino, mochacino, flat white dan cafe latte ini bisa menambah kamus kalian tentang dunia kopi dan nggak salah order ya. Hehehe.


Yuk ngopi bareng di rumah ku | Dok pribadi

 ____________________________________________
Share:

0 comments:

Post a Comment

Hello! Terimakasih sudah mampir. Sertakan alamat blog ya...biar kita bisa ngopi bareng #eeh