Saturday, August 18, 2018

Let's Get Lost at Singapore 4D3N | Traveling | Lil P Journey

Hello guys!
Kayanya uda lama ya gw nggak post tempat-tempat liburan yang seru buat kalian jadiin referensi. Jadi kali ini gw pengen share  liburan gw ke Singapore awal tahun kemarin. Mungkin di google uda banyak banget yang share liburan ke Singapore. Tapi ya, ini liburan versi gw.
By the way, mungkin post kali ini bakalan gw bagi menjadi dua bagian, yang pertama tentang kemana aja sih gw selama disana dan yang kedua about budgeting. Dan diartikel ini gw bakalan share selengkap-lengkapnya panduan ke tempat wisata 'gratis' di Singapore. Mulai dari terminal MRT dan pintu keluarnya serta apa aja yang ada disana. So kalian harus baca sampai tuntas. Dan karena perjalanan ini menggunakan MRT sebagai transportasi selama di Singapore, kalian wajib punya peta MRT nya, bisa di download di appstore, google play, google atau ambil di brosur yang ada di Changi MRT.

Alkisah, diceritakan dua orang sahabat pergi keluar dari zona nyaman mereka pada 24-28 Januari 2018 menuju negeri singa yang berada di seberang.
LET'S GET LOST AT SINGAPORE 4D 3N

Rabu, 24 Januari 2018
----------------------------------
DAY 1
BDJ-CGK
CGK-Singapore
Little India (liat hiasan lampu ditengah jalan yang cantik)
Balik ke Hotel
----------------------------------
Solusi traveling hemat itu ya bareng Airasia. Terhitung 22 Januari 2018 penerbangan rute internasional Airasia pindah ke Terminal 3 (T3). Nah untuk pindah terminal (karena kami transit BDJ-CGK) kita bisa pakai Skytrain atau shuttle bus yang disediakan oleh pihak bandara (kami milih skytrain untuk pindah terminal). Dan fasilitas ini GRATIS guys untuk kalian yang mau pindah terminal. Kalau naik taksi bandara, kalian perlu siapin budget Rp 100.000,-.

T3 Soekarno-Hatta

Pukul 16.50 kami sampai di Changi International Airport. Dan kami harus naik shuttle bus dari T4 kedatangan ke T2 untuk naik MRT (kalian bisa baca dipetunjuk arah yang ada di bandara 'bus to T2 & MRT'). Sampai di T2 tinggal cari aja petunjuk 'MRT'.
Nah sedikit tips nih buat yang mau naik MRT, better kalian beli "Singapore Tourist Pass" karena itu pass unlimited untuk tourist yang berlibur ke Singapore. Dan menurut gw transport pakai STP ini murah banget di bandingin kalian ambil yang one way ticket. Untuk biaya STP 1 hari itu $20SGD dan untuk 3 hari $30SGD. Detailnya bakalan gw post di bagian kedua ya.

Arrived at Changi Airport
Setelah kami membeli STP, tujuan pertama kami adalah HOTEL! Hahaha. Dan baru ini gw cobain hotel di Chinatown. Hotelnya deket banget sama stasiun MRT. Recommended banget hotelnya. Namanya Royal Lodge (kami pesen di Traveloka). Pelayanannya keren banget deh pokoknya. Kalau nggak salah gw ada bikin review hotel ini di Traveloka dan TripAdvisor.
Pintu keluar Chinatown MRT, disebelah kiri ada Guardian, nah hostelnya itu tepat disampingnya.




Free breakfast dari hotelnya.
add $1,8SGD dan kalian bisa nikmatin nasi goreng

Little India
Little  India




Kamis, 25 Januari 2018
----------------------------------
DAY 2
Chinatown Heritage Center
Marlion Park (sayangnya pas renov T_T)
Garden by the bay
Sky Way Garden by the bay
Art Science Museum
 Carkle Quay 
----------------------------------

Chinatown Heritage Center
Lokasinya dekat dengan hotel. Begitu keluar dari hotel belok kiri, lurus saja sekitar 50 meter. Kalau kalian ingin menelusuri sejarah masyarkat China tinggal di Singapore, mungkin Chinatown Herritage Centre adalah tempat yang tepat untuk kalian kunjungi. Gw lupa sih berapa tiket masuknya, karena kami kurang tertarik untuk berkunjung ke dalam. Hehehe


Marlion Park | Rafles Place MRT exit G
Yuhuuuu, ke Singapore tak lengkap rasanya kalau tak berkunjung ke Marlion Park yang merupakan 'Monasnya' Singapore. Sayangnya waktu kami kesana, patung Marlion nya sedang di renov. Tapi tak apalah, karena saat kalian menuju tempat ini, kalian bisa menikmati pemandangan Singapore yang dihiasi gedung-gedung tinggi.
Untuk sampai ke Marlion park, begitu keluar pintu G kalian belok kanan, dan nanti masuk mall gitu untuk menyeberang. Kalian bisa nanya ke orang sekitar. (soalnya kalau dijelasin agak ribet. hehehe)

Suasana di dalam MRT saat sepi
Penyeberangan menuju Marlion Park
 







Garden by The Bay | Bayfront MRT exit E
Ada banyak tempat wisata yang bisa kalian nikmati disini. Tapi ada tiekt masuknya. Hehehe.
Dan yang iconic dari Garden by The Bay ini adalah pohon yang terbuat dari rangka besi yang akan menampilkan pertunjukkan lampu warna-warni ketika malam dan diiringi dengan lagu.

