Saturday, May 25, 2019

TIPS AND TRICK : CARA HEMAT JADI SOLO TRAVELLER | LIL P JOURNEY

Trip to Singapore | Dok Pribadi
Lilpjourney.com | BANJARMASIN - Bagi kalian yang suka jalan-jalan dengan budget minim umunya akan suka jalan secara berkelompok. Tapi gw pribadi nggak terlalu suka pergi dengan rombongan. Hehehe. Karena akan banyak kepala yang bisa terbentur.

Sejak pertengahan 2017 gw mulai konsisten menjalankan apa yang gw sebut sebagai obsesi. Awalnya bareng travelmate gw si Cece. Dan akhirnya karena keseringan jalan dan cuti bareng, akhirnya dari kantor komplain dan membatasi jumlah hari cuti hingga akhirnya kami sadar nggak bisa jalan bareng lagi. Padahal Cece travelmate gw paling keren.

Bromo kala itu bareng Cece | Dok pribadi
Akhirnya Februari 2018 gw mulai solo traveller. Awalnya cuma ke Surabaya-Kediri-Tulungagung. Lalu dilanjutkan ke Bali, Toraja dan Malaysia sendiri. Bagi kalian yang pernah solo traveller pasti tau rasanya susahnya menekan budget. Misalnya kalau duo kan sewa motor bisa berdua, kalau solo harus sendiri. Banyak deh pengeluaran yang harusnya bisa di bagi dua jadi full.

Jadi, gimana sih caranya biar bisa nikmat jadi solo traveller? Berikut ini tips Cara Hemat Jadi Solo Traveller berdasarkan pengalaman dua tahun terakhir ya.

SUSUN ITINERARY

Segabut ini gw sebelum jalan hahaha | Dok pribadi
Sebelum kamu melakukan perjalanan, membua itinerary itu penting loh. Dan ini menjadi bagian paling favorite gw. Bikin pusing iya, tapi seru. Bikin gw semangat buat liburan dan menghilang. Hehe

Itinerary ini penting karena kamu harus nentuin rute perjalanan dari hari pertama hingga terakhir. Kalau gw pribadi biasanya emang searching dulu tempat wisatanya apa aja, terus gw buka maps buat ngurutin rutenya. Misalnya kaya gw ke Singapore :
Hari Pertama : ION Mall, Art science (karena buka pagi sampai sore aja), Garden by the Bay lalu pas pulang mampir ke Carkle Quay.

Kenapa sih ini penting? Karena dari sini kamu bisa nentuin mau menginap dimana selama liburan.

LOKASI MENGINAP

Setelah mengusun itinerary lengkap dengan rutenya, kamu bisa lihat di maps kira-kira lokasi menginap yang cocok itu ada dimana sih. Yang perlu kamu perhatikan saat menentukan lokasi menginap adalah :
  1. Tidak jauh dari semua rute agar tak buat waktu
  2. Aman untuk solo traveller
  3. Fasilitas yang di tawarkan
MEMILIH HOTEL

Segara Hotel and Resto Bali | Dok Pribadi


Karena solo traveller biasanya biaya menginap menjadi kendala utama. Tapi jangan khawatir karena sekarang ada hotel dengan konsep dormitory. Hotel dormitory adalah hotel dengan kamar yang menyediakan beberapa tempat tidur untuk disewakan ke beberapa orang berbeda. Jadi kaya share cost gitu dimana biaya sewanya dihitung dari jumlah bed yang kita sewa bukan kamar. Dormitory ada yang jenis female only dan mix dorm. Satu kamar dormitory isinya bervariasi ada yang hanya 4 ranjang hingga 12 ranjang.

Sedikit tips buat kalian yang belum dan pengen ngerasain menginap di dormitory pastikan kalian lihat review hotelanya dulu, lihat foto kamar dan detail dormitory nya, apakah female only atau mix, berapa jumlah bed dalam satu kamar. Kalau gw sendiri pernah ngerasain yang mix dan female only. Pengalaman gw sih, karena semua backpacker pada umumnya cukup tahu etika privasi dan saling menjaga, overall selama ini aman aja sih. Pastikan untuk mengunci loker dan tidak meninggalkan barang berharga aja sih.

Serunya di kamar dormitory ini kalian bisa ketemu temen baru. Apalagi kalau di Bali atau Singapore, kalian bisa nambah temen dari luar negeri. Kan seru. Harga yang di tawarkan dari satu bed dormitorypun sangat terjangkau, mulai 80K kalian sudah bisa menginap nyaman.

Tapi selain kamar dormitory, ada banyak pilihan hotel murah kok. Kalian bisa cek di aplikasi TRAVELOKA. Aplikasi hotel yang paling gw rekomendasiin karena pilihan kamarnya yang banyak dan detailnya lengkap serta banyak ulasan dari penggunanya.

BACA JUGA : WISATA BALI 6D5N

Mau yang lebih hemat dan seru? RUMAH SINGGAH BACKPACKER. Hehe. Saat ini di beberapa tempat di Indonesia sudah ada rumah singgah backpacker. Di Banyuwangi contohnya, ada rumah singgah backpacker yang letaknya pas di depan stasiun kereta Karang Asem.