Lunch $8,5 SGD
Salah satu wahana yang cukup murah yang kami masuki adalah 'OCBC Sky Way'. Kalau nggak salah sih untuk masuk dikenakan tiket $6 SGD. Jadi kan di pohon disini ada yang connected gitu kan. Nah kita bisa nikmatin view dari atas sini.






Art Science Museum | Bayfront MRT exit E
Loh kok sama MRT nya? Iya guys, Garden by The Bay dan Art Science Museum ini satu lokasi. Nah keluar pintu E itu akan ada arah panahnya kita mau kemana. Cuma beda belokan aja. Kalau ke sini kalian cukup lurus dan masuk mall gitu, lalu naik eskalator sampai lantai 3 kalau nggak salah. 
Niatnya kami kesini pengen masuk dan foto di dalam lampu-lampu itu. Hehehe. Tapi sayang pas kami kesini uda tutup (6 pm).  Dan kami memutuskan untuk kembali esok pagi.

Carkle Quay | Carkle Quay MRT
Carkle Quay merupakan wisata malam Singapore yang berada di tepi sungai. Disini kalian bisa menikmati dentuman musik DJ outdoor, keliling sungai dengan kapal dan ada juga wahana yang ekstrim dimana kita akan menaiki bola dan boom kita akan di lempar. Serius! Hahaha

Disini juga ada tempat untuk menggantung gembok 'cinta'
Jum'at, 26 Januari 2018
----------------------------------
DAY 3
Masjid Sultan
Sentosa Island
Art Science Museum
Helix Bridge
----------------------------------
Masjid Sultan | Bugis MRT exit B
Masjid Sultan Singapore yang terletak di Kampong Glam merupakan titik utama sejarah masyarakat muslim di Singapura. Tak afdol rasanya bila ke Masjid Sultan tanpa makan di warung nasi padang yang ada di belakang masjid ini. Harganya pun lumayan terjangkau $3 SGD, tergantung lauk dan minum yang kalian mau. Hoho.






Sentoso Island | Harbour Front MRT exit E 
Tak lengkap rasanya pergi ke Singapore tanpa singgah ke Sentosa Island. Nah untuk menuju ke Sentosa Island ini kita harus naik kereta khusus. Jadi setelah keluar dari pintu E, kita akan masuk mall (fyi semua MRT keluarnya memang di mall. hehe) dan kita harus naik ke lantai 3. Sampai di lantai 3 akan ada loket tiket. Tiket keretanya sendiri $4 per orang.
Sering kan ya lihat orang foto di depan Universal Studios. Nah disini tempatnya. Kalau foto di depan bola dunia yang ada Universal Studios Singapore itu gratis, tapi untuk masuk kedalam itu sekitar $75 SGD atau sekitar Rp 750.000,- . Tapi tenang, tanpa masuk Universal kalian tetep bisa nikmatin spot-spot foto keren disini.

Ice cream yang wajib kalian coba kalo ke Sentosa Island











Art Science Museum | Bayfront MRT exit E
Kami kembali!!!
Yay! Karena rasanya sayang aja kalau ke Singapore tanpa lihat isi dari  Art Science Museum. Tiket masuknya $6 per orang. Nah di dalam sini kalian bakal nikmatin pertunjukkan dari barisan lampu yang di pajang menjutai yang akan menyala berwarna-warni. Hohoho




 

 
Helix Bridge
Nah kalau ini letaknya deket sama Art Science Museum. Keluar dari museum, tinggal jalan lurus, kalian uda sampe disini. Dan dari Helix Bridge ini kalian bisa lihat museum dan Marina Bay.




Sabtu, 27 Januari 2018
----------------------------------
DAY 4
Sri Mariamman Temple
Makam Habib Noh
Bugis Street (Lunch)
---------------------------------- 
Yay uda nggak kerasa last day. 
Sarapan terakhir hari ini, gw cobain telor setengah matang dan si cece setia dengan nasi gorengnya.
Rencana awalnya sih hari ini pengen Pulau Ubin dimana letaknya nggak jauh dari airport. Tapi ternyata kami lebih memilih menjadi oase dalam rindu pada Mu ya Allah.

Sri Mariamman Temple
Merupakan kuil Hindu yang berada di China Town. Agak jauh memang letaknya dari penginapan kami. Perlu berjalan sekitar 500 meter setelah keluar hotel dan belok kiri.



Makam Habib Noh | Palmer Rd Tanjong Pagar MRT
Nah untuk kesini kalian bisa menggunakan Tanjong Pagar MRT lalu keluar di exit E. Keluar dari MRT kalian akan nemu lampu merah di mana ada petunjuk jalan bertuliskan Maxwell Rd, lalu belok ke kanan (Shenton Way), lurus saja sampai Palmer Rd. Kubah masjid nya kelihatan kok dari jalan raya.



Bugis Street  | Last Lunch
Lunch terakhir di Singapore.




WELCOME BACK TO INDONESIA
Senyaman apapun negeri seberang, memang lebih nyaman 'rumah'. Dan kami rindu makanan Indonesia. Hahaha. Tahu tek menjadi sasaran pemadam rindu akan kuliner nusantara.

Tahu Tek Cak Har, terenak di Banjarmasin. Alamatnya di seberang Giant A Yani Km 6,5.

Jadi, sejauh apapun kamu pergi, pada kahirnya tujuan akhirmu pasti lah rumah. Ya Indonesia adalah rumah. Selagi masih sendiri, waktu tak akan pernah kembali, tapi uang dapat kau cari. Jadi, selagi muda dan sendiri, menjelajahlah. Karena Indonesia terlalu indah untuk hanya kau nikmati di layar.
Share:

0 comments:

Post a Comment

Hello! Terimakasih sudah mampir. Sertakan alamat blog ya...biar kita bisa ngopi bareng #eeh