SARANA TRANSPORTASI

Waktu itu ngebajak kapal saat menyeberang ke Bali | Dok Pribadi
Salah satu hal terpenting saat travelling adalah transportasi. Hehehe. Biasanya untuk menghemat biaya, daripada transit gw lebih memilih sleeping bus malam atau kereta api malam. Seperti kalau ke Bali gw lebih milih penerbangan ke Surabaya lalu lanjut ke Banyuwangi dengan kereta malam yang super nyaman dan aman. Setelah sampai Banyuwangi tinggal sewa motor lalu menyeberang ke Gilimanuk. Ini beneran murah banget. Kalau lanjut dengan pesawat perlu 600K, kalau diakali dengan cara ini cuma 150K aja. Hehehe

Berbeda ketika kalian ke Singapore, gw rekomendasiin untuk menggunakan MRT dengan tiket Singapore Tourist Pass (STP). Kenapa STP? Karena STP ini unlimited dan lebih murah. Misalnya untuk 1 hari $20 tapi kalau 3 hari cuma $30. Dan STP ini tidak hanya untuk MRT tapi juga bus.

BACA JUGA : SINGAPORE TRIP 4D3N

Nah kalau di Indonesia, gw lebih suka sewa motor sih. Masing-masing daerah harganya bervariasi, tapi umumnya 75K hingga 100K perhari. Waktu kalian menyewa, cek dulu motornya. Pastikan rem, klakson dan lampunya dalam kondisi yang oke buat nemenin kalian jalan.

MENGATUR KEUANGAN

Terakhir dari tips Hemat Jadi Solo Traveller versi gw adalah mengatur keuangan. Pertama kumpulin budget kalian, lalu pisah : ini uang hotel, ini sewa motor, ini uang makan, ini uang buat masuk tempat wisata dan ini uang belanja.

Karena kadang kita suka khilaf kalau nggak membatasi diri dari awal. Misalnya uang makan. Tentuin kalian mau habisin berapa untuk satu hari. Misalnya gw ngitung biaya satu porsi makanan umum 25K kali dua kalau di hotel sudah menyipkan makan. Lalu kalau mau ngopi di cafe tentuin budget kalian berapa, misal 50K. Nah tinggal kalkulasi : 100K x jumlah hari kalian mau liburan.

Memang perlu komitmen sih untuk yang terakhir ini. Tapi akan sangat membantu kalau kalian beneran menerapkan. Pernah liburan ke Bali 5 hari (exclude tiket ya dan kereta api) dengan budget 1 juta aja? Gw pernah. Hehehe. Malah pernah trip Sulawesi : Makassar, Kendari, Sombori-Labengki, Toraja cuma 4,5Jt all in (include tiket pesawat 4 kali penerbangan)?

Yay I'm happy traveller | Dok Pribadi
CURHAT DIKIT DONG....

Sekarang kendala terberat bagi solo traveller kaya gw bukan di hotel ataupun transporasi daratnya. Tapi harga tiket yang melambung naik tanpa tanda-tanda kapan akan ada penurunan harga. Dan entah kenapa penerbangan ke luar negeri lebih murah di bandingka ke dalam negeri. Padahal industri pariwisata sedang digandrungi. Beberapa temen yang punya travel juga bilang pariwisata dalam negeri lesu karena tikel yang mahal. Tidak sejalan memang dengan program Kementerian Pariwisata.

Walaupun pemerintah sudah menerbitkan perintah menurunan harga, sepertinya dari pihak maskapai tetep kekeh dengan harga mereka saat ini. Lucunya itu seperti ini :
Banjarmasin - Jakarta 1,2jt waktu tempuh 1 jam 55 menit
Jakarta - Singapore 360k waktu tempuh 1 jam 55 menit

Sebenernarnya nggak masalah kalau harga tiket mahal. Cuma kenapa ada kontras seperti itu? Hehehe. Terlebih tidak ada perbaikan dalam pelayananya. Hehehe. Okay sekian curhatnya. Takutnya nanti pembacanya kabur.

Bagi kalian yang mau merasakan sensasi jalan-jalan murah bareng, yuk gabung 1ST JOURNEY TRIP ORGANIZER. Nggak cuma jalan-jalan, tapi juga donasi untuk pendidikan di sekolah-sekolah pelosok.


Semoga tips di atas bermanfaat yaaa. Jangan takut menjadi solo traveller. Karena kalian akan menemukan banyak cerita baru di sepanjang perjalanan kalian. Kisah nano-nano yang nggak akan kalian lupain selama kalian bisa menyapa orang dengan ramah, beretika dan selalu menjaga alam.

Oh iya, buang sampah pada tempatnya yaaa. Kalian nggak keren kalau nyampah sembarangan.

PS
Peluk dari jauh
Share:

1 comment:

  1. Baca ini aku jadi tertantang pengen solo travelling, karena biasanya rame2 atau berdua pasangan. Dan biasanya pakai travel agent, nggak nyusun itinerary sendiri gitu. Kalau pergi sendiri kayaknya seru bgt ya, tersesat jg kayanya ga bakal sedih2 bgt karena serunya itu.

    ReplyDelete

Hello! Terimakasih sudah mampir. Sertakan alamat blog ya...biar kita bisa ngopi bareng #eeh